Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Seperti halnya skutik di sepeda motor, mobil dengan transmisi otomatis atau AT permintaannya semakin hari semakin besar. Dulu sih transmisi otomatis itu bisa disebut sebagai pelengkap dari pilihan transmisi manual saja, perbandingannya bisa 9:1. Hari gini dengan pembangunan dimana mana, jalanan macet, pemiliki dan pengemudi mobil pun ogah stress dan pegal akibat dikit dikit injek kopling dan pindah gigi. So ini dia tutorial mengendarai mobil dengan transmisi otomatis, disertai arti huruf dan angka plus penggunaannya. Videonya juga ada jadi makin lengkap, cekidot. 

Pernah ada beberapa pembaca yang menjapri KBY meminta untuk dibuatkan video tutorial mengendarai mobil transmisi AT atau matik, nah kebetulan videonya baru kelar diedit beberapa hari lalu hehe. Sebenarnya versi artikel sudah KBY bahas juga sih melalui artikel Mengenal Arti Angka dan Huruf Di Mobil Matik, silakan yang mau baca lagi klik aja linknya.

 

PADA DASARNYA SEMUA TRANSMISI MATIK SAMA SAJA

Perbedaannya tutorial tersebut untuk Honda Jazz GD3 i-DSI yang sudah ada paddle shift/ steermatic nya. Pada dasarnya semua jenis transmisi matik itu sama saja cara dan penggunaannya, perbedaannya paling pada sistemnya, ada yang konvensional (menggunakan gigi transmisi) atau menggunakan sistem CVT dengan belt.

transmisi masih di posisi sama

Hanya saja ada beberapa transmisi otomatis yang bisa dibilang nyeleneh karena diluar jenis transmisi matik pada umumnya yang ada di pasar. Misal AGS seperti pada Suzuki Ignis dan AMT pada Proton Savvy. Kalau AGS lebih mirip mobil matik pada umumnya tapi tidak ada posisi Parking alias P. Jadi kalau berhenti total ya cukup di posisi N dan kunci sudah bisa dicabut (kalau pakai kunci). Sementara AMT lebih kepada transmisi manual tapi dibikin otomatis, ada gigi 1 sampai 5 tanpa harus injak kopling.

Nah yang mau KBY bahas adalah tutorial mengendarai mobil transmisi otomatis yang matiknya umum digunakan atau beredar di Indonesia, yaitu transmisi otomatis 4AT atau 4 gigi.

ARTI DAN FUNGSI HURUF DAN ANGKA DI TRANSMISI OTOMATIS

Bicara versi umum, angka dan hurufnya adalah P,R,N,D,2,L atau P-R-N-D-S-L bisa juga P-R-N-D-D3-2-L dan ada juga yang P-R-N-D-S.

  • P = Parking, digunakan saat mobil berhenti total dan ditinggalkan (kunci bisa dicabut)
  • R = Reverse, untuk mundur
  • N = Netral, kunci tidak bisa dicabut
  • D = driving, digunakan mayoritas untuk segala medan dan kondisi
  • D3 = Gigi 3, sistem mengunci pergerakan transmisi hanya sampai gigi 3 saja, fungsinya untuk menyalip atau berakselerasi kuat, boleh juga dipakai di tanjakan karena mesin dibuat lebih responsif. Bisa juga digunakan sebagai engine brake.
  • 2 = gigi 2, sistem mengunci pergerakan transmisi hanya sampai gigi 2 saja, digunakan untuk tanjakan dan turunan lumayan ekstrim dari kondisi diam. Bisa juga digunakan sebagai engine brake.
  • L atau 1 = Low atau gigi 1, sistem mengunci pergerakan transmisi hanya sampai gigi 1 saja, digunakan untuk tanjakan dan turunan ekstrim dari kondisi diam. Bisa juga digunakan sebagai engine brake.
  • S = Sport, fungsinya seperti D3, digunakan untuk menyalip atau berakselerasi kuat, boleh juga dipakai di tanjakan karena mesin dibuat lebih responsif. Bisa juga digunakan sebagai engine brake

Ada juga transmisi yang menggunakan tombol O/D off, biasanya ada disamping tuas transmisi. Dalam transmisi otomatis 4 kecepatan, gigi 4 itu disebut juga sebagai Over Drive, nah OD Off itu fungsinya seperti D3 dan S, digunakan untuk menyalip atau berakselerasi kuat, boleh juga dipakai di tanjakan karena mesin dibuat lebih responsif. Saat tombol ditekan, ada indikator OD Off di dashboard, artinya gigi 4 tidak aktif. OD Off bisa juga digunakan sebagai engine brake.

PERHATIKAN SPEEDOMETER

Masih banyak yang salah kaprah kalau angka dan huruf itu hanya ada di tuas transmisi saja, jadi kadang kepala dan mata masih menunduk melihat posisi tuas ada dimana, padahal sejak jaman dulu, indikator posisi transmisi sudah ada juga di dashboard untuk membantu pengendara agar tidak memalingkan kepalanya.

Di jaman makin modern, perkembangan transmisi AT sudah melesat jauh, mobil papan atas jumlah giginya sudah bukan 4 lagi, ada yang 6 bahkan 8, seperti Toyota Fortuner, Pajero Sport, Mercedes, Audi hingga BMW. Makin banyak giginya makin halus perpindahan giginya, juga makin optimal kinerja transmisi yang berimbas ke efisiensi bbm.

Nah semoga bermanfaat tutorial mengendarai mobil dengan transmisi otomatis yang KBY buat yes. Makin jelas lagi kalau videonya ditonton, disitu dijelasin dengan lebih detail dan gamblang. Cuuussss

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

41 KOMENTAR

  1. engga juga sih. ada yang punya gigi sampai 8 atau 9 tapi masih pakai torque converter (matik biasa) bahkan ada yang pakai kompling ganda (dual clutch)

  2. Perlu diperhatikan saat ini yg konvensional masih 4at….kalau sdh lebih dr 4 percepatan(5,6,7,8 dst)biasanya sdh CVT

  3. Mang Kobay….
    Mobil saya innova solar 2010
    Kata temen2 kalau berhenti lama di lampu merah posisi tuas dipindah ke N dulu biar transmisi awet…
    Apa benar begitu?

  4. Posisi gigi masuk dulu ke P. Terus cabut kunci. Nah biasanya ada tombol kecil di area transmisi namanya shift lock.

    Tekan shift lock berbarengan dengan pindahin tuas ke posisi N

  5. Mang… mobil bapak ane grand livina 2012
    Transmisi otomatis…
    Kadang kalo rem darurat ane suka melakukan engine brake dengan mengoper dari D ke 2 (gigi nanjak)…
    Itu aman gak sih?

    • Vina ada OD off, itu aja dipencet, baru ke 2, sebenernya kalau agak darurat boleh aja langsung tapi jangan terllau tinggi kecepatannya, kalau kecepatan medium kaya 60 boleh lah langsung

  6. Jadi karena boros ya mang ?…bukan karena transmisi cepet rusak…
    Saya jadi jelas sekarang
    Makasih Mang…

    • Kalau cepet rusak kurang tepat, definisi rusak berarti kan bejat alias jadi ga bisa dipake hehe… Kopling cepet aus juga sih, kan tetep ada kopling di dalam rumah transmisi nya

  7. Mantap mang beberapa hal ane baru tau..
    Sip Sip Sip…
    Josh.. Semoga viral vidio nya..
    Jangan ragu untuk bikin video dengan tema yang berbeda2 mang..

  8. Ho oh… Masukin P dulu, cabut kunci, baru pencet shift lock trus transmisi bisa digeser ke N. Klo mau parkir paralel…

  9. Mang serius nanya ada ngak mobil matik yg sistemnya kaya naik motor matik,jadi tuas cuma ada R, N dan D saja (mau nanjak ekstrim tetep main gas doang) wkwkwk

    • Afaik gada yang bener bener R N D doang, ada yg mirip ya AGS nya Suzuki, tapi dia ada pilihan + (plus) dan – (minus) yang bisa bekerja ala manual.. plus naekin gigi, minus sebaliknya..

      Jadi pilihannya R N D (+) (-)

  10. mobil matic yg pakai CVT sama saja dengan motor matic CVT. tinggal gas doang.
    bedanya cuma CVT mobil biasanya bisa di lock di posisi tertentu supaya seolah-olah ada gear nya

  11. I’m fully aware, that, walaupun gua beresiko disiram kuah bolognese sauce mendidih, i just want to remind you all,

    real men use three pedals!!!

    • PRNDD32L biasanya, dari D geser ke kanan jadi D3, itu sebagai pengganti tombol Over Drive, yang kek gini biasanya matic Toyota dengan gate type (ga lurus tapi serong) dan gada tombol pencet di pegangannya..

  12. Agak OOT nih mang,, misa lmobil kita dalam kondisi P dan di rem tangan terus di derek itu bisa ngerusak transmisi atau rem nya ga sih mang?

    • Pertama dalam kondisi P, akan tergantung gerak rodanya, derek yang bener itu akan menggantung mobil sesuai dengan roda yang bebas. Misal FWD, ya depan yang digantung, RWD ya sebaliknya. AWD? Towing angkat jangan diderek.

      Nah kalau rem tangan, itu ngunci rem belakang pada umumnya, makanya kalau ngedrift/ slalom kan skid nya pakai rem tangan.

      Jadi sebaiknya untuk FWD mending rem tangan bebasin. Untuk amannya, RWD sama aja lah

  13. Lah matic2 cvt kan kaya naik motor, ga ada gear sama sekali, paling artificial/sport mode kaya di brio, mobilio, sienta, yaris..

  14. Makasih mang penjelasannya,, maksud ay kalo lagi di derek paksa gitu sama dishub walapun FWD pas diderek ban depan di gantung tapi di rem tangan bisa rusak ya rem belakangnya

  15. oh iya ya, bener model gate doank yang begitu…
    kirain kanan kiri sama aja…wkwwkwkwk
    trims infonya kang

  16. Bang, gw nanya serius. Klo mobil matic akinya sowak, bisa dinyalain sambil didorong terus masukin gigi gak?

    Wakakakaka.. awas lu ya klo besok2 bikin tutorial cara rebus air. BTW vidionya keren

  17. @setio : Bus Trans Jakarta yg BBG matik hanya pake tombol RND saja..
    Silahkan dicek..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.