Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Salah satu andalan Honda di kelas sedan compact telah mendapatkan penyegaran total, dia adalah All New Honda City. Belum lama ini rilis di Thailand, Honda City terbaru berubah cukup signifikan terutama di sektor fascia alias depan dan juga bagian belakang. Kedua sektor tersebut menampilan aura elegan sekaligus mewah tanpa mengurangi citra sporty dari sebuah produk Honda. Jika di bagian interior mungkin dianggap tidak radikal ubahannya, namun tidak demikian di sektor dapur pacu! Mesin All New City 2020 berubah turun kapasitas menjadi hanya 1000cc saja! Cekidot lengkapnya..

Saat era mobil jenis sedan sedang jaya jayanya beberapa tahun lalu sebelum generasi SUV compact menyerang, Honda City merupakan salah satu mesin uang Honda Prospect Motor di Indonesia. Sayang makin kesini harga jenis sedan makin melambung, baik City maupun rivalnya Toyota Vios, bukan lagi merupakan sebuah jenis “sedan terjangkau”, padahal fiturnya maupun spesifikasinya tidak jauh dari kelas di bawahnya, sebut saja hatchback maupun MPV.

Honda City diciptakan sebagai pengisi celah pasar sedan yang kosong di bawah Honda Civic.

 

 

HONDA CITY DI INDONESIA

Di Indonesia kita mungkin hanya mengenal Honda City langsung dari generasi ketiga saja yang diinfokan hadir hanya untuk pasar Asia Tenggara saja di tahun 1996 – 2002, bentuk sedan dengan lampu belakang vertikal dan mesin 1300cc konvensional. Saat itu City masuk sebagai sedan murah untuk bertempur dengan Toyota Soluna yang kemudian digantikan oleh Vios hingga kini.

Generasi berikutnya hadir dengan nama Type Z, tampil lebih sporty model ini bisa dibilang model legendnya Honda City dengan mesin D15B VTEC dan kaki depan double wishbone (cmiiw)! Mesinnya yang kencang dengan kaki kaki mantap membuat City Type Z mudah menjadi juara di balapan. Menurut wikipedia, type Z masih masuk ke generasi ke 4.

Generasi ke 5 merupakan model yang berbagi platform dengan Honda Jazz, hadir tahun 2002 – 2007 model ini bisa dibilang mengalami penurunan dari sisi spesifikasi mesin dan kaki kaki, double wishbone yang mahal diganti jadi McPherson, mesin ada dua i-DSI dan VTEC lemah (dibanding type Z).

Generasi ke 6 dan ke 7, penjualan Honda City makin turun dan turun karena harganya yang sudah makin tinggi seiring dengan naiknya material tanpa diiringin fitur fitur yang mumpuni. Dan kini generasi ke 9 hadir dengan banyak pembaharuan mengikuti gaya dari Honda Civic.

ALL NEW CITY 2020

All New City 2020 terbaru tampil lebih trengginas dan stylish serta guratan sporty. Desain buritannya mengingatkan kita pada produk produk BMW ataupun Camry terbaru hehe. Mungkin karena bentuk dari stop lampnya ya. Setidaknya kini Honda memberikan lampu LED keren, iyalah masa masih bohlam 30 ribuan hari gini wkwkw..

Sementara bagian depan sih Honda banget, sama seperti Honda Civic, HRV atau Accord saat ini. Salah satunya adalah motif Honey Comb di bumper. Tapi pada dasarnya model terbaru ini sangat enak dilihat sih.

Untuk interiornya ternyata masih ditahan tahan desainnya, kurang all out meskipun tidak buruk. Mungkin biar tidak overlapping Civic kali ya. Setidaknya sektor dashboard tidak sesepi model lama yang masih di jual di Indonesia saat ini, mungkin karena AC digital touch screen menghilang ya. Sayang sisi speedometernya kurang cihuy, lengkap sih MID nya cuma bentuk dan desainnya kok B aja ya.

SPESIFIKASI MESIN ALL NEW CITY 2020

Nah sekarang kita bahas bagian mesin.. All New City 2020 terbaru ternyata mengalami “degradasi” kapasitas mesin lads.. Karena menurut informasi, mesin generasi terbaru yang rilis di Thailand itu melengserkan mesin 1500cc dan menggantinya dengan mesin 1000cc saja!

Tapi jangan dilihat kapasitas, karena meskipun hanya 1000cc, namun sudah diimbuhi VTEC plus Turbo! Sehingga tenaga dan torsinya pun melonjak lumayan dibandingkan mesin generasi L15A VTEC. Mesin baru ini memiliki output sebesar 122 hp/5.500 dengan torsi 173Nm/ 2000-4500. Artinya ada kenaikan sebesar 4hp dan 28Nm dibanding mesin 1.5, ajib juga sih, wajar turbo hehe.

 

Menurut bocoran yang KBY dapatkan, sangat besar kemungkinan versi Indonesia pun akan menggunakan jenis mesin yang sama, bukan 1500cc VTEC melainkan 1000cc VTEC Turbo.  Meski secara tenaga gada masalah, tapi dari kapasitas mesin kok kayaknya gimanaaa gitu ya hehe.

FITUR BERTAMBAH

Jaman sekarang fitur itu sangat sangat menambah value lads, jangan harap deh produk minim fitur bakal dilirik oleh banyak calon konsumen. Di All New City terbaru, lampu LED sudah hadir di depan dan belakang, bagaimana dengan fitur lainnya? Adakah fitur baru yang hadir? Ternyata ada, berikut adalah fitur di Honda City 2020.

  • idling stop system (apa kerjanya sama kaya di motor yah?)
  • HU dengan Honda Connect
  • 6 Airbags all variant

Sisanya ada semua di Honda City Current, seperti VSA, HSA, ESS, Cruise Control.

3 VARIAN DAN HARGA UNTUK INDONESIA

Menurut bocoran pula, All New City terbaru versi Indonesia akan ada 3 varian, yaitu S, E dan RS. Agak berbeda dengan versi Thailand yang memiliki versi kalem bernama SV tanpa lampu LED tapi sudah projector. Nah soal harga, informan KBY menyebutkan rentang harga All New City 2020 akan mulai dari Rp. 280 juta hingga Rp. 360 juta. Artinya kalau klop, maka justru harganya naik dari versi CVT saat ini yang Rp. 345,100,100.

Hmm kudunya mesin 1000cc lebih murah dong hehe, tapi ada turbonya sih ya dan mungkin 1000cc akan berpengaruh ke besaran pajak tahunannya. Sooo gimana menurut lads si All New City 2020 ini?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

27 KOMENTAR

  1. udh bangga2 punya ini mobil …. pas nengok sebelah eh ada yg samaan …. warnanya buru ada logo burung grup di sampingnya …. hahaha

  2. Sabar, kita beli mobil sesuai dgn kebutuhan. Kalo mikirnya gitu ya harusnya beli civic aja, toh harga gk jauh2 bgt selisihnya (tipe yg sama). dijamin gk bakalan disamain sama taksi.. (lagian taksi itu kan ounya tipe silver dan gold, orang pake camry dan mersi gak minder tuh masih ttp bangga sm kendaraan yg mampu dibelinya). Imho ya, no offense. Jadi kembali ke kebutuhan kita. Nyari prestise ya beli accord aja sekalian boss (hodna) hehehe

  3. bagian buritan klo menurut ane ada garis desain Mitsu Lancer Evo Mang … which is keren dan sporty

  4. mank besaran cc (range 1000-1500) ngaruh ke pajak ya? bukannya dia hitung berdasarkan NJKB?
    btw bole dibahas nih bedanya double wishbone dengan macpherson

  5. Kang K0bay, inyong arep takon.
    1. Sebelah kanan kiri sepi iklan? Endorse lagi sepi Kang?
    2. Tapi buanyak iklan google yang masuk. MarMos tenan Kang (MarMos “Marai Emosi”-bikin emosi)
    3. Wingi-kemarin aku liat Kang K0bay comment di KJVmtsprt, hehe. Arep tek sapa mbok Kang K0bay keGe’eRaN hehehe
    4. Kang, apakah mobil macam sedan kaya kuwe, arep lariz di pasaran?
    Wis Kang, suwun.

  6. @Mbg
    saya jelas ga tersinggung sama sekali … karna jujur saya lom mampu beli mobil (klo di paksain bisa aja tp ga ada nikmat2nya yg namanya di paksain) ..
    manusia udh dr sononya punya yg namanya “ego” … kenapa zx25r banyak yg indent (katanya)
    kenapa yg prestige itu laku … karna ego … mau terlihat wah … mo di bilang keren … bla bla bla ….
    jd sedikit banyak pasti adalah perasaan kecewa ketika kita punya sesuatu tp di komersilkan …
    beda perasaan ketika kita liat mobil/motor kita ada yg sama cuma di modif jadi lebih keren … atau di pake sm artis misalkan …… karna ketika kita cerita ke temen atau orang lain pasti nadanya juga beda …

    case 1 : ” anjrit … baru 3 bulan gw naik nih mobil tau2 si blueb*rd udh bikin taksi…@#&$@*(ngedumel dlm hati) ”
    case 2 : ” wuiihh …. bro tadi gw liat luna maya … ternyata mobilnya sm kaya mobil gw …. (bangga &hatinya berkembang2)”

    #pisss_cuy

  7. idling stop system di mobil?
    dulu pernah naik Suzuki Ertiga ZDi, dan pas berhenti di lampu merah, SHVS -nya langsung otomatis mematikan mesin, walhasil seluruh penumpang langsung gerah kepanasan karena AC juga ikutan mati, cuma berfungsi sebagai blower/kipas angin doang.
    nah apakah ISS di Honda City ini akan sama?

    • Sama keknya, dulu test drive CX-5, mesin mati, blower on, tapi tetep panas kalau rame rame ya gak?

      Keknya kurang cocok kalau fitur ini di aktifkan untuk area Indonesia kebanyakan. Gampang sih tinggal matiin aja

  8. Saat ini yg mengaplikasikan kerja klep spt VVA/VTEC adalam mesin SOHC karena SOHC lebih mudah dikembangkan dan murah

  9. Keuntungan cc kecil turbo itu pas macet2an bensinnya irit. Pas digeber bensinnya setara 1600cc, pas macet setara 1000cc, asik kan. Kecuali pas macet digeber2 ampe full boost 😂 (yakali kurang kerjaan).

  10. Lama2 nanti tinggal 500cc plus turbo…
    Lcgc pun nanti lama2 cuma 400cc dkasih turbo…
    Emang kalo ada turbo,,ada pajak tambahan kah?
    Resikonya sih jelas…kompresi mesin naik dan harus diisi bahan bakar yg setara…
    Sebanding gak sih irit konsumsi bahan bakar dengan
    harus pake bahan bakar yg harganya lebih mahal?

  11. Pernah kenal n memiliki sity 2x…tapi semuanya berakhir kurang menyenangkan..yg pertama putus karena sity terlalu posesif n cemburuan.yg kedua putus karena tak direstui orang tua gara2 beda kelamin…eh beda agama…!!

  12. @iian, si siti ga pernah jadi taksi tuh kayanya, beda sama merk sebelah.

    We buy things we don’t need
    With the money we don’t have
    Just to impress the people we don’t like

    @paman tang, di Jepang banyak keicar 660cc turbo.

    —————————————

    Buat si siti nya sori to say biasa aja depannya padahal belakangnya udah oke.

    Selama masih sedan 4 pintu ga akan laku ni Mobil,
    Ganti jadi hatchback ala2 civic, pasang harga se HRV, baru deh bisa laku.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..