Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tarik ulur akan skutik kelas maxi dari Suzuki masih berlanjut lads.. Dan info terkini yang menjadi topik hangat adalah adanya indikasi serta prediksi bahwasanya Suzuki ada kemungkinan membangun Suzuki Burgman 150 dengan mengambil basis desain dari skutik Cina (Tiongkok) Haojue HJ150. Mengapa ada indikasi ke arah sana?

Berawal dari salah satu media otomotif asal Tiongkok memberikan bocoran calon produk terbaru berupa Maxi skutik dari pabrikan otomotif di sana. Yang menarik, pabrikan tersebut punya ikatan yang kuat dengan Suzuki. Pabrikan tersebut adalah Haojue, betul, kerjasama antara Haojue dengan Suzuki bisa disebut secara sederhana seperti hubungan antara Maruti dengan Suzuki di India lads.

Nah, gosipnya, produsen motor Suzuki asal negeri China ini berencana akan memproduksi maxi skutik pertama dari Haojue, sementara ini kode namanya adalah Hoajue HJ150. Meski bukan pertama kali membuat skutik, namun untuk skala Maxi, ini adalah pertama kalinya bagi mereka. Begini penampakannya :

Dari gambar yang ada, sangat kecil kemungkinan gambar tersebut merupakan render belaka, karena sudah masuk kategori gambar patent. Bahkan gambar patent tersebut punya kode HJ150T-28, dari 4 kode pertama lah media Cina memberikan nama sebagai Haojue HJ150, bukan Haohakeng yah, itu mah buat candaan ke infant orang sunda wkwkw.

MESIN 150CC DESAIN GADO GADO

Dari kode sementara, sudah bisa ketebak kapasitas mesin calon skutik maxi Haojue maupun Suzuki Burgman 150 tersebut, yaitu 150cc. Yang menarik justru adalah desainnya hehe.. Bukan buruk, tapi tidak orisinil karena terlihat seperti mengambil dari dua skutik maxi laris di Indonesia, yaitu Honda PCX dan Yamaha NMax!

Silakan dipelototin gambar dari belakang dan samping, nuansa dan aura desain Honda PCX 150 begitu kental! Sampai setang tanpa cover dan juga laci depan dengan penutup sebelah kiri mirip dengan PCX versi sebelum yang sekarang ini. PCX punya KBY tahun 2014.

dari sini PCX banget lads..

Tapi kalau dilihat lurus dari sisi depan, selain terlihat lebih sporty dibanding PCX dengan headlamp model bumerang, shape Haojue HJ150 ini terlihat mirip banget dengan Yamaha NMax! Yang membedakan hanya barisan lampu dan bentuk spakbor.

dari depan NMax banget garisnya

HAOJUE HJ150 = SUZUKI BURGMAN 150?

FYI aja lads, barangkali ada yang belum tau, tau Suzuki InazumaSuzuki V-strom 250 juga Suzuki GSX-250R? Ketiga produk tersebut adalah buatan HaoJue loh lads. Bahkan motor trail terbaru Suzuki yang belum lama ini KBY bahas, Suzuki DR150 juga diambil dari Cina, dari mana lagi kalau bukan dari Haojue.

Kita anggap saja HaoJue HJ150 tersebut akan menjadi Suzuki Burgman 150, dengan desain yang dimilikinya, menurut lads bagaimana? Oke kah? KBY pribadi sih meski desainnya tidak otentik, tapi setidaknya punya sosok yang enak dilihat hehe..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

20 KOMENTAR

  1. Namex biker arogan, masih berani vidioin pak pol. Hahahaha. Baca donk artikel mang kobs kemaren tuing tuing

  2. Feels like bit street versi mekarrrrr.

    Teori ngawur : ketika ngetik diword kepanjangan text bakal pindah sendiri ke baris bawah atau auto enter, nah perkara komen blog kby yg pas reply malah jd posisi new comment mungkin auto enternya dikomen yg udh terposting error cm sy g tau istilahnya apa dlm dunia perblogan wkwkwkwkkkk

  3. Desain elegan ala Pcx + desain kompak dan selonjoran ala Nmax = Niceee… Seandainya pake velg kayak burgmann 400 pasti lebih keren.
    Tapi Suzuki punya Way Of Life sendiri. Hanya Tuhan dan mereka yang tahu bakal ngluarin produk apa. Haha

  4. Mgkn ini cara suzi bermain aman, ambil desain yg udah disukain secara global, PCX + Nmax,
    Karena Mereka sadar kl mereka bikin desain sendiri yg ada bkin sakit mata yg liat, he,,,,

  5. Kalopun bener itu jadi suzuki burgman 150 mang,
    Biarlah tak apa dan oke2 sajah…
    Walau gak burgman banget dan gak suzuki banget… dan malah sekilas kaya pcx dan sekilas kaya nmax dan diliat keseluruhan gabungan dari keduanya…
    I think itu okelah, daripada pake desain “out of the box” ala suzuki hehe…
    By the way, dari dulu burgman series itu keren2 mang!
    Dan buat moge sport nya, i think gsx s1000f yang paling oke desain nya… keluar topik nih mang, misal nanti gsx r250 udah dirilis, menurut mang kobay gimana kalo versi s nya jadi kaya gsx s1000f desain nya? Hehe #NanyaKomenMangKobayDoangNihhh

  6. Depannya bukan kek nmax sih tapi gw liat kek smax lama apalagi seinnya lancip di tebeng gt
    Tapi dia gabungin keunggulan nmax dan pcx jadi satu walau jadinya gado2
    Depannya kek pcx dikurusin tapi baguslah aslinya pcx kelebaran dan pipih kek muka lele

  7. Ni orang2 bilang “ga burgman banget” itu kek gimana maksudnya ya? 😚
    Lah itu ada yang pake nama burgman street 125, apa kek gitu maksudnya? 😚

  8. Syukur deh kalau emang ini basic disennya
    Daripada bruma 125 g baget lah
    Mau niru brugma 400 kasian mesinya kalau cuma 150 cc
    Min y 250cc buat ngimbangin bodi bonsor+welbes yg super panjang

  9. Ketika juki lelah bikin design minta bantuan designer tiongkok,eh jangan jangan pabrik H juga minta design dari designer tiongkok

    • well, ini baru indikasi sih mang, bisa gak jadi, bisa malah jadi beneran wkwkw..

      satu yang pasti, kalau Suzuki mau berjalan agak cepat – sebelum berlari, mereka harus punya kelas PCX dan NMax.. !

  10. Yah … design motor China, sukanya kloning motor pabrikan lain, gk punya ide gk mo repot. Tuh liat persis bngt dgn motornya Kang Kobay .. gk ada bedanya …

  11. Mau gmna kek. Sbenarnya suzuki indo ada riset buat maxi skutik gk sich. Niat gk niat.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.