GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Saat rumor Yamaha sedang mempersiapkan R25 terbaru, banyak yang berharap desainnya akan berubah total dan lebih agresif. Kini sang New R25 sudah hadir dan begitulah desainnya, tidak seperti yang diharapkan para pengamat otomotif roda dua. Well, nasi sudah jadi bubur, sang motor sudah hadir dan selama satu minggu berada di tangan KBY. Karena di rumah ada si Zeref CBR250RR, sekalian aja kita kupas deh perbandingan Yamaha New R25 Facelift vs Honda CBR250RR versi kobayogas, siap??

Dari sisi desain, mau dijelasin lagi gitu? Gak usah lah ya, udah jelas New R25 2018 ini mengalami ubahan pada bagian depan hingga tengah. Kalau dihitung sih kayaknya udah masuk kategori major change, karena udah 40% lebih yang diubah.. Coba kita telusuri

  • Wajah
  • Shock depan upside down
  • Speedometer
  • Bentuk tangki
  • Fairing

Iyak sepertinya memang sudah separuh bodi tuh yang berubah ya.. Memang bagian tengah ke belakang gada sentuhan ubahan sama sekali, ini yang membuat orang sulit membedakan mana yang baru dan yang lama jika dilihat dari belakang. Paling liat masa berlaku pelat nomor hehe.


SAAT NEW R25 vs CBR250RR BERSANDING

Seperti yang KBY bilang di paragraf pembuka di atas, R25 pinjaman YIMM ini disandingkan dengan si Zeref. Karena malam hari, bisa keliatan juga sih terangnya lampu kedua sport fairing 250cc ini. Dan harus diakui, kembali soal kekuatan cahaya lampu, Yamaha unggul.

Sinar yang dikeluarkan New R25 lebih pekat/ tebal dibandingkan milik CBR250RR. Bicara spesifikasi watt lampu, biasanya Yamaha memberikan 1 atau 2 tingkat lebih besar dari Honda. Misal Honda ngasih 4 watt, Yamaha memberi 5 atau 6 watt. Jadi sinarnya lebih kuat lads.

Sayangnya, New R25 belum mengadopsi all LED atau Full LED. Lampu sein masih dengan bohlam plus rumah sein yang versi lawas.

Keduanya sudah menganut paham speedometer full digital. Milik R25 lebih seperti moge Yamaha R1 dengan kontras yang jelas dan angka yang besar, sedangkan CBR250RR menggunakan mode negative display.

MANA LEBIH BONGSOR?

Kalau lebih tinggi sih, langsung terlihat si R25 lebih tinggi, hal tersebut karena ada efek setang yang posisinya lebih tinggi juga lads, jadi ada efek dangak (angop). Sementara CBR250RR menukik dan merunduk.

Nah kalau lihat langsung, New R25 terbaru 2018 memang sedikit lebih besar dari CBR250RR, ini karena efek kondom tangki yang membulat dan tinggi, juga secara keseluruhan desain R25 lebih rounded alias membulat, sedangkan CBR250RR lebih edgy alias tajam.

ERGONOMI?

Dari penampakan aja udah jelas mana yang lebih nunduk dan lebih tegak (nyaman), New R25 lah ya. Ditambah seat height yang lebih rendah 10mm dari CBR250RR. R25 punya tinggi tempat duduk 780mm, sedangkan si CBR 790mm.

Bentuk joknya R25 juga datar, tidak meninggi seperti sang rival, meski keduanya memiliki bentuk buritan yang mencuat ke atas, dengan level ketinggian dimenangkan CBR250RR. Mangga silakan dipelototin dulu aja foto fotonya. Artikel tematis sang New R25 menyusul ya.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

54 KOMENTAR

  1. Yang disayangkan cuma mesinnya, knp ga dirombak sekalian? Pernah nanyain langsung ke yamaha belum perihal tersebut mang kobay?

  2. Dikelas ini sebenarnya pilihan tinggal selera saja, semuanya bagus kok utk saat ini.. 😀😀

  3. Nah ini, drtd kok nyari2 ini bentuk R25 kya ikan opo toh yah, nah itu dia jwbnya “Louhan plongo”,
    Heee

  4. Mang

    Nitip pertanyaan serius
    Tolong di jawab

    Apa bida body depan r25baru di pasang ke r15vva

    Rencana mau ambil r15vva
    Tp stang mau di ganti ke uperyoke
    Cmn masalahnya mentok di visor depan r15vva

    Makasii sebelumnya

  5. Salah satu yg vital pertanyaannya.. lebih tampak berkelas yg mana mang kobay? Soalnya teman kantor ada yg bawa CBR 250RR tapi finishing penampakannya seperti motor 150cc.. jadi gak kelihatan mahal blas.. apa seperti itu juga R25? Kalau Kawasaki sudah jelas kelihatan eksklusif ninja 250R.

  6. New R25 belom pernah saya liat di jalan,yg sering malahan MT25….btw request mang Lampu LED apa aja yg recommend buat sepeda motor,sekarang banyak tuh di jalan yg pake lampu lampu LED aftermarket

  7. Penasaran dg daya pancar headlamp LED std pabrik ini (H Y, atau manapun) saat hujan deras, kayak apa pandangan di aspalnya?.

    Mayoritas LED putih langsung ambyar dlm cuaca gini

  8. Vote R25
    .
    .
    .
    .
    .
    Kualitas cahaya headlampnya aja 😬
    Klo Honda, ane bahkan sering nggak sadar klo headlampnya dalam keadaan mati 😂

  9. bahasa soal facelift ente beda sama yg lain mang Kobay, harusnya emg gini, facelift hrs disebut tingkatannya, sekedar warna/striping baru, Minor Change/perubahan kecil, Major Change/biasanya disebut Generasi Baru (All New) gak cuma bilang facelift2 kaga jelas kaya sebelah, hehe……

  10. Bagaikan langit dan bumi…
    Gw lebih suka cbr nya! Desain kekinian..fitur seabreg!! Ada tbw nya! 👍👍

  11. haha ya bener emg gitulah intinya, istilah2 ini sering dipake di majalah Auto Bild (bokap langganan sejak 2003 sampe edisi terakhir, jadi sering banget baca)

    dengan pemakaian istilah2 itu, penunjukan pada suatu produk yang ada pembaharuan oleh pabrikan jadi jelas, sekedar perubahan kecil ato besar ato all new, konsumen awam lebih tercerahkan

  12. tetep bagusan R25 lah . . . cek aja mana yang lebih laku di eropah . . . .

    emangnya cbr, cuma dijual di indonesia, ngah ngah ngah . . .

  13. Tinggal main ke tempat cak iwb … bisa di komparasi 3 motor

    Kirain kaga jadi di pinjemin …. dr artikel kabar mau d pinjemin mpe motor dateng lumayan lama broh

  14. Finishing kayak 150 cc ini gimana maksudnya?finishing sendiri ada berbagai macam,mulai dari kualitas cat,ketebalan cat,ketebalan plastik,kilau cat dll,lha reviewer2 waktu awal2 kemunculan CBR 250RR aja rata2 bilang kl build quality nya udah kayak moge2 Honda,kalo maksudnya dari dimensi bodi ya ane setuju kalo CBR ini kayak motor 150 cc,tapi kalo finishing disamain ama 150cc?tunggu dulu,koq kesannya kayak anggep remeh mtor 150 cc,blm pernah liat GSXR 150 ato R15 langsung ya?

  15. Iya betul, led cahaya nya langsung bias kena asphal basah. Kalo terang terangan sih antara H dan Y kaya nya tergantung model, sy punya pcx dan aerox, kalo kuat kuatan cahaya pcx lebih kuat, lebih tebel. Aerox lebih tipis, tp lebih fokus, sebaran cahaya nya pas.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.