Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Kembali Yamaha menerapkan teknologi baru di dunia yang terpasang di kelasnya! Yak garisbawahi di kelasnya loh ya, karena kalau di atas kelas NMax, teknologi ini – yaitu Electronic CVT – bukanlah barang baru, sudah ada di Suzuki Skywave 650 alias Burgman 650 serta Yamaha Majesty 250. So untuk kelas 150-an cc, maka Yamaha NMax “Turbo” memang menjadi yang pertama di kelasnya, sama seperti penerapan VVA pada NMax generasi pertama beberapa tahun ke belakang. Kali ini kita bedah teknologi seperti apa “makhluk” YECVT yang dilabeli “Turbo” tersebut, sekaligus merasakan sensasinya ketika Y-Shift digunakan untuk akselerasi maupun deselerasi/ engine brake plus hasil dyno test! Cekibrot..!!

Bedah Teknologi Yamaha NMax “Turbo”

Secara teknis KBY kurang mampu menjelaskan fitur YECVT + Y-Shift alias “Turbo” meski kalau menonton dan mendengarkan sih paham wkwkwk.. Kalau begitu silakan ditonton dulu urusan teknis dari Yamaha Electronic Continously Variable Transmission ini melalui video di bawah, jangan lupa like, subscribe dan share yak wkwkw..

Memang penamaan “Turbo” pada Yamaha NMax Turbo ini menjadi sangat viral di dunia perotomotifan yak, meski tentu saja efeknya pro dan kontra serta debatable. Ngaku Turbo kok gada keongnya.. kok gada suara stututu atau encusss-nya dan lain sebagainya wkwkwk..

Yamaha Nmax Turbo

Tapi yaaaa penamaan Turbo yang tidak ada perangkat maupun piranti force induction alias pasokan udara paksa yang menempel pada kendaraan tersebut bukanlah hal yang pertama, mau di dunia otomotif ataupun lainnya. Contoh Porsche Taycan Turbo, gada keongnya sama sekali. Di dunia makanan ada kacang turbo, wkwkwk..

Gimmick pemberian nama yang terkesan “bombastis” pun pasti acapkali kita dengar, misal Suzuki Tornado, gada Tornado alias puting beliung-nya, Yamaha Force 1, adanya YPCS bukan pesawat Jet… Teknologi Jet Cooled Suzuki, gada mesin jet-nya, Honda Sonic? Larinya gak Sonic-Sonic amat dan lain sebagainya..hihihi

YECVT + Y SHIFT – SERASA HONDA JAZZ

Begitu KBY mencoba langsung di atas mesin Dyno serta menggunakan Y-Shift nya, yang teringat langsung adalah si Kuro Honda Jazz GD3 i-DSI CVT!! Mengapa? Karena sensasi serta fitur yang ada memang paling mendekati dan sangat kental ke pikiran serta hati ya mobil itu.

Honda Jazz GD3 milik KBY tersebut bertransmisi otomatis CVT dengan fitur 7 speed steermatic dimana ketika kita aktifkan mode tersebut maka ECU (sensor transmisi) akan membuat seakan akan si CVT memiliki 7 kecepatan, itu mengapa Honda menyebutnya sebagai “virtual gear” 

baca: Mengenal 7 Speed CVT Honda Jazz GD3

Perbedaannya paling jelas ada pada tuas atau tombol “SHIFT” atau “Paddle Shift” nya.. Di Yamaha NMax Turbo hanya ada satu, dan digunakan sebagai “PLUS” alias menaikkan gigi maupun “MINUS” untuk menurunkan gigi.. Semua tergantung Gas/ Throttle serta ketinggian RPM-nya.

Proteksipun hadir ketika sensor mendeteksi RPM Yamaha NMax Turbo tersebut terlampau tinggi, maka Y-Shift tidak akan berfungsi meski ditekan berkali kali. Proteksi ini berlaku untuk kondisi UP SHIFT maupun DOWN SHIFT (engine brake).

HASIL DYNO TEST YAMAHA NMAX TURBO

Saat KBY yang menaiki, memang konsentrasi pada sensasi “turbo” dari NMax Turbo – bukan pada angka hasil di dyno test, efeknya memang sangat terasa terutama ketika riding mode disetel pada posisi S – baik untuk UP SHIFT maupun DOWN SHIFT. Sedangkan ketika di mode T, minim aja efeknya. Ini persis seperti pada mode D atau S di Honda Jazz GD3 CVT.

Sementara untuk angka angka pada hasil dyno test Yamaha Nmax Turbo dilakukan langsung oleh pembalap Rey Ratukore.. Hasilnya sungguh mengejutkan! Antara mode T, S dengan S plus Y-Shift bisa berbeda! Tentu saja angka terbesar diraih ketika menggunakan mode S dan menggunakan Y Shift. Cekibrot videonya di bawah yaaaa… Tunggu test ridenya dalam minggu ini loh.

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog

9 KOMENTAR

  1. Ditunggu juga adu ngetrack nya mang kobay 😂
    Nyemex turbo
    Nyemex Neo kunci laci
    Nyemex suntix silikon ( siap daur ulang )
    Pcx160
    V160
    Vangerox
    All stock , jangan lupa tekanan angin ban disamain….jangan ada yang sampe 40 an psi
    15-20 x bolehlah 😂

  2. Manual sama matik serta yg ada tiptroniknya memiliki power yg sama(di spesifikasi kertas), hasil dilapangan beda jauh performanya

  3. Turbo ini bukan jualan yahama , hanya produk penggembira.
    Jualannya ya Mio Neo dengan kunci lacinya 😂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini