Honda Forza 300 vs Yamaha XMax 300

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Sebelum membahas Honda Forza 300 vs Yamaha XMax 300, kita bahas sedikit kelas Maxi skutik di Indonesia yang saat ini bisa dikatakan sedang booming lads..utamanya merek Jepang. Dimulai sejak era PCX 125 CBU, lantas ada Burgman 200 namun meledak bangetnya saat Yamaha mendobrak kelas Maxi dengan merilis Yamaha NMax 155 di tahun 2015, dengan status buatan lokal, harganya begitu terjangkau oleh kebanyakan konsumen lads.. Sejak itu beberapa varian maxi skutik pun hadir dari mulai 125cc, 150cc hingga 250cc. Untuk kelas Maxi skutik 250cc saat ini, produk Jepang hanya diisi oleh Yamaha Xmax, tidak ada lawan lagi lagi karena harganya yang masih terjangkau. Namun di Thailand, sudah ada 2 maxi skutik premium asal Jepang, yaitu Honda Forza 300 yang dirilis bulan kemarin dengan Yamaha Xmax 300 yang lebih dulu hadir di tahun 2017. Bagaimana jika 2 maxi skutik dijejerkan? Berikut penampakan dan juga spesifikasinya

Emang bikin KZL ya, karena kita di sini cuma bisa ngiler doang, secara kedua maxi skutik 300cc premium ini dapat dikatakan seimbang dan saling mengalahkan baik dari segi desain, spesifikasi dan fitur bahkan juga dari segi harga. Memangnya kalau diadu menang mana sih? Well KBY juga penasaran makanya artikel ini hadir hehe.. Kalau desain mungkin akan kembali ke selera masing masing ya, tapi soal spesifikasi dan fitur di atas kertas mutlak adanya. Foto foto diambil dari mang Warungasep.net dan aripsipot dengan sumber sebuah grup facebook Yamaha Xmax society Thailand.

baca juga: Review Harian Yamaha XMax 250

Honda Forza vs Yamaha XMax

Komparasi Desain Yamaha Xmax vs Honda Forza 300 :

Dari sisi dimensi, Xmax memang lebih panjang, lebih lebar namun kalah tinggi, kayaknya kalau tinggi diukur dari windshield posisi teratas ya dimana Honda Forza 300 memang bisa disetel ketinggian windshieldnya secara elektronik. Dari depan, wajah Xmax terlihat lebih sporty dan agresif dengan triple headlight terpisah yang jika diperhatikan mirip helm para samurai ya?

Sedangkan Forza terlihat pendekatannya lebih ke elegan dengan 3 headlamp yang menyatu pada single cover headlamp. Ciri khas elegan dan mewah juga terlihat dari bentuk spion yang terlihat mahal, batangnya besar dan kokoh plus adanya lampu sein yang menyatu dengan rumah kaca spionnya. XMax sendiri memilih batang spion kecil kaya punya MT25. Kemewahan Forza 300 berlanjut dengan adanya dua warna plus dudukan windshield berwarna black piano yang memancarkan aura elegan.

Honda Forza vs Yamaha XMax 1

Sedangkan persamaan dari keduanya adalah semua lampunya sudah LED dan sudah ada DRL, bedanya Forza 300 DRL-nya yang khas terpisah dari lampu.

Honda Forza 300: PxLxT: 2,142 x 754 x 1,471 (mm)
Yamaha XMax 300 PxLxT: 2160 x 790 x 1,085 (mm)

Honda Forza vs Yamaha XMax 2

Lain di depan lain pula di belakang, KBY gak ragu untuk mengatakan XMax menang banyak dari Forza. Buritan Xmax tak hanya terlihat lebih semok dengan dual tail light-nya tapi juga lebih berkarakter dan mewah sekaligus sporty, sedangkan Forza lebih memilih karakter slim alias ramping sehingga terlihat seperti sosok skutik 150cc termasuk bentuk knalpotnya, ih! Skak mat buat Forza 300!

Honda Forza vs Yamaha XMax

Tapi keduanya punya beberapa kesamaan desain yang buruk di sektor behel, sisanya di sektor setang sama sama ditutup cover sama-sama pakai dual shock belakang tanpa tabung dengan posisi milik Forza lebih miring. Rem juga sudah dual disc brake dengan sistem ABS. Begitu juga dengan ukuran velg yang sama-sama pakai ring 14 belakang dan 15 untuk depan, bahkan ukuran bannya pun sama yaitu 120/70-15 untuk depan dan belakang 140/70-14.

Honda Forza 300 vs Yamaha XMax 300

Perbandingan Fitur Honda Forza 300 dan Xmax 300

Pada sisi fitur keduanya ini bisa dibilang hampir imbang pemirsa, keduanya sama-sama punya fitur Traction Control, dimana Honda punya sistem patent sendiri bernama HSTC atau Honda Selectable Torque Control, kalau membaca artinya bisa jadi lebih canggih karena mungkin bisa disetel sensitifitasnya – bukan hanya on/off/. Keduanya juga pakai kunci keyless dan punya bagasi super luas yang muat dua helm didalamnya, tapi di sektor kaki kaki, untuk shock depan Xmax sudah pakai shock full seperti layaknya shock depan motor sport sedangkan Forza masih dudukan shock konvensional kaya bebek/ skutik umum.

 

sayang agak sedikit kurang mewah bentuk speedometernya XMax

Keunggulan fitur Forza 300 ada satu lagi, yaitu windshield depan yang sudah pakai electrinic adjustable windscreen dimana layar depan bisa diatur ketinggiannya secara elektronik melalui tombol di setang.

electronic adjustable windshield di Forza 300

Komparasi Spesifikasi Xmax 300 vs Honda Forza 300

Giliran spesifikasi mesin, mana yang paling powerful? Xmax 300 atau Forza 300? XMax punya mesin murni 292cc 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan dengan tenaga 20.6 kW@ 7,250 rpm dan Torsi sebesar 29.0 Nm @ 5,750 rpm. Sedangkan Honda Forza 300 punya spesifikasi mesin murni 279cc 1 silinder SOHC berpendingin cairan, power maksimumnya mencapai 18,5 kW atau setara 25,2 hp @7.000 rpm , dengan torsi 27,2 Nm @5.750 rpm.

Jelas kayaknya ya selisih 13.1cc berpengaruh pada tenaga mesin di atas kertas, malah Forza cocoknya masuk ke 280cc wkwkw.. Yang jelas keduanya masih pake mesin konvensional tanpa VTEC ataupun VVA. Kapasitas tanki bbm Xmax lebih besar yaitu sebanyak 13 liter sedangkan Forza hanya 11,5 liter saja. Bobot Forza 300 juga lebih berat yaitu 183 kg dan Xmax hanya 179 kg.

 

Perbandingan harga Yamaha Xmax 300 dan Forza 300

Dari perbandingan di atas bagaimana dengan harganya? Status Forza adalah diproduksi lokal Thailand sedangkan Xmax diimpor dari Indonesia, tapi ternyata keduanya punya bandrol harga yang cukup tipis lads. Berikut harganya:

Harga Yamaha Xmax 300 di Thailand 168.000 THB atau setara Rp 73jutaan
Harga Honda Forza 300 di Thailand 169.000 THB atau setara Rp.74,4jutaan

Lucu juga ya, status CBU XMax tidak membuat harganya melambung. Xmax 250cc sendiri dibandrol Rp 57,2jutaan di Indonesia, seandainya Forza 250 hadir tahun depan atau mungkin di akhir tahun ini maka kapasitas mesinnya akan turun mengingat pajak motor 300cc itu akan mahal, 279cc ke 250cc kayaknya gakan sulit ya? Akan dibandrol berapa ya oleh AHM kira kira? hehe…

Yang jelas kalau bener Forza 250 jadi hadir maka pasar maxi skutik di Indoensia akan semakin variatif dan kompetitif dengan banyak varian dan pilihan. Lads sendiri lebih condong kemana? Honda Forza atau Xmax?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

67 COMMENTS

  1. forsa lokal thailand kok harganya malah lebih mahal daripada xmax yang import dari indonesia ya…

  2. Htsc sama electric windshield bikin mahal nih :v
    Blom lagi speedonya yg lebih atraktif warnanya sama tangkai spion nyatu sama bodi, otomatis tanpa common part :v

    • Forza jangan dah di bikin buatan ngahaem,citra PCX udah jelek gara gara kasus shock belakang,nanti Forza kena apalagi nih,,,

  3. Klo melihat secara kacamata desain keseluruhan sy pribadi condong ke forza 280 (agak janggal klo nyebut forza 300 :D) kang, krena cenderung elegan, kekurangannya di desain lampu belakang aja agak datar desainnya, bagian ini ntah kenapa dr skutik kecil honda desainnya hampir sama secara siluet kecuali pcx, emang gak bs dikatakan jelek sih tp jd nya biasa aja, spertinya kayak gak mau bereksperimen lebih kyk xmax 300 yg out of the box pd bagian belakang, sektor performa mesin klo ane ga terlalu berharap yg lebih soalnya mnrut ane gak terlalu penting n kenyamanan yg lbih dibutuhkan untuk jenis skutik gini

    • iya pake banget sih, Xmax temen saya di kantor jelek bgt plat nomernya, eh eh eh pcx saya juga masih di kompres jidat nya…..

    • org sana kan disiplin om,

      jika polisi nyegat trus ke arah belakang buat catat nopol, itu rider ngak lari.

      kalu org kita, polisi dateng dari depan, langsung ambil kuncinya biar ngak kabur

      gitu.

  4. Apa ya yang bikin Forza ini lebih berat? Mesin lebih kecil, badannya lebih kecil, tangki BBM lebih kecil juga, lalu apa yah? Fiturnya mungkin? Hmm….

  5. kok motor honda umunya lebih berat yach,

    pasti ada beda material,

    okelah plastik lebih tebel ymh,

    tapi part mesin ngak tau,

    kalu pake vva mestinya lebih berat logikanya, karena part lebih banyak

    • Imho ya… klo dilihat lihat emng motor yamaha ( not matik ) area crankcase agak lebih kecil kya ada yg dicut gtu tp kurang tau jg soalnya kurang ngerti konstruksi mesin sih, bahkan pixiong sm perja kya lebih besar perja utk area crankcase ( tidak termasuk bagian silinder head )

    • bagus lah pengurangan bobot dengan hasil yang sama. masing2 pabrikan punya caranya sendiri, yamaha mengurangi bobot tanpa mengurangi kekuatan, honda menambah kekuatan dengan menggunakan material yang lebih berat.

      kalo dari sudut pandang performa, gw pilih yamaha. PWR coy

  6. tapi karena kita impor dari thailand dan kena pajak gede, yach jadi mahal,’

    nol persen kalu tdk salah hanya utk raw material

  7. forza kok ngak ada data brp valve?

    lebih mahal forza, padahal cc lebih gede xmax,

    mesin xmax canggih vs mesin jadul

    apakah di sana konsumennya kaya konsumen mareh yg buta merk?

    sebab di sana MS honda juga 70 an %

  8. HTSC di forza tetep on/off, sensitivitas nya gak bisa diatur manual. Tapi forza bakal lebih banyak digemari kaum hawa karena batangnya besar dan kokoh.

  9. Mang gk bahas rekaan gsxs250 yg bru keluar??? Mantappp lah paten desainnya, fitur fisiknya kek cbr250rr persis, gatau ya yg not fisiknya, ramee sudah ini wkwk

  10. IMHO Menurut saya kalo pricingnya mepet gitu bikin Xmax jadi Value For Money, cuma kalah di fitur yang buat saya juga gak terlalu penting macam Adjustable Windshield.

  11. ntah kenapa pas nyetir dibelakang xmax saat keadaan gelap gulita disekitar hutan deket lamongan mata serasa dicocol sambel pedes+perih.

  12. Pertama2 kali liat Xmax keliatan gagah n bongsor.. Tapi waktu liat detil kualitas bodi sama denger suara mesin, baru deh kerasa kualitasnya kurang solid (seperti halnya matic2 yamaha lainnya)

    Vote Forza.. Ada sedikit aura Goldwing juga disitu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.