GSX tekiro

4 skutikKobayogas.com – Hola lads…. daramang? Oh yes, genderang perang itu sudah ditabuh, suaranya kencang ke seantero nusantara. Arena Colosseum siap menjadi saksi pertarungan 4 skutik jagoan baru di ranah skutik, 2 diantaranya adalah satu tim. Mana yang paling josss? KBY sediakan data dan opini, keputusan tetap di pembaca..

Skutik entry level adalah mesin dan ladang uang bagi para produsen, terutama jika produknya laku keras dan memimpin pasar. Itulah yang sedang dinikmati Honda saat ini. Di sisi lain meski produknya tidak pernah booming, namun Suzuki seakan ingin membuktikan bahwa mereka konsisten berjuang dengan lebih dahulu menggempur pertahanan Honda Beat dengan Suzuki Address-nya.

Tidak lama berselang, giliran Yamaha pede melangkah menuju arena, kali ini mereka berbenah cukup habis-habisan, merombak desain, memperkenalkan teknologi baru dari filosofi Blue Core yang terdiri dari rangkaian sasis, mesin hingga fitur yang diusung. Yamaha Mio M3 125 namanya, menggebrak arena mencoba merebut singgasana yang dahulu pernah mereka icip.

Honda, biasanya tidak bergeming jika hanya Suzuki atau Kawasaki yang melakukan gerakan, namun seakan dapat membaca langkah Yamaha, tentunya mereka tidak tinggal diam, tidak sampai 1 minggu dari peluncuran resmi Mio M3, Honda membangun tidak hanya satu, tapi dua pertahanan kokoh atas serangan dari Suzuki dan Yamaha dengan benteng bernama New Beat dan Beat Pop…

KBY akan adu varian tertinggi dari masing-masing produk. Bagaimana kans ketiganya? Jangan ketiduran, simak baik-baik komparasi 4 skutik baru karena keputusan ada ditangan lads dalam memilih satu atau dua dari keempat produk baru ini…

baca juga:

  • http://kobayogas.com/2016/01/03/tebak-tebakan-ala-we-love-honda-motor-apa-yang-keluar-tahun-2016/
  • http://kobayogas.com/2016/01/01/perang-model-baru-kelas-super-sport-250-cc-2-silinder-akan-terjadi-di-tahun-2016/

DESAIN

Secara detail untuk Suzuki Address dan Yamaha Mio M3 sudah KBY bahas pada artikel Suzuki Address vs Yamaha Mio M3, flashback sedikit KBY beropini sbb:

Suzuki Address
Suzuki jelas emoh neko-neko, desainnya bermain aman seperti desain skutik pada umumnya, cenderung ada kesamaan memang dengan Honda Spacy, namun Suzuki cerdik dengan mendesain bodinya sedemikian rupa hingga kesan gambot dapat tersamar meski dibalik joknya terdapat bagasi yang luar biasa besar untuk ukuran kelasnya.

Lampu yang tetap di atas adalah selera, meski KBY lebih suka lampu ‘bego’ yang ada di tebeng, namun tidak sedikit juga yang suka lampu ada di setang, bisa mengikuti arah kemudi katanya. Lampu belakang dan tanduknya seimbang sehingga enak dilihat. Sementara garis desainnya secara keseluruhan tidak ada yang istimewa, namun tidak berarti buruk.

Saran KBY, pilihlah livery Moto GP atau bersabar menunggu pilihan warna lainnya..

Suzuki Address MotoGP belakang

Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Tak dapat dipungkiri, Mio M3 adalah yang terganteng dari keempatnya, semua sisi terlihat pas dan proporsional, ganteng to the max!! Bagian depan mungkin saja terinspirasi dari Honda Beat, tapi tak ada yang salah di sana, toh Yamaha dapat lebih baik me-re desainnya. Fairing terlihat berlapis, mengesankan sisi yang kokoh dan tebal.

Sudut fairing bagian atas dibuat lebih rendah agar dengkul atau lutut pengendara tidak mentok akibat pengaplikasian pseudo dual layer side, jika melihat dari foto lek Ari Pitstop dan foto di bawah sih memang lutut aman, namun sepertinya jadi tulang kering yang kena ya? CMIIW. Cover knalpotnya juga KBY suka, tegas dan sporty.

Kalaupun ada keluhan dari sisi desain, hanya sisi belakang yang bisa lebih dipermanis lagi, antara lampu belakang dengan ‘tanduk’nya kurang serasi, tanduk membentuk huruf M memang unik, tapi justru seperti pita dan terkesan feminim. Tapi itu hanya urusan minor saja sih.

Saran KBY, jika suka warna genjreng, kuningnya sangat memikat!

Mio M3 belakang
lampu belakang dan tanduk kurang serasi
desain dari depan hingga belakang proporsional dan ganteng
desain dari depan hingga belakang proporsional dan ganteng

Honda New Beat eSP
Jelas sudah misi New Beat eSP kali ini, hanya memperkokoh posisi dengan cara menambah value yang ada. Masih percaya pada desain lama, New Beat hanya menambahi fitur yang lebih lengkap dari sebelumnya. So, KBY tidak membahas banyak untuk New Beat eSP, keluhan hanya melihat bentuknya tidak fresh lagi dibanding dua kompetitornya.

Saran KBY, techno white atau funk white lebih menarik untuk dipilih…

Beat eSP dengan JK's Signature
Beat eSP dengan JK’s Signature

Honda Beat Pop
Menurut KBY, justru inilah senjata utama Honda di kelas skutik entry level, masih percaya pada desain Beat lawas, ternyata Honda menyiapkan kompatriot baru untuk bahu membahu dalam mengamankan penjualan. Meski basisnya sama, namun terlihat penyegaran bentuk di berbagai sisi.

Head lamp baru, posisi sein baru, buritan baru, cover knalpot hingga speedometer berbeda dengan saudaranya. Secara desain, KBY lebih suka Beat Pop dibanding New Beat sporty. Hanya fairing terlihat kecil guna mengantisipasi kaki mentok bagi pengendara bertinggi lebih dari 170 cm.

meski mirip Nex/ Soul tetap dia paling fresh
meski mirip Nex/ Soul tetap dia paling fresh

Dari sisi desain, meskipun desain Honda Beat Pop disebut desain gado-gado dari motor lain, namun inilah kandidat terkuat untuk melawan Yamaha Mio M3, Beat Pop memang hanya kalah dari Mio M3 saja dari faktor penilaian desain. Saran KBY, warna Melody Blue nya mengesankan dibanding warna lain..

Pertarungan Babak I di Colosseum berakhir… Siapa pemenangnya di sisi desain? Silakan di nilai masing-masing…coming up next part II, adu fitur, akomodasi dan mesin 4 skutik!!

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

SPG

Baca juga artikel artikel KOMPARASI lainnya ya lads… makasih sudah bantu sharing…

Kunjungi juga blog mang Saka ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 0812 180 44747
tweetme: @kobayogasblog
Instagram: Kobayogas
Line: yogaskobayogas.com

 

99 KOMENTAR

  1. Artikelnya details, jozz lek.
    vote : Suzi Address motogp.
    Desain simple everlasting + bagasi besar.
    Tapi blm pernah pengalamn pny Suzuki.

  2. Vote: Address kang…. ga mau yg lain, xixi….
    btw kalo ane baca keknya ada satu hal yg coba di pertegas d sini y kang tentang blue core?

  3. Saya sih percaya klo dari sisi mesin ke 4nya g kan jauh bedanya…sekarang tinggal milih desain “tercantik” mnrt secara masing2….jujur kalo selera desain saya lebih ke mio M3…tp Bkn berarti yg lain g suka ya….lebih ke pilihan saja.

  4. Yakin lo Dek Beat luas?? Coba bawa galon air disisi kanan kiri tebeng bisa ndak?? Klo Mio J jelas bisa bawa 2 galon air disisi kanan kiri dek tanpa harus dipegangi. Mio M3 jg kyknya bisa. Ciri khas Dek matik honda sempit dari Wtf, spacy, beat kok digiring opini dek luas?? Matik yamaha yg luas, coba lo kaji lg lo coba sendiri.

    • Kalau address sih udah ada penampakannya galon kosong, tapi tetep aja kanan kiri dgn asumsi full air apa balance ya? Wong nyisain sisa banyak nongol keluarnya. Blm pernah bawa gituan pake skutik dek rata…

      • kalo mio j bisa om…

        so’ supirnya mertua punya mio j pernah disuruh beli air 2 galon bisa simpan di-samping deknya ngga dipegangin malah se-imbang ngepas di-situ kiri+kanan n ngga terlalu nongol keluar…

        ngga tau dehh kalo skutik lain…

        ใ€€

  5. Yang warna merah paling bawah varian apa lek…Manteep penampakannya…nunggu dibahas diedisi selanjutnya…suwun…

  6. Mio blu core bagus sih,garis2 desain yang serba tajam memang untuk menunjukkan kesan sporty, tetapi disisi lain terkesan kaku sebagai motor matik…..cenderung membosankan klo lama-lama dilihat, honda dengan desain familiar tanpa meninggalkan kesan sporty-nya kayaknya lebih sesuai dengan keinginan konsumen..

  7. klo dari segi adu fitur dan akomodasi bisa di adu
    klo dari segi mesin kayakx g fair soalx beda d CC kan om…

  8. kalo ane sih di antara 4 itu vote adress. cuman kurang sreg sama moncong depan nya doang yg mirip meong J.
    mio M3 overal lumayan,tp striping terlalu rame. alay kesan nya,bukan selera ane sih
    beat esp fitur oke,tp desain ga fresh
    beat pop desain unyu bgt cocok nya buat cewe -_-

    tetep nunggu vario 150 biar serasa naik R25 ๐Ÿ˜€

  9. yg baju merah, belahan kebayanya masih kurang tinggi tuh, kalo seandainya lebih tinggi 30 cm tapi sisi kanan kiri tetap pasti bakal unik: D

  10. okey, brand ambasador untuk beat pop es dipercayakan ke wapres JK dan kobayogas. semoga beat semakin nyungsep di selokan.

    • Seperti biasa bro, produknya grup Astra emang jualan fitur, wkwkwkwk….. selain jualan merk tentunya, wkwkwkwkwk…….

  11. pilih mana ya?
    Adress: bagasi luas, tangki bbm 5literan, tp murah, jd kyk beat dicampur vario125
    Mio m3: irit, bertenaga, stylish, itu dari mio sebelumnya, dari kompetitor?
    Beat esp: bletak nduorless
    Beat Pop: keren, cocok buat abegeh, bletak nduorless gak ya?

    vote; Adress

  12. sy dah pakai suzuki address sebulan, kenyataanya body dan materialnya kuat, tebal, nyaman, bertenaga, irit, pokoknya puas banget deh, silahkan buktikan sendiri melalui test ride di daeler suzuki

    • Nah… ini nih yg ditunggu2, kesaksian dr seorang user, kamsia berat ya bro, hehehe… Setau saya skutik Suzuki emang bodynya kuat, krn saya pernah kecelakaan saat pake Skywave 2 thn lalu, motornya kepelanting dan nyungsep kenceng gara2 hajar kayu kaso di jalan, hasilnya tulang belikat saya patah jadi 4 bagian, tp motornya cuman baret2 doang kaga ada yg pecah sama sekali.

  13. aiih ay paling seneng kl kang kobay bahas metik, mernariik cyinnn ๐Ÿ˜€
    btw vote address huehuehue

  14. Setelah baca koment2 dari awal, sepertinya banyak yg vote utk Address. Sebuah sinyalemen yg bagus buat Suzuki. Jujur tadinya di thn 2008 saat pertama kali saya beli Skywave, selain krn modelnya yg bagus (menurut saya lho ya) dan cocok dgn kriteria saya, hal lainnya adalah krn skutik Suzuki gak pasaran. Tapi sepertinya skrg saya malah jadi “terbiasa” ama skutik Suzuki, hahaha…
    Pengen jajal Suzuki Address yg versi MotoGP, vote utk Address, krn gak bakalan jadi skutik sejuta umat dan posturnya lbh gede dari yg lain. Oya, bagasi gedenya jg yg jadi inceran saya, hehehe…

  15. saya gak suka lamp “bego”. maka pilihan jatuh ke address bro. konsumsi bbm irit juga bro.

  16. Alhamdulillah udah 1bulan pake Suzuki Address MotoGP Livery, puas banget deh…perjalanan dari ponorogo ke jogja cm ngisi 35rb pertamax smp jogja belum smp indikator merah (E), shockbreaker empuk, warna eye-catching, bensin irit, bahan gak murahan alias berkualitas….monggo dicoba sendiri gan, jangan percaya marketing kalo motor A atau B irit tp silahkan tanya langsung ma yg udah pake…

    • salam kenal sesama address livery moto gp bro,,,,!!
      emg manteph,nyaman dan irit nich motor,,,!!
      puas ane dah,,,,!!

  17. Mohon pencerahannya..
    Trima kasih

    Saya dapat info dari temen yg kerja di suzuki mobil spt ini: “kalo address, katanya mesinnya gampang mlepek. Tenaganya nggembos.
    Malah mending yang nex.
    Gak rekomen, katanya
    Mesinnya malah wantek yang nex”…

  18. klo ay vote yang baju merah…desain ok dan pasti nyaman kalau sudah numpak itu,ehh
    tapi jajannya ga kuat ๐Ÿ™

  19. Ane mau pilih address krn bongsor bike taste spt vario125&150 & nmax yg so pasti nyaman dan antep ada feelnya di address padahal skutik entry level. Selain itu dek lebar& bagasi xtra luas bikin address matic harian yg serbaguna

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.