Review Vespa LX 125 i-Get 2017

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Satu bulan lebih skutik Italia bernama Vespa berwarna merah bermesin generasi terbaru i-Get menemani di garasi. Sudah sangat cukup untuk dilakukan kesimpulan dari review Vespa LX 125 i-Get ini.. Dari mulai kinerja mesin generasi terbarunya, bantingan suspensinya hingga kelincahan saat diajak melibas kemacetan jalanan raya di Jakarta.. Jadi bagaimana reviewnya sejauh lebih dari 650km? Geber dulu deh yuks

Kayaknya gak berlebihan deh kalau KBY menyebut Sang Vespa LX 125 i-Get warna merah kini sudah menjelma menjadi skutik Jepang, eit bukan bentuknya ya, tapi lebih ke rasanya alias experience nya.. Experience di sini maksudnya mencakup semua aspek tentunya.. Loh kok bisa begitu kang? Nah makanya baca sampai habis review skutik yang dipinjamkan oleh PT Piaggio Indonesia kepada KBY ini okeh..

KBY tidak akan membahas dari sisi desain karena memang tidak ada perubahan antara Vespa LX 125 iGet Indonesia ini dengan versi terdahulu.. okey?

FITUR

Fitur New Vespa LX 125 i-get terbaru masih sama seperti versi lawas, alias tidak ada pembaharuan di sektor ini.. Masih mengandalkan speedometer lama, lampu on off manual dengan model bohlam. Laci di depan setia menemani, lumayan besar untuk menyimpan dompet ataupun handphone. Gantungan barang juga ada persis di ujung jok depan, unik.

dek tidak rata lumayan bikin ribet

Piranti keamanan pasif dipertahankan oleh Vespa, adalah immobiliser yang memberikan kenyamanan di hati pemilik dan keamanan bagi skutik unik ini.. Bagasi di bawah jok berbentuk dalam meskipun tidak panjang, cukup besar lah untuk mengangkut berbagai macam barang belanjaan hingga tas..

ERGONOMI

Ergonomi juga tidak ada perubahan, jangkung alias tinggi akibat jok yang lumayan lebar.. Tapi bagusnya sama sekali tidak menyulitkan pengendara meskipun kaki harus jinjit nyaris balet. Hal tersebut karena bobotnya yang lumayan ringan dan well balance. Saat berjalan, posisi berkendaranya rileks dan nyaman.

HANDLING

Vespa LX 125 i-Get terbaru kini terasa lebih lincah, ya paling tidak kalau KBY bandingkan dengan Vespa Primavera Azzuro yang sempat menemani selama 4 bulan dulu. Kalau Primavera terasa kaku handlingnya, tidak demikian untuk LX 125 iget ini lads, nyaris semudah skutik Jepang seperti Vario atau Xeon dalam bermanuver di kemacetan lalu lintas.

Mungkin juga karena bobot yang lebih ringan dan juga diameter ban yang lebih kecil dari Primavera serta Sprint mengingat pihak Piaggio seingat KBY tidak pernah mengklaim adanya perubahan sasis terhadap si Vespa termurah ini, namun yang dirasakan justru sebaliknya. Lincah, numble dan ringan. Selain itu apa lagi?

SUSPENSI Vespa LX 125 i-Get NYAMAN!

Bagi KBY pribadi, kejutan dari Vespa LX 125 i-Get warna merah ini ada pada ayunan suspensinya.. Bisa dikatakan kenyamanannya mengalahkan kelas Vespa yang di atasnya (Primavera dan Sprint). Tentu ada trik tersendiri di awal, saat datang KBY merasa ban depan sangat keras, sementara belakang sudah cukup, setelah dicek benar juga, ban depan kelebihan angin wkwkw.. Setelah disesuaikan naaah baru deh terasa pas.. Nyamannya langsung terasa!

Meski tidak menghilangkan suara glodak glodak pada suspensi terutama pada suspensi depan saat melewati jalan keriting, namun kinerja kedua suspensinya terasa lebih nyaman, apalagi kalau sudah ketemu jalan mulus, beuuhh.. ngegeleserrrr.. Kenyamannya juga terbantu oleh tebal dan empuknya busa jok Vespa LX 125 i-Get 2017 ini.. Yoi, joknya sekilas terlihat rata, namun kalau sudah diduduki ergonomis loh.. empuk lagi.

PERFORMA MESIN

Tidak terlalu istimewa namun terasa cukup untuk menghela skutik Italia berwarna merah ini, tarikan bawahnya tidak galak dan tidak semenyentak Vespa 150 series, juga tidak sekuat skutik Jepang.. Namun tenaga tengahnya cukup istimewa, tanpa terasa adanya betotan seperti pada skutik Jepang, Vespa LX 125 i-Get terbaru ini melaju kencang dengan tenang dan semakin kencang.. Top speed LX 125 terbaru ini diperkirakan ada di 100km/jam..  Saat sudah mencapai 85km/jam ke atas, rada sulit untuk menambah kecepatannya..

masih greeesss

PERFORMA REM

Nah, sektor ini juga tak luput dari penilaian KBY lads, dibandingkan dengan performa rem Vespa Primavera milik KBY dulu, piranti pemberhenti skutik Italia ini yang dirasakan lebih baik, padahal saat datang LX 125 warna merah ini belum genap 170km loh.. Memang bukan berarti pakem ala rem brembo, tapi feedback nya sangat baik, baik rem depan maupun belakang.. Secara singkat, pakem lah ya..

KONSUMSI BBM VESPA LX 125 I-GET

Meskipun sudah menempuh jarak bersama sekitar 650km KBY hanya menghitungnya dua kali saja dengan metode full to full. Konsumsi BBM Vespa LX 125 i-get 2017 ini ada di rentang 1:32-35, artinya jika dibandingkan dengan Vespa Primavera yang berkapasitas 150cc, jelas si merah ini lebih irit.. Konsumsi BBMnya kurang lebih sama dengan Yamaha NMax si Frozen.. Kondisi pemakaian ya normal, kena macet harian dan kalau jalan kosong digeber..

THE VERDICT

Setelah menghabiskan waktu sebulan lebih dengan jarak tempuh sekitar 650km bersama New Vespa LX 125 i-GET ini KBY merasa sih ada perbaikan produk ya. Memang dari sisi desain nyaris gada perbedaan dengan versi lawas kecuali rumah CVT ada tulisan atau emblem i-Get nya dan bentuknya berbeda..

Yang jelas mesinnya bisa dikatakan mengalami perbaikan signifikan, yaitu lebih hening alias halus dengan konsumsi BBM lebih baik. Sayang karena status CBU dari Vietnam, Piaggio Indonesia belum bisa memberikan harga yang lebih terjangkau untuk skutik ini.. Harga Vespa LX 125 iget 2017 terbaru Rp. 29.9uta jelas bukan pilihan bagi kebanyakan konsumen Indonesia.

Pun begitu jika lads mencari sesuatu yang lain, Vespa adalah Vespa, punya karakteristik dan keunikan sendiri, tentu jika lads ada duit lebih, gak butuh mesin 150cc dan memang sangat ingin memiliki skutik asyik dari Italia ini KBY sangat merekomendasikannya. Si sulung aja suka banget ama ini skutik loh sering juga digunakan sama dia..

Many thanks to: PT Piaggio Indonesia

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

7 COMMENTS

  1. wow..harganya mahallll, tapi sebanding sama kualitas barangnya sih…
    yang bikin kaget konsumsi bbmnya, setara matic 150cc… btw ane baru aja ketemu di parkiran GI tadi malam, persis sebelahan… memang joknya empuk…btw starterny masi bletak duor?

  2. Kl baru pake rasanya aneh, tp kl udah lama jd ogah balik ke skupang.
    Begitu service bayar pertama jd pengen balik ke skupang.. he he

Yuk Tinggalin Jejak Lads..