pulsar 200 ns

Kobayogas.com – Hola lads, meski sudah cukup lama hadir di nusantara, namun baru kali ini KBY dapat merasakan langsung performa Pulsar 200 NS. Seperti apa review KBY tentang motor 200 cc ini?

Dari sisi bahasan, tercatat KBY pernah empat kali membahas Pulsar 200 NS di artikel, yang pertama ketika motor hasil kerjasama Kawasaki – Bajaj ini belum lama diperkenalkan, yang kedua ketika mencoba impresi duduk di atas joknya.. ketiga dan keempat silakan lihat link di bawah ini…

Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS, first impression review

Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS, ternyata memang jinjit balet lads…

Pulsar 200 NS vs KTM RC200, Pertarungan Kembar Non Identik

Motorcycle Award 2013, Siapa Pemenang Bike of The Year 2013?

Wah Pulsar 200 NS pernah menjadi pemenang Bike of The Year tahun 2013 versi Kobayogas.com? Gak salah? Tidak lads, setelah melihat langsung meski belum mengetes performanya juga melakukan assessment secara keseluruhan, KBY mantap memberikan gelar tersebut kepada 200 NS.

So, kesempatan yang ada sudah di depan mata, meski sangat telat, tapi tidak ada kata terlambat… Bagaimana review KBY akan motor India ini?

ERGONOMI PULSAR 200 NS

Di awal kemunculannya, isu akan tinggi seat height serta bobot Pulsar 200 NS yang berat sempat menjadi perbincangan hangat di kalangan pencinta otomotif. Komentar skeptis pun kerap kali hadir terhadapnya. Dan memang, uji coba ergonomi yang pertama akan 200 NS sempat membuat KBY jerih.. Kini ada kesempatan yang kedua.. Masih kah memiliki opini yang sama?

Pulsar 200 NS vs Z800Pobia motor tinggi dan berat ternyata tak KBY temui di Pulsar 200 NS, kejutan!! Namun setelah dipikir-pikir, rumusnya sangat sederhana, jangan gunakan sepatu pantopel ataupun sendal… maka motor setinggi 200 NS pun dapat dikuasai dengan mudah.. Betul juga, review terdahulu, KBY menggunakan sepatu kantor, plus lantai dari ubin membuat permukaan licin.. jelas bukan perpaduan yang tepat 😀

Duduk di atas jok dengan busa yang tebal milik Pulsar 200 NS ternyata nyaman, lekukan joknya pas untuk bokong maupun paha, posisi mengendarainya memang turing akibat setang model jepit yang posisinya cukup tinggi. Hanya saja feelingnya masih on bike belum in bike.

Soal bobot pun ternyata biasa saja ketika kita sudah berada di atasnya. Memang masih tinggi dan KBY pun jinjit di atas saddle si Pulsar 200 NS ini, tapi seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan menggunakan gear yang tepat, segala sesuatunya menjadi lebih mudah. Sepatu yang KBY gunakan adalah Nike Salbolier Mid dengan sol cukup tebal…sepatu ini menjadi andalan sesi test ride motor-motor tinggi 😀

UnBoxing Nike Shoes ACG Salbolier Mid

Point 7 dari 10

PERFORMA PULSAR 200 NS

Sudah cukup bicara ergonomi, ini kita beralih ke sesi test performa. Koridor pengetesan sang Pulsar 200 NS adalah: jalan raya Kalibata, kondisi motor semua standar kecuali knalpot by Chuenk dan settingan pada karbu agar tidak nembak. 

Namanya saudara, ignitionnya persis KTM, meski kunci sudah posisi ON tapi butuh engine cut off untuk diaktifkan juga.. Start your engine… dremm..dremm..suara khas 1 silinder menggunakan muffler non standar menyalak. Tidak ada desing khas Pulsar series pada Pulsar 200 NS ini, sepertinya suaranya tertelan sang muffler.

pulsar 200 NS

Koplingnya sedikit keras, namun masih dalam taraf normal, maklum baru saja selesai test ride Yamaha MX King yang koplingnya sangat ringan :D. Hanya dirasakan posisi tuasnya si Pulsar 200 NS ini masih terlalu tinggi bagi KBY. Masuk gigi 1, hentakannya normal, sebagaimana sport 150-200 cc lainnya. Setel spion, lihat kondisi dan… gasss….

Pulsar 200 NS pun melesat..!! Cukup galak euy untuk motor dengan bobot 145 kg dan power 23,5 bhp/9500 torsi 18,3 Nm/8000.. Jarum RPM-nya cepat naik hingga shift light menyala, menyenangkan! Perpindahan tiap gigi dapat dikatakan cukup smooth. Namun tuas gear-nya juga dirasakan terlalu tinggi bagi KBY, mencongkelnya menjadi lebih tinggi untuk kaki.  Jika diturunkan, pasti lebih nikmat terutama jika butuh kecepatan dalam proses naik-turun gear.

Suara muffler yang dihasilkan ternyata cukup nikmat didengar, mirip dengan suara knalpot DBS yang dipasang pada Honda CBR 250 yang KBY tes beberapa waktu lalu. Cukup membuat adrenalin berdesir dibuatnya. Bicara performa jika dikomparasikan dengan KTM Duke dan KTM RC200 maka Pulsar 200 NS ini lebih mirip dengan RC200, dari bawah hingga atasnya lebih merata.. dengan si RC 200 sedikit lebih padat di atasnya.. Sementara Duke justru lebih galak di bawahnya namun performa atasnya langsung tertahan.

Tidak ada tendangan tambahan ketika RPM mencapai 9000 lebih sebagaimana halnya karakteristik mesin 2 silinder, jelas atuh jangan dibandingkan hehe.. namun performa si Pulsar 200 NS ini secara keseluruhan memadai, mampu menyalip dengan sigap ketika dibutuhkan.

Setang alias kemudinya agak gugup ketika di trek lurus terutama jika menghadapi jalanan yang konturnya sedikit kurang mulus/rata. Namun bobotnya yang berat cukup membuat Pulsar 200 NS stabil untuk di geber di trek lurus. Kecepatan maksimum yang dapat KBY raih pada situasi hari itu hanya 93 km/jam.

Poin 8 dari 10

di area padat, lumayan dapat segini
di area padat, lumayan dapat segini

HANDLING PULSAR 200 NS

Mencoba menyalip di keramaian baik dari komplek AURI menuju Kalibata atau saat sesi test ride. Akibat bodi yang berat dan dimensi yang cukup bongsor, sisi kelincahan memang berkurang, tapi tidaklah buruk, kurang lebih seperti halnya handling Honda Tiger. Bahkan jika dibandingkan dengan Duke, handling Pulsar 200 NS masih lebih baik..

poin 7 dari 10

PENGEREMAN

Sisi pengeremannya sangat KBY sukai, kaliper depan dari Bybre bukanlah omong kosong, cukup remas perlahan tuas rem depan, sang Pulsar 200 NS sudah siap berhenti…praktis seperti biasa, rem belakang tak tersentuh…

poin 9 dari 10

KENYAMANAN

Diluar dugaan, ayunan suspensinya sangat baik, masuk kategori nyaman namun cukup stabil ketika digeber pada kecepatan cukup tinggi, tidak ada gejala mengayun berlebih. Melintasi jalan tidak rata, punggung masih terasa nyaman dan tidak ada perasaan terhempas dari goncangan yang dihasilkan Pulsar 200 NS ini. Cocok untuk perjalanan jauh.

Begitu pula ketika melakukan pengereman, gejala dive atau menukik yang dirasakan dari Pulsar 200 NS ini masih masuk dalam kategori normal.

poin 8,5 dari 10

suspensinya nyaman
suspensinya nyaman

FITUR

Sektor speedometernya ternyata cukup mewah dan tidak membosankan dilihat, memang hanya tersedia side stand indicator, shift light, penunjuk waktu, serta trip A dan B, namun itu sudah cukup sebagai fitur standar..

point 7 dari 10

THE VERDICT

Rasanya, KBY memang tidak salah memberikan gelar Bike of The Year 2013 pada Kawasaki Bajaj Pulsar 200 NS ini. Secara keseluruhan, dirinya berada ditengah tengah antara semua motor sport yang ada di nusantara dengan range harga maksimal 65 juta. Desain oke, menarik untuk dilihat dan modern. Kualitas buatan cukup mengesankan dikomparasikan dengan harganya.  Mesin berteknologi triple spark SOHC yang performanya terasa mumpuni.

Ditambah kenyamanan dari ergonomi dan ayunan suspensinya, belum lagi faktor pengereman yang dapat membuat saudaranya meringis. Fitur speedometer pun sudah memenuhi ekpektasi. Dan yang paling kuat tentu faktor banderol harga (Rp. 23,9 juta jabodetabek) yang membuat Pulsar 200 NS memiliki value for money tertinggi sebagai suatu produk.

Lepas dari merek, isu 3S dan sejenisnya… Pulsar 200 NS memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dia adalah The Great Contender..!!

Many thanks to Bro Julio atas pinjaman motornya dan beberapa jepretannya 🙂

Baca juga artikel lainnya lads…

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Contact me at…

email me: kobayogasblog@gmail.com
path me: Yogas Kobayogas.com
whatsapp me: 08184YOGAS (96427)

KobaYogas from WordPress for Android

90 COMMENTS

  1. Mang kobay minta review dan komparasinya dong antara Nmax 150 dengan PCX 150 LED terutama dari segi ergonomi dan kenyamanannya

    Terima kasih

      • Haha iya mang sorry, ane biasa nongkrong di warung sebelah
        Tiap kali ada yg ngomongin pcx 150 pastilah nama mang kobay yg di sebut2 jadi ane penasaran nanya langsung sama empunya tentang pcx 150 ini hehe

    • Ayo yang punya Yemeh NVL, R15, MX King 150 dan Hindun CB150R, CBR150, New CS1 silahkan berenang di banjir, buktikan kalo motor elo canggih ala teknologi Mongtorjipih, apalagi elo pake embel-embel motor Jepun, jangan kalah ma teknologi India, apalagi elo punya motor yang overprice………………….. Silahkan dicoba ya, kalau gak ada banjir ya di sungai, !!!

  2. Ga niat jualan banyak…
    ducati aja mau nyesuain ama pasar asia tenggara…
    ditambah titik berat yg tinggi.. lebih berasa beratnya..

  3. Om mo nanya, bedanya posisi on bike dgn in bike itu apa? Serta beri contoh motornya 🙂

    • in bike itu kita duduk biasanya lebih bawah sehingga terasa menyatu dengan motor, bukan terasa menunggangi (berada di atas jok)..

      Yang feel in bike sejauh yg ay tes ya, MVA F3, Yamaha R6, Z1000, NSR, RGV, Ninja 250 FI, Z250 FI, R25, CBR all series many more…

  4. nah uda coba 200ns..
    skrg coba bandingin ama cbr150 yg klaim beratnya 143 kg
    jadi ketauan kan siapa yang korupsi timbangan 😆

  5. sebagai pemilik pulsar 200ns… pemakai pertama kali motor non jepang… motor ini sama sekali tidak mengecewakan… malah lebih baik dari beberapa motor jepang yang sudah saya pakai…

  6. so, antara ns di compare sama lawannya di rentang harga yg sama menurut si om mana yg paling value ?
    soalnya mw beli baru, budgetnya sgitu. tpi apa mnding nunggu cbsf update dlo x yak, spa tau bagus.

    klo si ns sya kurang sreg sma stang nd bentuk belakangnya yg serba nanggung.

    • klo ane vote pulsar200ns
      Dgn harga yg sama, quality lbh bagus 1step dari NVL dan 2step dari CB.. lihat aja kwalitas las las an nya anda bisa bandingin.
      Dgn. Harga 23++ anda mendapatkan dgn CC yg lebih besar dan speedo yg komplit dari 2kompetitor tersebut
      Power?? Jgn di tanya.

    • rentang harga yang sama dengan mengabaikan merek dan 3S serta hanya fokus ke produk, ya PNS.
      Saran, mending nunggu CB major change.. paling tidak kalau sudah liat penampakannya tp tetep gak suka toh sudah gak penasaran lagi, daripada nyesel? hehehe

      • yap, emang niatnya nunggu si cbsf apa sesuai harapan..
        kalo kaga hajar pns ajalah.
        soal 3s mah blakangan ajalah, tinggal di jkt mah bnyak asal mw cari nya aja soal sparepart.

  7. ada beberapa komentar soal las2_an…..
    baik ……?, buruk…..?
    pernah uji X-Ray?, destruction test?….dll
    atau hanya yg nampak mata?….
    jika hanya mata sebagai tolok ukur baik tidaknya suatu welding quality….ya tinggal di ratain / dirapiin pake grinda aja (masalah kekuatan di abaikan)…….xixixii
    menilai “kerapaian” overlay welding point, itu yg mungkin masih bisa dilakukan dengan kasat mata….. 😀

    • kerapihan maksudnya? tp mmg mau gak mau yang kasat mata jadi ternilai duluan… sehingga menciptakan teori, yg keliatan aja begini apalagi yang kagak hehehe

  8. Met Ultah Mas KBY..
    Sehat slalu ya..
    Aminnnn….
    Aku E.N.H.
    sementara pakek ni abal2..

  9. Dulu sebelum beli nvl, kepincut juga sama model pns
    Tp pas liat model stoplampnya itu loh kurang sreg sama model kesulurahan sama dpnnya, walau emang itu ciri khas pulsar
    Trus juga embel2 kawak sama bajaj yg terkenal itu loh susah suku cadangnya. Apalagi ane tinggal didaerah pinggiran :v

  10. Hbd mang kobay, aye 3 hari lg nih….hehe
    btw p200ns dr bbrp sisi bagus, cuma minusnya ya itu mang, byk yg blg mtr baru dianter dr dealer udah ada aja keluhannya, ya akinya, ya susuh distarter, oli bocorlah, and etc…klo mslh 3s nya ya itu tgantung ridernya mau usaha apa gak, tanpa mengesampuingkan merk lain ya worth to buy lah ni mtr..even ane jg kaga beli hehehe…
    salam…

  11. suspensi nyaman? ah yg bener?

    kalo tdk ngayun sih bener ,
    emmm aku sih nyebutnya agak keras

    agak ngeden di rpm bawah, kurang cocok utk dlm kota

    vixion lebih ngejambak utk dlm kota. dan lebih nyaman

    tapi desain sih jauh

  12. Bang, kira2 klo beli ni Pulsar taun ini msh worth gak ya, soalnya lg diskon gede2an dr kawasaki, harga barunya 15.9 juta.
    Saya berniat membeli motor baru dgn budget segitu 16jtan, target awal sih matic kyk soul gt 125, ternyata waktu di mall, liat ni motor harganya sama, jd galau hehehe 😛
    mohon sarannya bang

  13. ya bang di kota q juga gi ada diskon besar-besaran,,,,harga kwasaki 200ns y,, 15.9 juta. kali ne saya berniat membeli motor yg bkan bebek…. mohon sarannya,,,klw abng mengsampingkan gensi dan harga,,, yg mana abng pilih vixion 2015 atw 200ns rakitan tahun 2014…?

  14. update harga p200ns di bekasi OTR 15juta. kata salesnya stnk jadinya sebulan, lama amat ya. worthed ga kalo ditukar sama vario 150? maksudnya vario 150nya dilego dulu

Yuk Tinggalin Jejak Lads..