Beat Pop

Kobayogas.com – Hola lads, selesai sudah tugas KBY mereview Honda New Beat Pop yang dipercayakan selama 6 hari oleh Honda, apa saja keunggulan dan kekurangannya selama dites? Ini dia kupas tuntas Honda New Beat Pop ISS 2015! Untuk sisi fitur, sedikit performa, handling dan harga dari Honda New Beat Pop ini, KBY sudah membahasnya melalui beberapa artikel, mangga diklik link di bawah jika lads merasa perlu untuk mengetahui lebih lanjut.

Test Ride Honda Beat Pop, apa komentar para tester yang sudah mencobanya

Test Ride Honda New Beat Pop For Blogger, Handling dan Performa

Honda New Beat Pop, Asal Muasal Penamaan Nama Pop Untuk New Beat

Dalam sesi review selama 6 hari, KBY menitik beratkan kepada kenyamanan si New Beat Pop ini untuk harian baik ketika sendirian maupun berboncengan, fungsionalitas bagasi dan konsumsi BBMnya. Untuk konsumsi BBM-nya lads bisa lebih detail membacanya di artikel di bawah ini..

Konsumsi harian BBM Honda New Beat Pop, How Far Can You Go

PERFORMA HONDA NEW BEAT POP

Saat sesi test ride resmi bersama para sahabat blogger, New Beat Pop memang terasa laju dan ringan, namun itu kan sesi tes khusus, belum mencermikan bagaimana kalau harian, terkena macet, ada tanjakan, menyusul saat boncengan dlsb..

Saat berboncengan dengan si sulung Syadza, tenaga New Beat Pop tidak terasa terkebiri banyak, maklum bobot tambahannya hanya ±50 kg saja (termasuk tas). Mau bergerak dari diam atau akselerasi pertengahan, tidak ada masalah. Lancar dan bertenaga cukup untuk mesin berkubikasi murni 108 cc.

Catatan hadir dari putaran gas yang terasa kosong ketika throttle dibuka sekitar seperempat, New Beat Pop tetap melaju namun seperti kurang bertenaga, feeling KBY disinilah settingan eco berjalan, kekosongan ini terasa pada kecepatan di antara 30-45 km jam. Pada zona ini Beat Pop melaju dengan santai dan tenang.

Kekosongan tersebut lebih terasa lagi ketika harus berboncengan, terlebih jika boncengan kita lebih berat lagi…Untuk mengeluarkan tenaga New Beat Pop mau tidak mau memang harus diperlakukan secara ‘kasar’, throttle harus dibetot agar tenaganya yang malu-malu dapat keluar, ketika sudah terbuka ‘chakra’-nya maka si Pop ini melesat terus hingga putaran atas dan mulai tertahan ketika mencapai kecepatan 90 km lebih.

Beat Pop

KENYAMANAN dan HANDLING HONDA NEW BEAT POP

Kenyamanan

Saat digunakan sendirian, suspensinya memang agak sedikit keras dibandingkan milik Honda Scoopy, kurang lebih setara dengan Vario 150 maupun New PCX 150. Namun kekerasan suspensi New Beat Pop tersebut tidak sampai mengganggu kenyamanan si pengendara. Singkatnya racikannya cukup pas menurut KBY.

Kenyamanan yang lebih pas hadir ketika berboncengan, disini racikan suspensinya menjadi lebih nyaman, ayunannya pas tidak berlebih, jalan bergelombang, polisi tidur, maupun jalan rusak tidak membuatnya mentul-mentul berlebih pada kecepatan rendah hingga menengah. Jujur cukup terkejut juga dengan racikan suspensi New Beat Pop ini..

Beat Pop
kenyamanan lebih saat berboncengan

Jok New Beat Pop juga cukup empuk, hanya saja akan terasa lebih nyaman untuk jarak pendek saja, lebih dari 20 kilometer maka (maaf) bokong sudah mulai terasa kebas dan mulai meminta untuk berpindah posisi hehe. Tapi untuk rasa kebas atau pegal ini tentu tergantung daya tahan atau stamina rider masing-masing.

Catatan hadir dari boncenger, di saat racikan suspensi New Beat Pop pas untuk pengendara, maka belum tentu pas bagi yang dibonceng. Jalan mulus mungkin tidak bermasalah, tapi begitu menemui gundukan dan dilalui sekaligus maka hentakannya akan dirasakan langsung oleh boncenger. Itu yang dikemukakan oleh lek Setyawan ketika KBY tidak sempat melakukan pengereman saat melalui gundukan di jalan 😀

Untuk ukuran bodi KBY yang semampai, 163 cm/70 kg, tidak ada masalah untuk ergonomi, yaa seperti skutik kebanyakan lah, lekukan dan jangkauan setang New Beat Pop pas untuk diraih. Memang dek sedikit terlalu tinggi, namun jarak lutut dengan kantung depan agak jauh. Hanya lebar dek dirasa kurang, agak sulit mendapatkan posisi kaki yang benar-benar nyaman. Untuk pencahayaan juga kok terasa temaram ya, apa keseringan liat lampu si Sniego kali ya? 😀 😀

Handling

New Beat Pop ini bisa dibilang handlingnya lincah kebangetan, buat selap selip oke binggo, pantes banyak yang pecicilan di jalan, mirip roda empat yang sejuta umat itu loh hehe. Tapi kelemahannya, kalau lagi jalan lurus agak kencang dan kita goyangkan sedikit bodinya untuk bermanuver misalnya, bodinya bisa goyang semuanya alias limbung saking entengnya.

Namun catatan menarik justru hadir dari kestabilannya, meski enteng dan ringan, namun yang KBY rasakan New Beat Pop ini cukup stabil saat digeber pada kecepatan lebih dari 90 km/jam. Pun begitu, terasa bannya kurang dapat mengakomodir kelincahan sang Beat Pop ISS ini. Melaju di jalan basah, grip terasa agak mengambang, bisa jadi ban belum menemukan performa terbaiknya mengingat kilometernya saja baru akan mencapai 800 km.

performa 11-12 dengan New Beat esp
performa 11-12 dengan New Beat esp

FUNGSIONALITAS NEW BEAT POP

Luas bagasi New Beat Pop hanya 11 liter, untuk memasukkan tas selempang KBY ternyata tidak muat, karena bentuknya lonjong seperti telur, bisa masuk namun harus sedikit dilipat. Namun ternyata bagasinya mampu memuat dua buah jas hujan berukuran cukup besar dan masih bisa diselipi lagi dengan beberapa barang seperti kaus maupun sarung tangan. Memang akan sedikit menyembul ketika ditutup, namun jika terpaksa toh akan tertekan ketika diduduki.

Sementara kantung depan New Beat Pop bagian kiri mampu menyimpan sarung tangan tebal dan yang kanan meski maksa namun muat juga sarung tangan bertipe tipis dengan diuwel-uwel 😀

bagasi Beat Pop

THE VERDICT

Honda New Beat Pop memberikan nuansa baru di keluarga Beat. Dia cocok menjadi pilihan bagi yang bosan atau jenuh dengan desain dari New Beat eSP. Perihal desainnya lebih cocok ke cowok atau cewek itu diserahkan kepada masing-masing preferensi orang saja.

New Beat Pop bukanlah skutik dewa, punya kelebihan sekaligus kekurangan.. Tinggal kita merasa cocok atau tidak dengan dirinya. Harga versi standarnya memang terpaut lebih mahal sekitar Rp. 120 ribu dengan rival Yamaha Mio M3.

Untuk tipe standar New Beat Pop tersebut, value Beat Pop kalah dengan Mio M3, saran KBY jika memang tertarik, lebih baik mengambil versi tengah (CBS Rp. 14,3 juta) atau atas (CBS + ISS Rp. 14,8 jt) sekalian, sehingga perbedaan harga dengan rival dapat tertutupi dengan fitur yang ada.

Honda Beat esp series versus Yamaha Mio M3 vs Suzuki Address…sesuaikan dengan kebutuhanmu

Semoga bermanfaat lads… bantu sharing ya..

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

51 COMMENTS

  1. Kasihan dong Om kalau harga segitu buat ngejar CBS & ISS. Mending suruh nunggu next Vario CW & Scoopy aja. Valuenya di kasta mereka yang sedikit naik. *jangan dianggap serius

  2. “Namun catatan menarik justru hadir dari kestabilannya, meski enteng dan ringan, namun yang KBY rasakan New Beat Pop ini cukup stabil saat digeber pada kecepatan lebih dari 90 km/jam. Pun begitu, terasa bannya kurang dapat mengakomodir kelincahan sang Beat Pop ISS ini. Melaju di jalan basah, grip terasa agak mengambang, bisa jadi ban belum menemukan performa terbaiknya mengingat kilometernya saja baru akan mencapai 800 km.”

    problem klasik sedjak doeloe kala. Pabrikan motor cuma ngasih ban dengan peforma apa adanya -_- baru kawak yang berani ngasih battlax ke ninin250 itupun versi se nya

    https://daivangelion.wordpress.com/2015/03/19/akurasi-speedometer-berubah-setelah-ganti-ban/

  3. kurang variabel nya omm..tlong tes jga buat dpke lwat jalan yg banyak poldurnya..ane punya beat cbs (2013) sblum beat pop ini ngegasruk terus kalo lewat poldur..kdgarannya menyayat hati n kuping..beda sma beat karbu (2010) yg eceees aja klo lwat poldur..mgkin gara2 akinya dpndah k dek bwah..deknya jdi tebel n nggsruk terus..pnempatan aki pling siiip ane kira punyanya suzuki addres..imho
    Tenkyu omm kobay

  4. anjrooot bahasanya uwel2..ngakak dah,,
    saran aja sih.. ganti ban depan sama belakang tubeless turunin ukurannya satu aja dari 90 ke 80,80 ke 70 pasti lebih stabil tuh,,

    • gak nemuin padanan kata yangpas nih, lipet lipet kali ya? wkwkkwkw

      iya bagi yang butuh upgrade silakan bannya dibikin lebih lengket lagi sama aspal

  5. Setelah hampir setahun pakai POP, hari ini standar bawah meleot pas injakannya, dan kudu muter-muter nyari dealer yg punya stock standar baru

Yuk Tinggalin Jejak Lads..