Suzuki All New Ertiga 2022
iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Andalan Suzuki di kelas MPV/Low MPV terutama untuk pasar Indonesia mengalami pembenahan. Meski ubahan dan benahan tersebut masih terbatas untuk pasar India, namun mengingat Suzuki Ertiga di Indonesia ini memang basisnya dari prindapan juga, maka hanya tinggal menunggu waktu saja kehadirannya di nusantara. Nah kalau dari sisi bentuk dan desain konon tidak akan ada ubahan signifikan, namun dari teknologi dan fitur, Suzuki All New Ertiga 2022 akan memilik gearbox AT 6 speed! Ada 4 airbags pula!

Suzuki All New Ertiga 2022

Suzuki All New Ertiga 2022

Apabila kita melihat foto di atas dan di bawah, Suzuki All New Ertiga 2022 memang tidak ada perubahan drastis atau signifikan dari sisi bentuk atau desainnya, hanya terlihat ubahan sentuhan minor pada bagian grill dan dual tone velg (di sini sih udah). Sebenarnya mempertahankan juga tidaklah buruk, karena pada dasarnya secara keseluruhan desain LMPV Suzuki ini memang masih enak dilihat.

Suzuki All New Ertiga 2022

Namun ketika bicara fitur yang diimbangi dengan teknologi, All New Ertiga memang tertinggal dari para rival, oleh karena itu Maruti Suzuki India berkonsentrasi memberikan item yang memberikan value terhadap sektor fitur dan teknologinya berupa 6 speed automatic transmission dengan paddle shift, sektor keselamatan bertambah dengan 4 air bags.

MESIN BARU DUALJET SMART HYBRID

Selain itu lompatan teknologi di sektor mesin juga diberikan. Kini mesin Suzuki All New Ertiga 2022 sudah menggunakan versi K15C 1500cc DOHC DualJet Mild Hybrid. Meski dari sisi performa tidak ada loncatan yang istimewa, malah turun sebenernya, hiks.. namun penerapan mild hybrid inilah yang membuatnya menjadi spesial dibanding rival, diluar 6AT plus paddle shift tentunya.

Yak, teknologi dualjet maksudnya adalah dua injektor per silinder agar pembakaran lebih sempurna, ditambah smart hybdrid, anehnya performanya malah menurun lads. Turun 2ps dan 1,2Nm menjadi 103 dan 136,8Nm. Kenapa ya? Apakah faktor EURO V? Bisa jadi sih.. bukannya naek malah turun wkwkkw, jadi penasaran tenaganya di atas aspal nih.

Jika KBY tidak salah, maka transmisi otomatis yang digunakan akan serupa dengan milik saudaranya, yakni SX4 S-Cross (baca ulasannya: Review Mudik Lebaran Bersama Suzuki SX4 S-Cross). Matik ini cerdas dan dengan tambahan dua kecepatan pasti akan lebih anteng yang berimbas pada efisiensi BBM sang Ertiga, plus paddle shift akan menambah kenikmatan mengemudi juga lads.

KBY acungkan jempol karena Suzuki berani tampil beda dengan tetap menggunakan matik model konvensional dibandingkan CVT, yang penting itu sudah ada manual mode dan 6 speed pula!! Itu koentjinya lads!! Buat apa CVT kalau tanpa fitur fitur di atas hehe, menang halus doang.

Suzuki All New Ertiga 2022

KONEKTIVITAS

Selain tiga poin di atas yaitu; transmisi, air bag dan mesin, Suzuki India juga memberikan Head Unit baru yang lebih smart bernama SmartPlay Pro dengan voice Assistant, Apple Carplay dan Android Auto. Meski sekilas dari tampilan besarnya HU tidak ada perubahan, namun isinya ternyata lebih memikat.

Head Unit tersebut kini mampu memberikan konektivitas yang lebih luas melalui SuzukiConnect, dari mulai start mesin, cek lokasi mobil, hingga mengatur dan menyalakan AC. Entahlah menurut KBY fitur kayak gini lebih ke gimmick, gak kepake atau kurang terpakai.

Tunggu jadwal tayangnya Suzuki All New Ertiga 2022 di Indonesia ya lads.. Hmmm, menarik kah? (sumber: Berkendara IG)

versi CNG hanya tersedia untuk pasar India

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

14 KOMENTAR

  1. tapi agak berlebihan ga pakai 6speed?
    well namanya juga jualan, gimmicknya musti wow

    sebutlah tombol start stop ala mobil mahal

    • Hmmm.. bisa ya dan tidak, lebih karena tuntutan sih …

      Beberapa tahun lalu 4AT cukup di kelas ini, skrg CVT (bisa plus 7 speed) atau konven 6 speed paddle shift is a must

      2003 city gd8 udah CVT 7 speed dengan paddle shift

      • cvt 7 speed di kala itu sering disebut “terlalu sok pintar” klo ga salah, trus akhirnya mereka balik lagi ke torque converter kan?

      • saya sih setuju sama om martin, expander juga masih 4AT tapi tetep laris kan, emang suziku nya aja sih yang kurang all out dari tampilang dan fitur2 yang ‘keliatan’

        bisa dilihat dari honda yang bertahun2 jualan mobil sunat fitur, kaleng rombeng, kabin berisik, tapi modelnya keren2, tetep bisa laku kan?

  2. Interiornya sayang sekali
    Harusnya bsa lah ganti desain lbh mewah
    Atau minimal konsol tengahnya jdi kyk veloz atau xpander baru ada armrest besar dan benar benar memisahkan antara penumpang n driver, setir telescopic, material softpad dmn mn, manual bolehlah jdi 6 speed jga, rem parkir elektrik, cakram 4 roda, led projector headlight with drl
    He. He. He

Yuk Tinggalin Jejak Lads..