GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Waahh gak dicari cari malah nongol di depan mata hehe, iyes, itulah mobil SUV compact yang gak kalah nge-hype dari saudara kembarnya. Daihatsu Rocky 1200 2021 tipe X CVT (matik) ini KBY lihat di Summarecon Mall Bekasi lads, saat lagi ada keperluan meet up dengan salah satu pabrikan roda dua.. So bagaimana pendapat Kobayogas Sena terhadap mobil varian middle ini? Tentu saja sudah dituangkan juga dalam video, kuy geber kepoin dulu.

Sebenarnya sudah cukup lama KBY penasaran dengan dua sosok SUV kembar terbaru dari Toyota dan Daihatsu tersebut, yaitu Raize dan Rocky. Dengan platform TNGA dan DNGA (sama aja sih sebenarnya), keduanya menjadi mobil dengan platform yang benar benar baru di kelasnya.

Bahkan keduanya sudah KBY pantau sejak masih dalam embrio alias sebatas isu doang hehe, silakan dicari di web ini untuk mengetahui perjalanan Raize dan Rocky sejak masih menjadi isu hingga rilis resmi.

Namun karena kesibukan dan kemalasan (tepatnya yang terakhir sih wkwkkw), sosok Rocky maupun Raize belum pernah KBY lihat langsung, sejauh ini hanya sebatas foto foto belaka. Ada kawan kerja di Toyota tapi ternyata unit unitnya langsung ludes dikirim ke para penginden. Iyes, segitu dahsyatnya lah produk Jepang ini.

Tapi namanya rejeki, saat ada tugas ketemuan dengan perwakilan pabrikan roda dua Jumat kemarin lepas Jumatan di Summarecon Mall yang sepi (kasian deh, belum lagi PPMK dimulai lagi), eh KBY malah nemuin Daihatsu Rocky 1200 terbaru! Iya, tipe 1200cc kan baru rilis sekitar dua bulan dari tipe 1000cc turbo. Wah malah kebetulan sih ..

mesin rocky 1.2

Sebenarnya kepengennya lihat yang 1000cc Turbo, mau Rocky atau Raize lah mana duluan, sayang unit display yang ada hanya menampilkan satu unit, yaitu Rocky 1200cc 3 silinder tipe X CVT. Tapi gak masalah, yang penting sudah ketemu langsung, rasa penasaran pun terbayar!

FIRST IMPRESSION DAIHATSU ROCKY 1.2

Seeing is believing, kalau dari foto, Daihatsu Rocky terlihat cakep tapi cenderung biasa saja, ternyata sosok aslinya lebih gagah lads.. Pas lah dengan mobil mobil modern saat ini, gak terlalu wow memang tapi cukup membuat mata terpikat.

Efek wow Rocky 1.2 ini lebih terasa di belakang, sementara aura depan cenderung B alias biasa saja meski tetap keren. Sayangnya, menurut KBY sih, desain kokoh Rocky agak terciderai dengan panel panel palsu plastik hitam yang menempel di bumper belakang, malah terlihat tidak sleek dan sophisticated, malah kaya tempelan aksesoris, mana plastik hitamnya juga gak bagus bagus amat. Andai gada panel tersebut, justru akan terlihat lebih rapi.

Ada yang aneh di bagian panel bodi ekterior, atau mungkin efek cahaya ya? KBY melihat warna putih antara bodi dengan handle pintu agak berbeda, di handle warnanya lebih gading, jadi kaya belang gitu.

Masuk ke interior, kesan perakitan solid di dapat terutama di bagian door trim, tapi melihat dashboard dan panel tengah jauh bagusan via foto, atau mungkin karena ini tipe kedua dari bawah (tipe X hanya tersedia 1200cc dengan varian MT, CVT dan ADS). Plastiknya pun terkesan cheapy, ini membuat KBY jadi penasaran lagi, bagaimana dengan tipe R 1.0 A.S.A atau Raize tertinggi, masih sama kah?

Belum lagi panel bodi bagian atas di bawah Head Unit terlihat kurang rapi, potongan plastik tajam mencuat diantara panel. So far sih kurang bikin decak kagum lah panel dashboardnya, sayang tidak ada kunci sehingga KBY gak bisa liat panel speedometernya saat menyala.

DRIVING POSITION ROCKY

Saat mencoba posisi berkendara, KBY mencari seat height adjuster yang ternyata hanya ada di tipe R saja, X dan M gakan nemu. Bagusnya, ketinggian posisi duduk untuk driver bertubuh 165cm masih sangat aman, pas ada di tengah, gak terlalu rendah, gak terlalu tinggi juga. Busa joknya cukup baik meski bagian sayap masih kurang memeluk .

Penampilan bungkus jok fabric-nya oke punya, cukup berkelas dengan aksen merah di sepanjang garis pinggir, mampu menambah aura sporty yang diangkat oleh Daihatsu Rocky.

LEG ROOM LEGA

Nah, meski jika dilihat dari luar dimensinya cukup kompak sebesar Kia Sonet atau MG ZS dan lebih besar dari Suzuki Ignis tapi masih lebih kecil dibanding Honda HRV, tapi ruang kaki depan dan belakang Daihatsu Rocky 2021 ini layak diacungi dua jempol.

Setelah mencoba menyetel posisi menyetir, Sena dan KBY duduk di ruang belakang, wowww lega! Kaki bagian lutut alias dengkul masih menyisakan sekitar 1 jengkal dengan jok depan, artinya aman banget ini buat yang 180cm lebih juga.. masih ada ruang. Bagian kepala juga sejengkal lebih dari Sena yang tingginya 171cm.

head room Daihatsu Rocky

Hanya saja bagian paha kurang tertopang penuh oleh jok, masih menyisakan sekitar 10cm, untuk perjalanan jauh lumayan bisa bikin pegal lama lama. Untuk fitur Daihatsu Rocky silakan baca artikel ini (Rocky 1200cc Resmi Rilis).

ruang kaki Daihatsu Rocky 1.2

Oia ada fitur menarik yang KBY alami langsung, yaitu dek bagasi yang bertingkat. Jadi dek bagasi Daihatsu Rocky ini ada dua level, level 1 paling atas yang sejajar dengan bibir bumper, dan satu lagi lebih rendah untuk mengakomodir barang yang lebih tinggi. Nice..

HARGA DAIHATSU ROCKY 1200 X CVT

Untuk harga sesuai brosur yang KBY dapatkan dari Mbak Alisa (087782901700) yang ogah difoto dan divideokan, harga all Varian Daihatsu Rocky dari tipe M hingga R CVT A.S.A sudah menggunakan platform keringanan pajak PPnBM 50%, namun kabar terbaru bebas pajak 100% diperpanjang, artinya, harganya masih bisa lebih rendah lagi dari brosur lads.

So, jangan lupa videonya ditonton ya, capek tau cuap cuap sampe batuk batuk, mana pake masker pulak wkwkkwkw..

harga Daihatsu Rocky PPnBM 50 persen

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

14 KOMENTAR

  1. Klo liat spek mesin dan harga buat ay yg mendang mending (beli mikir2 dulu 😂😂😂) kok lebih condong ke yg 1000cc turbo yak, jauh banget torsinya, entah klo 1200 nya 4 silinder pake mesin calya/sigra sih, soalnya yg itu terkenal banget iritnya walo tenaganya lemot 😁😁😁😁

  2. Ini cvtnya ada simulated tiptronicnya gak mang? Atau cvt biasa kek semisal di brio? Maap belum bisa sempetin liat video

Yuk Tinggalin Jejak Lads..