banner

Inazuma 4

Kobayogas.com – Hola lads… Kali kedua, betul pake bingits.. ini adalah kali kedua KBY nyemplak di atas jok Suzuki Inazuma milik mang Ivan Vanzmotoblog setelah yang pertama KBY tes dengan hasil cukup memuaskan. Bagaimana kesan kedua kali ini? Apa yang membuat KBY kembali tertarik mengetes Suzuki Inazuma berwarna hitam ini? Jelas ada apa-apanya donk ya, tul…Inazuma milik Ivan sekarang sudah tidak standar lagi, yaitu sudah menggunakan exhaust over racing full system. Paling ketara tentunya adalah selongsong exhaust yang tersisa satu biji disebelah kanan meninggalkan sisi kiri menjadi kosong, sang muffler terlihat berdimensi lebih besar dari depan (header) hingga belakang, alias full set. Lagipula sang pemilik terus menggoda KBY untuk mencobanya.. “Beda kok sekarang, cobain aja” kata si empunya.

Tulisan Over Racing Suzuki Inazuma ini terpampang jelas di bodi si muffler. Buatan dan las-lasannya rapih dari ujung ke ujung, maklum ini barang CBU dari Jepang lads, jadi pasti perbedaan yang signifikan memang ada pada kerapihan pembuatan.  Sang exhaust tidak sendirian, dia ditemani oleh ubahan lainnya antara lain:

  • Per kopling merk nya hyper clutch apa lah lupa yg pasti lbh panjang lebih keras
  • Filter udara replacement merk jfc
  • Engine ice – air radiator
  • Oli shell advance ultra
  • Slang rem HEL
  • Battlax s20 120/70-17 & 160/60-17. Inazuma kalo depan pake /60 ketiban ama size front fender, lagian velg depan udah 3″ jd pake /70 ok2 aja
  • Rear fender dipapas dikit sama nambah karet handle rem dan kopling merk nex
  • Lampu sein belakang led koso
  • XCSR stabilizer
  • dan hella keong

baca juga: Video Test Ride Suzuki Inazuma Exhaust Over Racing

Sedikit penjelasan dari mang Ivan seputar Over Racing muffler:

Over racing full sys 1 muffler 2-1. Si over racing lehernya beda sama leher std ato knalpot lokal kayak rx8 ato r9. Over racing tuh dr head 2 gitu ketemu jd 1nya di kolong belakang hampir mau ke sambungan muffler, whereas rx8 ato r9 tuh dr head 2 ketemunya d bawah depan jd kayak head ninja250.

ini waktu dulu masih standar
ini waktu dulu masih standar

AKSELERASI LEBIH NAMPOL, SUARA 2 SILINDERNYA NONGOL

Sejak dinyalakannya mesin, suara si Over Racing sudah menggugah selera. Kini suara khas 2 silindernya nongol, beginilah sebuah mesin dua silinder seharusnya bersuara hehhe…karena sebelumnya anyep banget! Perubahan per kopling yang katanya lebih keras ternyata masih ringan kok, efek habis bawa Satria FU yang koplingnya keras kali yak hehe.

Tidak ada yang berubah dari sisi ergonomi, karena Ivan tidak merubah apapun pada sektor ini, masih turing banget lah pokoknya. Keluar gang KBY menyempatkan membawa ke arah jalan Ciateul menuju Mohamad Toha…ah sial awan gelap yang bergelayut semenjak tadi kini mulai menangis…

Baiklah, itu artinya waktu yang dimiliki tidak banyak, KBY fokuskan kepada akselerasi setiap gigi saja, dan hasilnya seperti pada foto…

  • Gigi 1 hingga red line 51 km/jam (sebelumnya n/a)
Inazuma 3
gigi 1 51 km/jam
  • Gigi 2 hingga red line 77 km/jam (sebelumnya n/a)
gigi 2 mencapai 77 km/jam

Kecepatan maksimum yang dapat di raih saat itu 96 km/jam. Pada tes pertama dengan jalan yang lebih memungkinkan, kecepatan bisa didapatkan lebih 140 km/jam.

karena padat dan hujan cuma dapat segini
karena padat dan hujan cuma dapat segini

THE VERDICT

Tak pelak, KBY mengakui ubahan yang ada terutama sisi exhaust over racing untuk Suzuki Inazuma ini membuat perubahan signifikan terhadap performanya, sisi suara lebih keluar dimana khas 2 silindernya kini lebih berkarakter, begitulah seharusnya. Suaranya pun cukup adem, tidak yang memekakkan telinga, imo, masih aman sih harusnya kalau ada razia.

Dari sisi performa, KBY juga merasakan karakternya Inazuma berubah lebih beringas, awalnya dalam kondisi stock, tarikan Inazuma di bawah hingga menengah terasa lambat sekali, kini lebih padat pada setiap putaran dan cepat naiknya. Video belum KBY edit karena durasinya kepanjangan akibat terkena lampu merah yang cukup lama 😀 Sabar yah… Many thanks to mang Ivan atas ijin test ride-nya.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: [email protected]
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

64 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini