Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Harley DaCina? Itu tanggapan tanggapan yang KBY temukan di jagad maya hehe.. Plesetan itu ditujukan untuk Harley Davidson X350 2023, Motor legendaris Amerika dengan kubikasi terkecil yang memang dibuat dengan  menggunakan basis mesin dan rangka dari produk asal China yaitu Benelli 302S.. Ho oh Benelli sendiri cuma namanya aja yang Italia lads, karena sudah diakuisisi oleh Qianjiang Group atau bisa disebut juga QJMotor. Nah pertanyaannya, dengan menciptakan HD350 ini apakah bakal hits alias moncer atau justru menjadi produk gagal? Ayo kita bahas..

Harley Davidson X350 2023

Sebelumnya kita bahas desain dulu secara sekilas yes.. Harley Davidson X350 atau yang punya nama lain HD350 ini mengusung konsep perpaduan motor classic dan modern bergaya Flat Tracker yang terinspirasi dari produk legendaris HD XR750.

Pasalnya timbul pertanyaan, mengapa produsen motor legendaris dan ikonik asli Amerika ini sampai membuang gengsinya?? Biasanya hanya memproduksi Moge di kelas premium dan kini ikutan terjun di kelas motor bermesin kecil. Why of why? Apalagi ternyata buatannya bukan USA original tapi ada campur tangan Cina.. bukannya malah akan menciderai fans die hardnya ya?

Sebelum protes, KBY pribadi sih tidak terlalu mempermasalahkan pabrikan dari negara atau pihak manapun yang terlibat dalam pembuatan suatu produk. Apalagi Cina, memangnya bisa menahan sejauh mana ekspansi Tiongkok yang super merajalela tersebut. Lagipula pabrikan mereka itu bisa sangat fleksibel, ada uang ada barang/kualitas.

Hanya saja ada beberapa merek yang dianggap memiliki pride tersendiri dan biasanya para fans fanatiknya sangat mengagungkan yang namanya originalitas. So harapannya adalah sebuah Harley Davidson (HD) ya tetap Amerika.. Masalahnya datang ketika urusan klasik muncul.. DUIT!!

BUTUH CUAN BANYAK

Namanya perusahaan bisnis dan jualan, ya kali ga butuh income, pemasukan dan cuan.. Singkatnya HD ini memiliki masalah yang serius dari sisi finansial, penjualannya trus menurun sehingga mereka “dipaksa” turun kasta dengan menjaring lebih banyak konsumen, caranya? Ya maen juga ke kelas yang lebih rendah, segmen harga terjangkau lah istilahnya, biar apa? Ya makin banyak yang beli laaaahh.. ente kadang kadang ente.

Apa lagi di kelas ini sudah banyak pesaingnya jadi bisa dibilang bukan blue ocean lagi (segmented dan niche) tapi jadi red ocean (produk banyak yang sejenis dengan banyak kompetitor) setelah Honda menghadirkan CB350, apalagi pabrikan India malah sudah mendominasi dengan Royak Enfield 350series, dan bahkan bentar lagi Kawasaki juga akan hadir dengan produk barunya yang gosipnya akan diberi nama Eliminator dalam waktu dekat.

Motor ini melakukan debut perdananya di negeri Tirai Bambu, karena seperti yang sudah disebut di atas, memang disanalah motor ini diproduksi dan kemungkinan nantinya akan dijual untuk pasar Global. Jika hadir di Indonesia kira kira anak para pejabat langsung ngincer ga yah.. eh.

HARLEY DAVIDSON X350 2023 – GADA AURA HARLEY??

Bicara soal desain. HD350 ini memang enggak ada aura khas dan ikonik ala Harley Davidson yang pada umumnya bergenre classic cruiser dengan mesin V-Twin berkapasitas besar dan berpendingin angin sepoi sepoi. Karena motor yang hasil kolborasi antara Harley Davidson dengan perusahaan asal China, QianJiang Motorcycle ini menggunakan basic motor kecil dan hanya berkonfigurasi mesin inline twin. Yah setidaknya dua silinder yekan.

Harley Davidson X350 2023

SPESIFIKASI

HD X350 ini mengusung mesin 353cc 2 silinder berpendingin cairan, nah dari sini aja udah bukan Harley wkwkwk. Power maksimum diatas kertas motor ini mencapai angka 27 Kw atau setara 36,7 Ps pada 11ribu rpm dan torsinya 31 Nm pada putaran rendah di angka 7000 rpm. Yupz, betul banget identik dengan mesin yang digunakan oleh QJMotor SRK350 yang juga sama-sama menggunakan basic mesin dari Benelli 302S atau Benelli 250 yang dijual di Indonesia

Harley dua silinder ini memiliki berat 195 kg, 817 mm untuk tinggi jok-nya, weww jinjit beud ini mah. Kapasitas tangkinya bisa muat 13,5 liter dengan ukuran ban 120/70 17 inch dibagian depan dan 160/60-17 inch untuk ban belakangnya.

Fiturnya juga terbilang lengkap dan kekinian, sebut saja lampu serba LED dengan lampu utama berbentuk bulat sebagai identitas motor classic modern. Shape bulat juga terdapat pada bagian spion dan juga bagian lainnya. Panel speedometer digital, suspensi depan upside down yang bisa disetel juga rem depan ganda dengan kaliper rem model radial kemungkinan sudah ABS. Kemiripan dengan basis produk Qianjiang serta Benelli bisa dilihat dari bentuk rangka teralis dan juga model suspensi belakangnya yang posisinya agak horizontal.

Harley Davidson X350 2023

 

Meski orang awam termasuk KBY mungkin tidak akan menyangka jika motor ini adalah memiliki label dari brand legendaris American Pride Harley Davidson, namun sejatinya desain seperti ini sudah digunakan oleh mereka untuk model yang sudah ada sebelumnya seperti motor listrik HD Livewire.

HARGA MURAH!!

Sangat terlihat menyisir konsumen menengah ke bawah, harga HD X350 ini dijual dengan nila besar 33.388 Yuan untuk negeri China atau jika dikonversikan kedalam rupiah ya sekitar Rp. 77 jutaan rupiah, murah kan? Untuk sebuah motor 350cc 2 silinder dengan nama legendaris pula. Bahkan lebih murah dari Forza dan ZX25R tuh.

Harga tersebut lebih mahal sekitar 6000-an yuan dari basicnya si QJMotor SRK350. Dan untuk model tahun 2023 motor ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna orange khas Harley, warna hitam dan juga warna abu-abu.

Harley Davidson X350 2023 Harley Davidson X350 2023

Menurut lads strategi yang diusung Harley ini bakal sukses ngehits atau malah jeblok? Mangga komennya lads..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

13 KOMENTAR

  1. Setahu gue..yg bikin menarik HD itu suara knalpot & konfigurasi mesin V nya.
    Yg ini apa bedanya dgn motor Jepang ?Soal laku pasti laku..tapi laris,blm tentu.

  2. Kalau memang dirancang sbg produk global, meskipun produksi di china dan orientasinya cuan buat principal, maka tinggal pilih mau jual dinegara mana yg segmen konsumen model spt ini cukup eksis tapi gak rewel macam konsumen di +62.

  3. Kurang tepat model yang diambil sekalipun jual emblem doang. Coba tetap bikin model chooper walau mesin Benelli
    Dengan emblem HD tetap bakal menarik , apalagi slongsong knalpotnya masih meledak ledak losss doll pake karbu .
    25 -30 JT disini dijamin laku yang penting emblem dan EMBOSS blok mesin HD 🤭

  4. Kenapa ambil model Benelli ini ya? Harusnya ambil model Benda 300 tuh desain Harley banget, cruiser V-twin, penggerak belt. Bentuknya keren banget anjir, gw pernah kepikiran kalo motor ini dikasih emblem HD dijual 70jt bakalan laku keras di mana2.

  5. Banyak rival di kelas itu, apalagi masalah Diler dan ketersediaan sparepart. Harusnya klo HD ingin masuk kelas low entry hal tersebut harus diatasi segera, beda sama kelas premium

  6. yg jelas sih gak akan laku di sini.
    karena di sini orang beli HD sebenarnya cuma beli merk doang, over compensation, sekedar buat pamer kekayaan dan kekuasaan doang. kalau jalan juga maunya musti dikawal karena mereka selalu ngeluh kepanasan dan terlalu berat.

    nah kalau HD yg ini,
    emblem boleh HD tapi kalau masuk mall, parkirnya tetap bareng mio dan beat.
    ya mana mau mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini