Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Kali ini KBY kedatangan helm baru dengan model full face, helm ini buatan lokal Indonesia loh lads, merknya NJS tipe Shadow 809R. Model dan desainnya menarik, sangat eye catching alias menarik mata untuk melihatnya dalam sekali lirik. Helm full face lokal ini dibuat oleh PT Surya Motor Shelmindo yang berlokasi di Tangerang. NJS Shadow ini sudah KBY gunakan berkali kali agar dapat melakukan review yang fair dan square, jadi bagaimana hasilnya? Geber dulu lads review helm NJS Shadow 809R!  

DESAIN

Tak dapat dipungkiri kalau desain dan permainan warna menjadi salah satu faktor terpenting dalam membuat konsumen mengambil keputusan. Hal tersebut begitu disadari oleh Surya Motor Shelmindo sebagai produsen helm NJS. Oleh karena itu, mereka mengambil desain NJS Shadow berbasis desain dari helm helm berdesain ciamik dan disukai konsumen di pasaran.

Bentuknya sih bisa dibilang cakep, meskipun agak sedikit besar ya outer shell-nya, kalau yang make badannya kecil bakal keliatan kaya ulat helm (ulat bagong) wkwkw. Cuma ya itu, desain cakepnya tidaklah orisinal, banyak yang bilang NJS Shadow meniru KYT Vendetta atau AGV K3 – K3SV (itu itu juga sih cetakannya hehe – afaik). Logo NJS juga ada kemiripan dengan HJC terutama jika dilihat sepintas, begitu juga dengan grafis warnanya.

Well itu sih kebijakan perusahaan lah ya, selama tidak menyalahi copyright artinya boleh boleh saja. Tapi masukkan dari KBY sih semoga ke depannya NJS bisa lebih memiliki desain yang orisinal. Dari sisi desain ini KBY beri jempol deh, cakep sih, catnya juga okey punya. NJS juga berani memberikan detail signature pada beberapa bagian di helm seperti busa hingga kunci DD Ringnya.

FITUR, FUNGSI & AKSESORIS

Pada dasarnya, fiturnya lumayan banyak, sebut saja kunci DD Ring, flat visor, air flow di depan moncong, di atas kepala kiri dan kanan, double visor dengan pengoperasian yang mudah. Sayang air flow-nya lebih seperti aksesoris belaka, tidak terasa aliran udara di kepala. Chin guard juga hadir dan sejauh ini fungsinya maksimal dalam menahan bunyi bunyian angin ke dalam.

Tapi KBY sih can’t complaint yak mengingat harganya aja gak sampai 600 ribu hehe, air flow yang benar benar terasa dan berfungsi maksimal itu sejauh ini dari sejumlah helm yang pernah KBY coba, hanya yang harganya di atas 2juta. Mungkin dari sisi ini lads punya opini lain?

Dari sisi aksesoris NJS memberikan pilihan beragam visor untuk Shadow 809R seperti dark dan rainbow. Tersedia juga anti fog macam pinlock atau raleri tapi ini buatan sendiri keknya. Fungsinya bisa dibilang minim, karena embun tetap aja ada hehe.

KENYAMANAN

Untuk penggunaan yang merupakan opini KBY pribadi nih lads, jika dibandingkan antara helm NJS Shadow 809R dengan INK Duke dimana keduanya KBY miliki, dari sisi kenyamanan saat mengendarai motor tipe sport fairing yang cenderung merunduk (CBR250RR dan GSX-R150), KBY lebih memilih NJS Shadow. Mengapa?

Karena dengan riding position yang sporty dan merunduk, vision alias penglihatan NJS Shadow 809R tidak sampai turun ke dahi atau menghalangi mata sementara INK Duke, dengan posisi yang sama menurut KBY sih lumayan parah ya, busa dahinya sampai alis sehingga menghalangi mata kita untuk melihat ke depan. INK Duke lebih cocok untuk motor sport yang cenderung tegak riding positionnya, atau bebek dan skutik.

Bicara kenyamanan juga berarti kemudahan operasional tutup buka visor, nah di sini kekurangan NJS Shadow menurut KBY, agak susah membuka visornya dalam keadaan tertutup penuh. Untuk kondisi saat kepala masuk penuh ke dalam helm juga dapat dikatakan baik, meski air flow tidak terasa bekerja full, uniknya NJS 809R ini tidak terlalu gerah, standar aja.

Untuk kebisingan ternyata layak dapat acungan jempol, suara angin yang menabrak helm baru nongol di atas kecepatan 90km/jam tanpa adanya bunyi siulan, sektor ini berada di atas beberapa merek lokal yang pernah KBY coba, bahkan KBC V-Zero pun kalah. Cuma ukuran M-nya menurut KBY masih agak longgar karena KBY pribadi lebih senang ukuran yang ngepas di kepala dan pipi.

HARGA & WARNA NJS SHADOW 809R

Untuk harga NJS Shadow 809R, pihak NJS memberikan harga mulai dari Rp. 500ribu dengan 1 motif desain warna, yang berbeda hanya warna dasarnya saja, yaitu kuning, pink dan hitam.

NJS Shadow 809R warna kuning glossy
NJS Shadow 809R warna pink glossy
NJS Shadow 809R warna hitam doff

PLUS MINUS HELM NJS SHADOW 809R

Plus: Desain dan warna cakep, flat visor, fitur dan aksesoris visor lumayan lengkap, ringan, cukup hening, tidak panas, harga terjangkau, tali DD-Ring, kualitas oke, detail, kenyamanan, cukup mudah untuk yang berkacamata.

Minus: Outer shell besar, kemudahan buka tutup visor, kemudahan bongkar pasang visor (butuh adaptasi), desain tidak orisinal, motif warna tidak orisinal, air flow kurang berfungsi, flat visor pusing ke mata (kudu adaptasi), anti fog kurang maksimal.

THE VERDICT

Untuk sebuah helm lokal berharga terjangkau, NJS memberikan pilihan kepada konsumen terutama bagi mereka yang senang dengan desain desain eye catching dalam bentuk NJS Shadow 809R. Apa yang diberikan menurut KBY berada lebih dari yang dibayarkan sih. Oke punya lah ya. Memang tidak sempurna lads, namanya juga helm dengan target menengah, selama tidak parah, kekurangannya masih sangat bisa diterima. Semoga review helm NJS Shadow 809R ini bermanfaat..

Thanks to: PT Surya Motor Shelmindo.

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

20 KOMENTAR

  1. Tp emng kerasa helm ratusan ribu ventilasinya terkesan aksesoris…(soalnya blm punya helm mahal wwikwikwikwik) cuma bolong 0,xxx mm kadang2 tutupnya ada yg macet dr tokonya, knp ya g digedein biar aliran udara kerasa.. apa susahnya gedein dikit sm bikin alur di busa dalem

    • Haiya pledatol g level laaah pake helm kelas ginian… biasa pk helm shell corcoran semen waaa… biar kuat waaa..

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.