Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Tips menghindari water hammer di musim penghujan. Memasuki musim hujan seperti saat ini, masih banyak pengendara yang kurang memperhatikan kondisi kendaraan secara detail sebelum digunakan. Padahal, pemeriksaan komponen dalam mobil dan penyesuaian cara berkendara dapat mengurangi risiko timbulnya gangguan ketika sedang dalam perjalanan. Ini adalah tips berkendara menggunakan mobil di musim hujan dari Suzuki Indonesia yang KBY tambahkan. Cekibrot lads..

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, curah hujan yang semakin tinggi membuat pengendara harus memberikan perhatian ekstra pada kendaraan. Selain melakukan pemeriksaan rutin mandiri di rumah, pengendara juga wajib memeriksakan kendaraannya ke bengkel resmi Suzuki yang tersedia di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan agar masalah pada kendaraan ditangani orang yang tepat, sehingga berkendara menjadi lebih tenang. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan melakukan perjalanan pada musim hujan:

1. Perhatikan kondisi wiper dan kaca mobil

Wiper menjadi komponen yang harus diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Wiper memiliki peran penting untuk membantu pandangan saat hujan agar aman dan nyaman. Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan rutin seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Selain itu, kaca mobil juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur. Kaca dapat dibersihkan menggunakan pembersih kaca sesuai dengan rekomendasi dari bengkel resmi Suzuki.

2. Perhatikan sistem kontrol kendaraan

Memperhatikan sistem kontrol kendaraan menjadi bagian penting dan wajib ketika kita akan melakukan perjalanan, terutama saat musim hujan. Pastikan sistem kemudi, rem, kopling, dan pedal gas dapat berfungsi dengan baik dan lakukan perawatan rutin di bengkel resmi Suzuki.

3. Menyalakan lampu kendaraan

Sebelum digunakan, periksa lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik. Lampu kendaraan berfungsi untuk mempermudah melihat pengendara lain dengan jelas. Begitu juga sebaliknya, pengendara lain akan mudah melihat posisi kendaraan kita ketika berada di jalan saat hujan lebat. Lampu pada mobil terdiri dari lampu senja, lampu dekat, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem, lampu mundur, dan lampu hazard.

4. Hindari melewati genangan air yang dalam

Pengendara dianjurkan untuk menghindari jalanan yang memiliki ketinggian genangan air yang tidak dapat diprediksi. Hal ini dapat membuat kendaraan mengalami gangguan seperti kerusakan pada mesin karena air pada genangan dapat berpotensi terhisap ke dalam komponen mesin sehingga dapat membuat mesin mati mendadak.

WATER HAMMER ALIAS HYDROLOCK

Mesin mati mendadak kerap dikenal sebagai Water Hammer atau ada lagi istilahnya yakni hydrolock. Sebenarnya kata yang tepat bagi para mekanik adalah hydrolock, tapi water hammer juga gak salah kok dan kata tersebut juga lebih familiar karena lebih sering digunakan.

Seperti di paragrap awal arc 4 di atas, melewati genangan air tinggi (kerap disebut banjir) berpotensi membuat air masuk dan terhisap melalui hose/snorkel alias jalur air intake. Kalau sudah terhisap dan masuk ke dalam ruang mesin, bisa ambyar itu komponen di dalamnya.

Hal tersebut baru saja dialami sobat Sumarlin Putra terhadap Suzuki All New Ertiga GX AT miliknya. Singkatnya mobil yang sedang dibawa sang istri tersebut melewati genangan lumayan tinggi yang sebenarnya cukup aman untuk dilewati mobil setinggi Ertiga – karena posisi air intakenya cukup tinggi, ada di grill – andai tidak ada kontribusi dari pihak ketiga.

kondisi blok mesin Ertiga om Sumarlin

Jadi ketika lagi pelan pelan lewat, adalah mobil dari arah depan/ berlawanan, disinyalir mobil tinggi (Sumarlin tidak cerita mobil apa) yang dengan pede melibas dengan cepat genangan tersebut. Efeknya, gelombang air yang dihasilkan sang mobil, menerpa Ertiga Sumarlin hingga kaca depan.. Nah tiba tiba saja sang mesin langsung mati lads.. saat mati, si istri menelpon Sumarlin yang meminta jangan dinyalakan lagi.

Ternyata benar, kena water hammer alias hydrolock dan kalau diganti akan menghabiskan dana kurang lebih 18jutaan! Edan kan? Mana asuransinya tanpa perluasan banjir/ bencana alam pula, selesai dah..

Nah KBY mau kasih tips dan trick jika lads terpaksa harus melewati genangan air yang dalam/banjir biar gak kena water hammer nih berdasarkan pengalaman bersama Honda Jazz yang cenderung ceper selama bertahun tahun:

  1. Kalau bisa muter balik mendingan putar, lebih baik jauh daripada menyesal, KBY beberapa kali melakukannya begitu melihat banjirnya dalam pisan.
  2. Jika benar benar terpaksa karena tak ada jalan lain, selain berdoa, segera buka kap mesin, copot jalur air intake yang ke air filter. Ini sering terpaksa KBY lakukan, dan alhamdulillah aman meski pernah kena gelombang sampe kaca depan.
  3. Sebelum jalan pastikan dari depan tidak ada mobil atau kendaraan lain yang sontoloyo.
  4. Gunakan gigi terendah, kalau di AT silakan pake 1 atau L dan pelan pelan.
  5. Lebih bagus lagi kalau ada kendaraan besar lain di depan, ikuti jalurnya, biarkan dia yang membelah air, tapi jaga jarak, jangan terlalu dekat.
  6. Kelar lewat genangan, tetap jalankan mobil sambil menekan rem pelan agar air segera keluar dari rem, menghindari rem blong
  7. Setelah agak jauh, pasang kembali jalur air intake-nya.
  8. Jika merasa tidak yakin dengan kesehatan mesin dan girbox, segera ganti oli mesin dan transmisi

Poin poin di atas berlaku baik untuk mobil ataupun motor ya lads. Bedanya ada di mencopot jalur air intake, karena motor punya gak panjang dan ada di dalam box filter. Kalau motor lebih baik di dorong aja, tapi kalau aliran airnya deras mending jangan dah, tar teguling nyesel, apalagi kalau ga tau di sekitar situ ada lobang.

5. Kurangi kecepatan ketika hujan

Mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya. Maka dari itu, untuk menghindari risiko tergelincir akibat jalanan licin, pengendara harus mengurangi kecepatan kendaraan.

6. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Selain mengurangi kecepatan, pengendara juga harus memperhatikan jarak dengan kendaraan lainnya. Hal ini untuk mengurangi risiko tabrakan apabila kendaraan kita atau kendaraan lain harus melakukan pengereman mendadak.

“Memperhatikan fungsi komponen kendaraan serta menyesuaikan teknik mengemudi dapat dilakukan untuk menghindari kejadian tak terduga. Gangguan pada fungsi komponen kendaraan juga dapat dicegah dengan melakukan perawatan rutin di jaringan bengkel resmi Suzuki. Namun, apabila kendaraan mengalami gangguan ketika sedang digunakan, silakan konsultasikan ke bengkel resmi Suzuki atau menghubungi Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) untuk memudahkan pengendara melakukan perbaikan,” tutup Hariadi.

Suzuki menyediakan layanan Home Service, Pick-Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) yang dapat diakses melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800. Selain bengkel resmi dan Halo Suzuki, terdapat juga aplikasi MySuzuki dan website www.suzuki.co.id untuk keperluan belanja suku cadang kendaraan secara online.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

25 KOMENTAR

  1. Ada saran dari teman yg pernah nerjang banjir : bagian moncong mobil ditutup terpal.
    Agar saat ada mobil dr arah berlawanan,ombak nya ketahan terpal.

  2. tips saat musim penghujan dan musim genangan
    sebaiknya jangan berkendara dengan motor matic yang posisi ACU nya di bawah dek
    rawan terjadi short

    • Bentuk cover rumah aki buat matic2 yg pake desain aki disitu susah kemasukan air kok, dia didesain macam airlock. Kecuali emang motornya sengaja dibikin miring banget atau dijatuhin ke kubangan.

      • Kalau semua normal, itu posisi bener² aman kok dari air…
        Jadi keterlampauan juga kalau kawatir masuk air, kecuali tanpa penjelasan ya, tau tau ada di situ posisinya n tiba² trouble 🤣

  3. Wah , Ertiga memang punya air intake paling tinggi d kelasnya… Diturunkan juga pada Ignis , dengan ketinggian air 70 cm masih aman jika gak da gelombang sunami dari depan 😂

  4. 2.Jika benar benar terpaksa karena tak ada jalan lain, selain berdoa, segera buka kap mesin, copot jalur air intake yang ke air filter. Ini sering terpaksa KBY lakukan, dan alhamdulillah aman meski pernah kena gelombang sampe kaca depan.

    Yang ini Ay bingung kelanjutannya Mang , apakah Mang kobay jalanin mobil dengan Kap mobil terbuka atau ditutup kembali ? 😅

  5. Dan untuk langkah berjaga2 selanjutnya:
    7. Selalu menyediakan tongkat pemukul baseball (boleh juga tabung gas melon).

    Cara penggunaannya adalah: bila kita melihat driver pihak ketiga sontoloyo yg datang kencang dari arah berlawanan tanpa menunjukkan itikad baik ketika banjir, acung2kanlah tongkat baseball setinggi2nya keluar jendela, sebagai tanda pemberi peringatan. Bila di sontoloyo masih nekad, bolehlah digetok sikit2 dan pelan2.😎😎😎

  6. Share pengalaman mang. Klo saya bawa mobil sih blm pernah ya kena banjir yang agak dalam. Palingan cuma lewat genangan2 cetek doang, maklum meski cuma seekor LCGC mobil saya rada jadi garage queen, malas nyucinya klo kotor.

    Tapi klo motor matic pernah, pas ngelewati pasar dikota sy yg kena banjir. Ketika itu air gak sampe ngerendam box filter sih, tapi kelihatannya kena mulut knalpot jadi rada khawatir klo2 mau lepas throttle. Eh didepan ada mobil ladder frame yg jadi lanehogger, dah gitu jalan gaada 10kmh pula, walhasil saya sekaligus fellow pemotors bunyiin klakson serentak biar dia segera maju 😂
    Dan setelah sampai di jalan yg kering, belt motor sy malah jdi selip, mesin jadi gerung2 doang kek gak engage blas koplingnya, eh ditambahin throttle dikit aja dia loncat 😂 jdi kudu mandeg dulu buat bleyer2 biar air di kampas ganda ilang.

  7. Motor Kaze istri pernah kena water hammer, sampe conn rod bengkok.

    Motor lama ngejogrog di garasi, trus istri pake Scoopy ama Vario.
    Ternyata istri masih seneng Kazenya daripada matiknya, dan minta direnovasi. Setelah Kazenya bagus lagi, Scoopy ama Vario dikasihkan ke mantu2 perempuan.

  8. Di yutup “rufford ford” banyak banget itu orang bule lewat genangan maen tancap aja mang. Ya karam sebagian mobilnya

Yuk Tinggalin Jejak Lads..