Sonic 150 vs MX King

Kobayogas.com – Hola lads, tiba juga artikel komparasi panas antara dua (tiga sebenarnya) motor underbone paling hot di Indonesia, Honda Sonic 150 si pendatang baru vs Satria FU sang pemimpin pasar dan MX King sang penengah antara keduanya.. mana yang terbaik?

Kobayogas.com akan membahas dari sisi desain dulu ya.. Kondisi yang berlaku adalah: Honda Sonic 150 2015 usia 600 km, Yamaha MX King Movi Star 2015 usia satu bulan 1,800 km dan Satria FU tahun 2012 usia 30,000 km.

DESAIN & KUALITAS MATERIAL

Dari ketiga motor, sebenarnya hanya MX King yang ‘ngaco’ karena memang desainnya masih bebek.. tapi karena mesinnya bisa dikatakan sekelas maka kita ajak deh dirinya maen bersama.. geber lads..

Desain depan terbaik dimiliki oleh Honda Sonic 150, fresh dan terlihat futuristis dengan tambahan separator lampu LED pada headlamp, sayang desain belakangnya bikin kacau balau terutama bentuk lampu remnya. Beberapa material plastik juga masih berada di bawah kedua rivalnya, begitu pun kualitas pengecatan..

Sementara desain belakang terbaik justru dimiliki oleh MX King.. padat, sporty dan sangat indah dilihat dengan ban besar dan spakbor gantung.. kebalikannya dengan Sonic, bagian depan si King justru merana, kurang berkarakter dan tak terlihat spesial.. Plastik materialnya bagus, tebal, begitu pun dengan bagian bodi yang terkena cat lebih banyak dengan kualitas cat sangat baik.

Desain aman secara keseluruhan dimiliki oleh Satria FU, meski terlihat usang tapi masih enak dilihat, dari depan hingga belakang mengalir pas. Tidak ada yang salah, hanya kalah segar saja dari Sonic. Sementara plastik materialnya ada diantara Sonic dan MX King Movi Star, begitu juga dengan kualitas catnya

Honda Sonic 150: Desain 7.5 – Material dan Cat: 7
MX King: Desain: 7.5 – Material dan Cat: 8.5
Satria FU: Desain: 8 – Material dan Cat: 8

KENYAMANAN

Parameter sisi ini adalah; ergonomi, bantingan suspensi, kenyamanan jok, serta getaran pada setang dan footstep ketika melaju.

Honda Sonic kalah pada bantingan suspensi dan kenyamanan jok, sementara sektor ergonomi, foot step yang lebih rendah membuat kaki lebih rileks, begitu pula dengan posisi setang yang lebih tinggi dan panjang dari Satria FU. Sedangkan getaran masih ada terasa namun tidak terlalu mengganggu

Satria FU, sepertinya ini lebih karena umur motornya, getaran bikin kesemutan apalagi ketika digeber, ergonomi juga kalah oleh Sonic. Namun suspensinya nyaman, joknya juga empuk.

Yamaha MX King, sebenarnya kurang pas jika diadu head to head, terserah pembaca mau dikeluarkan atau tetap dimasukkan? Menurut KBY dia yang terbaik karena memang desainnya milik bebek yang mengandalkan kenyamanan dibanding ayago.

Honda Sonic 150: 7
Satria FU: 7
MX King: 8

FITUR

Honda Sonic 150 lahir belakangan dengan mengusung fitur kekinian, lampu depan LED dan speedometer full digital.. Sementara Satria FU paling miskin fitur karena hanya dapat alarm saja dan secara mengejutkan MX King hanya kalah dari sisi lampu LED dan speedo full digital saja.. Ini bisa menjadi perdebatan karena full digital bisa disukai atau tidak. Bicara fungsi justru speedometer milik MX King lah yang paling lengkap.. Ada tripmeter 2 buah, jam digital serta gear position bahkan MID..!

Honda Sonic: 8
Satria FU: 7
MX King: 9

PERFORMA

Parameter penilaiannya ada pada performa mesin, handling dan pengereman dalam keadaan standar.. Kebetulan KBY sudah mengetes ketiganya, MX King dua kali, milik bro Iim dan bro Away, Satria FU milik Trias dipakai seharian dan Honda Sonic 150 seperti yang lads tau, dipinjamkan AHM selama satu minggu..

Honda Sonic memiliki paket terbaik di sini, power, torsi, handling dan pengereman.. selalu penuh dan bertenaga pada tiap rentang RPM, bahkan limiternya pun baru bekerja ketika sudah mencapai 10,500 padahal redlinenya ada di 9,500.. Handlingnya asik buat pecicilan serta rem depannya mantap.. Jika ragu akan performanya lads harus mencobanya suatu saat..

Satria FU, bawahnya cenderung biasa saja, namun atasnya galak.. sayang kondisi motor milik Trias ini tidak fit.. trouble datang dari kopling selip dan nyangkut serta langsam yang mudah mati. Putaran gasnya pun berat.. Pengereman patut dapat acungan jempol, responsif dan pakem..

MX King, memiliki talenta yang tersembunyi.. ketika mencoba King milik Iim, kobayogas.com hanya berkeliling komplek dimana performanya terbatas.. Nah menggunakan motor Away di Harvest, KBY dapat mengeksplorasi performanya. Transmisi halus meski belum sehalus Sonic, akselerasi bagus dengan tenaga yang linear namun terasa berisi..Sayang limiternya benar benar bekerja tepat di 10,000 RPM.. Ibarat lagi asyik eh coitus interruptus hehe.. Rem depan dari Nissin juga kurang gigit.

Honda Sonic: 9
Satria FU: 8
MX King: 8

KONSUMSI BBM

Kelas ini memang ajaib, pengen kenceng tapi juga irit, so.. dari ketiga motor ini mana yang paling pas dari sisi konsumsi BBM bagi lads?

Honda Sonic 150: 1:45 ++ (versi motorplus: 1:55)
Satria FU 150: 1:30++ (versi motorplus: 1:45.7)
MX King 150: 1:40++ (versi motorplus: 1:50)

*hasil diluar motorplus adalah hasil pribadi dari sharing para pemilik motor. Konsumsi bbm bisa berbeda tergantung riding style tiap pengendara.

https://mansarpost.files.wordpress.com/2015/08/wpid-hasil-tes-pengujian-perbandingan-komparasi-adu-honda-sonic-150-r-vs-satria-fu-150-vs-yamaha-jupiter-mx-king-150-bahan-bakar1-jpg.jpeg?w=640

HARGA

Honda Sonic 150 lahir belakangan dan memiliki harga paling tinggi, kompensasi dari sebuah model fresh, mesin baru, fitur speedo dan lampu LED membuat harganya ada di Rp. 20.9 juta.

Sementara MX King dapat disebut memiliki harga paling value..mesin memang tidak baru, namun dengan harga Rp. 18.950 juta lads akan mendapatkan fitur speedo lengkap dan lampu rem LED, tuas persneling sporty serta sektor belakang yang padat dan sporty.

Sedangkan sang pemimpin pasar ayago, Satria FU dibanderol paling mahal seharga Rp. 20.325 juta (Special Edition) tanpa adanya pengembangan baru (kecuali euro 3) baik di sektor mesin maupun fitur, tapi lumayan ada tambahan alarm lads..

Honda Sonic 150: 7.5
Satria FU 150: 7
MX King 150: 8.5

Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi KBY, ketidaksamaan pendapat/ pengalaman adalah hal yang wajar, jika penasaran, KBY sarankan lads mengetes ketiga motor tersebut..

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)
Tweet me: @kobayogasblog

97 COMMENTS

  1. Emang sektor pengereman mx king kurang dpt feelnya dibanding mx lama ane, padahal yang lama diameter disc lebih kecil.. KM udah hampir 600 lebih masa blm nempel juga tuh kampas? Apakah ngaruh dari master rem atasnya? Ngga seempuk mx yang lama.

  2. Yang bikin MX King kurang enak dilihat tu ukuran 2 bannya kurang proporsional. Mestinya ban dpan digediin jg !

  3. komen apa ya kang, mungkin tinggal pilih aja sesuai selera masing2 karna tiap produk ada +-nya

  4. Motor paling tua…..
    Belom ganti clutch canvas jadi tiap ganti Gigi berasa slip kalo ga tau “selahnya”…
    Wkwkwk….

    Tar…. Tungguin FU FI, sejajar tuh.
    Baru dah si Om bebas dari protest
    Itu juga kl dipinjemin Unit.
    Wkwkwk…

    😀

  5. sepertinya cocok tuh alki atau siapa ya, yang jadi bintang iklan sonic ( SONIC MOTOR PERKASA BISA DITUNGGANGI BISON SEKALIPUN) hihi…. maaf… maaf…

  6. mau mx king kayak kejurnas. Rubah dulu jeroan pake titanium mirip spek dinkejurnas. Motor lain klo spek kek gitu. Ya pasti sama2 josss nya laaaaah. Titanium…

    • Itu karena yamaha memberi support kepada pembalap buat membantu riset pada engine,, honda juga sama di kejuaraan aarc, nah suzuki ?

  7. kalo saya mah pilih sonic versi 2 aja ah biar lampu belakang dan pijakan kaki depanya sudah dirubah, untuk sementara saya masih setia dengan JAGUR ( sijadul honda win)

  8. awas kang kobay,dilempar. kue moci setengah mateng…..
    lha nilainya menang yamaha je……
    wkkkkk

  9. sing marai sirah cekot2
    kang kobay numpak motor kok pake coitus intereptus….
    jian kemproh tenan….
    jok nya licin mengkilap nih….

  10. Sejauh saya pakai yamaha,untuk masalah kenyamanan ane kurang setuju kang, suspensi yamaha menurut ane keras, dibanding brand lain

    Utk performa ane setuju, sonic emg lbh joss,merata , material body menurut ane si fu yg unggul imho 🙂

    • Imo, sejauh ini mencoba motor yamaha, somehow mereka tuh kaya tebalik, sport/bebeknya pas bantingannya kalau ga mau dibilang lembut.. MT25, R25, R15, vixion, byson FI dan MX king bantingannya enak bagi saya.. Skutiknya malah tebalik hehe…

  11. desain masih bagusan njmx 135. motor bebek itu lampu sein belakang harus nyatu.

    rem depan mxking kurang gigit? berarti masih enak rem depan njmx135, tarik dikit langsung settt, pakem.

  12. Sebetulnya value sepeda motor itu ada di kokpit / speedo. Tp ya sudahlah.. Saya vote Nmax abs
    Haha

  13. Jhossss ulasanya blak-blakan gak ada yg ditutup-tutupi. Inilah enaknya blog tanpa iklan opss.. 🙊 hehe

  14. MX KING AJA LAHHH..

    POWER OKAY…
    PERAWATAN MURAH
    BBM IRIT
    HAGA TERJANGKAU
    BISA DI PAKAI SEMUA KELUARGA…
    TERMASUK IBU SENDIRI…
    KLO METIC W NYA GK SUKA…

    GAK IHKLAS LIAT IBU SAYA PAKE AYAGO..
    DI KIRA JANDA…..

    • Ga apa tong emak pake Sonic biar gaul. Biar emak lo kelihatan jadi jandanya. Pas bingit ketemu Momok Duda galau yg pake Satria Fu. biar jadian emak lo ama Momok ye.

  15. Aku masih bingung mang antara Mx King apa NMax non ABS. Metik premium mahal enggak ya perwatannya? Mending mana ya kang, MX King murah tapi Nmax fungsionalitas bgt tapi masih mahal. Jgn bilang dua”nya hehhe
    Eh mang, emang rem depan Mx King punya Nissin po? Enggak kya MX135ku asli Yamaha punya (katanya).

    • iya sejak MX King beralih jadi Nissin…
      Kalau perawatan NMax keknya cuma beda 20 ribu sama skutik yamaha lainnya.. ada di daftar biaya di beres waktu kesana…

      • Walahh padahal saya kurang suka sama si Nissin punya mang, boros kanvas, boros disc dan agak susah settingnya. Aman gak ya kalo ganti punya Mx135 mang?
        Maksudnya perawatan jangka panjangnya mang hehhe. Tapi tiap kali servis pasti pas harganya naik 😀 jadi kesannya mahal.

  16. Speedometer campuran digital analog masih tetap yang terbaik imo… klo full digital itu seperti nggak ada soul-nya, palagi pas posisi off… beh, nggak enak banget dilihatnya … tapi entah kenapa semua pabrikan sekarang semuanya latah ikutan full digital ….

  17. Klo soal bodi honda yang kurang ciamik, itu kayaknya ada faktor ‘kesengajaan’ … agar klo udah 2 tahun buluk dan kewer2 konsumenpun gatel pengen ganti baru … dan ms pun tetap menjadi hegemoni honda …

  18. Mantabs..
    Sonic baru dapet feelnya pas geber ke 3, shifting ga sentil limiter baru bisa didepan fu king (ngga kejepret ya)
    Material bodi fu sama king top, apalagi kualitas cat king bro away bikin silau. Semoga AHM benahin sisi ini utk produk selanjutnya

  19. Kalo desain, warna, model yaa tergantung selera masing-masinglah. Kalo power, handling, potensi-2 tersembunyi yaa sudah gamblang dari hasil Indoprix toh.

  20. untuk suspensi blakang mx king lebih tinggi 1cm dr old mx dan harganya pun lebih mahal 400rb an drpd old mx 300rb an mgkn ini peningkatan kualitas dr suspensi lama yg mudah ambles hehehe

  21. ga usah dipegang, dilihat juga udah keliatan build quality yg plg bagus
    1. MxK
    2. FU
    3. Son
    ngomongin performa mah gaada abis2nya. upgrade dl nyali 😀 toh di jalan yg bw motor sport kebanyakan pada woles. malah matic yg sruntulan. apalagi nmax putih yg visornya pernah somplak tu bwahaha 😀

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.