ada motor apa aja hayooo

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Baru baru ini KBY membahas data aisi atau tepatnya data penjualan sepeda motor tahun 2019-2020 tapi untuk pasar luar negeri. Kangen data AISI Indonesia? Nah kebetulan sudah ada bahannya nih, penasaran juga karena info yang KBY dapat dari para sobat yang marketing sepeda motor rata rata mengeluh penjualan ambyar lads.. Yasudah kita intip dulu yuk data penjualan sepeda motor di Indonesia untuk tiga bulan pertama di tahun 2020 ini..

Kita sudah pada tahu ya kalau pandemi Covid10 alias virus corona menghantam secara global ke seluruh dunia. Ekonomi dalam hal ini bisnis sepeda motor pun terkena efeknya, tak terkecuali di Indonesia. Tapi seberapa buruk dampaknya di negara kita ini?

ketemu motor unik

DATA AISI JANUARI MARET 2020

Menurut data Assosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yang dirangkum oleh wak haji TMCBlog, selama triwulan pertama di tahun 2020 yaitu antara bulan Januari – Maret 2020, distribusi sepeda motor mencatatkan angka sebesar 1.570.464 Unit, angka tersebut artinya mengalami penurunan hingga 6,6 % dibandingkan Periode yang sama di 2019 yang mencapai angka 1.681.454 Unit. Rinciannya bisa dilihat pada tabel dibawah ini :

Uniknya bulan Januari justru menjadi angka penjualan paling rendah, distribusinya hanya mencatatkan 462 ribuan unit, turun signifikan dibanding bulan yang sama di tahun 2019 yang sebelumnya yang sempat mencapai anga 569 ribuan unit. Padahal seingat KBY bulan tersebut belum ada woro woro PSBB ataupun warning virus corona di Indonesia.

Di Februari justru ada peningkatan menjadi 545 ribuan unit, terlihat juga ada kenaikan dibanding tahun lalu di bulan yang sama. Di bulan Maret 2020 trennya kembali naik dengan angka 560 ribuan, namun angkanya kembali turun jika dibandingkan tahun 2019 lads.

BAGAIMANA DENGAN APRIL 2020?

Bulan April baru saja berlalu dan belum ada keterangan dari pihak AISI terkait distribusi pada bulan tersebut. Belum dapat diketahui akurat namun diprediksi akan terjadi penurunan lumayan terhadap penjualan motor di bulan April 2020, malahan bisa jadi yang terburuk dibandingkan bulan Januari.

Hal tersebut karena di beberapa daerah di Indonesia terutama pulau Jawa sudah melakukan langkah-langkah prefentif pemerintah seperti Karantina Wilayah dan PSBB. Pembatasan tersebut tentunya akan berdampak pada penjualan secara langsung, ya ngapain beli motor kalau gak bisa kemana mana?

Selain itu terbersit kabar bahwasanya di bulan April 2020 kemarin sudah ada beberapa pabrik ada yang melakukan penghentian operasional perakitan sepeda motor salah satunya akibat aktivasi Work From Home (WFH) yang tadinya partial menjadi full time. Belum ada data terkait hal tersebut.

Duh virus corona, semoga segera ambyar dari muka bumi deh, aamiin..

https://tmcblog.com/2020/05/05/data-aisi-distribusi-sepeda-motor-domestik-indonesia-kwartal-pertama-2020/

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

7 KOMENTAR

  1. Semua turun
    Yang 70 persen jadi 60 persen
    Yang 20 persen jadi 0
    Yang 10 persen jadi 0
    😂

  2. Otomotif kena dampak ke-3 terparah setelah pariwisata dan transportasi,
    apalagi di indo yang marketnya kebanyakan menengah ke bawah,

    Semoga lekas membaik

Yuk Tinggalin Jejak Lads..