Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr..  Pasar sport kelas 250cc itu memang unik, gampang gampang susah menjualnya.. meski tak terlalu demanding alias menuntut seperti kelas sport 150cc, namun tetap konsumen ingin semuanya sempurna (atau nyaris sempurna) di kelas ini.. Maklum gelontoran duit Rp. 40jutaan hingga nyaris 70jutaan memang bukan uang yang sedikit.. bisa dimaklumi keinginan dari para pencinta sport 250cc ini.. Nah berikut adalah 5 motor sport 250cc paling susah laris di Indonesia sepanjang semester pertama tahun 2017.. Apa saja? Adakah motor lads diantaranya?

Kalau laku (baca: laris) keuntungan atau marginnya (mungkin) gak besar besar amat, sementara kalau gak laris, bisa jadi arang.. Itulah kelas 250cc, isinya lebih ke gengsi dari suatu pabrikan dibandingkan sebagai tambang atau lumbung duit (dalam hal ini Kawasaki bisa jadi pengecualian). Harap dimaklumi, kelas sport 250cc merupakan batu loncatan dari konsumen untuk menuju kelas yang lebih tinggi alias moge beneran.. Sport 250cc khususnya fairing masih dianggap sebagai moge entry level..

Hanya saja bicara gengsi, jangan salah, kelas ini justru bisa dijadikan sebagai ajang pamer teknologi dan fitur, sebagai produk unjuk gigi kalau produknya mutakhir, sebagai tolak ukur sebuah teknologi yang diturunkan dari moge ke kelas yang ada di bawahnya, atau bahkan bisa jadi sebaliknya.. Jika tepat maka mindset di satu produk akan terpatri, “kelas 250cc-nya saja seperti ini, gimana mogenya”.. Begitulah kurang lebih..

Hanya saja, ada beberapa tipe yang memang dibuat sebagai “paket hemat”, peralihan seorang biker dari kelas 150cc menuju kapasitas mesin yang lebih tinggi, ingin 250cc tapi harganya terjangkau.. atau ingin yang modelnya gak terlalu masif dari sisi dimensi.. Ya banyak ragam lah, tapi belum tentu hasilnya moncer, kadang terkendala desainnya itu sendiri atau bahkan harga yang kelewat mahal tak sebanding dengan uang yang dikeluarkan..

Berikut adalah daftar 5 motor sport 250cc paling susah laris di Indonesia sepanjang semester pertama di tahun 2017.. Paling atas merupakan paling sedikit terjual ya lads..

Kawasaki Z250SL

Motor milik mang Eno “Emon” Anderson dan Mang Jejen Macantua.. Bisa dibilang jeblok di penjualan baru, tapi lumayan moncer untuk bekasannya.. Sepanjang semester satu naked bike 250cc 1 silinder Kawasaki ini hanya terjual 12 unit! Gila.. bahkan bulan Juni sama sekali 0 alias kosong! Gak heran kalau harga bekasnya terjun bebas dan lumayan banyak yang mencari.. Desain yang biasa saja, minim fitur dan kurang nyaman walaupun genrenya naked bike membuat peminatnya sedikit.. Harga jual Rp. 42,1jt tak dapat membantunya. Untungnya Kawasaki di awal gak terlalu berharap banya dari Z250SL ini, hanya dibuat sebagai tandem dari Ninja 250SL saja..

ngenes banget penjualannya

Kawasaki Estrella 250

Genrenya memang sangat niche .. Retro bike .. Hanya yang suka yang akan membelinya. Secara kualitas sih jempol lah, KBY sendiri sudah melihat dan merabanya langsung (baca: First Impression Kawasaki Estrella).. Finishingnya aduhai dan stylenya klasik beud.. Sayang harganya terlampau tinggi, Rp. 72.6juta. Pun begitu, Estrella masih jauh lebih baik dari Z250SL dari sisi penjualan. Laku sebanyak 128 unit sepanjang Januari – Juni 2017..

Kawasaki KLX250

Tak kalah sempitnya dari sisi sasaran jual dengan Estrella.. Maklum, modelnya lebih ke motor terabas alias trail.. Gak semua suka, kalaupun suka ya akan lihat harga.. Nah disinilah mentoknya Kawasaki KLX250.. Harganya padahal bejaban dengan Honda CRF250 Rally, yaitu Rp. 63jt.. Kalah di desain keknya ya..  KLX250 hanya laku sebanyak 131 unit saja.

Kawasaki Z250FI

Nasibnya nyaris seperti adiknya, Z250SL, kalah pamor jauh dari saudaranya yang pakai sarung alias fairing, Ninja 250FI.. Padahal, naked bike yang sempat KBY miliki setahun lebih ini sebenarnya motor yang enak.. Ya memang setang agak merunduk, tapi masih wajar lah.. Tenaga 11-12 dengan Ninja, model? Kaya Z800, kakaknya yang moge 4 silinder.. Sedikit anti teori sih jadinya.. Kemungkinan kasus Z250FI membuktikan bahwa di kelas sport 250, jenis fairing memang lebih digemari konsumen. Harganya saat ini Rp. 53.9jt dan laku sebanyak 249 unit..

Yamaha MT-25

Kalau nasib Z250FI bagaikan langit dan bumi dengan Ninja 250FI, tidak dengan Yamaha MT-25, bisa dikatakan, naked bike satu ini bahkan bejaban dengan saudaranya, Yamaha YZF-R25.. Satu-satunya kekalahan adalah modelnya yang terlalu biasa.. Membuat orang kurang tertarik memilikinya, padahal menurut KBY sih MT-25 itu yang terbaik di kelasnya dan berhak laris di atas 200 unit/ bulan, apalagi harganya juga masih masuk akal, Rp. 47.1jt. Sepanjang semester pertama, motor ini laku sebanyak 626 unit, gak terlalu jauh dengan saudaranya di 777 unit.

sumber: otomotif, inspirasi: Bikermendowan.id

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

42 COMMENTS

  1. Kagak lama lagi CBR 250RR juga nyusul.
    Trend penjualannya semakin menurun, udah mulai dikasih diskon2 pula.
    Malah biaya riset dsbnya belom breakeven, tapi market udah loyo. Hwehwehwe.

  2. Ini belum ngomongin nasib Inazuma bang kobay hehehe….
    MT25 benernya motor enak tu…joknya bersahabat, cukup rendah. Bobot dan dimensinya pun bersahabat. Tp klo buat touring jauh sy msh enakan pake Inazuma hehehe…

      • Juminten harusnya pk bodi klasik kek estrella..mungkin lbh laris dibanding model skrg

      • Oh gitu ya.. pdhl motor enak tuh buat touring jauh. Cm emang sih, dr dulu penjualannya gak begitu bagus.
        Sy pernah pake pnya kakak sy utk sy buat touring Sby – bandung via yogya…. jauh lebih enak drpd pake mt25 hehehe…

    • inazuma sih nyama memang, jok empuk, rem pake, irit pula, respon rpm bawah enak..
      sayang motornya terlalu berat, tarikan atasnya flat (agak repot kalau mau overtake, beberapa kali ampir gagal), handling agak ga cocok klo dalam kota (kalah lincah dibanding mt-25), dan harga part yang lumayan wow (lagi2 dibanding mt-25)..kebetulan temen punya 1

  3. kalo desain keseluruhan, MT-25 menurut ane pribadi lebih menonjol kesan gaharnya. Mungkin karena area mesin dibiarkan terbuka begitu saja sehingga kekarnya mesin 2 silinder jadi terlihat. Hanya saja kalo melihat desain headlamp, memang biasa saja. Apalagi kalo dibandingin sama Z250.

    Nah enaknya lagi MT-25 itu enak banget buat dikendarain, bobotnya ngga bikin kagok rider pemula, posisi ridingnya rileks, handling bagus walaupun kalo ada bumpy ya goyang dikit.
    hahahaha…udah ah segitu aja, tar ane disangka sales.

  4. MT25 banyak berseliweran dijalan raya kokbay, maklum paling terjangkau dibanding z250fi beda tipis dengan z250sl & duke250

  5. Itu data bener mang ?
    Kok R25 kalah ya sama ninja mono padahalkan dah 2 silinder masa kalah sama 1 silinder

  6. yang memang tidak punya poin plus sama sekali adalah Z250SL, body terlalu kecil, 1 silinder, desain spt bukan dari klan Z Kawasaki, tenaga biasa2, sparepart mahal dan langka, wajar tidak laku

    utk estrella krn niche market banget dan harga CBU Japan, bisa dimaklumi, memang marketnya cuma tersedia segitu

    KLX / D-Tracker 250 karena pasar offroad memang gak besar, dan sudah terbagi dengan CRF250 (tapi laku berapa juga CRF250 ini, kok gak ada data????) dan memang waktunya ganti model, wajar kurang greng pasarnya

    Z250 Twin, ini motor enak, semua fitur persis ninja 250, tapi sejak awal terbentuk, kelas naked 250 memang porsinya tidak banyak, apalagi sejak ada MT25, penjualan mengkeret, kalah telak di harga dan fitur dan feel riding dibanding MT25 (Z250…..it is your time to next gen)

    MT25, market leader untuk kelas naked 250cc, pasar langsung merespon positif, terutama karena harga yang kompetitif dan fitur yang komplit, riding sensation yang sangat oke, ditunjang harga spare part yang murah, hanya punya sisi minus di desain muka, ditambah nama klan MT Yamaha belum terkenal disini, jika muka depan diubah lebih garang di versi berikutnya, plus brand awareness klan MT lebih di boost, mestinya bisa menggapai pasar yang lebih besar

  7. Tetap utk saat ini paling senang z250fi, part nebeng n250fi, jarang, design paling yahud naked (sangar dapat, elegan dapat).
    Kebetulan pnya..haha..

    Kecuali kalau 250 4 silinder ada (terserah brand apa saja), nah itu baru badai menyerang…wkkk

  8. Hmm….
    Sedikit OOT
    Mungkin suzuki keluarin GSX-S split seat karena berkaca sama Z250SL & MT25.
    Itu Inazuma kalo modelnya dibuat retro macam honda Phantom, ato suzuki GZ250, mungkin bisa bersaing. Asalkan harga & fiturnya juga bersaing.

    Saya sih berharap Suzuki bermain di model GZ250 pake mesin GSX-S 150. Atau pake mesin 250cc yg lebih baru & lebih powerfull.

    Mungkin penjualannya akan jauh lebih bagus lagi dari sekarang.

  9. bahas penjualan ekportnya dong sekali – kali masa ngak mau kipas-kipas dollar kayak juragan

  10. Kang coba 250cc xmax masukin juga.. sekedar pengen tau penjualannya dibandingkan sport 250cc.. nuhun

  11. Kalo MT-25 yang bikin jijik itu lampu depannya… Terkesan asal desain, ‘motor ampasan’ gak mau rugi cetakan di Plant…
    Bwahahahahaha

  12. mang Kobay…yang foto njajal Z250SL yang mongtor kuning paling kanan itu Pulsar 200NS ya? kok masih ada mang? foto kapan itu?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..