Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Jika lads sudah mencapai artikel part 2 dari Kisah Yamaha Vixion Di Indonesia, maka seharusnya lads sudah membaca sejarah di Part 1-nya ya, perjalanan Vixion generasi pertama hingga ketiga. Kalau belum, KBY sarankan baca dulu deh, biar keseruannya didapat wkwkkwkw.. So ini adalah part terakhir dari Kisah Sejarah Yamaha Vixion produk andalan Yamaha di masa lalu yang sukses membuat dinamika kelas naked sport 150cc bergelora dan lebih bergairah berkat advance-nya sang motor saat itu, namun kini mulai terlupakan.

Kisah Sejarah Yamaha Vixion - Vixion generasi V

Di artikel ini KBY akan membahas lanjutan dari part 1 yaitu generasi Yamaha Vixion dari mulai generasi keempat atau yang biasa disebut New Vixion Advance (NVA) hingga generasi terakhir yaitu All New Vixion yang sudah 4 tahun belum ada terendus akan disegarkan.. Kuy geber kisah mengharu biru sang legenda dari Yamaha – Kisah Sejarah Yamaha Vixion..

YAMAHA VIXION GENERASI KEEMPAT (NVA 2015 – 2017)

Tiga tahun kemudian sejak 2013, YIMM kembali merombak gacoannya dengan memberikan nama New Vixion Advance yang sering disingkat oleh konsumen menjadi NVA.

Disebut sebut, NVA merupakan generasi Vixion terbaik dari sisi desain selain old Vixion (gen 1). Dari depan hingga belakang mengalir pas, wajah gumush chubby ala Shincan juga menghilang, berganti dengan wajah yang lebih menyudut dan agresif.

Kisah Sejarah Yamaha Vixion - Vixion Advance
Yamaha Vixion Generasi keempat

Selain itu, desain rear fender yang pada versi sebelumnya juga sempat mendapat berbagai kritikan netizen karena dianggap terlalu panjang kaya pelepah daun pisang, akhirnya dibuat menjadi lebih pendek, hasilnya langsung terlihat.. Hadir pula under cowl yang lebih keren, air scoop dengan double layer lengkap dengan emblem 3D, dan cover crank case berwarna gold.

versi foto studio

Karena telah memenuhi standard emisi Euro 3, New Vixion Advance dapat dieksport beberapa negara tetangga, di antaranya Vietnam dan Filipina, yes seharusnya kita bisa menemukannya di dua negara tersebut. Selain itu NVA hadir dalam dua varian, yaitu versi standar dan versi Motogp livery yang mulai hadir di generasi ini.

Di sektor penjualan, hingga generasi keempat ini lah Vixion masih meraja sekaligus mulai menurun akibat terjangan sporadis dan militan sang nemesis Honda CB150R Streefire yang berkembang makin baik dan makin baik dari sisi desain terutama.

Baca deh:

Dan selesai lah DATA AISI, tidak ada lagi lepas Agustus 2018.. wkwkkwk

YAMAHA VIXION GENERASI KELIMA (ANV 2017 – SEKARANG)

April 2017, Yamaha Vixion kembali mendapat update menyeluruh, mulai dari desain, mesin, serta fitur-fitur yang diusung. Naked bike yang diperkenalkan saat pembukaan event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 ini disebut All New Vixion dan All New Vixion R. Yes, belum rilis resmi, motor ini sudah fenomenal dengan julukan Motor Modifan Pegawai SPBU. Bisa juga disebut Vixion Nike, karena garis sampingnya kayak Swoosh Nike wkkwkw..

ini bukan spy shot new vixion 2017 kok lads..

Berdasarkan masukkan konsumen menurut YIMM, Vixion generasi kelima tersebut tersedia dalam dua versi, yaitu versi Standard (tanpa “R”) yang mengusung mesin 149,8 cc dan versi dengan “R” dengan mesin 155,1 cc. Saat hadir pertama, hanya Vixion R saja yang dibekali dengan teknologi assist & slipper clutch yang diklaim membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan, dan perpindahan gigi lebih halus, sehingga akselerasi semakin cepat. Tapi belakangan ini versi standar dan motogp pun sudah memiliki ASC.

Kisah Sejarah Yamaha Vixion – Vixion R silver

Selain dapur pacunya, All New Vixion juga tampil dengan desain baru, di antaranya lampu depan dan belakang yang telah menggunakan teknologi LED, Speedometer full digital, lampu hazard yang berfungsi untuk memberi sinyal kondisi darurat, under cowl yang semakin aerodinamis.

All New Vixion “R” yang dibandrol lebih mahal, mengusung teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang diklaim mampu mempertahankan performa engine dari putaran bawah hingga atas, serta ban belakang dengan ukuran yang lebih gambot.

Mulai dari tahun 2017 hingga kini, All New Vixion dan All New Vixion “R” telah mengalami beberapa kali penyegaran warna dan stripping. Sayang di era generasi terakhir ini lah penjualan sport sudah mulai menurun, beralih alias sinting delman ke skutik, termasuk penjualan ANV yang terus menerus melorot dihantam All New CB150R yang sudah hadir generasi terakhirnya.

Kisah Sejarah Yamaha Vixion – Vixion R merah

Meski sebenarnya desainnya gak ancur ancur amat, KBY masih bingung mengapa penetrasi Yamaha Vixion di era All New Vixion ini sangat jatuh, apakah karena desain yang kurang diterima banyak konsumen? Atau karena tetangga sebelah desainnya lebih maknyus? Apa karena kalimat blunder dari petingginya? Atau karena seat height yang termasuk tinggi kaya moge untuk rider 165cm ke bawah? Atau hal lainnya? Entahlah…

Kisah Sejarah Yamaha Vixion - Vixion R belakang
waah jinjit euy

Apakah ke depannya YIMM masih ingin melirik Vixion series? KBY sendiri ragu, banyak hal sih yang membuat Yamaha tidak lagi memprioritaskan kelas ini, yang pertama jelas karena cuan dari skutik Maxi series lebih terlihat di saat minat terhadap kelas sport sedang drop, yang kedua, kalau harus habis habisan meladeni Honda di kelas sport yang sudah dapat diprediksi hasilnya, hanya akan membuat Yamaha tidak fokus dan sangat costly.. Jadi sangat masuk akal kalau mereka lebih menjaga mesin ATM nya di Maxi series..

Kisah Sejarah Yamaha Vixion - Vixion R
Yamaha Vixion Generasi ke 5

Well Vixion, jasamu tak akan pernah terlupakan, karena setidaknya dirimu pernah mengobrak abrik pasar sport, memimpin pasar dan membuat kompetisi kelas tersebut lebih berwarna dan menuju masa depan, tidak lagi bapack bapack konvensional… Terima kasih Vixion… andai tidak pernah ada dirimu..

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

78 KOMENTAR

  1. Bahkan sales Yamaha sekelas The Legend, The Myth himself Mbah Darmo el Phenomenon pecinta Honda Revo merasa malu dengan desain Yamaha Vixion modifan tersebut. Selalu gak nongol batang hidungnya disetiap ada artikel Vixion Modifan di blog IWB
    Wakakakakakaka

    • Byson wannbe 🤣 Sales kismin lagi ngoceh kepanasan karna Vixion laris manis 🤣🤣🤣,

      Masih misteri kenapa cb150r dan cbr150r ngekorr pake kondom 🤣🤣🤣🤣

      • Ya namanya juga usaha, mungkin agar keliatan cb150r itu superior / keren banget… Padahal aduh farah men…

        • @sonwep

          apakah mengkloning diri juga termasuk usaha om? biar keliatan punya temen sesama beye gitu

        • Oi. CB itu legenda. Sudah puluhan tahun klan CB melanglang buana di Dunia. Gak perlu promosi di gang² sempit sudah auto sold cuma modal stiker CB. Bwahahaha.
          Rajin² berdoa sajalah si Ngondah tidak menambah kapasitas produksi Picex. Kasihan itu yamama mau jualan apalagi kalau MMax kalah saing juga. Bwahahahahaha

  2. Satu alasan kenapa sy pake vixi sekarang, adalah harga sekennya jeblok. Thanks to mang eno buat tipnya. Tipe R masih lebih murah drpd vario 125 cbs-iss disini.

    Yang anv biasa aja kadang masih lebih tinggi nva pasarannya.

  3. Jadi sesuai konsep pesawat tempur Tjap XuYing yang selalu didengungkan di blog ini oleh si onoh🤣🤭, maka sales entry matic, sport naked YiaMama disini ibarat pilot Kamikaze yang pakai iket kepala, bunuh diri dan tegak lurus ke nirwana. God Speed!!!

  4. Yg sebenarnya ancur desain nya itu All new cb150r sih heheh malah desain njiplak byson 😂🤣🤣🤣 tangki segede gaban + pakai jambul konde.. 🤣😂😂😂

    • Gen 1 itu desain keren bgt
      Dulu pertama lihat sampe ngidam sayang waktu itu msh sekolah
      Cakep desainnya
      Malah yg facelift saya kurang suka cakepan waktu lampu bulat, nvl kurang suka, nva cakep, vixion R sebenarnya lumayan garang apalagi sekarang bsa comot usd kakak2nya
      Cma memang kalau d banding desain sebelah kalah garang, cb150r memang cakep sih desainnya
      Dulu sempat lihat nvl pke headlamp byson, cakep jga lho

  5. Balik ke 2004-2010 line up YiaMaap hampir seluruhnya hidup. Sebut Miong, PeGar, Jupret, TeKorpio. Hanya NuPo yang kurang dilirik. Lanjut masuk Viksyong, BiSong, XcRett semua berkontribusi sampai akhirnya negara api menyerang. Miong digilas Mbit, PeGar terkapar dihajar Repo, Jupret telungkup dgilas Supri, BiSong gepeng dilumat Perja, Viksyong dan TeKorpio sepaket mencret dihajar Klotoks🤭. Belum termasuk gerombolan LeXong+Pringgo+GeARrrott VS Pario, Pinoy VS Cukupie dan XcRett2 VS Mbitstrit. Bagi penikmat, pemerhati dan marketing tahun2 keemasan ini akan mengakui fakta tersebut di atas. Kecuali..😁 kecuali untuk generasi yang baru melek di masa “kegelapan” sekarang, mereka menganggap saat ini semua baik2 saja🤣🤣🤣🤣 #SoichiroSanSaysThankYou

    • Ya namanya juga usaha untuk melebih-lebihkan , mungkin agar keliatan cb150r itu superior / keren banget atau fenomenal.

      Seperti halnya cbr250rr lahir belakangan (telat) dgn segala kekuatan dan sumber daya tp yah dibabat habis oleh xmax250

      Saya tidak mau bahas build quality dan kualitas, karna gak enak aja 🤣

      • Keknya bener kata robotic, komen²nya dibodoh bodohin 🤣🤣

        CBR250RR lah disamain Ama penjualan XMAx..

        Gak sekalian digusur Ama Beat? 🤣🤣🤣

        • Terserah sih mereka (atau Cuma 1 orang aja ya?) mau bilang apa. Yang pasti FBY asli udah males beli yamaha baru, kebanyakan masih pake motor lamanya dan bahkan banyak yg udah murthad ke merk lain.

          Ga ada FBY yang bangga sama keadaan yamaha sekarang, saya sebagai FBH aja kecewa sih yamaha ga ngasih perlawanan yg berarti.

          • Masih ada orang yg bela-belain produk Yamaha mati-matian walau dari desain udah jelek mutlak, contohnya Blogger ningrat

          • Ya jelas lah mang kobay jelek jelekin vixion, kan kemarin habis di ajak touring oleh ahm pakai cb150r, mana mungkin juga dia jelek-jelekin all new cb150r kan dia sales nya… 😂

          • Nah ini contoh komentator absurd…

            Jelek²in nya dimana, dari artikel 1 sampe terakhir juga gada…
            🤣🤣🤣

            Yang ada tetangganya gw kemplang²in… 🤣🤣

            Dasar beye absurd 😂😂

          • Wah iya nih setelah habis touring dgn cb150r (tangki segede gaban + jambul konde) ternyata dapat titipan kopi dari ngahaem 😂😂😂😂🤣🤣🤣🤣

    • Ya gitulah FBY = earth flaters
      Hidup d dunianya sendiri
      Gak usah d ganggu mang kobay
      Biar mereka mengkhayal sampe mencret

  6. Dari dulu paling demen liat NVA, modelnya yang tajem-tajem agresif tapi tetap ngalir gitu. apalagi buntutnya dilihat dari belakang cakep (ya iya lah buntut dilihat dari belakang), belum lagi model headlight nya yang tajam dan agresif
    pas keluar ANV malah kecewa liat buntutnya… headlightnya juga mbulet gitu
    mungkin karena sengaja bikin bodinyabiar keliatan lebih gambot ya, tapi kok malah ga keliatan agresif.
    yah maklum mungkin karena motor modif pegawai SPBU ya wkwkw

    • Ya memang desain jomplang bgt antara anv dg nva,
      Tpi jujur ane suka bgt desain 1st gen vixi gak tw beda bgt pada saat itu desainnya cakep
      Kalau anv no comment setelah di akeluar vixi jdi anyep, dulu nva msh bsa tarung jetat dg cb150r
      Karena nama vixion n desai agresif kyk cb150r jga, tpi bgtu anv dayang, bah
      Sebenarnya vixi r bgus jga sih, tpi sayang harga gak masuk k kelasnya, beda jauh saat itu dg anv n cb150r, saat cb150r cma 26juta vixi r sdh 30juta
      Bedanya lumayan, makanya kurang laku jga

  7. Ya begitulah Yamaha, demen banget ngerusak desain produknya sendiri yg awalnya udah cakep, Mio J, Vega Force, Jupiter Z1 dan terakhir ANV.
    Tinggal NMax sama Aerox155 nih yg masih tanda tanya bakal diancurin apa ga desainnya

    • aerox155 di biarin saja akan mati dgn sendirinya, 🤣🤣🤣🤣🤣🤣. swear. sejak loncing aerox baru cuma liat sebiji doang yg beli. itupunlalulalangtiapharididepanrumahorangnyaituitujuga.

      • Aerox bru bgus jga koq desainnya
        Cma 3 kekurangan besarnya
        1. Rem belakang bukan cakram
        2. Lampu depan terlalu belo, kurang sipit memang bener mirip vario koqdri depan tpi kalau mendekat bru keliatan itu aerox bru
        3. Tanki bbm d gedein lgi minimal sama sma nmax

        Ohya sama laci penyimpanannya absurd ada colokan charger tpi twmpatnya kecil naruh hp kagak bsa sumpah bego bgt yg desain

          • Konyol bwt apaan???
            Sumpah banyak fitur yg sebwnarnya bagus tpi anti klimaks
            Freego jga ada colokan tpi gakda laci
            Ya oke wajar gakda temoatnya, tpi jengkel aja gtu loh

  8. Yamaha menciptakan vixion generasi kelima dgn varian tanpa R dan pakai R atas masukan konsumen.

    Nah ini yg musti dicari : siapa oknum konsumen tersebut..yg telah menjerumuskan vixion dalam lubang kehancuran.

    Ayo kita cari mang !!

  9. la sekarang lagi pada demen beli motor seken karena lebih suka model sebelumnya. btw, emang penjualan motor seken ada di data aisi?

  10. Artikel ke-1 pakai kata “mengenang” dan ditutup di artikel-2 dengan kata “terimakasih”. Asumsi ane, Viksyong ini dah dianggap anumerta oleh si Mamang🤣🤣🤣. Rada kejam sih sebenarnya..wakakak.

    • Ya karena memang vixion akan disuntik mati. Sudah ada kok bocoran dari orang dalam n mang kobay ya pasti tau

      • Soal suntik mati beneran gak tau mang, kalau indikasi ke arah sana memang terdeteksi dan terprediksi, cuma confirm gak nya gak sampe kuping Kobayogas News Room sih kekkekee…

    • Brukekkekek sy nyium bau-bau kopi setelah habis turing pake kondom tangki segede gaban + jambul konde 🤣

    • pernah kontra opini disana terus komen ga muncul belom?
      pernah jelek2in honda disana terus komennya muncul belom?

      pernah jelek2in honda tapi akhirnya dia sadar kalo gw sengaja ngetes moderasinya dan akhirnya komen ga muncul belom?


      tenang aja buat para FBY, menurut beliau yamaha lagi sandiwara aja kok… cek artikel lamanya

      • gua pernah, kalo ga salah pas dia lagi semangat membara bahas motor yg umurnya ga nyampe 1 tahun (Aerox 125), pas itu gua cuma komen masalah bannya dan ga lolos

  11. Saya pribadi kecewa dengan desain Vixion yg skarang, Karna semua pasti berharap lebih ke Yamaha kluarin new Vixion untuk melawan cb waktu itu,eh pas kluar zoonk
    Sama kaya skarang cb yg baru kluar malah ngikuti Vixion, harusnya Yamaha memanfaatkan moment dari kurangnya desain Honda CB dengan kluarin new Vixion yg baru dengan desain yg keren
    Tp skarang mah udah gada motor naked sport 150 yg bagus, klo mau bagus di paksa kluar duit banyak di angka 30jt an lebih
    Ya mending beli metic atau motor second 30jt an udah dapet 2 silinder

  12. Kang K0bay, makasih sharing info tentang Vixi nya. Mantap.

    Artikel tentang MoMoKas gak ada Kang? MotorMobilbeKas-MoMoKas

    Ditunggu juga artikel tentang pilihan SUV second nya Kang.
    Iki tenanan, karena ada rencana si T0y0T4 Ipah mau dilepas
    Mau ganti SUV 1500 atau kembali ke Ipah dengan tahun lebih muda.

    Klo bisa dijawab ya Kang, sukur2 dijadikan artikel, jadi bisa utuh infonya.

    Suwun Kang.

  13. salah desain. pas liat bocoran new vixy yg tank nyatu ke body langsung tepok jidad. aduh dibanding 3C1 jauh lah. look how they butchered my boi. kenapa jadi logo swoosh pula. tambah parah desain headlampnya simple banget dan cenderung kekecilan. kesannya bodynya berotot tapi kepalanya kecil ekspresinya malu2. masalah desain emang relatif tapi untuk urusan sport naked 150 udah kebaca lah pola minatnya… harusnya.

  14. jalan jalan ke bursa mokas mang kobay siapa tau khilaf angkut xmax 250 cc mokas
    Dijalan ibu inggit mang

  15. 455 akan jadi angka keramat pembuktian visual dominasi Honhon, langsung oleh para Blogger ternama😁 Tak perlu data AISI, jalanan sudah memperlihatkan #455km #TuringLegend

  16. Yg gw heran knp cb malah ngikutin vixion ya, facelift malah makin jelek. Tangki kondoman yg dulu dihujat beha malah di copy, stang baplang banget udah gitu ketinggian pula ngguilani, headlamp malah mirip bison.
    Gen cb paling ancur minah sih menurut gw

    • La pigsen ga kasih perlawanan berarti kok.. Minta tu yimm buat bikin all new viksen yg sesuai survey fby murni. Bukan dari olah survey abal2

    • @gepeng…. Anjay jujur amat ente 🤣😂🙏🙏🙏🤣😂😂😂😂😂😂😂🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣

  17. coba bikin artikel tandingan …. mang
    si tigor in memoriam ….knp tigor bukan cb150 karna cb masih sering liat dijalan ….
    kasih beye kesempatan bwt bece

  18. Sumpah ngakak kang ada yg bilang anv laris manis, di kota ane kalo ketemu 1 aza di jalan udah syukur. 😂 Design viksen terbaik masih di pegang lampu bulat sama nva. 👍 Yg sekarang buntutx kaya di buntungin gtu. 😂

    • Well can’t disagree
      Memang desain vixi 1st gen itu sesuatu bgt pada masanya
      Apalagi d modif ban gede ampun cakep bener
      Dulu anak yg punya kos2an ane waktu msh maba punya tuh vixion modif ban gede seukuran sekarang kali yah sama cakram belakang rapi bgt pke 1 piston nissin kalipernya, pada saat itu kan ban vixi cungkring
      Gila rancak bana, sampe ngidam vixi lage ane saat itu

  19. IMO yes,
    hamaya kurang sustainable untuk level up pada ranah varian yang desainnya berdekatan.
    tapi ketika melakukan perombakan besar (very major facelift ) lumayan nendang

    Ahaem untuk desain yang very major facelift biasa aja,
    tapi untuk varian dengan garis desain yg statusnya minor facelift mereka cukup bisa memelihara/menjaga point point yg baik dari desain yg sbelumnya

  20. Saya salah satu orang yg sama kayak mang kobay yg bilang desain vixion generasi terakhir gx jelek jelek amat apalagi yg versi vixion r dengab velg yg manis menurut saya. dan saya heran apa yg bikin orang orang terutama blogger sarjana perhotelan bilang ini desain hancur dsb. Saya salah satu ex owner generasi terakhir ini. Alasan saya jual karena saya sinting delman ke maxi aja yg lebih praktis.
    Coba liat foto yg paling atas yg dinaiki mang kobay. Gx seancur yg diberitakan kan. Mungkin yg bikin penetrasi kurang karena masifnya pemberitaan dari blog sarjana perhotelan yg selalu meng”highlight” statemen GM nya yg ngeles itu modif peg spbu. Mungkin motor ini korban riak riak konflik dari blog tsb dengan merk ini.

    • Ya itulah blunder pejabat yamaha sendiri
      Gak bsa beddiplomasi dg baik, sama blogger ternakannya jga
      Masak produk sendiri gak d akui dan d hina bgtu?
      Yah jawabnya yg diplomatis kek, toh irang udh pada tw leaknya
      Pke bilang modifan pegawai spbu lah modifan kang fiberglaslah konyool
      Gak bsa apa ngeles dg elegan?
      Udh gtu tuh bloggeenya pke nyerang artikel leaknya lgi bilang modifan fiberglass?
      Lah loe diem aje lah ngapain ngetag artikel bocoran kalau gak mw ikutan ngeleak???
      Udh gtu pke ngeles ngelindungin orang dalam halah antiklimaks bgt dah
      Kalau gtu ya loe diem aje lah, gak usah bacot segala modifan fiberglass
      Kocak emang

Yuk Tinggalin Jejak Lads..