Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr… Akhirnya, sudah cukup menghabiskan waktu bersama Yamaha Freego S ABS ini selama beberapa hari dengan menempuh jarak lebih dari 100 kilometer. Dalam jarak dan tempo waktu tersebut KBY sudah merasa cukup untuk mengetahui lebih dalam tentang Freego, seperti kelebihan dan kekurangan Yamaha Freego S ABS selama digunakan harian. Jadi, sudah siap? Yuks geber dulu lads. 

Desain, menurut KBY ada satu hal yang dilewatkan oleh Yamaha dalam membuat Yamaha Freego ini, yaitu desain! KBY pribadi secara subyektif merasa desain bagian buritannya kurang greget dan kurang berkarakter. Identitasnya kurang kuat untuk langsung dikenali oleh pemotor atau sebut saja konsumen, padahal dari depan sudah cukup kuat untuk membentuk identitas. Sayang bagian belakang dengan desain rem seperti itu membuatnya hambar.

eh baca juga yang ini: Saat Loyalis Suzuki Kepincut Freego

KBY juga merasa desain area setang terlalu chubby, terlalu banyak “lemak” tak berguna di sektor tersebut hihihi, secara subyektif KBY merasa andai area setang bisa selangsing Aerox atau Lexi sepertinya akan terlihat lebih bagus lagi dan enak dilihat hehe. Tapi overall desain sih masih enak dilihat.

KELEBIHAN YAMAHA FREEGO S ABS

MESIN 125 NON VVA HALUS BANGET!

Performa mesin, wah jujur aje KBY suka banget sama karakternya, serasa bukan Yamaha banget! Wkwkw.. Penyebabnya mungkin karena selama ini KBY hanya mengetes  dan punya skutik Yamaha yang sudah pakai VVA, pernah ada NMax, sekarang ada Aerox dan pernah tes Lexi beberapa hari.

Karakter mesin Freego ini halus, meski saat idle dan dilakukan standar tengah terlihat motor bergetar tapi saat sudah berjalan, getaran itu serta merta hilang! Memang ada getaran khas skutik di rpm dan kecepatan rendah di bawah 20KM/jam, tapi itu hal yang wajar, skutik sehat pun masih akan terasa getaran kecil di kondisi tersebut.

Nah begitu speedometer sudah mencapai lebih dari 20km/jam, mesinnya bekerja sangat tenang, sangat halus! Kaget KBY dibuatnya, tidak ada tickle alias getaran menggelitik seperti skutik Yamaha dengan mesin VVA. Tidak ada rasa gugup seperti pada Lexi, Aerox atau NMax. Halus lah pokoknya!

KBY pun jadi punya teori sendiri, apa mesin skutik Yamaha yang non VVA seperti ini semua? halus semua? Mengingat mesin Yamaha dengan VVA selalu KBY temukan ada rasa gugup di setiap putaran RPM-nya.

TENAGA MESIN FREEGO, MANTAP BUAT NYALIP!

Ini juga salah satu favorit KBY, tenaga dan torsi di bawah sih biasa aja, seperti skutik pada umumnya, tidak istimewa, namun begitu di atas 50km/jam hingga 80km/jam lebih, di rentang itulah tenaga Freego begitu menyenangkan!

Tenaga dan torsi di kitiran tengahnya sangat terasa powerful dan energik, membuat aksi menyalip atau berakselerasi di kecepatan medium sangat mudah dan mengasyikan! Dan itu semua diberikan dengan tulus tanpa rasa gugup.

Namun tanpa adanya VVA memang tenaga atasnya terasa ngos ngosan, setelah mencapai 95km/jam maka menuju ke 100 akan terasa lama dan terus bertahan di angka 101-102km/jam dengan bobot KBY yang 73kg. Tapi menurut KBY sih udah cukup banget kok buat harian.

REM ABS NYAMAN

Meski terasa kurang pakem, tapi feeling dan kinerja rem ABS yang hanya 1 channel alias di depan doang terasa nyaman. Saat simulasi melakukan panic braking pada kecepatan 40-50km/jam, sensornya bekerja baik dan getaran khas ABS baru terasa. Good!

  • KONSUMSI BBM IRIT
  • ISI BBM MUDAH, GAK HARUS TURUN KECUALI DI SPBU SHELL hehe..
  • BAGASI LEGA 25 LITER MUAT HELM FULL FACE
  • JOK BESAR, LEGA dan PANJANG
  • SPEEDOMETER DENGAN KONTRAS YANG JELAS SIANG DAN MALAM HARI
  • HANDLING MANTAP
  • LAMPU LED TERANG
  • SMG STARTER DAN SSS

KEKURANGAN YAMAHA FREEGO S ABS

Berikut kekurangan yang KBY resume dari hasil berkolaborasi selama satu minggu dan lebih dari 100 kilometer.

  • Desain bagian belakang kurang greget, area setang terlalu gemuk
  • Tidak ada laci di depan
  • Tidak ada AVG BBM di speedo
  • Power charger belum USB mode – butuh adapter lagi
  • Shock/ bantingan kurang lembut – salah satu efek dari ban yang 12″
  • Busa jok kurang lembut – tumben nih Yamaha hehe
  • Andai lampu rem sudah LED
  • Pilihan warna tipe S kurang chic
  • Harga mungkin bisa lebih murah
  • Ergonomi terlalu sporty bagi KBY

Nah itulah lads kekurangan dan kelebihan dari Yamaha Freego S ABS menurut versi KBY ya. Hasil dan kesimpulan tentu bisa berbeda beda antara KBY dengan reviewer lainnya. Setidaknya bisa menambah wawasan akan Yamaha Freego..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

44 KOMENTAR

  1. Kekurangannya kalo isi bensin dari kanan ya turun,mau laki mau cewe selangkangan Lo mau di senggol gratisan sama petugas spbu

  2. Pas pertama liat freego dri belakang saya gk ngeh, pas dibalap baru ngeh, yak desain buritan krg sipp

  3. Om…kog banyak kekurangannya sih ( meski gelembung dibelkang roda depan gk dihitung).
    Hrusnya yg banyak Itu kelebihannya om …
    Ah di om…dasar om..om…emang..
    Wkwkwk

  4. Lampu belakang nya masih bagusan supra fit new mang. Lebih berkarakter pula. Wkwkwkwk….

  5. Yah titipan saya ga di bahas mang …
    Speedometer di liat saat siang dan malem gmn …
    Keliatan/kebaca ga ….

  6. Mantap akhirnya keluar juga nih ulasan. Walau kagak beli wkwkkw, tapi saya suka baca ulasannya, bang. Sempet kepincut tp ibu negara berkata lain :v

  7. shock depan gimana mang, untuk beban total penumpang dan barang diatas 170kg njeduk kayak lexy dan aerox gak?

  8. Udah pesen freego s merah buat istri, gantinya Xeon rc. ane sendiri pakai aerox standar 2018.. sempat bimbang freego/Lexi.. akhirnya pilih ini yg mudah perawatannya & punya bagasi yg luas.. irit nih pastinya klo tangan sekolah.. aerox ane aja bs dpt 52-53km/l kec. maks 65-70kpj.. klo iseng ngebut ya dpt 45an km/l..

  9. Resepnya.. urut gasnya dr awal,, vva aktif rpm 6rb turun gas lg,, gitu aja terus.. maunya sih klo ecu bs diset vva aktif rpm 6500 aja.. mungkin bs dpt 70-75kpj..

  10. Semoet naksir..pas liat wujudmya ga jadi..males liat batoknya..apalagi mesinnya..dari bentukan box filter udara similar ama new soul..padahal beeharap pake mesin lexi..ga jadi ambil..btw sokbreker masih kesubrag2??

    • Shock nya keras tapi gada masalah buat jarak 40-60km sih, jarak gw Kan segituan malah kurang..

      Nah kalau lebih dari itu baru kerasa keluhan rider dan penumpangnya (kata Endrik Elang jalanan)

  11. Jadi…Address atau Freego nih mang?address kalah fitur menang mesin,,, Freeego menang fitur tp kalah mesin…beat?go to H

  12. mesin aerox vva emang agak gimana gitu rasanya di putaran bawah, kenaikan powernya terasa kurang linear, tapi kayaknya bukan faktor mesinnya deh, bisa jadi area CVT harus dibenahi, mungkin aja karena bobot roller aerox ini cuma 13 gram alias sama dg nmax, padahal nmax bobot total kendaraan lebih berat, per CVT juga sedikit lebih keras Aerox punya, efeknya lantaran roller “terlalu ringan” bikin mudah terlempar pada rumah pulley, jadinya ada semacam feel kayak “hiccup” di mesin, tidak smooth. Bagaimana seandainya bobot roller ditambah jadi 14/15 gram? mungkin bisa menyelesaikan masalah walau dampaknya jambakan akselerasinya bakal berkurang dikit.

  13. Kalo getaran ama beat sama gak.?ini sekarang ak pake soul gt 125.getaran terasa pas melewati kecepatan 35-40km/j.punya ponakan ku honda beat halus disemua kecepatan.apa ini masalah di pembuatan engine mounting.karena pas punya vario 125 geternya sama ama soul gt

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.