banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Begitu syuliddd lupakan Reyhan eh salah.. susahnya mencari tahu model atau jenis motor apa yang terlaris di INdonesia perbulan atau per tahunnya gara gara Data AISI digembok sejak 4 tahun lalu. Ya sudah kalau gak dari India ya dari negara tetangga aja deh kita iseng iseng cari taunya. So ini adalah motor terlaris Thailand 2022, sepanjang tahun lalu. Lebih terbuka, di Thailand kita bisa tahu bahwa bukan Honda Beat yang menjadi mesin uang pabrikan roda dua alias sepeda motor di sana.. Jadi apa dong? Pinisirin? Klik dulu dong link-nya hehe..

KBY selalu mengatakan lain lubuk lain ikannya.. lain padang lain belalang.. Di Indonesia kita tahun bahwa dalam satu dasawarsa terakhir, perkembangan penjualan sepeda motor jenis skutik yang disertai perpindahan selera dan kebutuhan yang masif ke skuter membuat motor gas rem ini menjadi idaman dan pilihan utama konsumen nusantara.

Hal tersebut membuat sepeda motor jenis bebek bagaikan anak tiri belakangan ini, padahal jenis cub ini sangat berjasa dalam puluhan tahun perkembangan dan penjualan sepeda motor di dunia. Ya tapi melihat betapa praktisnya sebuah skutik, adalah hal yang wajar jika pada akhirnya scooter menjadi pilihan utama di Indonesia.

Ya mau gimana? Bebek bakal begitu begitu aja desainnya, kalaupun dibuat keren pasti akan ada yang dikorbankan, utilitas misalnya. Kalau keren dan kenceng ngapain pilih bebek? Ya kalau gak ayago mending sport sekalian kan wowkwowk.. Skutik? Bagaikan sebuah produk modular, dibikin apa aja hayo, ya keren ya fungsional, ya kencang, masih bisa irit juga.. misal? XMax laaaah kaya si Deku.. kabuurrrr..

Deku XMax 2023

MOTOR TERLARIS THAILAND 2022

Tapi tetangga kita, setidaknya ada dua negara yang bisa diketahui, yaitu Vietnam dan Thailand, jenis motor bebek alias cub ternyata masih sangat diminati!! Ya, faktanya demikian lads..

 

So, motor terlaris Thailand 2022 bukanlah berjenis skutik, kalau skutik bukan juga Honda beat. Yang paling laku adalah Honda Wave 110i alias kalau di Indonesia dikenal sebagai Honda Revo Koperasi. Jumlahnya juga cukup gila, yaitu setengah juta lebih unit terjual..!! Wowww..

motor terlaris thailand 2022

Posisi kedua ternyata masih dikuasai jenis cub, di Thailand disebut sebagai family – tepatnya Honda lagi, yaitu Honda Wave 125i alias di sini dikenal dengan nama Honda Supra X 125.. Jumlahnya setengah dari Revo koperasi alias Wave 110i. Ada grafik yang kosong alias abu abu kemungkinan diisi dari merek lain. Sayangnya gak disebut.

Ketiga barulah skutik, dan bukan Honda Beat, melainkan Honda Scoopy 110!! Jumlahnya lebih dari setengah jika dibandingkan dengan Wave 125i, tapi lawan Revo, hampir kalah tiga kali lipat!!

Motor Terlaris Thailand 2022

Entah alasan apa penduduk Thailand masih memilih jenis bebek dibanding skutik. Tapi kalau prediksi KBY sih mungkin para petani mereka yang melihat sebuah cub itu masih lebih tangguh untuk dibawa ke kebun atau sawah.. Skutik memang sangat fungsional, tapi soal durabilitas, bebek masih jagonya.. Sepertinya sih ini alasannya ya.

10 produk Honda terlaris sepanjang tahun 2022 di Thailand :

  1. Honda Wave 110i (Honda Revo Koperasi) : 541.649 unit
  2. Honda Wave 125i (Honda SupraX versi masa depan) : 271.646 unit
  3. Honda Scoopy 110 : 186.487 unit
  4. Honda PCX160 : 150.501 unit
  5. Honda Click (Vario series) : 118.373 unit
  6. Honda Lead 125 : 29.540
  7. Honda SuperCUB : 12.514 unit
  8. Honda CRF300L : 6.577 unit
  9. Honda CBR150R : 3.064 unit
  10. Honda CB500X : 2.032 unit

HONDA RAJA THAILAND

Berapa lama Honda berkuasa di Thailand? Menurut sumber dari website/ lama otomotif Thailand yaitu Togetherdriven, Honda kembali menjadi nomor satu di sana pada tahun 2022 dalam 34 tahun berturut-turut.. Tiga puluh empat tahun!! Edan..!!

Motor Terlaris Thailand 2022

Jika melihat bar chart-nya sih, Honda menguasai sepanjang tahun 2022 kemarin dengan  mencatatkan penjualan sepeda motor di Thailand sebanyak 1,8 Juta unit. Honda sendiri menguasai lebih dari 76,6 persen market share dengan menjual sebanyak 1,38 juta unit. Artinya sisa sebesar 23,4 persen disisakan untuk yang lain, tidak disebutkan untuk merek lainnya berapa jumlahnya. Yang KBY tau sih nomor dua udah pasti Yamaha.

Untuk sport 250-300, terlaris diambil alih Honda CRF300L, kelas 150cc-nya oleh CBR150R dan big bike alias moge dikuasai oleh CB500X. Bukan kejutan untuk 500X ini, karena di Indonesia pun moge Honda terlaris (bahkan terlaris di sini sepertinya), ya model ini. Berapapun unit yang masuk pasti ludes.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

25 KOMENTAR

  1. Tiga puluh empat tahun!! Edan..!!,
    Semoga lariz manis.

    Kenapa lariz?
    Karena ada yang beli.

    Kenapa ada yang beli?
    Karena ada yang jual.

    Kalau kata kakek Sug*ono: Karena ada yang jual, pasti ada yang beli.

  2. Sebenarnya pasar motor bebek/cub diindonesia masih banyak peminatnya, khususnya di pedesaan, dan sama untuk kebutuhan petani cuma pabrikan nya aja yg maksa untuk beralih ke matic, buktinya motor cub modelnya itu2 aja,jd kesannya ngga ada pilihan, padahal mayoritas penduduk kita itu petani,tapi yaa gitulah…

    • Karena petani butuhnya model Wave aka revo dan Supra… dan pada beli…di Thailand

      Di sini dikasih model agak bagusan tetep aja belinya revo/Supra atau skutik … males gw juga kalau jadi pabrikan 🤣🤣🤣

  3. Ini thailand masyarakatnya pada be60 ya.. harap maklum lah negara dunia ketiga penduduknya mayoritas belum smart… Jadi yang dibeli produknya honda

    Udah kayak fans beye blm??

  4. mungkin motor Bebek dianggap lebih maknyuss buat Nong Poy dkk yang gak perlu khawatir kena razia satpol pp di sana hehehehe

  5. Yang jelas sih dari beritanya di blog iwebe, itali mau dikeluarin dari unieropa, soalnya penjualan motor januari 2023 ga ada yahaha dan isinya kebanyakan honda,
    Kalo itali masih mau ngaku eropa, motor terlarisnya harus yahaha yang jelas2 desain dan kualitas nya eropa banget.

    ——
    Ya kalo honda kan levelnya negara terbelakang dan buangan aja yg banyak beli

  6. artikelnya mirip iwan bayaran manga
    kok bisa samaan gitu ya
    yg satu di italia
    yg ini di thailand
    kenapa bukan di malaysia gitu
    hahahaha

  7. Kata Lord Eka Honda tanpa Astra itu ga bisa apa-apa, Meanwhile in Thailand: menguasai pasar 34 tahun 🤣

  8. Sekian ratus ribu terjual yang dibeli petani berapa persen? Saya gak yakin lebih dari 1/4 nya om. Ini murni beda budaya dan beda kondisi lalin nya saja saya yakin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini