Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Panel speedometer merupakan bagian penting dari sepeda motor, karena menampilkan beragam macam informasi tak hanya indikator kecepatan saja, tapi juga ada tachometer, odometer, fuel meter, gear indicator dan beberapa varian speedometer sudah bisa menampilkan tambahan informasi seperti jam digital, average fuel consumption, bahkan bisa memberikan peringatan untuk kapan mengganti oli atau oil change indicator. Apalagi di era modern saat ini, banyak speedometer motor yang tampilannya model full digital. Model seperti ini tak kerap mengalami masalah, apa saja sih yang biasanya ditemukan, bagaimana cara memperbaikinya?

Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan speedometer berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat digunakan. Saat ini ada dua jenis speedometer yang banyak digunakan pada sepeda motor, yaitu speedometer analog dan digital.

“Di era sekarang secara umum panel speedometer digital sudah menggunakan LED sebagai penerangan dan LCD sebagai displaynya,” ujar Ade.

MASALAH YANG BIASA DITEMUKAN DI SPEEDOMETER

Panel speedometer juga terkadang mengalami beberapa masalah di beberapa komponen terutama di bagian layar yang sudah dilengkapi LCD (Liquid Crystal Display) sehingga dapat mengganggu aktivitas berkendara, Diantaranya :

1. Panel Speedometer Ngembun

Tampilan panel speedometer terhalang karena Terdapat uap air atau embun yang menempel di bagian atas mika penutup. Biasanya terjadi ketika sepeda motor habis dicuci atau juga ketika berkendara saat hujan. Penyebabnya kemungkinan karena ada celah antara mika penutup, atau bisa juga terdapat retakan sehingga panas dari mesin menyebabkan air yang masuk ke dalam unit panel speedometer menguap dan tertahan di dalam.

Solusinya bisa mengecek bagian speedometer dan memeriksa apalah terdapat celah diantara penutup, atau jika terjadi kerusakan di bagian mika yang berwarna bening, bisa langsung menggantinya. Dan supaya bisa menutup sempurna, disarankan untuk melakukan penggantian kepada ahlinya seperti ke bengkel resmi Honda atau AHASS.

2. Panel speedometer Sunburn

Karena kebanyakan beberapa model terbaru sepeda motor menggunakan panel speedometer tipe LCD, maka masalah seperti Sunburn sering sekali terjadi. Sunburn adalah kerusakan di bagian panel speedometer sehingga ngeblank atau terdapat noda hitam terbakar dan layar tidak memunculkan angka atau informasi lainnya. Kerusakan ini biasanya disebabkan ketika sepeda motor disimpan atau diparkir di ruangan terbuka dan terpapar sinar matahari langsung cukup lama, sehingga menyebabkan panel meter jenis LCD terjadi kerusakan.

contoh speedometer sunburn aerox yang sudah parah

Mengganti panel LCD speedometer dengan yang baru adalah solusinya. Tapi tentunya ada tips mudah supaya hal tersebut tidak terjadi diantaranya, menyimpan atau parkir sepeda motor di tempat yang teduh atau terhindar dari sinar matahari secara langsung, bisa memilih tempat parkir di area indoor atau jika terpaksa disimpan ditempat terbuka, diusahakan untuk menutupnya dengan cover atau benda lainnya yang aman.

Antisipasi lainnya, bisa melapisi mika panel speedometer dengan plastik film yang biasa dipasang di kaca-kaca mobil, kita bisa pilih yang 20 persen atau 30 persen bahkan warna plastic filmnya juga banyak pilihan, bisa pake yang bernuansa biru, hijau, atau gelap, intinya kita bisa setting tingkap gelapnya agar indikator di speedometer tetap dapat terlihat.

3. Panel Speedometer Memudar dan Tidak Terbaca

Jika indikator speedometer tidak bergerak atau tidak bisa menampilkan informasi seperti angka kecepatan sepeda motor ada kemungkinan ada beberapa bagian komponen seperti kabel yang terputus atau rusak.

Tapi terkadang ada juga kondisi dimana panel speedometer memudar atau hanya berkedip. Masalah ini terjadi pada sepeda motor yang sudah berusia lebih dari 6 tahun, penyebabnya bisa karena kelistrikan yang disebabkan aki yang sudah lemah dan bahkan tak berfungsi, sehingga terkadang panel speedometer hanya berkedip dan menunjukan tampilan yang tidak stabil ketika dinyalakan.

Aki atau baterai sepeda motor memang menjadi komponen yang paling penting, sehingga jika terjadi kerusakan atau tegangannya sudah lemah maka akan merembet pada masalah yang lainnya, salah satunya panel speedometer. Menggantinya dengan yang baru adalah langkah yang tepat, apalagi ketika usia pakainya yang sudah melebihi kemampuannya.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

6 KOMENTAR

  1. Suwun info Vitara ne Kang,
    Eike termasuk yang menunggu mobil ntu (selain all new rush tentunya).
    Oh ya Kang, mbok yao, artikel all new rush jangan dikekepin bae,
    tolong bisa dishare Kang.

    Suwun.

  2. Karena 80 persen kejadian tsb ada di Yhm…maka lahirlah tekh konek2…
    Jika Speedo udah ngembun atau ngeblank , masih ada layar hp yang trima kode error
    Wkwkwkwkwk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini