Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Untuk pasar Indonesia sih sudah bisa ketebak banget ya.. Begitu pula kalau bahas mobil terlaris di Korea Selatan misalnya. Tapi bagaimana dengan pasar India? Mobil Terlaris India 2022? Sudah ketebak jawabannya? Kalau sudah tahu berarti lads benar benar luar biadab eh biasa.. Jadi sudah gak aneh kan kenapa produk produk mereka yang dijual di sini kiblatnya ke India bin Prindapan? Sudah gitu ada beberapa yang disana gak laku terus “dibuang” ke sini, alias kita cuma jadi buangan doang wkwkw.. gassss kita bahas lebih lanjut!!

MOBIL TERLARIS INDIA 2022

Bukan Toyota, bukan Honda, bukan pula merek lokal seperti Mahindra atau Tata.. Yang menjadi jawara alias nomor satu atau wahid terlaris di India adalah Suzuki!! Tapi Instagram berkendara menyebut nama Suzuki tanpa ada nama Maruti baik di depan maupun di belakangnya. Apakah ini murni Suzuki? KBY pribadi sih kurang yakin, tapi anggaplah 1 nama ya.

mobil terlaris India 2022

Seperti pada foto di atas, terlihat nomor satu adalah Suzuki Wagon R! Paling laris dengan angka 217.317 unit, perbedaannya cukup jauh dengan nomor dua yang anehnya adalah Suzuki Baleno!! Maksud KBY aneh adalah, Baleno hatchback sendiri di sini penjualannya B aja, penerimaan di masyarakat juga begitu aja, meski sebenarnya dari sisi dain sudah cukup memadai. Ganteng banget gak, jelek pun jauh.

mobil terlaris India 2022Lucunya, model terlaris yaitu Wagon R malah gak dimasukkin sini sama Suzuki Indonesia, atau tepatnya gak dikasih lampu hijau sama Principal Jepangnya. Konon karena Karimun Wagon R yang ada di sini itu murni buatan sini untuk diekspor ke banyak negara, itu kenapa tempo hari Suzuki Indonesia sempat invest gede gedean pabrik khusus Karimun Wagon R.

Kemungkinan besar kalau mau dapat model yang bagus dari India, dealnya adalah Karimun Stop produksi, S-Presso wajib dijual di sini baru nanti dikasih model lain dari Prindapan. Tapi ya wallahualam sih, kasian aja sama Suzuki di sini.. hiks. Faktanya,  tidak ada lagi wagon R ditemukan di website Suzuki Indonesia.

SUZUKI S.PRESSO

Hingga urutan 20 di gambar atas kita belum juga menemukan sosok mobil baru Suzuki di Indonesia yaitu Suzuki S.Presso, coba kita cek lagi ke bawah, ada di posisi berapa sih dia.

mobil terlaris India 2022

Ternyata nongol di posisi ke 21 lads! Jauh juga ya.. Tapi dibanding Ignis yang ada di posisi 26, ternyat si Kopi Pahit ini masih lebih baik jumlah penjualannya. Yaudah lah, cukup bahas Suzukinya. Bagaimana dengan merek lainnya?

Nomor alias urutan ke 4 baru lah merek lain hadir, yaitu merk lokal di sana, Tata dengan model Nexon. Hyundai yang sedang berjibaku di sini hadir di posisi ke 7 dengan andalan Creta. KIA ternyata lebih baik dari merek India lokal lainnya, Kia Seltos ada di urutan ke 14, di atas Mahindra Bolero yang menurut KBY itu tampangnya jelek amat ya ampun.

Merek Jepang baru hadir di urutan ke 27 dengan diwakili oleh Toyota Innova, merek Jepang lainnya yakni Honda, baru ada di urutan ke 29 dengan Honda Amaze. Wewww dua merek ini padahal saling bunuh bunuhan yak di Indonesia. So bagaiman nih menurut lads? Tunggu yak ada hot gosip seputar mobil Suzuki di 2023! Jadi ga aneh kan kenapa Suzuki Indonesia kiblatnya ke India?? Nomor satu lads!!

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

26 KOMENTAR

  1. Ayo Suzuki masukkan lagi wagon R dan swift nya
    Eh tapi katanya Suzuki sini mau fokus yang bentuk bentuk suv?

    Hyundai buat juga tipe i disini

  2. mantap bet sijuki yak. pantes aja sampe principal jpn ngambil India buat kiblat asia. btw Dzire kok kayaknya lucu mang. mengingatkan pada S2000

  3. Lain ladang lain belalang lain lubuk lain ilalang yak mang….selera prendapan mah suzuki…merk sultan harap minggir hiahiahia

  4. bukan merk yg gw liat tapi jumlah distribusinya gila banget, tu mobil semua bukan motor, apa gak sesak tu jalanannya, pantesan india di kenal juga negeri klakson…tttiiiiiiiinnnnnn tiiinn tiin ttttiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnn

  5. Suzuki menggila di india, pantesan disini suzuki budeg, jualan dinegri Takur sing lebih profit dari jualan dinegri konoha…

  6. Kayanya nyaris 80 persen penjualan Suzuki Global disedot sama India.
    Ngga salah ya jadi anak emasnya Suzuki Jepang.
    Penjualan Suzuki Indonesia setahun cuma 89ribu unit , ngga salah juga bakalan jadi ‘tampungan’ Suzuki india..makanya model2 Suzuki dimari kurang diminati lagi karen sudah India oriented…next model Suzuki Indo ya tinggal liat produk Suzi di India..makanya di mari kurang apa coba..Dealer Suzuki banyak servis beres overall juga murah dibanding yang lain.
    Cuman model aja yang kurang masuk dengan selera di sini,karena ya tadi…Jay Hind..
    Beda cerita Ertiga gen 1 yang lahir di mari..modelnya ok lah.

  7. Masukin aja Wagon R, modelan JDM..masukin skema LCGC..napas dikit tuh Suzi Indo..biar ngga terlalu india oriented.
    Berkaca sama Brio…

  8. Nunggu gak laku di sono baru masuk di sini..eh..
    Sebagai pecinta Suzuki mulai dari Jimny lo g and short sassis, Baleno gen 1..Ertiga..gen 1 and 2..gemes aje liat Suzuki Indo.

  9. Wagon R luar biasa … Jauh bener nasib nya sama wagon R dimari, sayang kenapa disini ngak update model ya, padahal tambah besar yg model india nya

  10. Mahindra Bolero itu maunya sih desain ala ala Bundera atau G-Klasse KW tapi dengan kearifan lokal prindapan

  11. @Rio
    penjualan mobil di Indonesia memang cuma sedikit makanya sering dipandang sebelah mata sama pabrikan mobil dunia (kecuali Daihatsu, karena separuh dari total penjualan Daihatsu ada di sini).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini