SYM MaxSym TL508 2022

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Bagaimana kalau ada skutik moge, bongsor, 500cc dua silinder, pada singkatnya selevel dengan Yamaha T-Max deh, tapi harganya di Indonesia tidak sampai 200 juta? Kira kira bakal booming gak? Apalagi nama atau merek produk ini sudah terkenal terutama bagi konsumen Eropa sana. Yak, dia adalah SYM MaxSym TL508 2022! Kok bisa harganya terpaut jauh gitu kalau memang benar selevel? Jangan jangan minim fitur alias seadanya saja? Makanya, kuy simak lebih lanjut dulu yuk skutik mewah yang punya desain menawan ini.

SYM MaxSym TL508 2022

Sejatinya skutik ini sudah diperkenalkan di ajang pameran otomotif dunia, EICMA Milan di penghujung tahun 2021 lalu.. dan juga sebenarnya sudah open order oleh MForce Indonesia di GIIAS, juga akhir tahun lalu. Nah di sini lah harga tersebut dapat terungkap, yak harga jual di Indonesia lads. Tapi sebelum menuju ke sana, kita bahas dulu spesifikasi dan fitur dari SYM MaxSym TL508 ini.

DESAIN

Gak perlu diragukan, siapapun yang melihatnya pertama kali pasti akan jatuh cinta, dijamin suka! Desainnya gak perlu bikin dahi berkerenyit dan beberapa waktu kemudian baru bilang, oh bagus juga ternyata, no, no, tidak.. sekali lihat pun akan langsung kesengsem.

Maksud KBY adalah, desainnya langsung enak dilihat layaknya skutik moge yang keren keren pada umumnya, misal Honda Forza 750, Yamaha T-Max 500, Kymco AK550 dan lain lain. Kalau saudaranya yang beredar di sini seperti MaxSym 400 dan Max Sym 600, kaya udah lawas modelnya dan butuh waktu untuk suka.

Pun demikian, bagi mereka yang lebih suka desain sleek dan sophisticated, mungkin akan kurang suka dengan Sym MaxSYM TL508 terbaru ini, pasalnya memang terlampau banyak tekukan dan sudut tajam, terlalu bulky, berlebihan jatuhnya. Tapi tetap gagah sih, tidak ada yang salah kalau dari desain.

Wajahnya seperti skutik modern kekinian yang agresif dan sporty dengan dua buah cluster headlamp yang ditotal menjadi 4 buah, jika diperhatikan dengan Maxsym TL500 versi sebelumnya, sepertinya tidak ada perubahan signifikan ya? Hanya terlihat berwain warna, termasuk pemilihan suspensi depan upside down yang di versi 2022 menjadi berwarna emas.

SYM Maxsym TL500
MAXSYM TL500 lawas
SYM MaxSym TL508 2022
SYM MaxSym TL508 2022

SPESIFIKASI SYM MaxSym TL508 2022

Nah ternyata ini yang berubah signifikan lads, yaitu sektor spesifikasi mesin. Untuk versi 2022, SYM MaxSym TL508 kini kapasitas mesinnya menjadi 500cc murni, tepatnya 508cc 2 silinder. Pada versi sebelumnya, nilai atau angka 500 itu hanya dibulatkan ke atas, kapasitas mesinnya sendiri hanya 465cc inline twin cylinder DOHC berpendingin cairan, masih pakai regulasi emisi gas buang Euro-4 skutik ini mampu mencapai power maximum diangka 30 kw / 6750 rpm dan torsinya 42.5 Nm / 6250 rpm.

Dengan angka murni 508cc, kini skutik moge mewah versi SYM ini masih menjadi yang paling lemot diantara keluarga moge skutik lainnya, tapi setidaknya peningkatan tenaganya lumayan, menjadi 33,5 Kw atau setara 45,5 Ps pada putaran 6750 rpm dan torsinya pun menjadi lebih jengat dari hanya 42,5 menjadi 49,9 Nm pada putaran 5250 rpm. Skutik gambot asal pabrikan Taiwan ini punya bobot 227 kg, tinggi jok yang cukup ramah bagi rider Asia yakni hanya 795 mm saja.. Kenapa sih gak 525, 530 atau 550 sekalian ya?

Oia, ada yang tetap dipertahankan yaitu penggerak rodanya, yaitu menggunakan rantai, bukan Drive-belt seperti kedua pesaingnya. Pun begitu systemnya masih menggunakan sistem CVT seperti skutik pada umumnya. Dan juga system suspensi belakang masih versi lama, single sided multilink yang dipadukan dengan kaki-kaki gambot berukuran 120/70-15 inch dibagian depan,dan160/60-15 inch dibagian belakang yang membuatnya tampak sporty.

FITUR

Spesifikasi berubah ternyata fitur juga ikut ada peningkatan. Di versi lama tidak ada keyless, keterlampauan memang, moge kok masih anak kunci aja, nah di SYM MAXSYM TL508 2022 terbaru ini barulah SYM memberikan model keyless smart key tentu dengan remote lads.

Tersedia pula port USB Charger tipe 3.0 untuk melengkapi keunggulan motor ini seperti suspensi depan Upside down warna emas, double front disc brake dengan Antilock BRaking System, adjustable windscreen, panel speedometer TFT warna yang keren dan mewah juga lampu-lampu yang sudah serba LED baik lampu depan, rem, DRL hingga lampu seinnya.

HARGA

Kini sebagai penutup barulah kita bahas harga. Saat KBY mengunjungi pabrik SYM di Cikarang belum lama ini, KBY ngobrol dengan salah satu management dari PT MForce Indonesia selaku ATPM SYM di Indonesia. Di GIIAS, meski MAxsYM TL500 tidak dipajang, namun brosurnya ada, dan 10 unit ludes dimana baru akan datang pada bulan Maret – April tahun 2022 ini.

SYM MaxSym TL508 2022

Harganya? 180 jutaan saja! Murah ya? Ah tapi sayang, ternyata itu model lama, dalam arti bukan versi TL508 ini lads, masih yang 500cc lama, jadi tidak akan ada keyless dan remote. Pun demikian sumber yang enggan disebutkan namanya tersebut berkata, unit MaxSYM TL500 tersebut merupakan NIK 2022, artinya memang versi lama masih juga diproduksi di Taiwan lads..

Ah nunggu yang baru aja deh, dimana harganya saat di EICMA Milan tahun lalu itu ada di EUR 8,499 atau sekitar 135 juta.. sooo mohon bantuan dananya yaaaa…

Semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

27 KOMENTAR

    • Sym eropa??

      Sbagai orang awam ane anggapnya ni motor asalnya dari negri tirai bamboo..
      Eh nyatanya dari Taiwan toh.

  1. Mang kobay bahas tempe…minyak….sayurr …Galon dulu deh , skip beberapa hari bahas motor.

    Perasaan gua lagi terSobex Sobex
    😂

  2. Potongan cakep.. brand value perlu perjuangan👍…tapi kalah canggih apa Paijo Ngabuburit😇…Bukk.. sayur Bukkk!!!..petai jengkol pisang kepok ada semuahh🤭🤭🤭

Yuk Tinggalin Jejak Lads..