GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Bahaya blind spot di jalan raya, kenali posisi dan cara mengatasinya. Berkelana dengan sepeda motor di jalan raya memang menyenangkan dan lebih efisien secara waktu. Dengan dimensi yang lebih kecil, sepeda motor memiliki kemampuan berkendara lebih lincah dan mudah untuk menyalip kendaraan lain, namun juga berpotensi sulit terdeteksi di area blind spot kendaraan lain yang lebih besar. Titik buta alias blind spot bisa diatasi kok lads untuk menambah aman di jalan

“Seringkali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara,” ujar Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky.

Blind spot merupakan “titik buta” kendaraan yang tidak bisa dijangkau oleh mata pengendara dan spion standar kendaraan. Untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan akibat “titik buta” tersebut, berikut tips untuk mengantisipasinya:

1. Pahami dan ketahui area blind spot kendaraan kita dan juga kendaraan lain dengan mengikuti pelatihan safety riding agar mampu memprediksi bahaya apa saja yang dapat terjadi ketika bekendara. Salah satu tempat pelatihan safety riding yang tersedia saat ini bisa ditemui di AHM Safety Riding Park, Deltamas, Cikarang.

2. Pastikan area blind spot kita secara visual dengan melihat ke kanan atau ke kiri sebelum berubah arah atau lajur kendaraan. Alternatif lainnya, dapat juga memasang spion tambahan untuk meminimasi area blind spot kita.

3. Fokus mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan kita terhadap lalu lintas jalan. Untuk itu, hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara serta hindari menggunakan knalpot tidak standar karena berpotensi menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan kita saat berkendara.

4. Selalu memposisikan di area luar blind spot kendaraan lain agar terlihat oleh kendaraan lain.

5. Bunyikan klakson atau lampu untuk melakukan konfirmasi kepada pengguna jalan lain bahwa apabila kita berada pada area blind spot-nya dan segera keluar dari area blind spot tersebut.

6. Menggunakan pelengkapan berkendara yang terlihat, sehingga tidak mudah terabaikan oleh kendaraan lain.

7. Selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain saat berkendara.

“Semakin besar suatu kendaraan maka “titik buta” saat berkendaranya semakin luas. Selain memahami posisi blindspot suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan #cari_aman dalam berkendara sehingga meminimalisir resiko kecelakaan,” tutup Lucky.

Sementara di mobil meski porsinya lebih kecil untuk blind spot atau titik butanya, tapi tetap saja ada lads. Nah biasanya pada mobil mobil modern kelas menengah ke atas sudah terdapat fitur yang biasanya dinamakan dengan Blind Spot Warning (BWS).

Fitur BWS ini memiliki indikator atau signal yang ada di spion luar kiri dan kanan dan memang sangat membantu saat ada kendaraan yang masuk ke area blind spot, indikator tersebut akan menyala tanpa harus driver memalingkan kepala karena terlihat oleh sudut mata. Mobil yang sudah memiliki fitur ini misalnya Mazda 2.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

23 KOMENTAR

  1. Install a widesekrin camera or multi cameras on the rear end of vehicle or motorad with only one single monitor in front of the raidre or driver which is also wide screen. So, there is no need to lirak-lirik to and fro. Nice idea of mine huhh..???

    • Tetap saja belum ngangkat jualan yhm dari dasar got ,
      Kalau belinya 500 unit mungkin ngaruh ?

      • Kebanyakan Fby adalah bos-bos besar dan orang pintar yg tahu kualitas dan selera tinggi, berkebalikan dgn fbh…

          • Dan terpilih lah motor berkualitas tinggi yang gir pompa olinya dari plastik dan berujung rikoll??..apakah begitu Mang?

        • Apresiasi buat yang nyelamatin produk yhm ?
          Kasian dong dibilang laris tapi 5 tahun didepan masih ada barangnya .

          • Gua pikir dia bukan Fby , karena juga memiliki motor2 pabrikan lain termasuk merk Sulton hnd .
            Yang ngaku2in Fby si Setia Menanti ?

  2. Saat mau nyalip kanan eh tiba2 didepan ada angkot yang cuma pake lampu tidur kedip2 biru .

    Sikapmu tak pernah Berubah , Begini begini saja…Bukan Main .

    iklan ?

  3. ada lagi blindspot depan persis kalo motor depan pake lampu rem dicopot mikanya merahnya. asemmm

  4. Salah satu penyebab “blind” spot juga gerombolan moge wannabe yang tat..tet..tot nguing2? plus lampu sorot stadion yang kelap kelip..pakai gear protector komplit kayak mau turing antar propinsi, padahal cuman kopdar doang???

  5. Belum lagi batok lampu nya buat bohlam , dipasangi LED putih dangak yang sinarnya nyebar kaga karuan…

    Yang kek gitu harus dilaminating ! ?

  6. ADV memang Keren ?? wuuuuuzzzz njengat , asik bermanuver . Bisa buat latihan latihan awal sebelum membawa jet tempur .
    Dan pastinya….19 ribuan km udah dilewati , 99 koma 999 999 999 persen belum ada Masalah sama sekali , bandel dan tahan banting ??

  7. Pabrik motor sebaiknya mikirkan kamera di belakang motor,memang daerah itu sangat rawan,apalagi kalau dibelakang mengikuti pembalap sekelas valentino rossi yg hanya ngasih jarak 20cm dari motor kita,direm salah,gak direm juga salah hadehh

Yuk Tinggalin Jejak Lads..