Kobayogas.com – Hola laaaads, Salam gebeerrrr.. Salah satu produk legendaris Honda di roda empat dan di kelas compact hatchback yaitu Honda Jazz atau Honda Fit akhirnya memamerkan wajahnya. Bertempat di Tokyo Motor Show 2019, Honda membuat kejutan bagi pengunjung langsung maupun para pemerhati otomotif roda empat termasuk pecinta Honda Jazz di nusantara. Well, desain Honda Jazz 2020 seperti kembali ke asal, awal mula Honda Jazz/ Fit lahir dengan kode GD series. Banyak yang kecewa? Pastinya? Ini Honda memang sengaja bikin desain balik lagi ke awal atau karena sudah kehabisan ide nih?

Di saat hatchback kompetitor lain di kelas yang sama memiliki desain lebih sporty, lebih tajam dan agresif, Honda memberikan Honda Jazz alias Honda Fit 2020 desain yang smooth, halus dan gak neko neko. Garis desainnya lebih ke rounder alias membulat, dan ini mengingatkan kita akan Honda Jazz generasi awal dimana di Indonesia terkenal dengan generasi GD3. Kemajuan atau kemunduran atau bahkan stagnansi?

Hasil penelusuran sejauh ini belum menemukan info alasan Honda memilih desain kalem untuk sang Jazz 2020 terbaru tersebut. Yang jelas, buyar sudah bayangan kalau Honda akan memberikan desain sporty agresif untuk sang darling yang sempat terjual laris manis di belahan dunia termasuk Indonesia.

 

DESAIN HONDA JAZZ 2020

Kalau dibilang jelek, tergantung, jika ekpektasinya bakal punya desain yang wow, ga usah jauh jauh misal kaya Mazda 2 gitu, ya jelek nih si Jazz 2020. Tapi bagi yang bernostalgia dengan Jazz lawas GD3 dan GE8, desain ini sepertinya masih bisa diterima, tapi gak sih buat KBY mah hehe.

Honda Jazz/Fit 2020 dari depan kaya salah satu monster Pokemon

Modelnya kaya gak kreatif, ambil desain GD3 dan GE8, padukan, ubah dikit sebelah sana dan sebelah sini, hoplaaa jadilah Honda Jazz 2020 terbaru yang kodenya belum diketahui ini. Di eksterior, satu satunya yang menurut KBY bisa dapat apresiasi adalah bagian belakang termasuk lampu rem yang cantik. Liat deh dari belakang, ih GE8 banget. Bumpernya malah GD3.

Dilihat lagi sekeliling, sepertinya guratan desain Jazz GK5 tidak bersisa nih lads, semuanya lebih mirip generasi GD dan GE series. Ini sih namanya penghematan biaya R&D wkwkwk. Sooo, bahasa universal Honda di bagian muka/ fascia yang tampil dari mulai Brio hingga Odyssey, tidak ada di Jazz 2020 ini..  Parah!

INTERIOR HONDA JAZZ 2020

Bagaimana dengan jejak di bagian interior, nah kalau ini KBY lumayan semangat bahasnya, karena berubah total! Keknya biaya R&D Honda Motor Corp habis buat mikirin bagian interior si Honda Jazz 2020 ini yes wkwkwk..

Nyaris tidak ada kesan sporty, tapi berganti dengan kesan mewah dan futuristik, yang mana ya bagus sih, setidaknya dari desain dashboard enak dilihat. Bersih, rapi, minimalis tapi kesan mewah dan hi-tech nya dapat. Tidak ada desain dashboard yang berlekuk, lurus dari ujung ke ujung hanya ada beberapa tambahan saja. Bahkan bagian speedometer pun ikutan lurus tanpa tudung berbentuk kubah.

Setir dengan model two spoke, laiknya mobil masa depan. Panel dan tombol AC seperti milik GK5, sepertinya hanya ini yang diwariskan. Bicara akomodasi, seharusnya Honda Jazz yang juara, fleksibilitas kabin terdepan di kelasnya. ENtah dengan Honda Jazz 2020 Jepang ini, apakah masih menganut ultra seat atau menghilang?

VARIAN HONDA JAZZ 2020 TERBARU

Honda Jazz 2020 memiliki 5 varian, setidaknya untuk pasar Jepang. Pilihannya ada Jazz Home, Jazz Crosstar yang ala ala crossover dengan over fender serta bumper tebal plus roof rail, Jazz Luxe, Jazz Ness (Fit Ness) dan Jazz Basic. Dari sisi ekterior hanya Jazz Crosstar yang berbeda, tapi semuanya ada 1 kemiripan, hadir tanpa fog lamp!

Honda Jazz Crosstar
Honda Jazz/ Fit Ness
Honda Jazz Luxe

SPESIFIKASI & FITUR HONDA JAZZ 2020

Saat diperkenalkan di TMS 2019, Honda menyebutkan Fit atau Jazz saat ini hanya tersedia dalam pilihan mesin hybrid saja, tapi tidak juga menyebutkan spesifikasi lengkap seperti output tenaga dan torsi. Nantinya memang akan tersedia mesin bensin – lagi lagi tak disebutkan spesifikasinya.

Untuk fitur, Honda Jazz 2020 akan dipersenjatai dengan Honda Sensing sebagai fitur standar! Oke juga. Honda Sensing sendiri meliputi; AEB, lane-keeping assist, road-departure mitigation, adaptive cruise, and a new ‘short-distance collision mitigation braking system.

Untuk speedometernya benar benar full digital. Lebih lanjut lagi, Honda mengatakan jok atau kursi Honda Jazz terbaru 2020 akan sangat nyaman seperti halnya mobil mobil dengan harga lebih mahal/ mewah. Belum ada info lebih lanjut terkait harga Honda Jazz 2020 ini, dan melihat penjualan Jazz di Indonesia yang semakin mengerucut, kecil kemungkinan akan hadir di sini, eia lupa, kan mau diganti sama Honda Gienia Hatchback hehe.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

38 KOMENTAR

  1. Awalnya aku tidak percaya, tapi setelah mobil ini benar dirilis aku jadi suka mobil desain india, aku suka hatchback india.
    *Udh jelek disunat, halo om zone feast

  2. Ari kata saya mah lucu bagus da jiga lele… IMHO, HR-V yang relatif tak begitu sporty (kalem) laku banyak koq…

  3. Tapi kalo masih pake mesin lama yg 118hp sih gak apa2 masih bertenaga, daripada yaris udah dohc tapi 105hp doang, yg eropa malah jadi 3 silinder tanpa turbo.

  4. Mungkin karena saat ini hatchback berubah segmentasi, jadi segemennya dipertegas lebih kepada cewe2. Kalo cowo lebih milih ke crosover macem hrv, chr atau civic.
    Sama kaya yaris baru yang makin lama makin balik ke model unyu2.

  5. Klo ni mobil malah jadi jazz generasi baru n genia g jadi gantiin jazz. mending GE8 ay pelihara aja ampe bulukan drpda beli yang model baru tp pas nyampe rumah kayak g ganti mobil (alias cuman keliatan kayak d heavy modif doang) wkwkwkwkwkwkw

  6. Soal design itu relatif kang. Yg pasti orang bilang jelek krn dia gak mau beli, sebaliknya orang mau beli pasti bagus. Dan realnya biasanya antara yg beli sm yg cm bisa protes, banyakan yg belinya. Boleh dibuktikan mang!!

  7. mang….kolom komen di artikel baru ” pengalaman nonton MotoGP motegi” ga ada
    alias ga bisa komen….naha atuh

  8. Jazz kayaknya sulit digantiin di Indonesia, apalagi yg pada ngefansnya udah banyak komunitasnya, harusnya Honda Indonesia bisa bawa mode terbaru, jangan Genia dr negeri bambu😃😁

  9. Sekilas pilar A mirip sx4 , brarti sisuzi lebih modern duluan. Minusnya pilar ini membuat blind spot nambah banyak

  10. Sy jg berharaf demikian,dengan harga naik 50jt pun tk apa?
    Sy tetap akan menghayal beli tu jazz 2020

Yuk Tinggalin Jejak Lads..