banner

test ride New CB150 facelift

Kobayogas.com – Salam geber lads, setelah membahas New Honda Sonic 150, kini giliran saudaranya, test ride all new honda cb150r.. apanya yang mirip dengan Honda CB500?

Hola lads, sebelumnya mohon maaf dulu nih kalau artikel test ride New Honda CB150R akan KBY bagi menjadi dua bagian, karena setelah menghitung kata-katanya, sudah lebih dari 1000 kata hehe.. yang kalau dipaksakan bakalan membuat ngantuk pembaca, ujung-ujungnya membosankan dan skip-skip .. apa yang ingin disampaikan gak dapat deh..

Selain itu, mengapa artikel New CB150 ini lebih panjang, karena ada ‘tebengan’ dari New Honda Sonic 150 juga, apa yang belum tersampaikan pada artikel test ride Sonic 150 akan KBY tambahkan di sini lads.. Siapin cemilan yah hehe..

DESAIN dan KUALITAS MATERIAL

Kehadiran New Honda CB150R penuh kontroversi, disebut mirip A lah, jiplak desain B lah dll hehe.. Namun menurut KBY pribadi, DNA desain milik New CB150 ini diturunkan oleh para ancestor (pendahulunya) bahkan dengan fitur yang lebih baik, lampu Full LED dan kunci pada ujung tangki misalnya…

All New Honda CB150R lebih enak dilihat aslinya meski dengan pengambilan angle yang tepat sosoknya juga dapat indah dilihat via foto. Melihat area kemudi dari atas jok tidak membosankan, terlihat berkelas dengan desain mirip Honda CB500 termasuk bentuk speedometernya. Kunci yang kini berada di depan tangki bukanlah yang pertama di kelasnya, begitu pula dengan tutup tangki yang kini bebas dari jendulan.

Beralih ke bagian rangka, banyak pertanyaan dari pembaca blog apakah las-lasan pada sasis trellis New Honda CB150 ada kini lebih rapi? Menurut KBY sih masih mirip namun sudah tidak terlalu kasar seperti CB150 lawas, mangga dipelototin, mungkin diantara pembaca ada yang lebih hapal soal hal ini..

Sayangnya bentuk pillion atau foot step belakang New CB150R tidak dibuat seperti New Honda Sonic yang knock down, tetap di las menyatu dengan sasis lads. Namun foot step depan bisa dilipat, maklum ada kick starternya nih..

Bicara kualitas material New Honda CB150, masih so-so alias biasa saja, beberapa bagian dengan plastik hitam seperti di depan tangki berbahan mirip milik Sonic 150, mudah tergores, kudu di heman-heman deh.. Satu lagi, bentuk buritannya yang dari tengah menurut KBY masih kurang lancip euy.. selera sih.

Pun begitu, semua ubahan yang ada pada desain New Honda CB150 patut diapresiasikan mengingat desain CB150 lama terlihat konvensional, kini New CB150 hadir dengan sosok yang lebih modern..

tutup tangki rata, akankah menular ke sport berikutnya?
tutup tangki rata, akankah menular ke sport berikutnya?

ERGONOMI dan KENYAMANAN

Bukan tanpa alasan KBY menyebutkan kalau New Honda CB150R tersebut diibaratkan seperti Honda CB500 dalam versi mini lads.. karena memang ada kemiripan antara New CB150 dengan sang kakak yang masuk kategori light big bike (moge ringan/ kecil) tersebut..

Baca juga: Test Ride Honda CB500 – Jangan Pandang Sebelah Mata

Desain memang ada kemiripan dengan CB500, namun yang paling mirip adalah ergonomi dan posisi ridingnya..! Raihan tangan ke setang benar-benar setali tiga uang dengan sang kakak, sedikit merunduk ke depan.. bahkan Mbah Dukun Satar dengan sangat yakin bilang.. Si New CB150 mah Honda CB500 banget dalam versi lebih ramping.. begitu pula menurut Vandra MM Blog lads..

Segitiga ergonominya sporty namun masuk kategori nyaman, posisi setang New CB150 tidak terlalu rendah seperti Kawasaki Z250 FI, sedikit lebih tinggi dengan raiser berlapiskan karet yang mengurangi getaran berlebih pada setang sehingga membuat berkendara lebih nyaman.. proven lads..!

Jarak pijak kaki ke tanah pun hanya sedikit jinjit, bagi rider bertinggi 160 cm masih aman untuk menaiki Honda New CB150 ini, selama menggunakan alas kaki tentu. Asal jangan naik yang versi modifnya saja.. beuhh tingginya amit-amit!!

Ayunan suspensi New Honda CB150 ini menurut KBY masuk dalam kategori moderate, miriplah dengan old CB150 namun kualitas busa joknya ditingkatkan sehingga menambah kenyamanan untuk perjalanan jauh.. Kalau CB150 lawas kan jok belakangnya kaya papan triplek, kerasss 😀

ergonominya nyaman tanpa menanggalkan kesan sporty
ergonominya nyaman tanpa menanggalkan kesan sporty

 

PERFORMA MESIN dan TRANSMISI

Jika riding position alias posisi mengendarai si All New Honda CB150 mirip dengan Honda CB500, maka sektor transmisinya berani KBY katakan mirip dengan sang kakak yang lebih tinggi kastanya..CBR650F dan CB650F..!! Wah gak berlebihan tuh kang?

Hehe..ya gimana ya, kalau sudah mengetes keduanya baru bisa tahu sih.. Memang dari sisi kehalusan transmisi, perpindahan-nya baik naik atau turun gigi, sang kakak CBR650F dan CB650F lebih sempurna, perfect… Namun si New CB150 ini juga tidak kalah loh, beneran dan mengejutkan.. coba tanyakan kepada om Vandra deh hehe..

Memang, kehalusan transmisi New CB150 hadir berkat adanya pengembangan di sektor tersebut, salah satunya Helical Gear, dikatakan memang lebih halus serta responsif.. Awalnya KBY menganggap penjelasan tersebut angin lalu alias trik marketing semata.. tapi ternyata testing is believing..! Gak nyoba ya gak tau lads hehe..

transmisi New CB150R
berkat helical gear, transmisinya halus dan tenang…

Seperti halnya Honda Sonic 150, New CB150 ini minim suara ketika gigi per gigi dinaikkan atau diturunkan.. tranmisinya bahkan tetap sigap ketika KBY coba memindahkan gigi tanpa menarik kopling.. bahkan, hingga mencapai redline pun si transmisi tetap nurut untuk pindah gigi, unlike Sonic yang ‘ngambek’ dan harus menaris tuas kopling 😀

Bagaimana dengan performanya? Miripkah dengan kakak-kakaknya? Hellloo plis deh ini cuma 150 cc 1 silinder pula, ya gak lah, are you bloody kidding me?! Hehehe.. Namun yang jelas, performanya memuaskan, terasa ada perubahan dibandingkan Honda CB150 lawas…

Hentakan torsi dan tenaga milik New CB150R ini terasa padat pada tiap rentang RPM bahkan ketika mendekati red line loh.. pada CB150 lama RPM berkitir cepat tapi tenaga seperti tertahan tidak keluar semua, pada New Honda CB150, kecepatan berbanding lurus dengan gerakan RPM lads..

Jujur saja, urusan wheelie, si New CB150 ini sebenarnya lebih mudah dibanding Honda Sonic 150, tidak perlu menggantung RPM terlalu tinggi untuk melakukannya.. Sayang, giliran wheelie pake cibi, gada yang motoin wkwkwkwk..hoax dah.

Dapat dipastikan kalau mesin yang disematkan untuk New Honda CB150R ini adalah hasil perkembangan baru dan tidak ada common parts (mesin) dengan yang lama kecuali dengan New Honda Sonic 150.. entahlah kalau nanti para ahli ngulik/ modif menemukan parts yang sama ke depannya.

Sekian review test ride New Honda CB150 Part I lads, pada part II KBY akan bahas mengenai handling, pengereman dan fiturnya ya..

test ride New CB150 facelift

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: [email protected]
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

118 KOMENTAR

  1. Bagus mang gagah motor mini CB500 ini,.. patut nabung nich kayaknya… tp 150CC deuih… hadeuhh,…. teu jadi nabung ah.. :mrgreen:

  2. pemikiran sederhana begini.Mesin Lama CB dan CBR sudah diProduksi diIndonesia.lalu kalau sekarang dibikin Mesin Total Baru pasti sudah dibandingkan dgn yg lama.soalnya ganti Mesin artinya Investasi Baru.umur Produksi Mesin Lama malah lebih muda dari kompetitor(Yamaha dan Suzuki).

  3. sayang ay ga sempet dateng,,, kalo enggak puas ini foto2 lagi, kasih rionpesekgan seneng banget pasti doi ngeditnya

  4. helical gear mah generasi lawas juga sudah pake kang..cbr 150 karbu jg sudah pakai, bahkan tvs apache juga sudah.

  5. meRiset mesin baru pasti diperhitungkan buat jangka Panjang,mesin CBR lama adalah Keizen dari Mesin Old CBR Karbu yg ditambahkan injeksi.Performa dibalap tidak diragukan,cuma saat itu BBM murah,Polusi Udara dan Suara ndak ketat,mesin baru ini sudah diperhitungkan baik2.

  6. Kalau tujuan mengeruk keuntungan Jangka Pendek,mesin tua disempurnakan,tidak perlu invest baru(stok komponen),jalur produksi baru(dirubah) dan dana Riset.apa yg dilakukan FU dan Ninja 2tak contohnya,karena ndak ada pesaing,kalo mesin SOHC 4klep??karena Fanatisme FBY jadi bisa bertahan,kalo montera dipertahankan seDekade lagi.Ngoahahaha.

      • 2 ekor beruk pekok bangga2in mesin sohc pk bawa2 rally dakar segala..

        lihat balapan kasta tertinggi motogp cung
        itu pk sohc apa dohc…

        fby guoblokk!

        ngoahahaha

      • kalo mesin cb masih overbore bolehlah ente bangga-banggain DOHC, karena fungsi DOHC masih ada mencegah floating di RPM tinggi

        nah ini spec beda dikit, sama-sama overstroke, RPM rendah, fungsi DOHC apalagi selain buat bahan marketing

        kalo ngomongin motor superbike atau motogp itu DOHCnya beneran, tiap silinder Nok nya ada 4

        nah DOHC nu CB Nok nya cuma 2 apa bedanya dengan SOHC yg Nok nya juga 2

        DOHC, punya 2 kem tapi Nok cuma 2, kalo begitu mah lebih simple dan efisien yang SOHC 4 klep dong dengan 1 kem 2 nok

      • apa ada yang tahu disini karakter noken dan sistem antara dohc dan sohc..dan ini bukan masalah kecepatan..tapi dinamisme prinsip kerja sehingga menghasilkan karakter yang berbeda pula antara SOHC 4vdan DOHC 4v.masing2 punya keunggulan tersendiri..bahkan tiger singgel cylinder SOHC 2V dan scorpio 225 singgle cylinder SOHC 2V kedua motor tersebut apa bisa diremehin baik tenaga sama akselerasinya meski belum berteknologi

  7. keren… top markotop deh review na..

    …………////
    ………..(0 0)
    .—oOO– (_)—–.
    ╔═════════════════╗
    ║MANTAP…………………….║
    ╚═════════════════╝
    ‘—————oOO
    ……..|__|__|
    ………. || ||
    ……. ooO Ooo

  8. Blogger yang lain lama banget nulisnya untuk yang bahas cb……ada apa ini…….bang Kobay nomero uno……..

    • asumsi diekspor kemungkinan ada, kalau disini kecil kemungkinannya, soalnya dikasih yang kecil, yg laris yang maxi karena orang kita demin pilih yang maxi, nyaris selalu seperti itu…

      mau hp, motor, mobil, sepatu, tas dll.. hehehe..

  9. Oot….. liat sonic itu kaya liat cewek….liat wajahnya……wuih mayan cakep…turun ke daerah bawah leher…..cukup berisi……tapi pas liat pantatnya….la kok teposs…. jadi ilfill deh…… 🙂

  10. Sebenernya ane bingung nih mang…

    Ane dah siapin lah tabungan buat minang si all new ini.. Tapi apa iya tiba2 nanti nongol cbe peslip pake mesin ini… As ahir tahun…

    Masih bingung wkwkwk.keburu cicilan naek…

    Nunggu aja keles ya?

  11. helical gear memang wajib untuk mesin overstroke biar tarikan awal gak loncat-loncat karena terlalu torque, rantai juga gak kerja keras

    jadi ingat kasus byson yg katanya lemot dibanding megapro, padahal tarikan byson lebih lembut karena sudah pake helical gear dan megapro pakai mesin tipe GL yg gearnya masih lurus.

  12. Mang udah ada bocoran belum nanti versi SE nya ada yang tricolor AHM atau cuma repsol? Atau emang ngga ada versi SE nya? Galau euy pengen ambil tapi takut nyesel kalo ternyata versi SE tricolor nya keluar

  13. walaah untuk rangka, ampun dah finishingnya gak rapi mang…. pating mecotot hahaha, kejar target kyknya jadi gk rapih…..

  14. Sekilas headlamp + speedo mirip pulsar ya ?, knalpot sekilas mirip ninin fi ?, sama batok headlampnya kalo di liat” kaya mt25 yang ada alisnya itu loh, tapi mungkin karna si alis dibully, AHM ga jadi taruh tuh LED di jidat, tapi kaya ada dudukan ato cekungan buat taruh LED disitu ?
    Oh ya bang taufik, yang bener ukuran ban berapa?, kok ada yg bilang 120,130,140 ?
    Matur suwun

  15. kalo tenaga keluar semua sedangkan stroke panjang..bisa mlintir krug as nya…all new cb bener2 merubah karakter mesin ne…overlap noken dibuat tinggi tapi lift diperpendek..bisa diprediksi bobot krug as dikurangi tapi sebagai imbangan ada balancer rpm cepet naik meski rpm rendah…hmmmm mirip karakter motor karapan 201m bebek kelas braket 9dtk… meski pake limiter buat endurance mesin itu sendiri

  16. gan rencananya ane mau beli motor pilihannya cb150r dan new vixion advance, mending pilih mana gan?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini