Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Akhirnyaaa bisa bikin artikelnya lengkap juga hehe, nunggu foto foto yang ciamik soalnya biar mendukung isi artikelnya wkwkwk.. Sooo Kamis kemarin di Sentul Karting (Sentul kecil), KBY dan para sahabat blogger vlogger didaulat untuk Test Ride Yamaha NMax “Turbo” sekaligus juga NMax Neo! Salut sama tim Yamaha Indonesia yang sama-sama “Turbo”-nya kaya si NMax, sat set sat set maraton event hampir setiap minggu loh! Kasih dua jempol dulu dooongg.. Sooo gimana impresinya? Cekibrot di bawah ini, videonya juga udah ada loh.

ALASAN SENTUL KECIL

Diinfokan oleh tim Yamaha bahwasanya awalnya rencana Test Ride Yamaha NMax “Turbo” dan Neo tersebut akan diadakan di Sentul Besar alias Sentul utama, namun setelah inspeksi dan tes langsung, tim tidak merekomendasikan kawan kawan media, blogger dan vlogger untuk melakukan tes ride di sana dengan pertimbangan keselamatan, yes lads, lagi gak bagus lah treknya.

Blessing in disguise sebenarnya Sentul Kecil juga sudah sangat memadai untuk mendapatkan impresi stop n go berkat banyaknya tikungan, tentu saja kalau top speed gakan bisa di raih di sirkuit ini, terlalu pendek. So justru untuk KBY pribadi, trek ini mampu menerjemahkan kemampuan dari “Turbo” NMax, yaitu perpaduan YECVT, Riding Mode serta Y-SHIFT nya..

Test Ride Yamaha NMax “Turbo”

Tentu saja sebagai bintang utama, kita akan membahas Yamaha NMax Turbo series terlebih dahulu, dan di luar dugaan, Tim Yamaha Indonesia memberikan dua flagship nya di sesi Test Ride Yamaha NMax “Turbo” kali ini!! Varian Tech Max yang speedometernya sudah seperti XMax juga jok dengan European style yang sangat ergonomis dan empuk, serta satu lagi yakni NMax Tech Max Ultimate yang sudah pakai performance damper!

Ada 3 baris dalam sesi test ride.. baris pertama berjejer 3 unit NMax Turbo Tech Mach Ultimate – di sini KBY berada bersama Aripit dan Indoride. Baris ke dua ada 3 unit Tech Max dan di belakang ada 3 unit NMax Neo alias Non Turbo.

Kita keliling total sebanyak 10 lap, dengan lap pertama sebagai perkenalan kemudian setiap 3 lap akan masuk pit untuk mengganti tunggangan.. Jadi setelah masuk pit pertama kali, KBY, Ari dan Indoride Alki langsung ke barisan paling belakang dimana NMax Neo sudah menunggu. Yang numpak Neo geser ke depan nyobain Tech Max, dan yang sudah pakai Tech Max melipir ke paling depan mencoba Ultimate. Kebayang ya??

NMAX TURBO ULTIMATE

Di awal KBY gak sadar (tepatnya lupa) kalau ultimate itu sudah pakai Performance Damper yang efeknya mampu mengoptimalkan handling dan kestabilan berkendara. Jadi untuk NMax Turbo Tech Max akan disatukan saja review-nya karena hanya berbeda tipis di handling.

Yamaha Nmax Turbo

Catatan: Status Riding Mode yang terekam oleh motor adalah yang terakhir digunakan. Misal kita terakhir pakai T Mode dan kemudian mesin dimatikan/kontak off, maka ketika kontak kembali di ON-kan riding mode akan nongol T Mode. Begitu juga dengan mode S. Jadi pada dasarnya Riding Mode itu selalu ON.   

Riding Mode disetel ke Mode S, ini di dalam trek, ngetesnya ya maksimal, gak perlu lah mode T yang santuy wkwkwk.. Tentu saja begitu keluar pit yang ditemukan adalah trek lurus dulu, di sini dengan dipandu oleh Marshall, kita pelan pelan mengenal trek dulu. KBY manfaatkan dengan mencoba terlebih dahulu automatic SHIFT yaitu dengan cara langsung full throttle – dengan gaya tersebut Y-SHIFT sudah otomatis naik satu tingkat (SHIFT 1)

PERFORMA – HENTAKANNYA NYATA!

Hentakannya terasa! Namun untuk merasakan “tendangan Turbo” berikutnya dari NMAX TURBO terutama SHIFT 3 memang butuh trek yang lebih panjang dari lurusan Sentul Karting ini. Oleh karena itu “tendangan Turbo” ini maksimal paling terasa di SHIFT 2 dan itu sudah membuat KBY tersenyum karena hentakan “TURBO” tersebut NYATA adanya – BUKAN SEKEDAR GIMMICK. Kalaupun kita paksa ke SHIFT 3 maka tendangannya kurang terasa, karena baru sebentar sudah harus mengurangi kecepatan untuk berbelok ke kanan..

Secara performa, mesin LEXI 155 VVA baru yang ikut tertanam di semua varian NMax 2024 ini yang KBY rasakan selain lebih responsif ketika gas dipuntir karena ada kenaikan 0.3Nm dari 13.9Nm menjadi 14.2Nm – dibanding mesin NMax gen 2 – namun tetap halus.

Betotan di trek lurus maupun ketika digas keluar tikungan responsif.. Dari sisi ini seharusnya sudah menjawab keluhan para pemakai mesin gen 2 yang dianggap lemot (padahal hanya lebih smooth aja sih tarikannya).

THE ENGINE BRAKE IS REAL!

Nah justru bagi KBY pribadi – masuk tikungan ini lah yang dinanti, pokoknya setelah ngegas dan mau masuk tikungan, itulah yang dicari karena mau Test Ride Yamaha NMax “Turbo” dengan memanfaatkan dan merasakan DOWN SHIFT menggunakan Y SHIFT dari teknologi YECVT yang berefek pada ENGINE BRAKE!

Hasilnya? REAL..!! The Engine Brake is REAL Hahaha.. asik bangeetttt, laiknya motor manual yang menurunkan gigi untuk mendapatkan Engine Brake alias pengereman dari mesin untuk mengurangi beban kerja rem dan membantu deselerasi, DOWN SHIFT dari YECVT NMax Turbo ini sangat terasa hahaha.. canggiiihhhh.. Tapi tentu saja sebagai catatan, tak seperti motor sport atau bebek yang bisa maksimal ke gigi terendah – hingga kadang membuat ban belakang mengunci/ sliding, akan ada sensor yang membaca ketinggian RPM di NMax ini.

test ride NMax Turbo

Maksudnya, kalau sensor membaca RPM terlampau tinggi untuk melakukan UP SHIFT maupun DOWN SHIFT (engine brake) menggunakan Y-SHIFT, maka sampe keriputpun ditekan itu tombol, tidak akan ada yang terjadi. Ya ini memang untuk mencegah OVERREV yang bisa merusak komponen mesin maupun CVT-nya. Jadi feelingnya sih menurut KBY mirip kaya motor yang sudah pakai SLIPPER CLUTCH. ENgine brake-nya halus.

test ride NMax Turbo

Asiknya, dengan adanya efek Engine Brake ini, kita jadi jarang menggunakan rem ketika sesi test ride Yamaha NMax Turbo ini lads, karena engine brake dari Y SHIFT nya sudah cukup, kecuali memang masuk tikungannya terasa lebih kencang maka engine brake wajib dibantu dengan pengereman.

HANDLING

Dengan menggunakan performance damper tentu saja handling Yamaha NMax Turbo Tech Max Ultimate ini sangaaaaaat anteng..Masuk dan keluar tikungan membuatnya sangat tenang tanpa gejala over maupun under steering.

test ride NMax Turbo

Namun si Tech Max biasapun tak kalah solidnya, sangat mirip dengan Ultimate yang menggunakan performance damper. Kemungkinan akan lebih terasa jika dilakukan test di Sentul Besar atau pada saat turing nanti ya.. Lagi pula adanya TCS alias Traction Control System (mulai di NMax Turbo) membuat gejala selip tidak ditemukan saat sesi test ride ini.

test ride NMax Turbo

YAMAHA NEO STD

Bagaimana dengan Yamaha NEO? Nah yang dites oleh KBY dan kawan kawan ini merupakan NEO standar dengan kunci kontak biasa. Handlingnya khas Yamaha yaitu sigap dan lincah dan mirip dengan NMax pendahulunya. Tanpa adanya TCS dan ABS dual channel yang terasa dari NMax Neo ini memang ada sedikit gejala oversteer ketika kita sedikit push di tikungan, yaitu gejala kepala alias setang maunya lurus aja.. celeng kalau istilah di otomotif wkwkwk

test ride NMax Neo test ride NMax Neo

Tapi semuanya aman terkendali, meski ada gejala oversteer tersebut, dengan hanya sedikit koreksi saja yaitu dengan mengurangi gas/throttle, maka si moncong NMax NEO bisa dengan mudah dikendalikan dan mengikuti racing line.

test ride NMax Neo

Performa mesin tentu saja sama dengan versi Turbo, kan yang membedakan ada di YECVT, riding mode serta Y-SHIFT. Namun harus diakui, NMax Turbo ketika gas dibuka full kan otomatis mengaktifkan SHIFT 1, jadi efek dorongannya lebih nyata dibanding NMax NEO.. sehingga jika diadu akselerasi, NMax Turbo akan menang (cek gambar di bawah).

ERGONOMI DAN PENGEREMAN

Wah sampai lupa bahas ergonomi yak wkwkwk.. Yang KBY rasakan NMax 2024 ini baik versi Tech Max, Ultimate maupun Neo joknya terasa lebih pendek, memang masih jinjit akibat permukaan jok yang lebar demi kenyamanan, tapi jinjitnya normal aja, umum. Tapi setelah dipikir pikir kan NMax emang pendek, kebiasaan bawa XMax sih wkwkwkk..

Segitiga ergonomi juga masih khas NMax, nyaman dan agak sedikit sporty berkat setang yang agak ke depan, kalau PCX kan memang lebih ke pengendara ya arah setangnya, lebih ke arah santai. Posisi kaki juga banyak, tidak ada yang berubah di sini masih khasnya NMax lah.. mantap

test ride NMax Turbo

Sektor pengereman, karena ini semua unit tes adalah unit baru, belum ada yang sampai 1000 kilometer, bahkan masih di bawah 500, maka pengeremannya masih terasa dalam proses bedding in, pun demikian tidak ada isu sama sekali di sini, terutama bagi NMax Turbo, karena pengeremannya sangat terbantu oleh Engine Brake di YECVT dan Y-SHIFT. Khusus Neo ya mau gak mau tiap masuk tikungan ngerem lah wkwkwk, dan respon remnya oke punya.. dipake keliling 10 lap (bahkan lebih kalau semua peserta dihitung), tidak ada gejala fading tuh.

KESIMPULAN

VERY NICE JOB INDEED YAMAHA!! Kita disuguhkan sesuatu yang benar benar baru di dunia otomotif kelas roda dua 150cc.. dimana selama ini – setelah era VVA dan 4 klep – ya begitu begitu aja ya, main fitur.

Coba pikirkan, teknologi macam YECVT, riding mode, Y-SHIFT ini sebelumnya hanya bisa dinikmati di kelas atas – yang gak murah juga lah pastinya kalau kita beli produknya. Kini di kelas 150cc, iya 150 cc loh.. kita bisa ikut menikmati dengan harga yang masih masuk akal..!!

NMax Turbo Tech Max Ultimate dengan Performance Damper harganya 45.25jt, masih kemahalan? Ada Tech Max dengan harga 43.25jt, ga butuh speedometer canggih? Cuma butuh YECVT alias Turbonya? Ada Turbo TECS Non ABS seharga 37.75 juta. Mau model dan mesinnya aja yang baru? Oh ada NMax Neo tuh, tipe S harga 33,7jt, bahkan kalau ga butuh smart key ada Neo STD seharga 32.7jt.. Gimana? Lengkap kan??? Stay tune ya test ride turingnya..

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

15 KOMENTAR

      • Iyaiya, dan Eneghmakk serta Ngaerox yang tersedu2 memandang spakbor belakang Pariyem 160 yang konon mereng ituhh.. Wakakak. Oiya itu di sirkuit besar ya, bukan sirkuit Open Wheeler Kate eh Karting 🤣🤣🤣

  1. Produk bagus nih … tes di sirkuit karting Sentul udah bikin senyum Mang Kobay

    Ditunggu tes turing nya – boncengin Alki Indoride yah Mang wkwkwkwk

  2. Pak eka malah kebingungan karena banyaknya kata2 yang positif ditulis mang kobay , ataukah masih deg2 an takut disalip v125 yang rider-nya cuman pake kaos oblong posisi badan tegak plus pake sendal jepit ? 😂
    Sebagian dana untuk Sentul besar yang dialihkan ke Sentul kecil bisa buat nasi kotak , air mineral dan kue subuh Senen 😂
    Tapi tenang…masih akan ada tes tes selanjutnya yang sudah diprogram mang kobay dkk.
    Tes :
    Turbo vs Neo
    Turbo vs vareox 155
    Turbo vs PCX
    Turbo vs Vario
    Semua yang diatas sekalian diadu

    Lexong dan ADV boleh ikut
    Entry level boleh nyusul jadi penggembira 😂

  3. Modif sistem yecvt buat 6 speed bikin full manual pake tombol. Rasio pulley gak berubah kecuali pencet tombol biar seperti motor manual.

  4. Apakah Mang kobay sebelum nulis artikel ini ada bisikan atau ajakan atau apalah gitu Dari panitia? Cuman nanya ya Mang xixixixi…

  5. Secara tekhnologi mesin , sebenarnya Yahama tetap masih bisa update , namun dalam kasus beberapa tahun belakangan ini jadi mentok gegara susunan kabinet yang ‘ terlanjur ‘ 😂 akhirnya jalan yang ditempuh adalah dengan asist .
    Pertama emblem PeaPea
    Kedua emblem ngibrit Pahe
    Yang sekarang emblem ‘ Turbo ‘
    Buat naikin CC adalah keputusan akhir yang genting dan harus sangat hati2 .
    Udah pake ‘ Turbo ‘ ..( walau si turbo hanya pancingan buat ngegaet konsumen Neon kunci laci ) namun perbulannya masih kek gitu aja , berarti ‘ Turbo ‘ nya ngemp😂ss ….efek si ‘ Turbo ‘ gak ngaruh ..hidup harus berlanjut… Akhirnya keputusan bengkel pinggir jalan untuk naikin CC sebagai jalan terakhir yang kritis mungkin dilakukan.
    Gimana ga kritis , CC naik makin kencang dari si ‘ Turbo ‘ tapi harga mau ga mau disamain ( murahin ) jadi bahan tawaan sepanjang jalan 😂

    • Beli harga tinggi .. efeknya sampe 60-70 kmh saja …biayanya jauh lebih mahal dan fatal 😂
      roller mbeat turun 2 gram si 110 juga bisa nyamperin .
      Btw , Siasiasil kayaknya jualan gagal dan sekarang diganti cermin biar fby bisa ngaca sambil moles rambut pake rembesan oli.
      Awas cermin nya retak 😂

  6. Dari matic / otomatis downgrade jadi :
    – Semi otomatis ( jika hanya komputer yang kerja jari tangan diem dari tuas / tombol )
    – konvensional / manual jika jari tangan bekerja untuk tuas / tombol .
    Wong jarinya nyentuh kabel , ya memang bukan kabel Sling ..tapi kabel elektrik 😂

  7. Kalu ntaran udeh di tes / di-adu nih, balapan drag ato apalah gitu antara New NMax versus para Nemesis dari kompetitor, sebut saja Honda eh Bunga

    Umpama menang dalam tes – harusnya sih penjualan bisa meroket yah

    Umpama imbang apalagi kalah – yaa gmana yaaa

  8. Karena katanya “Turbo” punya definisi yang luassss, maka perlu dipastikan apakah di sirkuit karting kemarin😁 yang dirasakan apakah sensasi Kacang Turbo? Kipas angin Turbo? Rice Cooker Turbo? Mohon pencerahan 🤣🤣🤣🤣 #sirkuitKarting😇

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini