GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Selain MPV, jenis kendaraan SUV juga menjadi primadona bagi konsumen Indonesia karena dianggap selain mampu memboyong istri, anak, Papa, Mama, Adik, Kakak, pacar, anak orang, istri orang, selingkuhan eh dan banyak lagi, SUV juga memiliki karakteristik yang lebih “tangguh” dibandingkan MPV. Salah satu penyebabnya karena ground clearance yang cukup tinggi sehingga seakan akan siap melibas dan dibawa kemanapun. Siapa kah SUV terlaris di bulan April 2021? Nah ini dia data penjualannya, dari kategori Low SUV hingga double cabin!

Melihat data yang diberikan Berkendara, ternyata SUV juga sama seperti MPV, yakni memiliki banyak kategori! Wew.. baru tau juga nih KBY wkwkkw.. Sebut saja ada Low SUV, small SUV, compact SUV, compact medium SUV, Ladder Frame SUV, Large SUV dan terakhir adalah double cabin.

LOW SUV

Juaranya sudah jelas, terutama kalau lads membaca artikel 20 mobil terlaris April 2021 di Indonesia, yak, Toyota Rush menjadi nomor 1 di kategori ini, disusul oleh Daihatsu Terios. Posisi kunci yakni ketiga ada Mitsubishi Xpander Cross, yang dengan susah payah akhirnya masuk ke SUV, bukan lagi MPV wkwkwkw.. padahal bedanya dikit doaaang ama Xpander MPV.

Honda BRV ternyata masih mampu masuk ke 6 besar, sama seperti Mobilio, meski dibanding sodaranya tersebut penjualannya kalah lebih dari dua kali lipat, cekidot artikel MPV terlaris bulan April 2021.

COMPACT MEDIUM SUV

Nah timbul pertanyaan dari KBY, mengapa Berkendara memasang foto Low SUV berbarengan atau satu laman dengan Compact Medium SUV? Mengapa tidak dengan Compact SUV atau Small SUV? Dari sisi dimensi dan harga juga lebih pas kategori compact dalam satu frame ya? Ah entahlah.

Di kategori ini sesuai gambar paling atas, juaranya adalah Toyota Corolla Cross! Disusul Mitsubishi Eclipse Cross, Mazda CX30 (yang keren banget menurut KBY mah) dan ditutup oleh Toyota C-HR.

SMALL SUV – GEBRAKAN SI KEMBAR RAIZE ROCKY

Meski baru diperkenalkan di akhir bulan April (baca: Harga, Spesifikasi, Fitur Toyota Raize Indonesia), namun dua produk kembara Toyota Daihatsu tersebut dapat dikatakan langsung menggebrak lads.

Meski masih kalah jumlah dari Kia Sonet yang mencuri start lebih dulu sekitar dua minggu, namun Raize masih mampu terjual sebanyak 141 unit, disusul oleh Rocky sebanyak 52 unit. Hmm sudah diduga, Raize akan lebih laris dari saudaranya tersebut yes.

MEDIUM SUV

Naaah untuk kelas medium ini baru kita temukan adanya Wuling Almaz, Honda CRV dan Mazda CX5, ketiga merek yang KBY sebut merupakan tiga besar terlaris SUV medium di bulan April 2021 lads..

Kejutan datang juga dari MG HS, mobil Inggris yang sudah dibeli Cina, masuk ke posisi keempat, disusul DSFK Glory, Mitsubishi Outlander dan ditutup oleh Peugeot 3008. Paragrap ini sekaligus menjadi revisi artikel ya, karena kemarin bagian medium SUV wkwkkw..

LADDER FRAME SUV

Lagi, KBY bingung karena berkendara menempatkan kategori SUV bongsor ini dengan small SUV dalam satu frame wkwkkw.. serah dia dah, toh KBY juga sudah makasih dapat bahan wkwkkw.

Ladder frame di sini berarti sasis tangga atau yang familiar disebut sebagai sasis kendaraan niaga/ beban, double cabin, pick up, truk dan bus misalnya. Kuat, tangguh, kokoh namun sekaligus berat dan limbung karakternya. Bodo lah yang penting ganteng wkwkkw..

Penguasanya siapa lagi kalau bukan si ganteng Mitsubishi Pajero Sport! SUV gede yang sejak kelahirannya di Indonesia ini bikin mumet sales Toyota, karena Fortuner – meskipun sudah diskon gede gedean – tetap menjadi nomor dua wkwkwk..

Posisi ketiga ada Isuzu MU-X, kok dimasukkin? Kan dikit amat lakunya, lah yang jelas di bulan April ada yang beli lads, sebanyak 15 unit, menurut data dari Berkendara tentunya.

COMPACT SUV

Berikutnya ada kategori Compact SUV! Kategori ini diisi oleh Honda HRV yang sukses menjadi nomor satu, disusul posisi kedua oleh Mazda CX3 (jomplang banget bedanya euy), kemudian ada MG yang sudah diakuisisi perusahaan Cina – dengan MG ZS sebanyak 140 unit.

Posisi 4 hingga 8 berturut turut dihiasi oleh Kia Seltos, Nissan Kicks, Hyundai Kona Electric, Suzuki S-Cross dan… Suzuki Jimny! Bulan APril ada yang beli tuh lads, 1 unit sahaje. Udah gak inden kali yes?

LARGE SUV & DOUBLE CABIN

Terakhir sekaligus penutup adalah kategori Large SUV dan Double Cabin. Padahal D-Cab ini cocoknya satu frame dengan Ladder Frame SUV ya? Wong kembarannya ada WKwkkw..

Untuk Large SUV ternyata SUV besar terbaru dari Hyundai yakni Palisade melesat menjadi yang pertama! Konon banyak yang suka loh dengan SUV mevvah ini. Posisi kedua ada Hyundai lagi dengan Santa Fe, disusul oleh VW Tiguan AllSpace yang cakep.

Sementara itu, di kategori D-Cab alias double cabin, sama seperti kelas Ladder Frame, Mitsubishi jadi jawaranya dengan Triton, kedua adalah Toyota Hi-Lux dan ditutup oleh Isuzu D-Max. Nah bener kan kembarannya semua itu, bedanya ini tanpa kabin penumpang 😀 😀

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

50 KOMENTAR

  1. Kmrn baca diberita bulan April 2021 didiler Honda masih ada sisa 1 unit CRV nik 2020 diskon sampek 55 juta, langsung diboyong juragan tembako. itu ga masuk hitungan panjualan kah.

  2. Mohon maaf deh mang.
    Artikel mpv kemarin,gw udah bingung dgn pembagian² kelas oleh @ber.kendara
    Sekarang suv,gw makin bingung lagi.
    Bisa² nanti ada pembagian kelas berdasar warna.

  3. Lihat isi Large SUV malah jadi makin yakin mereka itu gak ada yg layak disebut SUV.

    Ada Ladder Frame SUV tapi gak ada monocoque SUV, maksute iki opo tho….

  4. Berdasarkan cc aja kali yaa he he he, tapi nggak pantes juga yaa,, ahh sing penting moco waee,,, lumayan buat pengalaman,,,

    • Sekalian kelas sport sama supercar lah kang ? jadi pengen tau pabrikan benua mana yg merajai di Indonesia

  5. Ada peageot 5008 SUVs ( iklan artikel mang kobay ini )
    5 tahun Peace of mind katanya ?
    Gak masuk Gaikindo ?

  6. Kenapa Pajero lebih laris dari Fortuner ya, apa saja kelebihannya Mang? Maklum saya masih awam. Kalau model saya malah lebih suka New Fortuner dibanding New Pajero

Yuk Tinggalin Jejak Lads..