rangka esaf Honda karatan
banner

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Ada info yang menyebutkan, pabrikan garputala mendapatkan durian runtuh dari kasus rangka esaf yang karat dan keropos hingga beberapa kasus yang marak di video viral sampai patah. Wah durian runtuh gimana lads? Ya maksudnya penjualannya Yamaha tiba tiba ngebut dan naik..!! Ini dia efeknya yang terjadi di pasar, padahal belum ada satu bulan loh. Pinisirin gak jumlahnya? Lanjuttt gassss…

Data Aisi memang tak lagi ada (untuk dibahas oleh publik/ umum) sejak tahun 2018 sehingga publik tak dapat mengetahui perkembangan market share dari masing masing merek sepeda motor di pasar.

Namun ada info menarik yang KBY dengar terkait data aisi ini lads, khususnya untuk bulan Agustus 2023, yak sebut saja market share Agustus berdasarkan wholesale (pengiriman dari pabrik ke dealer).

Sudah jadi rahasia umum meskipun data Aisi tak lagi diungkap ke publik, namun penguasa pasar alias market share sepeda motor di Indonesia ini hanya ada satu dan selalu di puncak, yak Honda dari Astra Honda Motor.

Bulan ini, Agustus 2023, mungkin menjadi mimpi buruk bagi Honda dan Astra Honda Motor karena viralnya kasus rangka sepeda motor mereka terutama yang memiliki pembuatan dengan teknologi ESAF (enhanced smart architecture frame), sebut saja rangka esaf.

rangka esaf Honda karatan

Rangka esaf sendiri sebenarnya bukan teknologi baru, tepatnya sih merupakan teknologi yang terbarukan, karena prosesnya dikatakan mirip dengan sasis atau rangka motor jaman dulu, seperti Honda GL series. Merekatkan lempengan logam menjadi satu.

Rangka esaf kembali diperkenalkan oleh AHM melalui produk baru mereka di tahun 2019 lalu, yaitu Honda Genio, disusul oleh Honda BEAT pada tahun 2020.

rangka esaf Honda

Skutik retro modern terlaris di Indonesia, Honda Scoopy menyusul di tahun 2021 dan terakhir digunakan pada Honda Vario 160.

Nah karena marak dah viralnya rangka esaf yang karatan, keropos bahkan patah tersebut, dikabarkan menjelang akhir bulan yang mendapatkan keuntungan dari kasus ini adalah seteru abadi mereka, Yamaha!!

Konon, setiap bulannya distribusi sepeda motor Yamaha itu hanya bermain di angka 80rb-an, dan menuju akhir bulan Agustus 2023 ini diisukan sudah mencapai 90 ribuan lebih menuju 100 ribu!!! Wowwww… seru gak sih?? Ya kali gak seru. Hehehe.

Bagaimana dengan Honda sendiri? Apa efeknya? Kabarnya sih mereka masih tetap jadi nomor satu dengan persentase di bulan ini mencapai 80 persen lebih dan penjualan tiap bulan 500ribu lebih, pasti ada efeknya terkait kasus rangka esaf tapi gak paham sebanyak apa jumlahnya dari sisi penjualan unit. Yang didapatkan infonya hanya Yamaha.

Jadi penasaran apakah Suzuki mendapatkan keuntungan juga dari viralnya kasus rangka motor patah dan keropos ini… Mari kita simak bersama-sama.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

90 KOMENTAR

  1. yg kurang dr yamaha yaitu mesinnya dihantui kasus haus oli dan lebih boros bbm, selebihnya rangka dipake kerja keras nan kasar tiap hari masih kuat2 aje, body nempel solid ke rangka tanpa ada gejala geter cm baret pemakaian.
    pengalaman nmax new non abs

    • Tempat gua ada tuh dealer Y , buka Senin – Jumat ( dari selesai covid ) sekarang jadi lapak grosir kebutuhan sehari hari 😂

  2. Kata dipostingan facebook ada yg kurang tuh
    Motor Suzuki mulai banyak dicari, tapi second
    barunya mau beli dimana? dealernya aja udah pada jadi mixue

  3. Kata dipostingan facebook ada yg kurang tuh
    Motor Suzuki mulai banyak dicari, tapi second
    barunya mau beli dimana? dealernya aja udah pada jadi mixue

  4. 😂
    Sebenarnya 80 ribu – atau d moment2 tertentu bisa 100 ribu itu hal yang lumrah , gampangnya setahun +- 1 JT unit saja .
    Memang sudah ditakar segitu oleh Sultan Hnd 😂

    Yang perlu disiapkan adalah …sembari yg Hot ini berjalan dan kemudian hilang , boleh tuh disiapkan hal apalagi yang perlu diangkat dan d bikin Hot ?

    😂

      • 😂 udah ditambel pake Paijo Panjul plus si Grendel….ms nya masih segitu aja Mang kobay.
        Cuma tambal sulam , maklum….jeroan Kadaluarsa direbrand baru mentok 80 kmh bonus musik khas yahama suara mesin jahit 😂

  5. Ms yahampass itu masih banyakan Mbeat .
    Sultan akan terus mendominasi , apalagi yahampass sudah semakin mendekati Pailit
    😂
    Siapkan BC lanjutan , karena gaungnya yg hot saat ini mulai memudar
    Kekekeke 😂

      • Yg rugi kan pedagang…gak da urusan sama Sultan Hnd , tapi tetap masih banyakan ruginya jual yahampass susah lakunya 😂

    • Astagfirullah aladzim….ini orang sudah kebal dosa, sudah nggak takut yg namanya NERAKA…. ALLAHUAKBAR 🙏🙏

    • Hey kucluk.. pernah ngaji gak, haram jual beli ghoror.. apalagi tipu menipu, lo jual barang ampas.. plat seng lo pres, lo jual mahal.. makan api neraka lo ahmpass

  6. dampak penjualan jangka pendek belum besar, tapi saya yakin , selama rangka esaf dengan kualitas seperti sekarang masih di gunakan, jangka panjangnya akan menghancurkan market share-nya sendiri.
    konsumen akan trauma dengan produk tsb.

    jadi rangka esaf termasuk fast moving part,
    harga nya sekitar 1,2 JT belum termasuk tulis nomor rangka dan pemasangan.

  7. Asekk… ayo bakar2an lagi. Dah lama gak rame ni kolom komentar. Mamang Kobay monitor saja. Just info di tempat saya Paria160 plat baru masih nambah aja tiap hari. Demikian.😁

    • Susah om , konsumen yang dibeli itu tekh dan mesinnya …kaga denger BCan 😂
      Gua cukup lihat dan nyimak berapa pickup dari 1 dealer yg sering dilewati angkut motor , ga usah yang entry 2…PCX 160 aja keknya bisa 7-10 sehari 😂

      • apa nya yg ga manjur bro, teman teman sales Honda pada ngeluh,
        tunggu beberapa bulan , biar terlihat grafik nya bro…..wkkkk

        kapolmu kapan Esaf bikin insyaf

        • Ditunggu saja …kemudian ente lihat , bagaimana efeknya .
          Sabaaarr…. Agustus bentar lagi selesai untuk lihat data 😂

  8. Lah emang market share ya honda udah lebih 80% ya? Eh pada kemana yang laen??
    Lucu bgt sih ini, kalo emang yang lain niat saingan ya jangan ngarep pemimpin pasar ngaco lah. Sadar diri apa kurang nya produk sendiri.

    Ya semoga kasus rangka insaf ini bikin market share kompetitor naik supaya ahaem berbenah lagi sama kualitas nya.

    ——-
    Eh tapi kalo ahaem berbenah trs yg lain jualan apa dong?

  9. Paling aman emang pake motor bebek.
    Rangkanya lebih tinggi daripada matik.

    Poster penipu, mesin yamaha tidak terbukti.
    Nyatanya mx135 sudah ganti boring sama piston masih vampir oli.

    • Pabrikannya saja salah kaprah tekhnologi , trus diamini para fby.
      Okesih blok seher pake Acil Acil 😂 tapi yang namanya pistong dan ring nya harusnya dan wajib juga acil Acil … Alias sepaket dengan bahan yang sama.
      Kita Taulah hukum Pemuaian , jika dalam 1 paket pemuaian nya gak rata dan sempurna , bakal tetap ada celah . Mending oversize sekalian buang acil2 d dinding pistong 😂

      • Kaga ada yg pilih keduanya mang 😂

        Namun klo bicara irit , mending rangka patah 😂
        2 tahun usia motor rangka patah , ganti baru sejutaan .
        2 tahun nambah oli nambah oli bonyok tekorrr banyak
        Ngah ngah 😂

        • ni pikiran orang tolol kaya gini, sejutaan matamu, rangka doang 1,2 jt, biaya bongkar pasang 400 rb, nunggu bs sampe 6 bln, ini kalo konsumen nya ngerti bisa lah nuntut, waktu 6 bln harusnya kena charge perhari berapa, itu motor buat kerja/usaha cari duit woy, bukan pajangan

        • Mending rangka patah?
          Rangka patah taruhannya nyawa cuk!
          Segitu nya belain sembahan
          Fbh satu ini bodohnya limitless

          • Emang beha satu ini dimana2 ngebacot terus nih, ngebayang saya lihat wujudnya, kaya anak kecil telanjang, kepala botak, lari sana lari sini tangan megang tai ayam dijilatin, ketawa2 ngetawain orang2 dewasa yg lg nongkrong di sore hari..

  10. Stylo kalau rilis pake esaf malah nanti gak laku kalau sasis esaf gak ditebalin seperti sasis pipa beat karbu yang tebalnya 4 mm.

    • Bc ginian kan sebenarnya percobaan tuk menghambat lahirnya Stylo om 😂
      Nanti Stylo lahir… Yahampasss bingung si Paijo atau si Grendel mau diapain.

      Esaf ? Bakal tetap aman … Bahkan Hnd sebenarnya mampu saja kasih garansi 5 tahun. Jika mulai besok diterapkan Hnd ? Miuuuumeettt fby dan junjungannya 😂

      Lahir Paijo Panjul
      Lahir si Grendel
      Jualan segituuuuuuuu aja .
      +- 80 ribu sebulan
      😂

      • Esaf aman kalau plat besinya tebal + rendam cat chrome biar bagian dalamnya juga kena cat.

        Rangka motor matik kebawah jadinya kalau hujan, air dari depan kena rangkanya.

        Dibandingkan dengan motor bebek, kalau hujan yang kena air dari depan ya kepala silinder. Dan diatasnya ada bok filter udara.

        • Yap om , kasih lebih saja cairan anti karat terutama bagian dalam trus rendam sama cat juga sampe dalam , aman .

          Yang gak aman tetangga 😂

    • Ntar klo Stylo pake ketebalan 4mm , di iklanin pake esaf tebal 4 mm , alhasil konsumen cuman lirik2 produk tetangga Agi 😂

      • Ngomong-ngomong itu Ridwab Hanif ketemu dugaan problemnya kenapa rangka esaf bagian bawahnya cepet banget karat (baru dugaan). tapi penjelasan dia emang logis sih, kalo menurut menjelasan dia karna jalur air dibagian dalem dek ga bisa buang air dan lumpur dengan bener akhirnya bikin lumpur ngendap didalem dan bikin rangka karat (ini juga mungkin kekurangan naro aki dibawah). akhirnya yg karat bagian bawahnya duluan padahal yg langsung kena air dan lumpur tanpa hambatan leher rangkanya tapi ga ada kasus leher rangkanya patah dan malah bagian underbonenya yg patah.
        AHM harus ngasih penjelasan yg proper minimal kaya Ridwan Hanif, jangan kaya kemaren pake orang bertopeng kaya teroris, sumpah itu yg ngasih ide bikin video klarifikasi kaya gitu mending pecat aja, goblok banget.

        • Menurut gw video itu gak salah salah banget, kalau kita coba telaah lebih lanjut.

          Cuma saja, itu video hanya menjawab soal pertanyaan netizen yang motornya cenderung baru (dari dealer atau baru datang beberapa hari dan minggu) dan mempertanyakan soal warna kuning di bagian leher.. dan udah dijawab sih bener…

          Pasalnya, bukan itu yang dipengen netizen dan konsumen, pengennya ada penjelasan kenapa bisa keropos (di bawah) dan ada yang patah… nah kudunya ada video lanjutannya tuh.. itu yang ditunggu orang2..

          • Betul mang kobay , kita semua menunggu … Tentu andil dari para korban kita butuhkan .
            Riwayat motor mereka bagaimana , tentu d selidiki dulu .
            Yang ngadu ada yg cengok doang dan ada yang menghilang . Gimana mau dikelarin ? 😂

  11. Rangka pipa baik bulat atau persegi itu relatif aman karena
    Titik temu pengelasan sedikit , udah dipake Hnd dari tahun jebit sampe MS nya bikin mumet tetangga 😂
    Esaf ini tak da yang salah , kedengaran kopong iya sudah pasti , karena ruang kosong didalam lebih luas dari pipa , sekalipun lebih tipis dari pipa konvensional…tapi banyak sekat2 penyangga didalam yang bikin dia tetap kuat dan kokoh .
    Semua sudah d perhitungkan dengan matang , mungkin … Ya mungkin pabrikan harus mencoba memberi pencerahan agar konsumen bisa belajar , misal…gak usah nyuci motor malem2 trus didiemin d garasi , atau pilih2 tempat cuci motor…karena sekarang banyak fby yang alih profesi buka cuci motor pake air yg gak jelas 😂

    • Makin hari makin banyak aja korban rangka keropos, harga seken uda terjun bebas cak, yg baru beli pada menyesal dan buru2 jual sebelum karat semakin parah menyerang, krna cepat atau lembat pasti akan kena juga… Inden mio gear mengular cak 😂

      • Gak manjur lagi cak…. Jualan esaf tetap lancar jaya 😂
        Jualan total Yahampasss udah dipatok dari dulu 80 – 100 ribu perbulan , masih banyakan Mbeat dikit 😂 …

  12. Tapi kok rada ganjil ya insiden rangka keropos ada yang ngakunya unit umur 5 bulan. Pagar rumah aja belum keropos umur segitu. Adakah ini merupakan #$@-+”/++ ?? Ya sudahlah. Jadikan ini peluang emas untuk jualan GeARrrot, XCrettt, Pinokyo dan NgAoroxx. Yang tebal debunya 3 mm agar diprioritaskan keluar gudang hehehe

    • 😂
      Kalau sampe keropos itu pasti ada penyebab khusus .
      Kan banyak yg pinter klo kuning d bilang karat apalagi kropos 😂

  13. kl dari Honda Asteng(malay, Thai, Viet, Phili) lain gmn kang? apa ada kabar yg mirp2? apa cuma disini aja?

    • Keknya kl yg dikirim keluar QC nya beda sama yg beredar disini. Makanya Thailand produksi sendiri tu supra bapack 125 alias Wave 125 yg Masih pakek platform supra 125 batman Dan helm in

      • wave125 thailand yang sama seperti mesin supra batman itu wave125 sampai tahun 2011, wave125 thailand sejak 2012 pake mesin helm in. versi 2023 pake mesin stroke 63,1 mm.

        tahun 2021 honda kamboja masih jual mesin supra batman karbu dengan nama honda dream.

        entah siapa yang mengawali downgrade mesin supra 125 dari pakai tensioner per berubah menjadi tensioner oli seperti mesin c100?

    • Scoopy Mbeat v125 v160 Genio yang ada d asia tenggara eksport dari indo , mereka ada yg ckd ada yg utuh . belum ada keluhan pake bhsa Thai , Vietnam Myanmar Malay dll 😂

  14. Anyway kita apresiasi upaya berjilid2 menyuarakan hal ini dari Warung Laen..apakah itu ‘sound of desperation’ atau apalah😂. Perkara efektif tidaknya mari kita tunggu. Kalau dari warung sejenis ini gak bakal diseriusin…huh dasar amplopan.wakakak🤣🤣🤣. Faktanya masih 70% konsumen masih beli Hahon baru…sangat menyebalkan yaaa…Peace Mang Kobay!!!

  15. Fyi, rangka insaf tu platform awal motor bebek kek cup 70, super cup 700, super cup 800, astrea 800, astrea star ampe astrea prima Mang. Yg mana rangka ampe Shock depan dirangkai Dari plat. Kalo kelas GL udah gapake rangka insaf.

    Lucunya yg dibikin pembanding motor sizuki yg motor sohgun nya aja udah gak pernah keliatan di jalan, bandingin sama supra X cakram depan yg paling asoy di eranya Masih anteng melenggang bawa galon dan tabung gas keliling komplek🤣🤣🤣

    • @Rangka koq insaf
      GL rangkanya juga pakai plat digabung, tiger yang pake pipa. itupun bagian bawahnya tetep ada plat ditekuk buat pegang belakang mesin

  16. Itu sales hohaem ngapain dimari dah, kekx kejang2 itu ampe balesin semua komentar,

    dandanin noh Vario 150 gredek2 kek vibrator

    wkwkwkwkwk

  17. Cepat atau lambat semua essap akan keropos pada wktunya, buruan jual yg udah beli sebelum kadung nyesel nantinya …

  18. Tapi di aceh yamaha panen nampaknya, mobil logistik antar produk ke dealer semakin sering frekuensinya, sekali ngantar sekitar 100 unit

  19. Paijo panjul dan Pilano laku keras cak, kapok beli motor ADNOH yang pake rangka kaleng khongguan

  20. Ambil positifnya dulu .
    Setelah sekian lama gua gak lihat para fby … Sekarang pada muncul kan ?
    efek esaf memang sangat nyata 😂

  21. Ahampass harus belajar dulu sepertinya sama engineer kaleng sarden botan dkk..
    Gak pernah denger tuh kaleng sarden berkarat wkwk
    Apa harus pake kaleng jenis yang sama kali mang wkwk

  22. jadi bisa disimpulkan ya dari kualitasnya, kalo produknya -> honda = Sampah

    —–
    nah kira2 merk lain yang gak bisa head to head sama sampah, levelnya apa ya?

  23. Sering2 update market share kaya gini mang.. biar smua makin tercerahkan dr produk Ahmpass.

    Dikira2 orang Indonesia pada Oon semua kali.. dikasih produk sampah!

    Mdh2an Alloh ksh pelajaran.. ya Ahmpass, sama kaya kasus Nokia ma Bb.. tp ini dia lbh parah, maen2 ma sefety alias nyawa orang !!

  24. Wkwkkw ya elah ga di IWB ga di sini tuh si gak ada yg basi emang ga tau malu bos.. Emang syarat jd buzzer AHM itu harus tolol ama gblok kayak si tak ada yang basi ini lah… Lo jgn cuma berani di blog IWB sama sini doang dong.. Lo comment di YT ama Tiktok kalo lo pnya titit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini