GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Tahun 2020 sudah tutup buku, tahun 2021 sudah dijalani meski baru genap satu minggu. Tahun lalu bisa dikatakan merupakan masa suram bagi industri otomotif sepeda motor di dunia akibat pandemi covid19 meski kemudian berangsur angsur kembali naik saat periode menuju penghujung tahun. Untuk Eropa meski di “rumahnya” terdapat banyak merek lokal, namun ternyata pabrikan Jepang masih menjadi yang terdepan lads, ini dia merk motor terlaris di Eropa sepanjang tahun yang dipegang oleh Honda sebagai penguasa market share..

Jepang ternyata tak hanya berjaya di kawasan Asia saja tapi juga di Eropa, padahal di Eropa kita mengenal banyak merek lokal dengan produksi banyak ragam produk serta mengedepankan andalannya masing masing. Pun begitu, merek merek ternama dari Jepang masih menjadi jawara untuk tahun 2020 lalu, terutama Honda yang menjadi pemimpin pasar di benua sana.

Seperti yang dirangkum Motorcycle data, penjualan sepeda motor yang terdaftar dan dapat dikumpulkan secara resmi oleh mereka (European Community +EFTA+UK) adalah mencapai 1,52 juta unit. Angka ini dikatakan cenderung flat jika dibanding tahun sebelumnya meski sebenarnya turun dari 1,69 juta unit (Baca : 10 Merk Motor Terlaris di Eropa 2019 ).

Di Eropa angka tersebut mungkin besar, tapi dibandingkan Indonesia? Wkwkw.. Tahun 2019 aja mampu mencatat angka 6 jutaan unit! 1,5 juta mah keknya untuk satu pulau Jawa juga udah cukup ya? kekeke..

Alasan kenapa terjadi penurunan adalah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda Eropa selama tahun 2020 kemarin terutama saat lock down diterapkan pada bulan Maret hingga Mei. Di bulan Mei – Juni setelah mulai dibuka, pasar kembali menggeliat, bahkan dalam rentang tersebut hanya mengalami penurunan sebanyak 0,6% saja jika dibandingkan tahun 2019 di periode yang sama.

Meski gelombang kedua Covid19 kembali menyerang, namun di kuartal ke empat pasar sudah menguat dan mampu bertahan, adanya penetapan regulasi Euro 5 yang efektif diterapkan mulai tahun 2021 juga membantu, hal tersebut membuat pabrikan menghentikan produk motor sebelumnya dan “dipaksa” untuk mulai memproduksi motor baru yang membuat minat konsumen naik. Diprediksi penjualan motor di Eropa akan mengalami peningkatan lagi di tahun 2021.

NEGARA PENJUAL MOTOR TERBANYAK DI EROPA

Meski mengalami penurunan sebanyak 6,7 persen namun Prancis mengulang kisah tahun 2019 dengan kembali menjadi nomor 1, negara pikaseubeuleun ini memang merupakan negara dengan penjualan sepeda motor terbesar di Eropa. Posisi kedua adalah Italia (minus 4,6 persen), posisi ketiga ada Jerman yang harus berterima kasih pada penjualan yang meningkat sebesar 51,5 persen di Q3.

Melengkapi posisi 6 besar, negara penjual motor terbanyak berikutnya adalah Spanyol yang tahun 2020 dilewati Jerman, kemudian Inggris yang menyalip Turki dan terakhir Belanda yang sama seperti Jerman mengalami kenaikan sebesar 28,8 persen.

MEREK MOTOR TERLARIS DI EROPA 2020

Sedangkan merk motor terlaris di Eropa selama tahun 2020 kemarin masih dipegang oleh Honda. Pabrikan asal Jepang ini mencatatkan penjualan sebanyak 185ribuan unit. Angka ini mengalami penurunan, karena di tahun lalu Honda sempat mencatatkan penjualan hingga 240ribuan unit. 185ribu unit kira kira penjualan sebulan motor apa ya di Indonesia?

Naik ke posisi dua dari tahun 2019 dan mampu melengserkan Yamaha yang harus puas turun ke posisi ketiga adalah Piaggio. Jadi 3 besarnya adalah Honda, Piaggio dan Yamaha.

Untuk lebih lengkapnya, lads bisa lihat datanya di bawah ini ;

8 Merk Motor Terlaris di Eropa tahun 2020 :

  1. Honda : 185.000 unit
  2. Piaggio : 162.000 unit
  3. Yamaha : 157.000 unit
  4. BMW : 99.000 unit
  5. Kymco : 70.000 unit
  6. Kawasaki : 69.000 unit
  7. SYM : 68.000 unit
  8. KTM : 67.500 unit

Jika melihat data tahun 2019 lalu (link ada di atas), ada dua merek yang menghilang dari 10 besar, yaitu Peugeot dan Triumph.

Ada juga yang tidak ada sama sekali seperti tahun 2019, seperti Suzuki dan Ducati. Kemungkinan karena jumlahnya di angka 60ribuan unit. Selain memang varian produk tidak terlalu banyak, ditambah ada beberapa produk Suzuki yang sudah discontinue (baca: Laku Cuma Ratusan Unit, Suzuki Burgman Mau Disuntik Mati !). Nah biasanya kalau bahas beginian suka ada yang ngasih link tambahan, seperti yang laris itu tipe apa.. Ditunggu lads wkkwkw..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

13 KOMENTAR

  1. Sambil nungguin perang tanding dimolayyy..kami persembahkan lagu JelTakojelKojel TakojelKojelJel??? #KomporHock2021

  2. Kang gak bahas Davide Brivio? Lagi hangat di group sebelah.

    Terus, kira-kira Sizuka gak akan tutup kan Kang?
    Kedepannya maksudnya.
    Baik di Indo n Erop, penjualan Zisuka gak terlalu bagus.

    Mungkin Boss Sizuka Jepang perlu bertanya: “apakah Bapak Mic*io S akan bahagia jika tahu kondisi S saat ini?”

    Dulu Inovasi tiada henti, saat ini?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..