Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Toyota Avanza sah-sah saja jika harus menyalahkan pandemi corona virus, karena akibat covid19 tersebut penjualannya hancur lebur padahal ibarat Honda Beat, Avanza itu nyaris selalu nomor 1 di penjualan setiap bulannya. Pada dasarnya semua pabrikan mengalami penurunan di bulan April 2020 ini, hanya saja sangat mengejutkan jika MPV terlaris tersebut separah itu terkena dampaknya. Berikut adalah 20 mobil terlaris di bulan April 2020.. siapa nomor 1?

Kadang kita suka membaca kalau penjualan Toyota Avanza melorot hingga posisi ketiga, tapi bulan berikutnya selalu kembali menjadi nomor 1. Gangguan terberat Avanza adalah Mitsubishi Xpander, selain saudaranya sendiri seperti Calya atau Agya. Namun gegara corona, seingat KBY ini adalah penjualan terburuk Avanza sepanjang karirnya, cmiiw yes.

Turunnya angka penjualan Avanza di bulan April 2020 sejatinya merupakan fenomena umum yang dialami produsen mobil Indonesia saat ini. Kondisi ekonomi yang sulit yang mengakibatkan daya beli minim alias menurun drastis karena virus corona telah menghantam industri otomotif Indonesia. (baca juga: Penjualan Daihatsu Ambyar Lebih Dari 50 persen!).

Data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) April menunjukkan industri otomotif Indonesia hanya mampu mengirim sebanyak 7.871 unit mobil baru. Angka tersebut merupakan angka penjualan terendah selama empat bulan pertama tahun 2020. Bahkan dari sisi persentasi jumlah tersebut turun hingga 89,7% dibanding bulan Maret 2020 yang mencapai 76.811 unit.

MOBIL APA TERLARIS DI APRIL 2020?

Jika jagoan jualan saja merosot hingga ke posisi tujuh, lantas siapa yang menjadi pemimpin di bulan April? Menggusur Avanza sebagai mobil paling laris bulan April adalah Honda Brio lads. Kolaborasi dua varian yakni Honda Brio Satya dan Brio RS menjadi pemuncak klasemen 20 mobil terlaris April 2020 dengan total penjualan sebanyak 766 unit. Kayaknya ini pertama kalinya ya Brio series ada di puncak?

Pun begitu muka Toyota terselamatkan berkat Toyota Sigra yang masih mampu nangkring di posisi kedua dengan 479 unit terjual. Gilanya menurut KBY, MPV mahal Toyota Kijang Innova malah mampu bertengger di urutan tiga dengan 455 unit terjual loh lads. Ya kirain mobil yang selevel Sigra atau Brio gitu..

Avanza yang cuma berada di posisi tujuh daftar 20 mobil terlaris April 2020 dengan jumlah 277 unit tergeser penjualannya oleh Xpander (termasuk Xpander Cross) yang terkirim sebanyak 380 unit, diikuti Daihatsu Grand Max pick up (327 unit), dan bahkan Suzuki APV (293) unit mampu terjual lebih banyak.

Berikut daftar 20 mobil terlaris di Indonesia (April 2020)

Tidak ada penjelasan pasti mengapa MPV terlaris di Indonesia tersebut bisa ngedrop sedemikian rupa hingga tergeser oleh Innova yang notabene jauh lebih mahal harganya. Btw nomor 9 mengejutkan loh.. (sumber: detikoto).


Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

31 KOMENTAR

  1. disini keliatan sebenernya yang beli avanza itu kebanyakan level mindsetnya ada dimana (ketika kondisi ekonomi lemah kayak sekarang).

  2. Njir L300 sama APV yang notabene mobil tua tapi masih laku2 aja tuh, pantes gak nongol2 gen barunya

  3. @Rk, harga di OLX itukan masih buka harga, nego dan deal berapa yg tahu cuman seller dan buyer.

    Tapi kalo dateng langusng ke showroom mokas dalam kondisi seret kayak gini, si pedagang bisa langsung buka harga yg “wow”

  4. Mmmhhhhh selain brio kagak ada honda lainnya??? Why oh why???

    Pdhal mnurut ay tu honda dr built quality bagus2 model jg g jelek (bagus malah) apa karna strategi “muka sama” semua jd orang mending milih yg “termurah”. Orang dr depan d liat dr brio, jazz, mobilio, hrv bahkan crv mirip2 gitu ya

    • Model bagus, built quality yang bagus cuma Jazz ke atas..

      Tampang dengan menggunakan bahasa universal emang itu kekurangannya.. sekilas sama semua, Brio, Mobilio, HRV, CRV…

  5. LCGC
    Brio : 766
    Sigra : 479
    Agya : 250
    Ayla : 148
    Total : 1.643

    Non LCGC
    Innova : 455
    XPander : 380
    GMax : 327
    APV : 293
    Avanza : 277
    XL7 : 267
    Fortuner : 252
    Rush : 218
    Traga : 196
    Triton 192
    Terios : 182
    Alphard : 136
    L300 : 135
    Jimny : 133
    Yaris : 102
    Total : 5.545

    tp kenapa setiap berita kemacetan yg disebut2 mobil LCGC ya? padahal non LCGC penjualan perbulan lebih banyak.

  6. Kecuali brio, yaris dan jimny, yangmana adalah individual passenger car, patut diduga, semua pembelian april adalah company fleet purchase, entah usaha mikro, ukm dan sejenisnya.

  7. efbenyek bingung mang mau komen diartikel ini…
    Diubek2 nyari tulisan yamama kagak ada..
    Sementara Honda malah diatas..
    Ga dimotor ga dimobil emg Honda luar biasa….

  8. Jimny ada di no 19..??
    Yg bener?? Itu kan mobil langka om, produksi nya jg ga banyak, indent nya tahunan. Malah mobil mainstream macam honda jazz, hrv ga ada… NGACO NIH

    • Gak ngaco kalau dilihat bulan maren Jimny pada nongol di jalan, artinya distribusi impornya sudah di tangan konsumen, wajar kalau nongol gede angkanya hehehee

  9. …….. avanza xenia …..mobil yg sama dgn kwalitas sama dengan mesin daiha ……bisa dilihat gembar gembor irit purnajual dan mudah dijual sdh ngk jamin lg kah ?

  10. Innova dan fortuner mungkin dibeli oleh perusahaan.
    Jadi marketnya ya segitu segitu aja.
    Ngga naik, tapi karena permintaan individu pada mobil macam avanza cs menurun, jadi ikut keliatan si innova dan fortuner.
    Avanza, xpander, ertiga biasa main ribuan jadi “cuma” ratusan untuk april, dan mungkin untuk beberapa bulan kedepan…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..