Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Ada yang tau helm merek Scorpion Exo? Kalau terasa asing ya gapapa, wajar, KBY aja baru tau tahun lalu pas liat di Sepang hehe, salah satu produknya adalah Scorpion Exo R1 Air yang masih berupa prototype dan disimpan di dalam kotak kaca. Nah tahun ini KBY lihat lagi di tempat yang sama dan sudah diperjual belikan, hasil penelusuran sih sejak awal tahun 2019 tipe R1 Air memang sudah resmi dijual dan menjadi salah satu dari 11 helm yang berperan di MotoGP 2019 dan dipakai oleh Rookie of The Year Fabio Quartararo. Yuk mengenal helm ini lebih jauh, seperti asal usul, harga, fitur serta spesifikasinya

Ada yang bilang helm Scorpion Exo itu buatan Amerika, ada juga yang bilang buatan Prancis, dua duanya ga salah karena di kedua negara tersebut, helm ini memang terkenal dan pabrik pusatnya di Prancis. Tapi sebenarnya Scorpion Exo itu merek dari perusahaan helm asal Cina (sumber: billycrashhelmet.com). Waaa jelek dong? Hehe, kalau punya pendapat kek gitu gak salah tapi juga ga bener, karena Cina itu gimana niat dan tujuannya, banyak barang buatan Cina yang levelnya berada di atas rata rata. Contoh gampang keknya hand phone OnePlus

HELM SCORPION EXO IBARAT HP ONEPLUS

Buat yang tau hp oneplus pasti paham kalau hp cina ini punya material yang sangat bagus, kualitas jempolan, spek yang bikin kaget namun dengan harga yang berwibawa buat kantong! Nah menurut KBY, helm Scorpion Exo ini juga demikian. Disadur dari Billycrashhelmet.com, KBY coba terjemahkan secara singkat deskripsi dari pabrikan helm ini:

Chinese motorcycle crash helmet manufacturer whose stated aim is to produce good quality, high-performance helmets and sell them at a competitive price point. And they mostly succeed, with many of their helmets being Snell Certified as well as achieving above average results in SHARP safety tests too – and broadly being well received by owners. They’re a well known brand in the US and are starting to make inroads into the European Market too.

Pabrikan helm asal Cina yang bertujuan memproduksi helm berkualitas dan berperforma tinggi, dan menjualnya dengan harga yang kompetitif. Usaha mereka berhasil, dengan banyak dari helm mereka yang Bersertifikat Snell serta mencapai hasil di atas rata-rata dalam tes keselamatan SHARP – dan secara luas diterima dengan baik oleh konsumen. Scorpion Exo telah menjadi merek terkenal di AS dan mulai membuat terobosan ke Pasar Eropa juga.

ASAL USUL HELM SCORPION EXO

Ada lagi yang KBY dapatkan dari website mereka di Prancis, Scorpion Sports Europe. KBY singkat aja ya, yang mau tau aslinya silakan klik link itu.

ScorpionExo™ memiliki pabrik bernama The Scorpion Sports factory seluas 8.6 hektar, yang diisi oleh beberapa desainer dan pembuat helm paling dicari di dunia serta sebanyak 600 orang teknisi terlatih yang mendedikasikan untuk membuat headgear. Hampir semua kegiatan pembuatan helm terintegrasi dalam satu fasilitas, seperti pencetakan fiberglass/ kevlar dan cangkang polycarbonat dll.

Banyak merek helm membuat helm mereka dengan membeli helm yang sudah jadi dan melabel ulang dari pabrikan helm. Dan banyak juga merek helm memberikan pengerjaan mereka ke vendor lain, tapi Scorpion tidak melakukannya karena kami ingin mengontrol setiap pembuatan dengan detail untuk memastikan kualitas terbaik, integritas perusahaan dan juga efisiensi.

Perhatian terhadap detail ini ditunjukkan oleh fakta bahwa setiap helm sepeda motor ScorpionExo ™ disertifikasi oleh ECE 22-05 (diuji oleh TÜV Rheinland) atau oleh SNELL foundation untuk pasar Amerika Serikat. Hanya dalam beberapa tahun ScorpionExo masuk dalam 5 merek teratas terkemuka di pasar Amerika.

HELM SCORPION DI DUNIA BALAP

Sekarang sudah tau kan kalau helm Scorpion buatan mana hehe. Nah helm ini bukan helm yang baru mengikuti ajang balap MotoGP, cuma karena kalah nama dengan brand yang sudah settled plus punya dana besar untuk promosi, gaungnya tidak terlalu kedengeran. Namun helm ini sedang menjadi daya tarik tersendiri baik di MotoGP maupun di World Superbike.

Alasan Scorpion Helmet sedang naik daun tidak lain adalah faktor Rider penggunanya yang sedang berprestasi hingga jadi sorotan. Di MotoGP sendiri, Scorpion Helmet sebelumnya sudah dipakai Alvaro Bautista, namun minimnya performa Bautista membuat helm ini ikut tenggelam. Namun saat Bautista pindah ke WSBK dan langsung nyetel dengan Ducati, nama Scorpion kembali menyeruak ke atas.

Apalagi saat Scorpion Exo R1 Air juga dipakai oleh Fabio Quartararo, Helm ini langsung melesat dan menjadi perhatian serta pembicaraan khalayak pecinta helm karena performa Quartararo yang melejit dan mampu bertarung dengan juara dunia Marquez di beberapa seri.

Ada yang spesial khususnya berita di Indonesia, Scorpion menjadi perhatian karena ternyata sempat membuat sakit hati para pecinta helm KYT. Pabrikan Cina berpusat di Prancis ini sudah menelikung kontrak Fabio Quartararo untuk memakai KYT di kelas MotoGP. Ah ah ternyata hehe.

Jadi ada tiga faktor yang membuat helm tenar di Amerika dan Eropa ini menjadi magnet baru dunia helm saat ini termasuk Indonesia. MotoGP, WSBK dan menculik Quartararo dari KYT hehe.

MATERIAL

Kedua helm Scorpion yang dipakai kedua pembalap tersebut adalah dua tipe yang sama, yaitu Scorpion EXO-R1 AIR. Berbeda dengan helm balap MotoGP pada umumnya yang menggunakan Carbon Fiber, EXO R1 AIR menggunakan material Ultra TCT (Thermodynamical Composite Technology).

Teknologi Komposit Termodinamik ini memiliki struktur yang tak hanya ringan namun kuat, diklaim memberikan perlindungan terbaik dan belum pernah diterapkan sebelumnya di dunia perhelman. TCT ini adalah Smart Material yang mampu menahan kerusakan secara bertahap saat terkena impak, menyerap sebagian besar energi yang dihasilkan oleh kejutan, sambil mempertahankan salah satu struktur terkuat untuk melindungi kepala.

FITUR

Helm ini di Design sangat Aerodinamis, nyaman dan lebih kedap suara. Yang ajib adalah Strap Double-D Ring nya terbuat dari  Titanium! KBY sangka cuma mirip warnanya, ternyata beneran! Jelas lebih kuat, ringan dan lebih aman. Sistem ventilasinya hanya ada dua, di moncong dan ubun ubun mendekati jidat. Terdengar seperti kurang adem yah?

Yang di moncong (breath deflector) memiliki sistem pernafasan masuk-keluar yang sangat baik, sehingga meningkatkan kinerja anti kabut dengan lebih maksimal. Selain itu juga terintegrasi dengan aliran udara yang di kepala, dengan air flow maksimum yang mengeluarkan udara panas melalui lubang sirip di belakang. Scorpion Exo R1 Air ini juga dilengkapi sistem pelepasan darurat, sehingga memudahkan pelepasan helm dalam kondisi darurat.

Selain itu, beberapa fitur dari Scorpion Exo R1 Air adalah sbb:

  • Airfit, busa pipi bisa dipompa sesuai selera pemilik. Kaya Vendetta 2 ya?
  • Kwikwick III Line Fabric, busa copot pasang dengan material anti alergi dan anti bakteri dengan bahan yang halus
  • 3 shell sizes, yang mengoptimalkan berat, fitment dan kenyamanan
  • Visor pinlock ready anti gores
  • Pinlock maxvision – pinlock terlebar saat ini – termasuk dalam pembelian
  • Ellip Tec II Ratchet System, bongkar pasang visor mudah dan cepat tanpa alat
  • Kantung speaker, mampu menyimpan speaker hingga ukuran 40mm di kiri dan kanan
  • KwikFit, Rongga kacamata, tidak membuat kuping sakit
  • Neck roll, semacam pelindung leher yang mampu mengurangi kebisingan dan angin berlebih saat berkendara
  • Aero skirt/ chin cover, penahan angin di dagu
  • Pengunci visor, untuk mencegah visor terbuka saat kecepatan tinggi.
  • Tear Off Pin
  • Visor anti sinar UV 100%
  • Sangat ringan hanya 1300 gram
  • Sertifikat keamanan ECE 22.05
  • Garansi 5 tahun

VARIAN HELM SCORPION EXO R1 AIR

Sesuai info di website, untuk Scorpion Exo R1 Air memiliki 17 model atau varian warna, yaitu Carbon Solid (2 warna), Solid (2 warna), Fabio Replica (1 warna), Halley (3 warna), Infini (2 warna), OGI (4 warna) dan Corpus (3 warna).

HARGA SCORPION EXO R1 AIR

Saat menemuinya di Sirkuit Sepang Malaysia, harga tipe OGI dan Corpus adalah RM 1600, turun dari RM 1799, tinggal dikalikan Rp. 3,370 ya dapat sekitar Rp. 5.4juta. Sementara versi Carbon RM 1899. Bundle promo dapat kaos Fabio dan free balaclava hehe.

Karena sudah terlalu panjang, KBY akhiri dulu di sini yes, nanti dibuat reviewnya yang lengkap plus video deh biar lebih mantap. Oceeyy..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

29 KOMENTAR

  1. Tapi Hp2 OnePlus yg Sekarang udh mulai naik Kasta mang kobay, soalnya harganya udh ga berwibawa buat kantong. Ga kayak OnePlus yg dulu #mantanuseroneplus

  2. Waahh iya, fitur plus untuk harga yang masih rasional.
    Berat na cuma 1300 gr yah, kalau ga salah sertifikasi DOT itu minimal berat 1500gr yah mang?

  3. Pabrikan helm china satu2 mulai mendunia mang ,setelah LS2 , sekarang Scorpions mulai merangsek … Sebagian orang mungkin tau nya LS2 atau Scorpions made in europe atau amerika … Ternyata eh ternyata … Made in china …

  4. ya ga heran lah ganti scorpion, ane user barangnya tarakusuma (3kyt + 1ink) tapi fitur miringnya ga pernah ilang. kapok.
    kang boleh donk review helm harga ratusan yang “cukup” untuk daily use (selain barangnya tarakusuma tentunya)

Yuk Tinggalin Jejak Lads..