Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Membahas Toyota Raize, mungkin sudah agak terlambat dan gak heboh lagi ya hehe.. Saudaranya si Daihatsu Rocky malah udah dibahas duluan, mungkin karena KBY merasa nama “Rocky” itu punya sejarah yang cukup dalam di Indonesia, sementara nama Raize, keknya baru kali ini KBY denger, cmiiw yes. Sooo.. artikel kali ini KBY akan membahas lebih kepada perbedaan antara SUV A Segment ini dengan saudaranya sesama A Segment SUV, si Rocky tanpa gerung hehe.. Kuy ahhh kita bahas spesifikasi, fitur dan harganya..

Bersamaan dengan rilisnya Daihatsu Rocky, sang saudara sulung yang punya platform TNGA – yang juga digunakan oleh Daihatsu – juga merilis Toyota Raize. Yap, seperti halnya produk kembar Toyota Daihatsu lainnya, antara Raize dengan Rocky juga kembar lads, tentu dengan perbedaan yang dilakukan masing masing. Dan seperti biasanya, Daihatsu tidak boleh lebih “super” dibanding Toyota hehe.

DESAIN TOYOTA RAIZE

Kalau ngomongin desain yang sama dengan Rocky, itu pasti, jadi apa dong yang menjadi pembeda antara keduanya? Oke deh coba kita telisik melalui foto yah, karena KBY sendiri juga belum liat langsung wkwkwk.. Kita bedakannya dengan sesama tipe tertinggi ya, dimana Raize punya tipe Z sementara kembarannya punya tipe Premium.

Dari grill sudah keliatan bedanya, Raize terpisah antara atas dengan bawah dengan grille atas tipis agak melengkung di bagian emblemnya. Bagian bawah mirip trapesium menyatu sampai paling bawah, mengingatkan kita akan Mitsubishi Outlander Sport. Di bagian sisi bumper nangkring fog lamp dihiasi DRL horisontal.

Sedangkan Rocky, justru bagian atas grille yang menyatu lebar hingga tengah bumper, bagian bawah terpisah hanya menyisakan sepetak. Di pinggir juga ada fog lamp yang terlihat punya dimensi lebih kecil dengan rumah berbentuk segitiga dan DRL vertikal.

Secara umum bentuk bumper depan keduanya berbeda sih. Nah yang sulit justru ketika melihat bagian buritan, keduanya identik, mungkin hanya emblem yang bisa membedakan yah. Dari samping juga begitu, hanya motif wheel rim yang membedakan keduanya.

INTERIOR RAIZE

Bagaimana dengan bagian interiornya? Apakah masih identik? Jika ya apa yang menjadi pembeda di Raize? Waah makin mumet karena sama persis wkwkwk.. Coba lads temukan sepuluh perbedaan, pasti puyeng hahaha.. Kita langsung lompat ke fitur aja deh yes..

FITUR TOYOTA RAIZE

Selain fitur orisinil mobil modern seperti power window, electronic power steering, electric mirror, ABS, EBD, Air bags dan lain lain, Toyota Raize juga dilengkapi dengan MID 7 inchi yang bisa dirubah tampilannya, juga ada sistem terintegrasi yang dinamakan Smart Assist Plus antara lain:

  • pre-collision warning
  • pre-collision brake
  • auto high beam
  • mis-pedal operation control
  • adaptive cruise control
  • smart panorama parking assist
  • panorama monitor
  • side view lamp dan lane keep control

Sepertinya fitur ini lebih banyak dibanding kembarannya yes.

SPESIFIKASI TOYOTA RAIZE

Untuk spesifikasi, Raize serupa dengan Rocky, yaitu penggerak 2WD dan 4WD, mesinnya 1000cc turbo plus transmisi CVT untuk semua tipe. Di Indonesia jika nanti Raize dan Rocky jadi hadir, kemungkinan besar akan menggunakan mesin salome serupa Calya atau Sigra, 1200cc dual VVT-i, hal ini untuk mengurangi harga jual dan upaya cost efficiency.

VARIAN DAN HARGA TOYOTA RAIZE

Untuk varian, Toyota Raize di Jepang memiliki 4 varian yaitu Z sebagai tipe tertinggi, G, X-S dan X. Harganya saat diperkenalkan adalah sbb:

  • Tipe Z 2WD: Rp. 267.2 juta, 4WD Rp. 296 juta.
  • Tipe G 2WD: Rp. 245.8 juta, 4WD Rp. 276.7 juta
  • Tipe X-S 2WD: Rp. 226.3 juta, 4WD Rp. 257.4 juta
  • Tipe X 2WD: Rp. 217.7 juta, 4WD Rp. 248.8 juta

Tentu dengan harga seperti itu, SUV compact berplatform TNGA ini akan sulit bersaing di Indonesia mengingat dimensinya adalah A segment serupa dengan Suzuki Ignis. Soo paling masuk akal adalah dibuat lokal (dan memang akan hehe) sehingga harganya paling mahal ada di 200 juta kecil. Kapan? Masih lamaaa.. 2021.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

9 KOMENTAR

Yuk Tinggalin Jejak Lads..