Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Bagi lads yang merindukan data aisi penjualan sepeda motor, mungkin berita ini bisa lumayan mengobati, meski tidak detail seperti 3-4 tahun lalu dimana tak hanya per merek, tapi juga per model dapat diketahui jumlah penjualannya. Laporan penjualan motor periode Januari Juni 2022 ini dalam bentuk rangkuman jumlah besaran per jenis sepeda motor, yaitu sport, bebek (underbone) dan skutik. Dan memang dalam satu dasawarsa ini, pemilihan konsumen terhadap skutik terus menanjak, membuatnya makin merajalela dan melupakan jenis bebek yang stagnan.. Cekidot lanjutannya

Penjualan motor di Indonesia pada masa pendemi ini sebenarna sudah mulai bergerak kearah yang lebih baik, terhitung per 2022, akan tetapi akibat krisis chip yang melanda seluruh merek di dunia otomotif, tak hanya membuat proses distribusi menjadi terganggu, produksi pun demikian. Melihat hasil penjualan pada kuartal pertama 2022 ini, sedikit menurun dibandingkan tahun 2021 lalu.

Performa penjualan motor pada periode Juni 2022 kembali menggeliat dibanding Mei 2022 meski belum signifikan. Yak dapat dikatakan bulan Mei kemarin ini menjadi bulan terburuk akibat pasokan chip semi kondukter yang tersendat.

Melihat data distribusi domestik Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), terjadi peningkatan wholesales sebanyak 19,3 persen. Pada Mei, asosiasi mencatat 248.235 unit roda dua baru yang dikirim ke jaringan penjualan. Sebulan berikutnya, distribusi unit naik menjadi 296.334 unit. Namun sayang, penjualan roda dua belum sepenuhnya pulih dikarenakan yang telah KBY sebut di atas.

Akibatnya, secara akumulasi, penjualan selama Januari-Juni 2022 atau semester pertama tahun ini yang mencapai 2.246.627 unit belum mampu mencapai catatan wholesales yang sama pada periode serupa tahun lalu (Januari Juni 2021) yang mampu terdistribusi sebanyak 2.450.088 unit. Padahal pada dua bulan pertama di tahun 2022, aura positif akan kenaikan jumlah dari tahun 2021 sudah terendus.

Seperti yang bisa kita lihat dari gambar di atas, pecinta bebek silakan bersedih, faktanya, skutik benar benar sangat mendominasi penjualan sepeda motor di Indonesia saat ini. Sudah bukan eranya bebek memang, mau gimana lagi, awaowkowkwowk.. Bayangkan, eh liat aja deng, 86,86 persen adalah motor gas rem! Sisanya bebek alias underbone di angka 7,41 persen dan barulah sport 5,73 persen. Ya kalau sport sih memang sudah ke ranah hobi ya..

EKSPOR

Bagaimana dengan ekspor? Wah ternyata sama saja, skutik deui skutik deui, bebek lovers mangga kozel kozel.. wokwowkowk.. semua akan skutik pada waktunya. Namun persentasenya tak sedahsyat penjualan domestik, skutik hanya sebesar 70,95 persen saja, berikutnya ekspor bebek sebanyak 17,06 persen dan sisanya untuk jenis sport.

Sayangnya tidak dijelaskan rinci terkait jumlah dari merek merek yang melakukan ekspor tersebut, yang jelas semua yang tergabung di AISI melakukannya, Honda, Kawasaki, Suzuki, TVS dan Yamaha.

Seru gak sih kalau Data AISI dijembrengin lagi? Wokwokwowkowkw… jangan deh.. biar pada jadi pabrik Kecap, semua bisa klaim jadi nomor satu ygy..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

21 KOMENTAR

    • 78% brapa tahun yang lalu itu!!!

      sekarang line up matic yahaha makin dasyat
      di matic kecil ada mio m3, mio s, xride, fino, gear, fazzio

      bikin ahaem punyeng mikirinnya…..

  1. Sepeda listrik gada mang,
    Scra skrng selain motor, ini unit siluman (dibilang sepeda perlngkpan lampu spion lengkap) dibilang motor bentuknya sepeda dijalan raya populasinya udah mulai banyak..
    😅✌🏻

  2. Jualan Mei, Juni (dan Juli) nyungsep gegara kelangkaan pasokan chip.

    Eh, itu porsi ekspor sport sampe 17% kira2 produk apa ya?

  3. Kang K0bay, suwun infone.

    Tanya Kang: apakah ada info vitara yang baru?
    Tolong dong dikasih lihat.

    Suwun Kang.

  4. wah ilang sekarang ya nama² pabrikannya, sekarang cuma total penjualan pertipe motor

    aisi gak asik ah gak kayak gaikindo

    • Sultan Hnd ngeluarin biaya buat Aneka Hajatan bukan dari hasil jualan mongtornya , tapi dari Bunga Bank kanvas rem beat yang sudah bunga berbunga sedari dulu kala .
      Jangankan buat jalan2 Vlogger Blogger , itu mah encezzz . buat biayain pembalap2 nya dan Dana Sosial dll kiri kanan depan belakang atas bawah pun diambil dari Bunga kanvas rem beat yang terus berbunga
      😂

  5. Katanya….
    Ini katanya loh ya
    Jan to Mei
    Hnd 1 jt 400an
    Sisanya 5 merk dengan jumlah 500an ribu.
    Karena secara keseluruhan merk anggota Jan to Mei sebanyak 1 jt 950 an ribu.
    Pak Eka mau protes ?
    Demo sana ke sisi , pake kamocheng merah putih
    😂

  6. Bisa keliatan sepak terjang Paijo Panjul ngibrit Pahe, lahir sekedar buat Absen doang , ataukah dia emang moncer di internal Yhm…namun yang lain terjun bebas k jurang ?
    😂

  7. Wellcome to Pino bonus La ditengah , semoga bisa bergabung dengan saudara2 lainnya menikmati Tiwul
    🤣

    🏃💨……………..

  8. paijo hadir dgan sangat sukses menjungkalkan penjualan mio series . sementara namex & ngerok smakin lama semakin tenggelam tersapu badai pariyem. ntahlah cuman itu yg saiya liat di jalanan.

    • hmmm.. kalau liat perjalanan rumah ke kantor baru di Menteng, kok relatif lancar ya.. kayaknya 20 tahunan lagi bisa macet totalnya wokwowkowkwk

Yuk Tinggalin Jejak Lads..