review All New Toyota Avanza G AT

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Agak telat nih, lupa ada di draft padahal wkwkw.. Kali ini kita coba ketahui data penjualan mobil alias roda empat sepanjang tahun 2017 lalu. Secara umum, penjualan mobil di Indonesia masih didominasi oleh merek-merek asal Jepang. Sebut saja merek sekelas Toyota, Honda, Daihatsu, Datsun, Suzuki, Nissan, dan Mitsubishi menjadi merek mobil yang tetap banyak diminati. Nah menurut Data Gaikindo Penjualan Mobil Tahun 2017, Avanza tetap jadi raja nomor satu!

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) yang KBY sarikan dari media Pikiran Rakyat, hingga November 2017 produk-produk dari Toyota masih menguasai tiga besar dari 20 mobil terlaris 2017. Toyota Avanza masih menjadi nomor satu di deretan daftar mobil terlaris 2017 dengan perolehan catatan penjualan sebanyak 109.529 unit. Weeew..

Tak hanya nomor satu, di peringkat kedua dan ketiga terlaris di 2017 pun ternyata masih dipegang produk Toyota yakni Toyota Calya dengan perolehan angka hingga November 2017 sebesar 68.038 unit dan peringkat ketiga Kijang Innova dengan angka 56.397 unit. Anjayyy.. menguasai pisan, padahal Innova itu sumpah udah gada murah murahnya loh.

Penjualan dari September ke November, secara umum pasar mengalami penurunan kecuali buat Honda lads. Dari data GAIKINDO pertengahan Desember 2017, atau menjelang akhir tahun, Honda terus mempertahankan dominasinya di pasar low sport utility vehicle (LSUV) Tanah Air dengan menguasai total 58 persen pangsa pasar yang disumbangkan oleh penjualan dua produk andalannya di kelas ini.

Honda HR-V 1.5L menjadi market leader dengan pangsa pasar 36% setelah meraih penjualan sebanyak 31.092 unit di sepanjang tahun ini, sementara Honda BR-V menyumbangkan pangsa pasar 22 persen setelah membukukan penjualan 19.011 unit di tahun 2017. Banyak juga yak..

Tapi produk yang menjadi mesin ATM Honda untuk tahun 2017 lalu adalah tak lain dan tak bukan Honda Brio Satya yang mencatat penjualan 39.401 unit dengan pangsa pasar 18% di kelas LCGC. Selanjutnya, Honda CR-V terjual sebanyak 13.893 unit di tahun 2017, dengan pangsa pasar 21 persen di kelas SUV.

Sepanjang 2017, Honda Mobilio terjual 33.366 unit dengan pangsa pasar sebesar 14 persen di kelas LMPV. Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan kontribusi segmen SUV dan LSUV terhadap market otomotif tahun ini masih sangat signifikan, dan kami bersyukur bahwa produk-produk Honda terus menjadi pilihan konsumen di segmen ini.

Di sisi lain, Daihatsu melewati periode 11 bulan menjelang penutupan akhir tahun (Januari-November) 2017, Daihatsu masih bertahan di peringkat kedua penjualan otomotif nasional. Secara total penjualan wholesales Daihatsu mencapai 173.353 unit dengan market share sebesar 17,4 persen, sedangkan total retail sales sebesar 165.855 unit dengan market share mencapai 17,3 persen.

Pada sisi wholesales, Sigra masih menjadi pilihan utama masyarakat dengan raihan 41.538 unit atau 24 persen, disusul dengan kontributor lainnya yaitu Gran Max (PU) yang berkontribusi 38.569 unit (22 persen), dan ketiga yaitu Xenia sebanyak 35.501 unit (20 persen). Selanjutnya ada Daihatsu Ayla menyumbang 27.291 unit (16 persen), disusul Gran Max (MB) 13.491 unit (8 persen), dan Daihatsu Terios 10.344 unit (6 persen). Untuk Daihatsu lainnya (others), meliputi Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen cetak angka penjualan dengan total sebesar 6.619 unit (4 persen).

Pada penjualan retailsales, Sigra tetap menjadi favorit di hati masyarakat dengan raihan 42.458 unit atau 26 persen, disusul Gran Max Pick Up (PU) pada urutan kedua sebanyak 36.147 unit (22 persen), dan Xenia sebesar 32.738 unit (20 persen). Daihatsu Ayla menyusul dengan torehan 24.743 unit (15 persen), Gran Max Mini Bus (MB) 12.068 unit (7 persen), serta Terios 10.359 (6 persen). Daihatsu lainnya (Luxio, Sirion, Hi-Max, dan Copen) ikut menyumbang hasil yang cukup baik dengan total 7.342 unit (4 persen).

”Pada saat ini pasar otomotif masih cenderung stagnan. Kami terus mengevaluasi pasar sesuai dengan target dan perkembangan secara keseluruhan. Raihan saat ini membuktikan bahwa Daihatsu tetap menjadi pilihan di hati masyarakat. Kami berharap pencapaian ini dapat meningkatkan motivasi kami, baik pada produk, maupun pelayanan purnajual Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), seperti dikutip Pikiran Rakyat. (*)

Bingung KBY sebenernya, gak sesimpel data AISI yak wkwkw.. nomor 1 berarti Toyota, nomor dua Daihatsu, ketiga Honda ya? Sayang tidak ada info berupa tabel lads.. Well digeber dulu lah mayan buat nambah nambah info..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

19 KOMENTAR

    • Enaknya jadi market leader di Indon. Ga usah repot2 mikirin desain bagus, atau safety. Brojolin kardus beroda juga pasti laris manis. Ga di mobil ga di mongtor

      • Duo kaleng itu desain depannya paling ancur… dibanding Ertiga, Mobilio, dan apalagi Xpander… tapi yaaa bgitulah konsumen Indonesia. Yg penting nggelinding, dari brand terkenal (yg gak pernah ngenyangin tu brand), gampang service (mungkin diseting banyak masalah biar sering service), dan sparepart gampang (karena mobilnya didesain cuma tahan 3-5 tahun kali ya?) …

        Tapi 2019 gue yakin akan beda. 3 Varian atas Xenia akan dimakan oleh Terrios. Kalau Veloz mungkin aman gak kemakan Rush. Tapi Xpander dan Cortez akan jadi trouble maker yg bisa ngacak ngacak pasar. Kecuali Toyoda brojolin NewAvxen berbasis DN Multisix dan dibandrol lbih murah dari yg sekarang.

  1. Kijang Innova dengan angka 56.397 unit. Anjayyy.. menguasai pisan, padahal Innova itu sumpah udah gada murah murahnya loh.

    =====================

    soale ini produk ngastral wkwkwk

    • Di range harga 300-400jt nggak ada kompetitornya mas yg MPV 7 seater medium. Honda? 7 seater adanya LMPV dibawah 300. Mitsu? sama dibawah 300. Suzuki? sama juga. Wuling? cortez. Tp kalau head to head dng Innova reborn jauh mas. Betul gimmick fitur banyak, tapi Saya pernah naek ke cortez, build quality interior msh dibawah innova. Contoh kecil: chrome di tuas pembuka pintu perhatiin deh detilnya, nggak rapi. Mesinnya jg lawas. Itu bukan ambil mesinnya chevy orlando tp reserve engine dr mesin lawas altis. Resever engine itu copas. Bukan blueprint riset sendiri. Makanya cost mobilnya bisa ditekan.

      Inniva reborn apalagi dieselnya uirit bisa diatas 12km/liter.

      Sekarang range 200-300jt ditempati LMPV.

  2. Ah artikel sales nggak kayak motor ni, kalo motor kan ada daftar yang dikotak2, kalo ini nggak, jujur ane nggak baca artikel loh lagi males baca liat judul aja….hehehehe✌✌✌

  3. Liat all new terios warna hitam dijalan keren juga. Bisa jadi pasar avxen atau veloz bakal kemakan sama terios ini karena mesin sama tapi fitur dan desain lebih menarik dengan harga yg mepet2 pula

  4. Heran juga saya produk astra selalu dihina dan dijelek”an kaya komen” diatas, ga mobil ga motor pasti dihina dibilang kaleng lah bobrok lah nyatanya tetep paling laris ya kan duit” mereka terserahlah mau beli produk mana aja, saya malah curiga yang komentarnya nyinyir itu pasti iri merk junjungannya gabisa bikin mobil dan mungkin juga yang nyinyir itu sebenernya pake produk astra juga munafik wkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.