Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tahun 2020 lalu KBY sempat membuat artikel terkait pembuatan salah satu moge Yamaha yang ternyata dibuat di Indonesia, yaitu Yamaha MT07 Indonesia! Namun saat itu infonya sang moge dengan mesin crossplane dua silinder 700cc tersebut hanya dibuat secara lokal khusus engine-nya saja. Nah kali ini Yamaha Indonesia terang terangan buka selubung bahwasanya moge mereka tersebut sudah sah full diproduksi di Indonesia dan siap diekspor ke eropa!! Waaah apakah harganya bisa murah yak? Menarik euy..

Berkiprah hampir 50 tahun di Indonesia, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah berkembang menjadi manufaktur berkualitas standar global dengan memiliki 2 lokasi pabrik yaitu di Pulogadung Jakarta Timur dan Karawang Jawa Barat.

Kualitas berkelas dunia ini membuat YIMM dipercaya oleh Yamaha Motor Company (YMC) untuk memproduksi motor-motor buat pasar global. Lebih dari 2 juta unit motor produksi YIMM telah diekspor ke lebih dari 40 negara di Asia, Eropa, Amerika, Australia dan Afrika.

YAMAHA MT07 INDONESIA

Yamaha MT07

Kesuksesan ini merupakan bukti motor-motor buatan Indonesia dikenal di banyak negara sehingga juga menjadi kebanggaan negeri ini karena produk Tanah Air diterima di market luar. Bahkan untuk pencapaian terkini, YIMM ditunjuk oleh YMC menjadi basis produksi untuk model CBU yaitu MT-07 yang diperuntukkan bagi pasar Eropa. Ini untuk pertama kalinya YIMM melakukan produksi motor CBU dari keluarga MT Series tersebut.

Dyonisius Beti selaku President Director & CEO PT. YIMM menjelaskan

”ini adalah salah satu momen penting dalam sejarah yamaha indonesia motor manufacturing, dalam memproduksi kategori motor besar pertama di kelas 700 cc. kita boleh berbangga, ini adalah produksi moge pertama made in indonesia, yang mengukir sejarah baru industri sepeda motor di indonesia.

 

produk ini melengkapi lini produksi mt family yang sudah dibuat di yimm mulai dari mt-15, mt-25, mt-03 dan sekarang mt-07. yimm dipercaya oleh kantor pusat ymc jepang untuk memproduksi mt-07 ini, berarti ada transfer teknologi tinggi ke pekerja indonesia, ini sekaligus juga tentunya investasi dan penciptaan lapangan kerja. target pasar kita adalah untuk diekspor ke banyak negara eropa.

 

berarti kualitas produksi yamaha indonesia sudah tinggi, sehingga dipercaya memproduksi 2 juta unit hingga saat ini untuk berbagai global model seperti maxi series nmax, xmax, r series r15, r25 dan sekarang mt series.  dan menurut informasi, untuk pasar eropa pada kategori ini, motor mt-07 sudah menempati posisi teratas.

 

adanya ekspor dari indonesia harus bisa semakin memperkuat dan mempertahankan posisi top market share tersebut. saya yakin dengan meningkatnya kemampuan yimm dalam produksi mt-07, bisa menjadikan satu lompatan besar yang akan berlanjut kepada varian-varian model motor besar berikutnya, serta memperkuat kepercayaan terhadap kualitas hasil produksi yamaha indonesia,”

Artikel terkait Yamaha MT07 Buatan Indonesia:

Yamaha MT07 Indonesia Sudah Bisa Diorder, Ini Yang Ditunggu!

Meski di Indonesia para penggemar moge itu lebih menyukai silinder yang berjumlah lebih dari dua, namun Yamaha MT-07 adalah salah satu line up MT Series yang disukai para penggemar big bike di luar sana, contohnya di Malaysia misalnya, rider MT07 itu banyak banget, terlihat ketika KBY berkunjung ke Sepang beberapa tahun lalu, dari bus bisa melihat rombongan mereka saat itu.

Yamaha MT07 Indonesia
Yamaha MT07 produksi Indonesia

Model ini memiliki desain khas MT yang menekankan karakter Hyper Naked sepeda motor. Visual gagah MT-07 dapat terlihat dari penggunaan lampu LED Projector yang meningkatkan visibilitas dengan pencahayaan maksimal (low beam dan high beam menyatu), dilengkapi dengan DRL dan sein LED. Desain modern MT-07 juga tampak dari digital LED speedometer dengan layar TFT 5 inci, serta terkoneksi ke smartphone.

Harga & Peluncuran Yamaha MT-07 dan MT-09 Indonesia:

Segini Harga Moge Baru Yamaha, MT07 dan MT09 Indonesia Yang Sudah Bisa Dipesan

Motor ini unggul dalam pengendalian yang didukung dari posisi handle bar yang tinggi dan lebar untuk menambah kenyamanan berkendara. Lalu dilengkapi dengan dual front disc brakes berdiameter besar 298 mm sehingga lebih powerful, memberikan tenaga pengereman progresif di semua kecepatan. MT-07 juga memiliki ban Radial merek Prancis Michelin Road 5 yang memberikan pengendalian maksimal.

Yamaha MT07 Indonesia

Performa mumpuni MT-07 didukung mesin 689 cc 2 silinder, menggunakan teknologi crossplane dengan crank pin  270 derajat, berpendingin cairan (standar Euro 5). Dikenal dengan karakter Master of Torque, torsi maksimal yang dihasilkan mesin MT-07 adalah 67 Nm pada 6.500 rpm. Sedangkan MAX POWER aka tenaga maksimalnya 54 kW sama dengan 72,4152HP pada 8.750 rpm.

Yamaha MT07 Indonesia

DIJUAL?? BERAPA HARGANYA

Jika melihat dan membaca link di atas, yaitu Harga MT07 dan MT09 Indonesia, maka moge ini memang dijual di nusantara dengan harga Rp 243.000.000 untuk MT-07 dan Rp 290.000.000.

Tapi itu tahun 2020 lalu, hingga sekarang artikelnya masih ada di website resmi Yamaha Indonesia kok. Tapi jika kita coba cari produk CBU ORIGIN untuk saat ini, kita tak akan menemukannya, yang artinya entah sejak kapan YIMM stop menjual produk moge CBU mereka, KBY lupa.

Nah apakah dengan diproduksinya moge Yamaha MT07 Indonesia secara lokal ini mampu membuka kembali kesempatan dijualnya moge moge Yamaha? Ada kemungkinan sih ya, tapi melirik karakter pecinta moge di sini yang lebih demen 3 atau 4 silinder, mungkin bisa membuat Yamaha Indonesia berfikir lagi, kecuali jual iseng tanpa target muluk, sebagai tanda kesuksesan mereka memproduksi Moge Lokal ya kan.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

15 KOMENTAR

  1. Sebenernya malah skrg moge 4 silinder udah mulai ngebosenin suaranya di indonesia dgn kehadiran zx250r, kecuali 4 silinder Crossplane atau ducati V4 yg memang suaranya berbeda dan gahar kaya motogp, yah skrg suara merdu 4 silinder flatplane udah jenuh, justru skrg orang indo udah mulai ngikutin demand suara twin silinder 270 derajat yg memang lagi hype di eropa sana…

  2. Pingin tetap eksis namun bisa irit , jadilah Mangkrak Total 7 .
    Tinggal 2 cyl dari sebelumnya 4 cyl .pabriknya di Japan dah sekarat…jualan dikampung Dewe sempoyongan 😂 .
    Sesama impor moge dg Sultan Hnd , jualan sang sultan yang Muahalll ampun2an masih bisa moncer dibanding Yahampass yang murah ( an ) .
    Jika masih gak laku juga si 2 cyl MT7 lokal ini…kebangetan dan makin ketahuan bahwa….konsumen memang merasa Horor dengan mesin Yahampasss 😂

  3. Ini wujud lain dari efek disuntik mati nya Reject 6 , alias nasib sama cuma disamarkan .
    Next…lahirlah all new R6 2 cyl versi irit 😂.

    Mau miring berapa derajat kek mesinnya Ampe guling2 pun…tetap 2 cyl .
    Buatan boleh indo …taglinenya hak Philippines
    Ngah ngah 😂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini