iklan gma

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Sepeda motor Honda yang dipegang oleh Astra Honda Motor di Indonesia menutup tahun 2021 dengan senyuman, bagaimana tidak? Dalam kondisi yang belum pulih sepenuhnya akibat pandemi covid19, namun mereka masih dapat menjadi penguasa pasar sepeda motor nasional pada tahun 2021 dengan angka 78 persen! Tak hanya itu, penjualan mereka meningkat dibanding tahun sebelumnya. Kan gila juga ya? Di sisi lain ini berita buruk untuk merek lain, karena tanpa perlawanan berarti maka akan ada kemungkinan produk yang ditawarkan hanya itu itu lagi.. gimana dong?

Grup Astra ngebut dan tak tersentuh, pabrikan sayap kepak ini mampu menancapkan kukunya begitu dalam di market share nasional roda dua dengan catatan raport yang impresif! Dari data yang dirilis, selama 11 bulan di tahun 2021 atau setidaknya tercatat dari bulan November Astra Honda Motor berhasil menjual sebanyak 3,6 juta unit motor. Cukup luar biasa angka tersebut di tengah kondisi yang belum stabil tentunya lads. Menurut informasi dari direktur marketing Thomas Wijaya penjualan Astra Honda Motor mengalami peningkatan yang cukup pesat

test ride Honda New CB150X

NAIK HINGGA 30 PERSEN

Sampai dengan November 2021 dari AISI sudah mengeluarkan angka marketnya 4,6 juta unit, kita sudah 3,6 juta. Kita harapkan sampai tinggal sebulan ini (AISI) bisa menyentuh di 5 juta, sedangkan kita kisarannya plus minus 3,9 juta,” seru direktur marketing AHM pak Thomas WiJaya seperti dilansir Kompas.

Jika dibandingkan dengan penjualan tahun 2020 pabrikan Honda berhasil meningkat hingga 30%. Dari sebelumnya hanya bisa menjual di angka 2,9 juta maka di tahun ini tembus di angka 3,6 juta. Angka tersebut memang belum dapat dikatakan normal karena masih turun dibandingkan dengan penjualan 2019.

Sebagai informasi di tahun 2020 penjualan Astra Honda Motor Mengalami penurunan hingga 40,8% akibat pandemi, tentu hal yang sama (penurunan) juga dialami pabrikan lain lads. Tapi kini di tahun 2021 angka penjualan kembali mulai merangkak dengan pasti dan terus meroket hingga berhasil menembus angka 3,6 juta.

Honda Scoopy 2022
Honda Scoopy 2022 warna keempat bikin ngiler

DATA AISI HINGGA NOVEMBER 2021

Jika berdasarkan data AISI yang melaporkan bahwa penjualan motor di Indonesia per November saja, sudah mencatatkan 5 juta unit, berarti untuk sisa pabrikan lain hanya mendapatkan porsi sekitar 1,4 juta unit motor, itupun kudu dibagi-bagi lagi. Lah Honda sendiri sudah 3,6 juta unit lads, malah target hingga akhir Desember jadi 3,9 juta.

SKUTIK MAKIN MENDOMINASI PENJUALAN!

Dari data AISI bisa kita pastikan bahwa penjualan motor nasional dikuasai skutik dengan Market Share yang semakin mendominasi. Motor tanpa kopling alias tinggal gas rem ini menguasai sebanyak 87,50% sedangkan Motorsport total hanya menguasai 6,2%, bebek makin mengkeret beda tipis yaitu 6,36% saja. Ini artinya terjadi penyusutan yang luar biasa untuk segmen sport sehingga bisa jadi di masa depan motor jenis sport hanya diracik untuk mengikuti kebutuhan Lifestyle para Bikers, sementara daily use ya ke skutik.

Tidak aneh dan jadi ngeh jika Honda gak terlalu macam-macam dengan produk-produk sport-nya, selama target penjualan tercapai maka perubahan yang dialami motor jenis sport Honda hanya sekadar kosmetik belaka. Juga dapat dipahami kalau Yamaha terus menerus mengawal maxi skutiknya secara defensif karena disitulah satu satunya uang mengalir mereka.

Artinya jika ingin ada perubahan signifikan atas motor sport dari Honda, maka kompetitor harus menunjukkan bahwa segment tersebut mampu terjual dengan lebih menjanjikan, intinya harus bisa mengancam penjualan sport dari Honda.

Kembali ke Data AISI, dengan Honda menguasai 78 persen pasar sepeda motor, tentu ini bukan hal yang baik juga lads jika dilihat dari perspektif lain. Kompetitor bisa jadi malas untuk bertarung karena seperti sudah merasa “percuma”.. ini tentu bukan hal yang diinginkan oleh kita semua, baik konsumen terutama para pengamat otomotif.

Meski kecil kemungkinan kesalahan Honda di masa lalu dapat terulang namun terbuai dengan penjualan yang mudah akan membuat konsumen bisa bisa disodorkan produk yang itu itu lagi..ganti warna selesai, ganti stripes kelar.. Ingat jaman Astrea Grand kan? Lantas kemana para kompetitor ini?

Beberapa pabrikan mudah ditebak penyebabnya, misal Suzuki, kita paham kondisi mereka yang India based dan India minded, produk yang dihadirkan kurang sesuai dengan karakter konsumen Indonesia, itu sangat sulit berubah selama India masih menjadi basis penjualan terbaik Suzuki.

Geng ijo alias Kawasaki, konsentrasi dengan line up sport menjadi kelebihan sekaligus kekurangan utama pabrikan ini. Dengan hanya produk yang itu itu saja, tanpa variasi lain, tentu akan sulit, mengingat sektor sport saat ini hanya lebih ke ranah hobi saja, bukan kebutuhan utama hari hari untuk wara wiri.

Yamaha? Secara line up dan variasi produk paling mendekati Honda, mungkin hanya kalah di satu dua poin saja dari sisi produk. Tapi apa yang salah kalau punya banyak varian tapi gak mampu senggol dong Honda? Strategi bisnis? Marketing? Sales?

r15m biru

Setiap pabrikan tentu punya kebijakan dan strategi masing masing lads, terserah mereka lah ya.. Honda dapat dikatakan yang paling welcome dalam menjaring banyak pengamat otomotif, mau blogger, vlogger, influencer, hayuk sini.. Kedua adalah Suzuki, meski kembali dibenturkan dengan desain produk dan terbatasnya variasi. Kawasaki, dengan jenis produk yang terbatas, dapat dipahami mereka harus memilih yang tepat. Yamaha? Dengan line up produk selengkap Honda, mereka menerapkan strategi yang terbatas dan pilihan, mereka punya kebijakan sendiri dalam pilah pilih siapa yang akan disambut, yang gak cocok, out.

Tentu sudah bisa kelihatan sendiri berdasarkan data sahih mana yang paling efektif dalam menjalankan strategi masing masing. Tahun depan AISI menargetkan naik sekitar dua hingga lima persen dengan angka penjualan total sekitar 5,2 – 5,5 juta. Kita lihat saja tahun depan.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

148 KOMENTAR

  1. Pak Kobayashi tukang hoaks, kata pak eka tu matik yahama sudah ludes hampir 2,5 juta kok…..😡😡

        • Bloger yang diblokir oleh sulton Y mungkin karena mereka pernah ketahuan dia terima bayaran (ngamplop) dr pihak ketiga untuk bikin artikel black campaign 🤭

          • Ustad saja dipanggil ceramah ada uang jasa , apa bedanya sama lainnya termasuk blogger…emang ngetik gak butuh listrik….kopi….cigar…Snack ?
            Yang memutuskan itu tetap konsumen ( konsumen yang gak mau dibikin Susah sama merk Lu ) , trus lu mau salahin konsumen ? 😂

          • Misal nih ada satu brand nyuruh dateng kesuatu tempat buat review salah satu produk baru mereka tapi ga dikasih ongkos operasionalnya kira-kira ada yg mau ga?

          • petinggi dan pembisiknya banyak kriteria, yg buat kuping panas aja, diblacklist.. sayap aja berani kok ngundang eno anderson, meskipun ujungnya buat kuping panas.. si garpu mana berani, juki juga berani, meskipun ujungnya kupingnya panas juga..
            di fb pun demikian ada gerombolannya,dr yg lontang lantung gk dapat apa apa, sampe yg terima tf, kalo postingan keluhan motor sayap, pasti langsung bergerombol komen kesalahan pabrik, tp kalo keluhan motor garpu, langsung komen kesalahan user..

          • Gak mau dikritik ya jangan hidup..
            Kek sekarang tow ? Mati ogah hidup pun blangsak …numpuk d Gudang 😂

      • Jadi ingat kasus sabre yang protokol swingarm nya. Boro2 naikin kualitas, malah user di intimidasi dan tanda tangan di atas materai.

  2. Mereka (sebut: Sulthon) sibuk dengan kompetisi Lap & Kemoceng di gudang😁😁😁 oiya juga Event Blind Folded Talker alias cuap2 mata buta…mungkin ya…mungkin wakakak #Hock24sumbu #MethanolReady

    • Sampai jungkir balik lu protes ….protes noh k Aisi 😂 lagian data penjualan yang berbasis dari TNKB itu sampai ke Induk semang masing2 di Japan sebagai bukti unit produksi jualan mereka 😂

  3. Jujur aja ane setuju bahwa 78% itu gak ideal buat konsumen, tapi kalau disodori model2 imajinasi makanan laut kayak Kicot Sexy Gary, Vyamsyong Ikan Pesut, Sprott TengkiBawal dan Metik Cumi ala SquidWard ya..ogahhh😂😂😂

  4. Dan anda…Kobayashi San ..jangan berpedoman kepada data AISI..itu kecap hoax tau!!🤭🤭🤭 Coba ambil data yang dikeluarkan oleh Institut Ngayalagam Pandirrkurapan. Harus lebih jeli, semoga sukses😆😆😆

      • Untuk pola pikir searah ya kalau Eka gak beli gimana yang lain mau beli🤣🤣🤣. Mohon dibantu👋👋👋

        • Dijatim lagi Dp Nol persen , masih butuh Sales kah dengan keadaan sept itu ? Atau arti lainnya Kinerja Sales gak ada hasil dan gak Becusss … karena sibuk nge BC Hnd yang angkanya sampe tumpah2 ? 😂

          • Cek IG Yamaha Deta Yogyakarta..

            DP 0 untuk R15 v3…

            Secara teori fans anu ..Honda laris karena obral 0 DP atau DP 500K…

            Nah seharusnya dengan teori yang sama dan cara yang sama, MS Yamaha bisa loncat signifikan nih .. ayo dibantu prok prok

          • R15v3 dp nol% karena efek ada r15v4 apa gmn ya???
            Karena motor di discountinue/ada motor generasi terbaru???
            Honda dp 0% apa karena produk’y udah discontinue(ngabisin stok) apa gmn???

          • Apapun alasannya, jelas DP 0 itu ada dan dipraktekkan…

            Dulu kan ngehujatnya ondah laris karena DP 500 dan DP 0… Bukan karena ada produk baru lah, apa lah…

            Sekarang giliran ketauan ada, ngelesnya karena ada generasi baru…

            Bah bassssiiiiiii….

            Eh btw kemana aja udah tahunan gak pake nickname itu? Lupa password kah? 😁😁😁

          • Wkwkwkwkw
            Lucu
            Nyamain kasus yg tdk sama

            Jiah
            Gw emang gak pernah komen bukan lupa password atau apa yg seperti di tuduhkan.
            Wkwkwkwk.

          • Oooo emang gak pernah komen aja ternyata, eh tiba tiba ini komen lagi… Ada apakah? Kekekkee…

            Tapi sukurlah, berarti ente sehat sehat aja mang..

          • Komen disni klo bersebrangan ama yg punya warung psti di cap fby lahhh atau apa
            Jadi gw males mang, cukup ketawa2 sendiri aja liat komen2 netizen yg suka nyudut2in merk tertentu, termasuk yg punya warung.

          • Lah emang bener kan..
            Disini klo komen bersebrangan pasti di cap efbeye, di serang pula.
            Nahhh sama, dengan apa yg di tuduhkan klo gw lupa pasword atau gw gak pake nickname ini(mungkin gw di kira pake nickname lain)

          • Gada tuh komen bersebrangan dan gak sepaham (yang umum dan logic tentunya) kena serang dan dicap efbeye… Gakan Nemu dicari gimana juga wkwkw…

            Sekali lagi, yang umum dan logic…
            Nah kalau beye sudah pasti diluar dua hal itu… 🤭🤭

        • Iya mang . bahkan bertahun tahun lalu sering banget ada komen sebelah…cukup pake FC KTP wkkwkkwjw….harusnya ditiru biar laku tow ?

          CbX dp 1jt
          Reject15x v3 Dp N0l persen , ckckck padahal lebih mahal dari cbX
          Bisa2 kasusnya kek Pinjol…
          Terrorr Y koneknya menakutkan, ( nit nit…woiii bayar kredit…nit nit….woiii bayar kredit ) . Saking takutnya dengan Terror tsb , akhirnya Y konek dihapus….ehhhh lupa ganti olie , gak da yang ngingetin.
          Klotok klotok klotok

          😂

  5. Konsumen itu cair, gada fanatik merek. Adapun jumlahnya minor banget. Kalo midelnya jelek pasti ga laku. Karena model yang dilihat duluan. Buktinya nmax masih laku

    • Setuju, fanatik itu minor…
      Konsumen secara naluriah akan melihat desain…

      Laiknya laki liat cewe cantik
      Laiknya cewe liat cowo ganteng

    • Nah setuju , jadi…seharusnya gak ada alasan ngamplop atau influence atau batuk2 😂. Wong namanya tekhnologi , siapa yang bisa memanfaatkan tekhnologi tsb dg maksimal ya pasti beruntung.
      Memanfaatkan tekhnologi , gak bisa lepas dari modal , tunjuk diri sendiri…punya modal ( duit lebih ) buat bayarin bintang ini dan endorse itu ga? Kalau gak punya ya diem…tontonin aj Real Sultoon yang punya acara .
      Cari duit pake duit 😂

    • berarti desain yamaha yg sekarang arahnya kurang masuk di selera lokal ya mang? beda sih waktu vixy gen 1 keluar emang bener2 beda. makin kemari malah kebalik sm honda

  6. Jika tahun ini 5 jt unit , dan Hnd mampu sampe 3 koma 9 jt unit….1 jt 100 sisanya 😂
    Yahama kebagian.. 800 ribu pun dah wajib bersyukur atas Pencapaian produk Daur Ulang
    Mueeeehehehehehee 😂

  7. Limolas dikasi DP 0?? Wah itu kebangetan untuk sebuah flagship MoJipi Gas Brolll🤣🤣🤣. Selaris2nya pun kontibusinya cuman permil alis perseribu kan? Wakakakak…wah gaswat ini mah. Semoga BEJ At SquidWard bisa memberikan suntikan darah baru, cobalah dikasi DP NOL juga ditambah ciuman pipi kiri dari aktris kondang Vrindapan..misalnya Miss AnuKelam🤣🤣🤣

    • Momennya pas….akhir tahun , mayan kan kedoknya . kalau DP udah Nol , pastinya Modal FC KTP dong ya ? 😂

  8. Lo mang kalau gak bener 3 tau 4 tahun lampau analisa mas ganteng dari negri mazapahit market ngonda bakal kegerus oleh pasukan matik yamama?
    mangkob suka sebarin data sesat nih

    • Walah 😂

      Kalau nganalisa dari depan layar…anak SD sekarang pun udah bisa.
      Saat tersadar sama realita didepan mata …akhirnya Muntahhh.
      Nah Muntahnya Dia yang beda dibanding Muntahh anak SD 😂

    • @Alan
      ??????
      Logika FBY gak ngotak ya
      Aneh bin ajaib heran gw
      Tpi inilah asyiknya ngeflaming mereka
      Kalau motor numpuk d gudang gmn keliatan bsa laku?
      Padahal d jalan banyak
      Beda sama motor Y langka d jalan, karena numpuk d gudang

    • Gak dicerna ketikan gua diatas. 😂
      Fby emang Pandir2 wkkwkkwjw…
      No rangka dan no mesin unit yang dilepas ke Pasar….itu dikirim tuk registrasi k induk semang diJapan. Baik H Y S dll.
      Itu mana bisa asal bikin. Lu tambahin 1000 unit dari 1000 ( total jd 2000 ) …di indo saja lu dah ngeluarin duit pemasukan buat negara udah miliar2….buntung sih iya. 😂
      Dibikin buat di Jual…bukan diMangkrakin di Gudang 😂

  9. Ane iseng masuk ig salah satu Diler yiamah. Nemu iklan promo tukar tambah yang gamblang menampilkan Mbit LED yang gak ditutup mereknya buat dituker GeARrrot🤣🤣🤣 Arogansi yang masih sama dengan masa Kang Dedi Mizwar ngiklan PeGar menampilkan Supri yang dirontokin..wakakak, jadinya kebanyakan ngimpi gegara salah cuci otak

    • Saking gak da konsumen yang datang….sistim jualannya TERPAKSA pake mode trade in 😂
      Dah sering gua ngomong…pasar Malam itu realita. Gak kaget DP NOL rupiah 🤣

      • Atau..sePutus Asa itukah sama Mbeat hingga Gamblang dipertontonkan ?
        Secara gak langsung meNYADARkan orang2 yang lihat …bahwasanya Hnd masih terlalu bagus buat diPinang
        Ekekekekeke 😂

        • Tambah duit sitik josssss….tambah duit sitik joooossss….😂

          Daripada DP NOL rupiah.. Y koneknya bunyi :
          nit nit…..woiiii bayar hutang ! nit nit
          🤣

          • Maklum lah yaheho baru bisa bikin 4tak….jadi konsumen masih ragu2 ,kwalitas sama ama mocin..telat ganti oli gerecek,digas full ngebul,harga beti sama honda…kalo mau laku mio 10jt,pigson 15jt pasti laris

  10. Muehehehe warung sebelah yg diblokir oleh sulton Y, tak henti-henti nya bikin artikel bayaran dr ngahem biar cb150r laris 🤭, mungkin sudah jilid ke seratus artikel dgn judul dan isi yg poin nya itu sama yaitu tentang Vixion 🤭..

    Trik kotor tersebutlah yg membuat dirinya diblokir oleh sulton Y… , Karna doyan begituan 🤭

    H-ram 🤭

  11. Kalo di sebelah slalu blg honda laku Krn mays Indonesia itu tolol2, ga punya otak Dan banyak manusia rendahan. Makanya mereka klaim pembeli merk pujaannya itu sbg kaum zmart, intelek dan terpelajar. Selama mindset begini dipelihara, ampe kapanpun bakal susah bersaing bahkan cenderung ditolak.

    Tapi we’ll sah, kapan tu pabrik bakal tutup. Jualan koq ngancem Ampe ngerendahin sekelompok org

    • kemaren saya baca komen di blog kang iwan ada yg naik vesmet liat orang naik motor merk H rada2 gmn gtu …. itu baru vesmet loh blm ducita ….gmn klo dia naik ducita … ampun dh ada orang begitu ya … merendahkan orang lain … dia ga tau sehari orang kerja pake supra bapak2 di rmhnya ada pajero ….

      • Hahaha Iya tuh saya juga baca, kampungan sih.

        Kalo boleh jujur sih saya juga pengen sama Vespa matic, Cuma denger2 keluhannya jadi mundur teratur, jujur aja saya bukan orang yang apik rawat barang dan hobi kotakkatik motor.

        Mungkin mang kobay bisa jelasin lebih lanjut kenapa pilih keep pcx Vietnam dibanding primavera nya….

        Mungkin ini juga alasan kenapa motor yamaha bukan pilihan orang2 males maintenance (kalo saya sih emang jelas2 FBH)

    • Mamang ga tau ya? Rahasia MS sebelah itu ya memang gitu, disetel agar tidak melebihi 25 persen, itu karena mindset “orang pinter bin zmart jumlahnya sedikit dibanding orang bodoh”…

      Jadi itulah pola berbisnisnya… Jangan salah artikan ya… Keren kan?

    • Ada lg cm gara2 roda 2, sampe mentololkan org lain. Justru org yg gampang mentolokn org lain itu, sbnr’a dy sedang mentololkn dirinya sendiri…

  12. Ya makanya jangan ditelan mentah2 analisa ekonom pasar ulerrr😁😁…jadinya baperan, bukan aktif berkolaborasi malah aktif memblokir..🤣. Kalau begini terus perjalanan si BEJAt bakal berat banget dipelataran NdoMerat atau LapaMratt, disamping pajangan diskon deterjen🤭🤭🤭..

      • Diblokir atau gak sanggup bayar listrik kopi cigar Snack ?

        Artikel pertama pendahuluan
        Artikel kedua pengenalan
        Artikel ketiga pembahasan
        Artikel keempat pujian
        Artikel kelima kekurangan

        Anggap saja 5 point’ tsb X 1 Jeti = 5 jeti.
        Dikali sekian blogger plus media dan lainnya…. Bengkak juga tow ?
        Jualan untung tivizz cendrung balik modal saza.
        Gimana mau bersenang2 dengan endorse aneh2 buat influensa dan batuk ?
        😂

  13. Ay beli nmax buat riding rada jauh dari jakarta.
    Kalo komuter naik mbit wae.
    Saya sudah membantu keduanya semaksimal mungkin.
    Sujuki? Beli second nya aja.
    Ngah ngah

  14. Kang Eka ini kalo di Smartphone itu mirip salah satu Fansboy Xiaomi namanya Lord RezaReza, kalo ada reviewer yg memuji brand selain Xiaomi disebut reviewer bayaran atau kalo ada yg mengkritik brand selain Xiaomi dibilang reviewer netral. Pokoknya pola pikirnya mirip banget kaya Kang Eka, jangan-janga mereka saudara kandung yg udah lama berpisah 🤔

      • Gua sih ga tau dia asalnya dari grup mana tapi setiap grup Xiaomi selalu ada dia, bedanya Eka sama RezaReza dia ini gentle karna ga pernah pake akun kloningan

        • Klo di grup xperia ada juga namanya Lord Awun yg keukuh bilang hasil foto Xperia jauh lebih bagus drpd Gopix

          • Gila Xperia software kamera jelek gitu masih ada yg berani belain lawan Gopix lagi, kalo udah fanboy emang beda kadang cara pikirnya ga logis

          • @nomnom
            Memang xperia itu konyol, hardware mereka d pke hp papan atas, tpi software mereka acak kadut gak jelas, kocak
            Tpi memang build quality memang premium sih, entah susah udh bersaing dg yg lain
            Apa developer softwarenya tim yg lagi magang kali yak?
            Bsa beda bgt, dg hp flagship lain yg pke sensor sony jga hasil gambarnya sama xperia

          • Kalo Xperia lebih ke mentah sih hasilnya, karena naturalnya. Kalo merk lain lebih ke Sosmed ready, karena bantuan AI nya menambah kontras, saturasi, dan kecerahan

  15. Gak seru ini!!! Artikel MS ditangkis pake tuduhan blogger amplopan…gak nyambung blasss🤣🤣🤣 ….ayolah pakai argumen lain biar keliatan smatrz atau akuilah bahwa ada yang salah selama ini..wakakak. gakpapa kok, malah ane apresiasi..toh kalau ada senjata lain silakan, itu Takada sedang ngasah pedang dibelakang👋👋👋

    • Kenapa bisa hampir monopoli kayak gini ya intinya AHM menang mutlak karna kebebasan management ny jauh lebih banyak ketimbang 3 merk jepang lainnya yg ibarat cuma kuli produksi, keputusan dan strategi bisnis sepenuhnya dari jepang yg gak sepaham sama market sini.

      Liat gimana kolab maruti & suzuki di india bisa moncerrr karna mereka punya kebebasan management buat marketnya sendiri, persis kaya kolab astra & merk2 jepang disini

      • Gw sendiri ga paham kenapa Suzuki Indonesia tidak memberlakukan hal yang sama seperti di India..

        Tapi ada satu kemungkinan besar, karena Maruti lah Juki Jepang manut banget.. Maruti yang istilahnya punya kuasa…

        Di kita? Jepangnya, jadi terserah mereka ngatur…

      • kalo dibaca positifnya, dengan kebebasan manajemen menetukan strategi, makanya AHM bisa bikin produk yang terbaik dan tepat supaya sesuai market indonesia.

        gak perlu bombastis, gak perlu heboh, tapi dibeli.

  16. Terlepas dari dominasi market share oleh AHM sekarang, hal ini sebenarnya ga baik juga kalau terus dibiarin berlanjut kondisinya kayak gini, nanti kalau market sepeda motor lokal dimonopoli semua ditakutin malah kelakuannya kayak salah satu provider jaringan internet di Indonesia, udah jelas kualitas layanan dan jaringan dia yg suka bermasalah malah nyalahin konsumen, udah gitu suka ngeblokir situs sama DNS seenaknya pula, mau beralih ke ISP lain layanannya belum mencakup semua daerah dan harganya masih pada mahal, akhirnya kita ga punya pilihan.

    Tapi ironisnya para kompetitornya AHM ini malah ada yg suka blu(r)nder, budeg, slow respond dan parahnya lagi ada yg gampang baperan, dan diperparah sama AHM yg makin kesini makin berani berkreasi bikin produk baru dan lebih merangkul blogger yg sebenarnya juga sebagai ujung tombak promosi produk mereka. Singkatnya market share yg didapat itu berbanding lurus lah sama apa yg dikasih ke konsumen juga.

    • Paragraf pertama adalah apa yang ay takuti dan poin yang dibahas di artikel ini ..

      Sayang pihak Sono malah ngeles dengan ahmplop 🤣🤣🤣🤣

    • Ya sekarang ini emang udah kelewatan sih AHM dominasinya, masih lebih mending pas awal 2000an yang masih diangka 40%an penjualannya, pas itu pabrikan lain paling minim masih kebagian 10%

      • Apa mungkin karena saat itu model model Honda lawas semua? Dan merasa secure dengan penjualan mereka..

        Saat Yamaha tiba tiba boom! Dengan Mio nya dan MS tersalip barulah mereka merasa 40 persen itu ternyata ga aman..

        Kuncinya ada di perubahan total ya? Yang sayangnya kompetitor tidak melakukan hal yang sama…

        Andai Yamaha cs aware kalau mereka sudah membangunkan macan tidur dan langsung membuat hal hal preventif, mungkin gakan jomplang gini MS nya…

        • ehm koreksi aja, MS tahunan secara total yamaha gak pernah ngalahin honda, cuma 1x MS bulanan (saya lupa tahun dan bulannya) lebih tinggi dan jadi bahan berita heboh pihak yamaha.
          judul beritanya yamaha menutup tahun menjadi nomer 1, setelah itu MSnya turun parah sampe 2X,XX

        • Kalo diumpamain Honda awal 2000an ini kaya macan tidur terus yg berani dicolek Yamaha, Yamaha punya senjata ampuh (Mio, Jupiter series &Vixion) buat lawan macan yg bangun ini tapi Yamaha ga jago ngegunainnya senjatanya akhirnya bukannya berhasil nyerang si macan malah ditelen sama si macan

  17. Hasil riset ekonom pasar ulerr edisi mingguan menyimpulkan bahwa tipikal konsumen Indonesia adalah “Kaum Mending”🤭. Ane gak sepakat soalnya seluruh brand yang hadir sudah memikat hati penggemarnya masing2 kok. Yang jadi tantangan adalah bagaimana mengail volume dari dominasi Hahon yang melekat pada nilai tambah dan kemudahan?? Kawak dan Pyagio pada pride yang segmented?? Kalau jurnal pasar ulerr tadi jadi pedoman, maka yiamah sudah salah besar mau susah2 bertahan disini🤣🤣🤣. Market proletar, influencer matrek, marketing songong, bujjer kurang cerdas, mumet dahhh..beuhhhh wakakak

  18. Yamaha terjebak zona nyaman cak, akhirnya men-Suzuki-kan diri dengan mulai tidak mendengar masukan konsumen, fokus jualan motor di satu segmen saja, dan tanpa sadar segmen itu digerogoti pesaing, dalam hal ini Honda cak. Lihat saja PCX yang mulai banyak dibandingkan dengan New Nmax.

    Tidak lupa itu pendekatan Public Relation yang mengandalkan buzzer buzzer Yamaha yang aneh bin keras, malah jadi bumerang sendiri ke Yamaha.

    Alhasil, angka 78 persen Honda ini sudah dipastikan dari awal cak. Dan Honda ga akan menyerah sampai di atas 80 persen, seperti di pasar Asia lainnya.

    Oh iya untuk marketing, jangan diragukan lagi taktik Astra Honda Motor, yang masih berada satu naungan dengan Astra yang jualan Toyota dan Daihatsu. Penguasa pangsa mobil di Indonesia.

    • Plot twist…

      Jangan jangan ngahaem sudah mengultimatum yaimm ga boleh lebih dari 20 persen?

      Waduhhhhh dah kaya film Bollywood aja neh

  19. Jangan sampe ada fitur H konek dah , asli….menakutkan.
    Ay ngebayangi sebelah lagi mikirin error’ 809 ( tau deh error’ jenis apaan tuh ) , di dashboard kedap kedip Hp bunyi…kirain notif error’…taunya Terror Tagihan kredit 🤭
    Kalau cara tradisional kan bisa ngumpet dari MatEl….kalau udah canggih gimana ngumpet ?
    Ditracking auto dapet.
    Ngerihhh 🤭

  20. Coba Vijaay … Sanjaaay dkk ( Fby corp ) sesekali jawab dengan sebuah argumen /secara profesional dan terdidik .
    Pertanyaannya sangatlah gampang ….” yang lain pada kemana ? ”

    Setidaknya , 1 x seumur hidup gua dapat melihat penjelasan Smart , yang penting siapkan argumen lain ketika penjelasan pertama diCounter Attack oleh Fbh.
    🤭

    • Kalaupun bersyarat….boleh deh , misal
      Vijaay mau ngejawab secara Smart…tapi ” si Tak ada yang bisa ” jangan komen.
      Oke….Ay turutin , waktu dan tempat dipersilahkan 🤭

      • Jadinya Y Connect memang benar benar gimmick kah? Saya kira seperti fitur smart car yang bisa kita kasih perintah buat tulis pesan attau suruh telepon orang.

        Xixixixixi. Gara gara Honda dapat penguasa pasar, nohhh FBY semakin menggila komentarnya. Baik itu di blog ataupun di channel YouTube. Isinya merendahkan dan rasis sekali klo lihat komentar FBY di Youtube. Cek saja Komentarnya FBY yang pake akun “Taufan Mahardika” di Youtube.

        • mau market share berapapun yg terpenting adalah kesejahteraan karyawan
          apakah AHM sudah membuat karyawannya sejahtera?jawabannya adalah belum kalau kita bandingkan dengan kesejahteraan karyawan YIMM…..bahkan sekarang AHM sudah memakai UU omnibuslaw……yg jelas menyengsarakan karyawan…..sekali lagi seberapa besar market share sebuah produk yg terpenting adalag kesejahteraan karyawan dan kemajuan rakyat indonesia

          • nah mantab ni, udah ada alesan baru…..

            keep up the good work

          • Walau keluar konteks , boleh dah ..tolong diperjelas kesejahteraan yang bagaimana..dan contohnya sept apa yang membuat karwayan AHM belum Sesejahtera karyawan yhm ?
            Gaji ?
            Sistim kerja ?
            Status ?
            Kalau gua cermati masing2 dari 2 perusahaan tsb….sistim yang mereka terapkan untuk tenaga kerja mereka nyariss 100 persen sama .

          • Kebetulan paman sama adik ipar gua kerja di Astra tapi rahasia mereka kerja di Astra yg mana, terus juga males ngejelasinnya soalnya kesejahteraan beda-beda dimata orang

          • untuk karyawan kontrak saja dari gaji pokok selisih hampir 1jt lebih tinggi YIMM
            belum masalah pesangon,bonus,kesehatan,YIMM masih yg terbaik untuk produsen otomotif di indonesia…….dan menjadi acuan untuk pabrik2 lain…….karena saya pernah bekerja di DPD sebuah serikat yg ada di kedua pabrikan tersebut

            market share besar karyawannya juga harus jauh lebih sejahtera dari Yang lain…..klo belum berarti yg untung besar hanyalah pabrikan.
            untuk karyawan AHM ayo terus berjuang untuk kesejahteraan yg lebih baik lagi

          • Tapi kenapa pada pengen ke AHM ya kalau memang gak sebagus itu ..

            Secara logika ga dapet. Tapi mungkin untuk kontraknya iya, bisa dibilang buruk, kalau KarTap kayaknya jauh lebih baik, secara pada pengen kerja di sana ..

          • untuk karyawan kontrak saja dari gaji pokok selisih hampir 1jt lebih tinggi YIMM
            belum masalah pesangon,bonus,kesehatan,YIMM masih yg terbaik untuk produsen otomotif di indonesia…….dan menjadi acuan untuk pabrik2 lain…….karena saya pernah bekerja di DPD sebuah serikat yg ada di kedua pabrikan tersebut

            Wlwpun menurut si mang gak masuk logika
            Nyata’y ada yg bilang klo ymh jadi ACUAN PABRIK2 LAIN DI INDONESIA.
            Kyk’y pesangon itu cuma buat kartap,
            IMHO

    • Apakah ini tanda tanda Yamaha akan fokus ke pasar India seperti halnya Suzuki?

  21. Ngeliat sijuki jadi inget artikel om komeng. Orang2 muda yamahmud pada pindah kesana sampe keluar jargon “aku ingin pindah ke wai op laip” soalnya di yamahmud ga bisa kreatif kebentur kepala batu penggedenya. Eh di sijuki malah lebih gede batunya. Punya kesempatan malah ga dimanfaatin ini sijuki. Kalo dulu manfaatin momentum pasca GSX150 buat ngasi produk yang bagusan dikit di segmen skutik, paling ga sekarang mereka bisa dibawah hondut

  22. Pada saat MS lawan sudah ke arah 80%, smartz people riuh soal tombol engine cut dan Hazard🤭🤭🤭🤭.. kalian warbyasahhhhh👏👏👏👏

    • karena emang itu intinya sepeda motor bro….

      gak perlu mesin yang halus, irit dan minim perawatan, gak perlu desain motor yang bagus.
      yang penting cat nya tebel, dan udah ada enjin cut n lampu hazzard (note: lampu hazard penting banget buat tuuuring)

    • Kek gua bilang dong….
      Dimana CC Pea2 dan Power sudah Tidak lagi mampu ” menjual ”
      Dan seharusnya Konek2 itu yang wajib dibanggain daripada ECO .
      Menurut gua sih 🤭

      • Tapi kan ECO itu fitur mogeh…iya sih , dan itu gak melekat disport kecil Hnd ( mungkin belum atau gak sama sekali ) , tapi Hnd nyeleneh , dengan memberikan Sinonim dengan pake Colekan diujung jari kaki pada entri lepel, hanya Beda penempatan dengan fungsi sama.
        Betapa bangganya tuh entri lepel punya fitur moge tow ? Apalagi ada yg ngekorin🤭

  23. -jangan2 motor masih dirakit juga udah dihitung jd makin banyak
    -jangan2 1 baud diitung 1 motor
    *konspirasapi*

    • Padahal tujuan si guweh tuh diskusi, pengen tau menurut beye itu Yamaha kudu gimana? Karena seharusnya mereka yang lebih paham in out nya merek sesembahan mereka kan?

      Tapi susah kalau udah butt hurt mah 😁😁

  24. Ealahhhh omnibus kebawa2😂😂😂…ntar lagi ada pulak analisa efek virus HaluSinkron yang datang dari negeri Mtuhusurram yang menyebabkan jualan global jadi KhuranGaram…bletak..jegluk..bletak jegluk🤭🤭🤭

  25. Tapi bagaimanapun sebagai FB Kutang, aku tetap berterima kasih sama pabrikan Yamh, coba kalo mereka gak keluarin MX, Vixion, atau motor2 injeksi mereka, bisa dipastikan hidup FBH akan penuh dengan tipe mesin macem GL

  26. Jualan jeblok fansboynya jasjesjos beli kgk malah kredit merek saingan surem emang Y babak belur😁😅🤣😷

    • @irwanzainudin
      Haaa???
      Siapa yg jualan sekelas ferari?
      Ducati???
      Ya wajar lah harganya aja ud M
      Beda kelasnya lah, blom maintenancenya
      Wajar kalau jualan ducati cma seumprit
      Gakda ducati baru yg harganya d bawah 400juta
      Wajar yg beli sedikit
      Atau maksud loe yamehe???
      Mimpi LU bro???

      • Yang beliau maksud emang Ferrari dan sekelasnya..

        Gak mungkin yg Laen, di sini yang motornya kelas Ferrari cuma Ducati, Aprilia dan MV Agusta…

        • Wkwkwk sekelas Yamaha dibandingin sama Ferrari, jangankan sama Ducati, Aprilia, atau MV Agusta, dibanding Kawasaki aja masih lebih gede pride sama gengsinya Kawasaki dibanding Yamaha kalau disini mah.

          Barang yg ga laku karena orang males beli kok disamain sama barang eksotis, hi-tech, dan langka 🤣

          • Numpang tinggalkan jejak aja dah.
            Sepertinya sdh banyak komentar dgn gayanya masing2 yg meng-counter artikel diatas. Dan itu.. Akhh, gak tega lanjutin lagi 😆

          • Mang Galuh telat join 🤣🤣🤣

            Yang lagi rame di FB sama IG…
            Biasaaaa, artikel gak dibaca tapi ngebacot dulu seakan dah baca kelar..

            Gak gw respon, buat apa? Lah Baca artikel gw aja gak 🤣🤣🤣

          • Di respon dong kang.
            Biar rame kan asikkk..

            Discuss biar bisa tukar pikiran

          • Itu yang namanya diskusi?

            Bukan! Kenapa? Artikel gw aja kaga dibaca.. wkwkwwk

            Kok tau? Ya tau lah dari kepsyennya dia, itu kepsyen orang yang gak baca artikel mang..

            Jadi, buat apa gw respon orang yang baca artikel gw aja kagak … 😁😁😁 Gak bakalan nyambung …

          • Di jelasin biar paham
            Bukan’y enak ya buat counter’y klo dy emang gak baca.

            Jgn kyk yg udah2, di minta penjelasan’y malah ngilang,

          • Ooo gw tau nih keknya siapa .. 😁😁

            Btw mang, dia/mereka aja gak apresiasi apa yang udah gw bahas di artikel dengan tidak membacanya terlebih dahulu.

            Yang bener itu, baca dulu, ketahuin isinya apa, yang dibahas apa, baru diskusi ..

            Pun begitu, gw dah paham kok hasilnya bakal kek apa, sehebat apapun gw jelasin, selengkap apapun gw sodorin data …

            temenan sama mereka gak setahun dua tahun soalnya 🤭🤭

  27. Siapa tau dy udah baca mang, maka’y dy nanya (konfirmasi ka si mang nu boga data)
    Mun ceuk abi mah ngeunah counterna mun emang teu di baca heula.

    Wah ternyata dulur si mang

  28. weh ada yang ngegas ni, hehehe, yang ngerasa dituduh2 kalo seberangan coba komen di warung zuragan, pasti sepaham…

Yuk Tinggalin Jejak Lads..