Kobayogas.Com – Hola lads, salam geberrr.. Tempo hari KBY pernah melakukan first ride (test ride singkat) Suzuki GSX-S150, nah kali ini kesempatan datang lagi, bedanya kali ini beneran test ride Suzuki GSX-S150 nih lads, seperti apa impresinya? Yuk digeberr..

tuker pake sama lek ari

Pada impresi first ride tempo hari KBY gak bisa banyak mengeksplor unit Suzuki GSX-S150 (baca: First Ride Suzuki GSX-S150) karena area tes yang dapat dikatakan sangat terbatas, jadi saat itu KBY hanya fokus merasakan dari sisi ergonomi dan tarikan awal serta handling alias kemudahan bermanuver saat mencoba melewati kun kun yang ada di area test..

Nah test ride Suzuki GSX-S150 kali ini lebih menyeluruh lads.. Kebetulan saat KBY dan beberapa dulur blogger dan tim Suzuki Indomobil Sales melakukan mini turing ke Cisarua Sabtu kemarin guna meliput Suzuki Bike Meet, pulangnya KBY dan dulur blogger mampir dulu ke Villanya om Vandra Monkeymotoblog yang terletak sekitar 6 kilometer dari lokasi Suzuki Bike Meet..

Kebetulan KBY memang membawa si Samehada GSX-R150 sekalian inreyen, dan lek Ari Pispot mengendarai Suzuki GSX-S150 limpahan lek IWB yang kemarin membawa Honda CRF250 Rally. So ada rencana deh tukar pakai si Samehada dengan GSX-S150.. Yang bikin KBY menyesal adalah kenapa gak melakukan penukaran tersebut lebih awal! Karena jalanan menuju ke Villa ternyata didominasi jalan jelek plus bebatuan..

Kampret momennya adalah, KBY sebenarnya sudah kebelet kencing tuh, ditambah bawa Samehada yang underyoke plus ketemu jalan keriting, polll komplit bener rasanya itu kandung kemih serasa dipencet pencet.. masih untung gak ngompol di jalan wkwkwk.. Rasanya itu Villa jauh bener gak nyampe nyampe.. intermezzo aja lads hehee..

ERGONOMI PAS dan NYAMAN

Akhirnya pulang dari Villa, jadilah momen penukaran antara GSX-R150 dan GSX-S150 tersebut.. Ah senangnya hati akhirnya bisa mengeksplor si versi naked bike dari GSX-R150 yang punya desain sporty dibanding saudaranya ini.. Pas dan cocok banget treknya untuk mencoba ergonomi plus bantingan suspensi di jalan keriting.. Kalau Samehada jangan ditanya lah, emang habitatnya jalan aspal hehe.. Tinggi KBY 165cm hanya sedikit jinjit.. aman!

Tak seperti Samehada, GSX-S150 pakai kunci kontak seperti biasa motor pada umumnya.. Kunci magnet-nya alias shutter key-nya sangat mudah pengoperasiannya, cepat gak pake ribet. Mau tutup tinggal tekan tuas, mau buka tinggal colok.. ya yang KBY rasa lebih cepat sih caranya dibanding shutter key yang ada pada merek lain ya..

Langsung tes.. nah gerakan koplingnya ringan dan pas, gak terlalu jauh seperti unit test GSX-S150 yang KBY tes sebelumnya di Citos.. Jalankan.. Wah kok KBY berasa si Gixxer S ini terasa lebih nampol ya bawahnya, padahal Suzuki Indonesia mengaku tak membuat perbedaan apapun antara GSX-R150 dan GSX-S150 selain beberapa detail seperti fairing, kunci kontak, kick starter dan tuas persneling.. nanti deh kalau ada kesempatan KBY tanya lagi..

Tangan dan bokong yang sudah pegal sehabis geber Samehada sangat terbantu jadi rileks dengan ergonomi GSX-S150 yang memang lebih tegak dan santai.. Setangnya tinggi membuatnya telapak tangan tidak terbebani oleh gerakan tubuh.. Pilihan yang tepat untuk tuker pakai dengan lek Ari, soalnya jalanannya menurun hahaha..Tapi soal kenyamanan ergonomi Yamaha Vixion masih sedikit lebih baik menurut KBY. Gixxer S lebih mirip CB150R..

Jalan berbatu dengan mudah dilewati oleh suspensi monoshock nya..beban tubuh dan getaran ke setir jelas tereduksi sangat banyak.. Hanya karena baru saja menghabiskan ratusan kilometer bersama Samehada, KBY kudu adaptasi sedikit gak bisa langsung gas kenceng.. Dari riding position merunduk ke tegak agak sulit dibandingkan dari nunduk ke tegak menurut KBY.. Yang kampret itu lek ari, jalan jelek gitu geber terus si samehada, kampret bener dah motor guweh digituin 🙁

MESIN AGRESIF BERTENAGA

Ini yang KBY bilang seperti ada yang berbeda di kitiran bawah antara GSX-R150 dan GSX-S150, sepertinya faktor bobot juga ngaruh ya.. Yang jelas mesinnya yang punya spesifikasi tenaga 19,1PS dan torsi 13,9Nm terasa lebih responsif gak terlalu terasa karakter overborenya.. Perpindahan giginya halus! Dan gak perlu maksa berkitir tinggi untuk GSX-S150 ini, pindah gigi di 6000-8000 juga sudah enak..

Kinerja rem depan responsif dan positif, as expected from bybre.. Tuas perseneling yang ala motor street cruiser umum – yaitu ada depan dan belakang – justru gak berguna.. karena jarak bagian belakangnya kejauhan.. Ya paling enak diungkit jadinya.. Kecuali lads kakinya jebrag yah alias lebar dan panjang hehe..

THE VERDICT

Ucapan Suzuki terhadap GSX-S150 sebagai alter ego alias sosok yang berbeda dari GSX-R150 tidaklah salah salah banget.. Yang paling terasa jauh itu ya ergonomi.. Dengan ergonomi alas street fighter yang jauh lebih tegak, jelas rider bisa merasa santai dan nyaman.. Sementara dari sisi mesin gak perlu diragukan, powerful! Transmisi halus, kopling juga enteng.

Suzuki GSX-S150 sangat cocok bagi lads yang ingin mesin powerful ala DOHC overbore yang nikmat jika sewaktu waktu ingin merasakan sensasi Hi-Rev namun tetap memperdulikan kenyamanan berkendara.. Catatan dari KBY adalah semoga ke depannya Suzuki bisa merubah area buritan agar lebih nyaman bagi penumpang mengingat sedjatinya GSX-S150 diciptakan lebih kepada faktor kenyamanan..

Suzuki GSX-S150 memiliki harga Rp. 25.9juta namun harga promonya yang menjadi Rp. 23.9 diperpanjang hingga akhir mei 2017.. Cocok buat lads yang anti mainstream nih.. imo sih buruan manfaatin momen promonya!

tonton video test ride Suzuki GSX-S150 via HP

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

62 COMMENTS

  1. Setuju bgt, smoga di generasi selanjutnya buritannya gsx s diubah.

    Btw kombinasi bentuk & warna samehada kby OK bgt, itu motor tampangnya kliatan lbh mahal dari harga sbnenernya

  2. nanya kang kobay sama old cb150 posisi setang enak mana?pakai old cb kalau jauh juga pegal kalau sama megapro santai mana? tuas ungkit perseneling bisa dganti punya gsx 150r tidak?

      • Daripada pusing,
        Yang mau kredit Daihatsu, Nissan dan Datsun sini ane bantu, Datsun angsuran mulai 1,7jt’n nih
        Atau yang mau kredit mobil bekas bisa pilih sendiri unitnya nti ane bantu prosesnya (usia kendaraan maksimal 10 tahun yaa)
        Info lebih lengkap cek di kreditmobildepok.blogspot.com

  3. Posisi paling nyaman untuk jalan jauh dan jalan jelek jelas new megapro.tenaga juga responsif dan irit.bobotnya aja yg lumayan berisi

  4. Asli jd ngebet pengen gsx s
    Mang
    Tp masih wait and see
    Lah
    Semetara mx king punya bini dah turun stnk dan platnya
    Di perwani dulu si bebek
    Oiya dgn foto tunggangan bloger diatas apa bisa di simmpulkan bloger itu FB apaan yak….

  5. Dan…disinyalir samehada belum turun stnk dan platnya
    Terendus plat nomor belakang menggunakan plat tom cebeer

  6. Lapor!!! Mang
    Barusan ai dpt telpon dr sales szk RMK margonda
    Fix harga ots duo gsx masih tetep promo
    Dan kabar baiknya dapet diskon dp 1 jt
    Jd dp bayar cuma 1,4 jt sajah
    Cicilan 1.4 X 23 bln
    Uuhhhh lega….
    Siap2 nunggu gsxs silver

  7. Ada satu lagi kurangnya mang. Footstep masih agak ke belakang, jadi nekuk deh kaki. posisi kaki jd ga nyantai. Buat yg habis nunggang GSXR ga berasa sih.

  8. Jujur kecewa saya sama manajemen suzuki (kusus Medan kota). Inden Gsx r150 gk jelas, pas mau inden di blng 2 minggu, uda 1 bln lebih, krn asik saya hubungin salesnya mala mau ngoper saya ke Gsx s 150 dgn alasan unit ada… Pd hal di shorum unit Gsx r nya aja, alasan remot hilang lah, ini nya rusak lah….
    Mau rencana abis jual Nmax beli Gsx r, ehh jadi jual nmax beli Nmax lagi..
    Biar lah uang panjar di potong, Kecewaaaaa beratttt guaaaa Suzuki…
    Pas inden harga nya 28,900 ehhh sekrng jdi naek 29,100,
    Sala 1 calon konsumen mundur…. Motor mu bagus manajemennya amsiong.
    Tolong kasi tau boss 2 suzuki mang….

  9. bang lu td lewat harapan indah ye jam 1-2 siang ? td liat CBR 250 RR abu2 nopol belakangnya TOM, itu tom zeref ?

  10. Transmisi halus itu ga pakai assist + slipper clutch kan lek ??? lha kalo udah alus2 aja.. pakai assist+slipper clutch buat apa lek ? apa dasarnya dr merk tsb perpindahan giginya kasar (ga alus) jd butuh 2 itu.. jd merk suzuki ni sepertinya udah alus dr sononya atau gmn??

  11. Welehh..dikerjain motor sendiri Om, ngos2an ngejar samehada 😂..btw nunggu gsxs paket usd , knalpot rcng plus ecu, and bisa kredit..hehe

  12. Om Kobay kok konsumsi bbm nya gak sekalian di review si gsx s ya, apa cuma tes ergonomi aja Om, saya penunggang fufi tertarik juga sama si gsx s, tapi sayang jok belakangnya dan headlamp yg kurang sreg buat saya. Mau tanya Om Kobay, konsumsi bbm Gsx R sama satria fufi apakah sama secara cc dan mesin sama satu gen , makasih Om Kobay.

      • fufi kan di klaim dari brosur bisa mencapai 1:50km… full tank bisa capai 200km.. mungkin pemakaian eco riding…

      • Makasih infonya Om Kobay dan Om Son Goku, jadi pengen ganti nih fufi ane sama gsx s, puegele pool pake fufi, pengen lebih santai aja kalau naik gsx s ini. Secara untuk mesin yg hampir sama fufi ok banget lah untuk santai dan hi rev gsx s ini.

  13. Om konak eh kobay :p bahas SARP cobra series jg donk, ane paling senang baca artikel sampean..

  14. Apa ada suara gemeretak dari mesin Suzuki gsxs 150 mang kobay? Punya saya di RPM tinggi ada suara gemeretak gitu.. normal gak ya?

  15. Kang itu Spion nya lebar gag yah? kayak nya cukup lebar tangkai nya, enak kayaknya buat safety harian gantiin spion ori motor ane yang mulai kusam plastik nya, hehe.. kira2 berapa yah harga spion nyaaa..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..