Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Untuk para pemilik motor, menjaga kendaraan agar tetap prima merupakan poin penting untuk menghemat biaya pemeliharaan dan menjaga performa motor saat berkendara. Para pengendara motor juga mengungkapkan bahwa terdapat rasa kebanggaan sendiri saat mereka mengendarai motor yang mereka jaga dengan baik. Karena sudah musim hujan, KBY mau kasih tips merawat motor saat musim hujan biar si motor tetap nyaman dan aman bagi pemiliknya, catat ya!

https://pixabay.com/photos/motorcycle-motorbike-bike-nature-5601480/

Secara praktik, setiap motor memiliki ketentuan yang berbeda-beda dari segi pemeliharaan dan perawatan. Namun, jangan sampai menyepelekan perawatan motor Anda, ya. Sebab, hal tersebut bisa membantu memperpanjang umur sepeda motor.

Perlu Anda ketahui bahwa merawat sepeda motor tidak hanya memastikan bahwa kendaraan Anda bersih. Para profesional selalu mengambil kesempatan untuk memastikan mesin yang merka gunakan sesuai dengan kapasitas sepeda motor dan berbagai pertimbangan lainnya.

https://pixabay.com/photos/motorcycle-motorbike-bike-nature-5601480/

Di musim penghujan seperti sekarang, sebelum bepergian atau beraktivitas luar ruangan, biasakan untuk mengecek prakiraan cuaca melalui HP milik Anda untuk mengetahui cuaca hari tersebut.

Apalagi saat ini Indonesia sedang memasuki musim hujan dan mengendarai motor jadi harus ekstra hati-hati. Jangan sampai lupa juga untuk membawa perbekalan seperti jas hujan, pelindung sepatu, dan juga pastikan semua komponen sepeda motor bekerja normal.

Untuk Anda yang bingung bagaimana cara merawat sepeda motor yang terkena hujan, simak hal-hal berikut ini.

Membersihkan rantai motor berkala

Umumnya, sepeda motor tidak masalah terkena hujan dan terdapat beberapa jenis ban motor dirancang khusus untuk menerjang hujan. Jika ban motor aman saat hujan, bagian yang tidak boleh Anda lewatkan adalah rantai motor. Anda harus mengecek rantai motor Anda secara berkala, baik saat musim hujan atau musim panas. Entah terkena air hujan atau lumpur, akan lebih baik jika rantai tersebut Anda bersihkan agar tidak berkarat atau kotor dan mengganggu performa motor.

Mencuci motor secara teratur

Khususnya ban dan lampu sorot, jangan lupa untuk mencuci motor maksimal 2 hari setelah menerjang hujan. Air atau kotoran yang menempel pada motor akan berkerak jika dibiarkan lama tidak dicuci. Pastikan juga ban motor Anda bersih dari benda-benda tajam dan batu-batuan yang menempel.

https://pixabay.com/photos/motorcycle-motorbike-bike-nature-5601480/

Istirahatkan sepeda motor sebelum dibersihkan

Perlu diingat untuk menunggu sedikit waktu dan membiarkan mesin motor beristirahat. Motor yang baru saja digunakan biasanya akan menghasilkan mesin yang panas. Oleh karena itu, biarkan mesin mendingin terlebih dulu sebelum dibersihkan atau dicuci.

Menghindari genangan air

Saat mengendarai motor dan tiba-tiba hujan, sering muncul banyak genangan pada lubang-lubang di jalanan. Lubang-lubang tersebut kerap menyebabkan kecelakaan karena pengendara motor tidak bisa melihat seberapa dalam lubang tersebut. Kemungkinan ban Anda tergores batu-batuan tajam juga semakin tinggi, jadi sebisa mungkin untuk menghindari jalanan tersebut.

Mengecek rem sebelum bepergian

Selalu ingat untuk mengecek rem motor Anda secara rutin ya. Rem adalah salah satu bagian terpenting untuk mengatur kecepatan sepeda motor. Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh rem yang tidak merespon dengan baik. Anda tentunya tidak ingin berselancar bebas di tengah jalan raya, jadi jangan lupa untuk selalu memastikan rem dapat bekerja dengan baik. Dan yang paling penting, tetap hati-hati saat berkendara ya!

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

7 KOMENTAR

  1. nikmatnya turing momotoran … dibelai mesra angin, dicipok asap hitam knalpot truk, panas gak kehujanan, hujan gak kepanasan … ada genangan air siap diterjang , kalo si motor mogok ya didorong donx wkwkwkwkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..