Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Honda Civic sedan 2022 yang lebih kalem dan elegan hadir! Dibandingkan saudaranya yang lebih kecil si City, tentu nama Civic jelas lebih membahana dan lebih terkenal di seluruh dunia, penggila kecepatan yang mendewakan handling gada yang gak tau mobil andalan Honda di kelas sedan medium ini. Honda Civic generasi kesebelas ini tampil baru dengan mengejutkan banyak pihak, pasalnya, guratannya yang agresif dan sporty pada generasi sebelumnya dapat dikatakan hilang tak berbekas, gantinya malah lebih kalem!

HONDA CIVIC SEDAN 2022

DESAIN

Sebenarnya KBY gak bisa komplen, meski untuk sejumlah konsumen yang demen bentuk sporty dan tajam tajam akan kecewa karena Civic 2022 terbaru ini dapat dikatakan jauh dari guratan lancip lads.. Tapi meski bisa disebut desainer Honda sudah mulai kehilangan kreatifitasnya KBY pribadi suka loh, kenapa?

Karena bentuknya mengingatkan kita pada sedan saloon Honda tertinggi, yaitu seri Accord. Terlebih lagi jika kita melihat bagian fascia dan nose-nya yang kalau pengamat otomotif roda empat seakan kembali ke jaman Accord Maestro (generasi 4).. Menurut KBY ini sih positif, silakan lihat sosok Honda Accord Maestro, hingga kini sosoknya masih sangat enak terlihat, timeless dan gak ketinggalan jaman! Setuju gak lads?

Honda Civic Sedan 2022

Begitu juga dengan bagian buritannya Honda Civic Sedan 2022 ini, mengingatkan kita pada Accord VT-i L 2000. Tidak 100 persen mirip memang, tapi guratannya ada pada si Civic. Dengan demikian, produk ini seakan mengajak para konsumen terutama Honda Mania, bernostalgia lads.

Honda Civic Sedan 2022

Honda Civic merupakan seteru abadi dari Toyota Corolla, keduanya kerap bersaing dalam penjualan, namun untuk jumlah seluruh dunia, Corolla memang masih yang memegang. Civic sendiri terkenal karena sedan mid ini memiliki handling lincah dan cekatan dengan performa yang terkenal dahsyat, apalagi kalau ngomongin kasta Type R..

Honda Civic Sedan 2022

Bagian eksterior didominasi aksen warna hitam, yaitu pada handle pintu, spion, dan pelek 17 inci. Di belakang, Civic RS mendapat dual muffler dan spoiler. Dashboardnya memang terlihat mewah serta futuristik. Dan jika melihat panel speedometernya, seperti pada Raize nih kayaknya, bisa diubah ubah.

Honda Civic Sedan 2022 interior

FITUR & TEKNOLOGI

Honda memberikan Honda Sensing untuk medium sedannya ini, gak lucu juga kalau versi lebih mahal gada fitur dan teknologi keselamatan yang modern, padahal All New BRV 2022 saja udah dikasih wkwkkw.. Jadi Civic generasi sebelas ini juga dapat.

HONDA SENSING sendiri mencakupi banyak hal, seperti Honda LANEWATCH, adaptive cruise control dengan low speed follow, auto high beam, lane keep assist, lane departure warning, collision mitigation, dan lead car departure notification.

Honda Civic Sedan 2022

Beberapa fitur yang disematkan mencakup panel instrumen full LCD sebesar 10,2 inci, head unit 9 inci integrated dengan Apple CarPlay & Android Auto, ambient light door trim, rear seat reminder, dan Honda Smart Key Card yaitu kunci keyless mobil yang berbentuk kartu tipis. Ngomongin kunci start pake kartu, jangan salah Honda NSR 250SP MC28 tahun 94 juga udah pake wkwkkw..

Honda Civic Sedan 2022 panel

Untuk kenyamanan, tersedia power seat alias jok elektrik untuk driver dan penumpang samping. Untuk driver 8 kombinasi sementara untuk sebelahnya cukup 4 arah saja. AC-nya sudah auto climate control dengan dual zone, serta 3 driving mode. Bungkus joknya juga kulit suede yang keren.

Secara keseluruhan kabinnya memang terlihat lebih mewah, di foto, ga tau juga kalau liat langsung yes. Hehehe..

SPESIFIKASI

Awalnya KBY kira info yang ada di Instagram seperti dari Indra Fathan dan berkendara itu typo alias salah ketik, ternyata benar adanya yaitu mesin yang tersedia adalah VTEC Turbo 1.500 cc 178 hp/240 Nm, dengan transmisi CVT. Dibanding Civic turbo lama, tenaganya naik 5 hp dan 20 Nm.

Lihat VTEC-nya, tanpa i di depannya. Apakah ini mesin generasi baru? Sepertinya iya.. gak tau kenapa Honda menghilangnya huruf “i”, nanti KBY coba korek korek deh ya..

HARGA HONDA CIVIC SEDAN 2020, NAIK SIGNIFIKAN!

Nah ini yang jadi isu dan gosip hangat lads, All New Honda Civic sedan 2022 generasi kesebelas resmi diluncurkan di Indonesia. Dengan satu tipe yaitu RS, mobil ini dihargai Rp 567 juta! Artinya terjadi kenaikan sebanyak Rp 30,5 juta dibanding Civic sedan lama.

Harganya sudah setara dengan Big Sedan Accord jaman sebelum versi terbaru ya. Dengan sang nemesis pun bedanya 109,4 juta loh (tipe V A/T). Sementara dengan Corolla Altis Hybrid bedanya IDR 60,7 juta. Altis hybrid sendiri memiliki sekitar 80 persen fitur dari Honda Civic Sedan 2022..

Jadi apakah perbedaan 60 dan 100 jutaan membuat Civic terbaru 2022 ini lebih worthy untuk dimiliki? KBY rasa sih kemahalan yah, soalnya duitnya gada, awkwkwkwkwk…

Honda Civic Sedan 2022

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

25 KOMENTAR

  1. Akhirnya spidonya gak downgrade ke kalkulator kek di gen sebelum ini wkwkwk

    Btw, bicara mesin si civic ini mang, at least buat gen sebelumnya, sebenarnya branding “VTEC TURBO” ini boleh dibilang misnomer. AFAIK mesin L15B turbo buat civic lawas dan crv itu gaada yg pake mekanisme VTEC tradisional, yang ada hanyalah dual VTC/VVT. Cuma seri accord aja yg ada VTEC di exhaust camnya.
    Klo buat lineup mesin turbo lainnya sih udah rata ada VTECnya. Yg 1.0 (P10A series) ada di intake cam. Yg 2.0 (K20C series) ada di exhaust, khusus mesin type R ada di intake&exhaust cam barengan.

    Tapi baca2 lagi sih, konon yg generasi ini sudah pake mesin yg identik dgn accord, cuma didetune aja. Dan mestinya emang udah i-VTEC krn adanya VTC ntu.

      • Yup betul mang. Cuma tentu perlu diingat klo buat lingo perhondaan, VTEC dan VTC itu dua hal berbeda. VTC itu ya VVT, letaknya di timing gear dan cuma bisa ngubah timing aja. Kalau VTEC kan dia ngubah profil cam (paling gampang utk mengidentifikasinya, buat head DOHC biasanya lobe di camnya ada 3, kalau normalnya ada 2), bisa ngubah timing, durasi, dan lift sekaligus, meski gak sefleksibel VVT yg bisa merubah timing di semua rentang RPM.

        Kalau dua teknologi tersebut digabung, ya penamaannya pasti i-VTEC. Kecuali buat mesin2 honda sekarang yg SOHC (SOHC gak bisa dikombinasikan dgn teknologi VVT), somehow buat L series yg desain intakenya dimodif dikit dan R series yg pake reverse VTEC dia malah digolongkan ke i-VTEC.

        • Nah ini, meski suka suka Honda, waktu GE8 lahir dengan embel embel i-vtec, gw bingung, karena penjelasannya di brosur adalah teknologi efisiensi i-DSI plus VTEC yang powerful..

          Padahal yang gw tau, i-VTEC itu ya VTEC plus Variable Timing Control alias VTC … dimana itu terdapat pada mesin mesin VTEC DOHC

          Bisa aje Honda marketingnya 🤣🤣🤣 ..

          Tapi L series terbaru kan udah DOHC, jadi mungkin aja sih VTEC nya in dan ex, meski tanpa VTC ya?…

          • Sy gak tau nih mang kalau buat mesin L15ZFnya city baru, tapi kalau mesin L15B milik jazz GK global dan jazz GR current itu dia pake VTEC/VTC cuma di intake cam aja.

            Cuma katanya sih L15ZF itu ya L15B yg dibuang sistim direct injectionnya biar cocok buat pasar berbensin busuk macam disini, jdi kudunya casenya sama. Part2 aftermarketnya aja macam camshaft katanya pnp banget

            Dan btw, R series yg versi DOHC (cuma dipake di seri hybridnya doang sih, klasifikasi seri LF, jdi berkesan masuk famili L series) juga pake VTEC/VTC di in doang mang

  2. Entah a. desain civic my 2015 yg terlalu keren, atau b. desain civic my 2021 yg terlalu jelek, atau a. dan b. benar.

    Kalo ada fulus tanpa pikir 2 kali ambil type R my 2015 yang pajaknya 12,xx jt pertahun.

    • Gimana ya kang, kalau menurut saya sih yg 2015 itu desainnya agak lebay gitu kayak mobil-mobilan hotwheels/tamiya gitu kesannya terutama yg type-r yg udah ricer dari pabrik pakai fake vent segala lagi. Tapi itu murni selera sih mana tau memang target pasarnya orang kayak gitu. Beruntung performanya emang ga bisa diremehin sampai pernah megang rekor mobil fwd tercepat

    • Di daftar 10 mobil terlaris di dunia 2020 ada 4 model honda di sana, crv, civic, hrv/vezel dan accord/insight. Untuk kategori mid sedan/saloon/hb, civic hanya kalah penjualan dari corolla dan nissan sylphy. Which mean aesthetical design-wise = banyak yg setuja dg pendapat saya. Kalo civic diliat dari samping: vibe coupe-ish like nya itu gak nahan, seng ada lawan. Dan stoplamp civic saking kerennya, dicontek mentah2 oleh genesis g90 dan all new subaru wrx, tanpa rasa malu-tanpa rasa bersalah!

      *typo type R second mksdnya

  3. Yuhuuuu…just info YiaMaap MiCeleng Team barusan jadi Jurdun🎉🎉🎉 kok pada kompak sepi beritanya🤔🤔…??

Yuk Tinggalin Jejak Lads..