Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr… Nama Yamaha Fazzio yang sedang dibahas ramai memang masih simpang siur apakah sebagai pengganti sekaligus penerus dinasti Yamaha Fino atau produk selipan di bawahnya. Bola liar tebak tebakan tersebut dapat terlihat dari berbagai aspek, dua diantaranya adalah penampakan gambar patent dan juga harga Off the road yang terdaftar. Dengan adanya banyak faktor tersebut maka dapat tercium strategi Yamaha akan produk baru tersebut, bisa jadi akan menggempur dua produk kompetitor sekaligus, Honda Genio dan Scoopy! Bonus galeri penuh warna hasil olahan digital.

all new fino all new gran filano

Di awal KBY hanya berpegang pada dua faktor mengapa calon skutik baru Yamaha ini akan mengganggu Honda Genio. Yang pertama desain, kita semua sudah tau lah seperti apa desain Yamaha Fino, lawan dari Honda Scoopy. Melihat sosok Yamaha Fazzio atau apapun namanya nanti, KBY tidak melihat adanya jejak maupun DNA dari sang Fino, jadi produk ini sangat besar kemungkinan merupakan model yang benar benar baru. Meski tetap saja, terserah pabrikan lah ya ujung ujungnya.

Kedua dari bocoran gambar harga di atas yang membuat kita bisa mengutak atik prediksi harga jual On The Road-nya nanti. Memang harga yang tertera dapat dikatakan masih benar benar dasar, setau KBY belum ada faktor X lainnya seperti biaya marketing/iklan, pajak, cuan apapun lah namanya – cmiiw. Jadi atas dasar harga dan desain lah KBY melihat Yamaha Fazzio ini diarahkan untuk melawan Honda Genio.

Namun salah satu pengunjung sekaligus komentator mangbro NiceGuy gak setuju, dan pada dasarnya opini beliau sangat masuk akal, jadi kenapa kita tidak mengolah informasi bocoran halus tersebut menjadi prediksi yang lainnya untuk Fazzio? Kuuuyy..

YAMAHA FAZZIO VS HONDA SCOOPY?

Kita lihat dari desain dulu dengan baik baik, jika dibenturkan dengan Honda Genio, memang Yamaha Fazzio ini masih “terlalu mewah”, terlalu lengkap jika hanya ingin dibenturkan dengan Scoopy versi Lite tersebut, cek saja ada dua kantong besar, salah satunya dengan penutup.

all new fino all new gran filano

 

PREDIKSI FITUR

Faktor kedua adalah fitur, dimana dalam bocoran desain patent tersebut juga terlihat adanya fitur keyless, dimana jagoan Honda tersebut belum memilikinya. Artinya dari sisi fitur yang terlihat saja Genio sudah bukan lawan dari Fazzio. Kemudian meski belum terlihat, namun speedometer diindikasikan akan selengkap Scoopy. Lampu rem bisa jadi sudah LED.

Jadi kalau kita lihat dari gambar, Yamaha Fazzio akan memiliki fitur fitur antara lain:

  • SSS (ada tombol di setang kanan)
  • Speedometer kemungkinan full digital atau perpaduan classic (jarum) dengan fitur lebih lengkap
  • Kemungkinan lampu rem LED – depan sudah pasti
  • Tuas hazard (ada di foto)
  • SSS (Smart Stop System)
  • Dua buah hook

Dan faktor terakhir adalah kapasitas mesin. Ini bukan harga mati sih, kenapa? Cek Yamaha Mio, berapa kapasitas mesinnya? 110? Oh mohon maaf lads, udah gada lagi tuh mesin di bawah 125cc di Yamaha. Mio memiliki mesin 125cc tapi apakah lantas dia menjadi lawan Vario 125? Faktanya gak, Mio itu vs Beat.

Apapun itu, yang dibahas ini masihlah berupa mentahan, prediksi, bisa benar, tentu juga bisa salah. Strategi Yamaha malah bisa diprediksi bagaikan menepuk dua tipe milik kompetitor dalam satu model produk, tinggal bermain di kelengkapan fitur dan harga jual. Versi murah akan menjadi lawan Genio, versi terlengkap akan melawan Scoopy.

Atau kalau gak terima juga sebagai lawan Genio, okelah Yamaha Fazzio 2022 ini sebenarnya diciptakan untuk menghadapi Honda Scoopy, apakah artinya fix goodbye Fino? Sementara itu silakan dinikmati dulu warna warnanya gubahan dari dece stiker yang dikirimkan ke KBY via Instagram.

Semoga bermanfaat lads. Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article… Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: [email protected]
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
YT: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSLTV]

62 KOMENTAR

  1. Kalo boleh ya Mas Kobayogas, tolong ditambahi juga fitur baru Yamaha yaitu UBS,(Unified Brake System), semacam fitur Yamaha yg mirip2 CBSnya Honda. Yamaha Ray ZR yang dijual di India aja sudah memakai fitur ini.

    • Karena india mengikuti aturan eropa,yg mengharuskan motor tanpa ABS,harus ada fitur sejenis CBS..yamindo itu beda dengan yamindi yg mengutamakan fitur keselamatan..
      Jadi teringat fiturb ngemis di lamer(ISS) yg jadi BC an beye,yg sekarang ngikut juga..jangan bahas pbl dan side switch stand..

    • Kalo menurut ai fitur CBS itu ga guna dan seriusan bahaya kalo di jalan turunan licin…pengalaman gitu soalnya

      • masih gak ngerti kenapa bahaya, toh porsi rem depannya cuma dikit kan?

        lagian masih banyak orang bego yang cuma berani ngerem pake rem belakang tanpa rem depan kan, nah makanya itu CBS dibikin.

        • Karena rem depan ketarik dikit ada yang ngerasa ngeloss dan narik rem depan lebih dalem. Ujung2nya slip

          • tetep gak ngerti kenapa harus pake rem belakang lebih dari rem depan untuk beberapa orang…

            ya kenapa cakram depan lebih gede dari cakram belakang? dan kenapa ada motor (bahkan mobil) rem depan udah cakram belakang masih tromol?

            saya 3 tahun pake PCX yang CBS jarang pake banget tarik rem belakang,
            mungkin kebiasaaan pake cbr dulu sih ga pernah pake rem belakang.

            saya yakin merk se gede honda (dan cbs udah banyak yang pake kan selain honda) tetep pasang ini karena emang lebih baik dibanding gak pake.

          • kemungkinan CBS dibenamkan di metik honhon, karena survei, mayoritas pengguna metik di kota besar(survei bukan hanya di indonesia,tp juga my,th,vn,ph)yg jalanan halus, tanpa kerikil berserakahan.. tp CBS menjadi momok menakutkan di jalanan aspal berkerikil, jalan batu, jalan tanah, apalagi dikombinasi hujan..itulah kenapa di motor SE diameter cakram blkg lebih besar dr depan..

        • Boleh nimbrung diskusi dikit.

          Cbs / Ubs adalah kemajuan / Tekhnologi Keselamatan dibanding kinerja tipe rem konvensional …terkhususnya bagi ” Rider Pemula “.
          Namun menjadi lebih baik ditangan yang sudah terbiasa bermotor .
          Cbs H penempatan diTuas kiri
          Ubs Y penempatan diTuas kanan. ( Saya belum ngerti diindia tsb rem belakangnya diTuas kanan atau hanya penempatan Ubs nya yang dikendalikan dari tuas kanan )
          Cbs bekerja saat tuas kiri ditekan..dengan mensuplai tekanan ke kaliper depan dengan porsi yang lebih sedikit daripada tekanan dari kaliper belakang ( jika di H infonya belakang 70 depan 30 persen )
          Saat tuas kanan rem depan ditekan …tidak ada efek Cbs yang artinya rem depan dengan tuas kanan adalah independen.
          ini juga berlaku di Ubs.
          Untuk entri level biasanya masih menggunakan kabel/kawat. Kalau dipcx /Adv udah hidrolis .
          Untuk musibah2 yang ada , penyebabnya bukan karena Cbs ubs atau bahkan ABS , tapi lebih kepada cara menggunakan pengereman tsb belum sepenuhnya paham.

          • Setau gua CBS punya Honda ini porsi remnya bisa disetting yg awalnya 30/70 bisa jadi 40/60. (Entah kalo punya Yamaha), kekurangan cbs atau sejenisnya ini pas kanvasnya udah tipis feel ngeremnya pun bakal jadi aneh kalo ga disetting ulang.
            Alasan kenapa porsi rem belakangnya lebih gede karna dimatic rem belakang ini penting banget soalnya matic ga punya engine brake.

          • ya iya lah porsi rem belakang lebih gede bro, kan jelas2 yang ditarik rem belakang atuh…..

            nah, kenapa harus ada CBS? yang kalo dipake rem belakang depan juga dapet porsi dikit? karena banyak orang bego yang cuma ngerem pake rem belakang tanpa rem depan (yang hasilnya rem belakang ngunci)

  2. Kerennn 1 peluru memukul 2 kepala sekaligus…

    Btw itu background model sena apa foto muda kobayashi san ya..😍😍😍😍

  3. Klo perkara stoplamp LED, diliat dari gambar2 spyshot di warung iwb kok kesannya dia msh bohlam ya mang? Pendaran cahaya di stoplamp cuma keliatan berfokus di satu titik doang, khasnya bohlam. Klo LED, cahayanya bakal keliatan titik-titik gitu, pendarannya lebih tersebar.
    Lagian klo mmg si fazzio ini bakal dislot di rentang segitu keknya sulit buat dia pake stoplamp LED, lah freego & lexi yg kelasnya diatasnya aja stoplampnya msh bohlam kok.

    Btw klo liat model keylessnya yg full circle khas kontak2 shutter yamaha yg lawas, bakal asik buat bahan modif nih. Klo kontak keyless milik aerox dkk kan dia boros tempat di tombol pembuka tangki/joknya.

  4. ini bahas yamaha terus pasti karena artikel zuragan yang nyaranin influensa2 supaya tobat ya?

    ini komen saya di artikel paijo sebelumnya.
    —————–
    ya intinya FBY gak terima kalo levelnya paijo diturunin, kalo menurut saya sih strategi harga itu menyesuaikan, lagian antara genio vs spooky cuma beda2 dikit kan.

    nah masalahnya yamaha berani ga ngasih harga sama kaya spooky si unyu2?
    kalo diset rendah so pasti lineup lain (dari yamaha sendiri) juga pasti terancam.
    Kalo diset sama atau lebih tinggi, yakin gak bisa gigit kompetitor?

    • FBY dimari kayaknya cuma si vision/blur/sonwep dimana itu katanya orang yg samaπŸ˜‚πŸ˜‚

      • Ibarat jualan ketauan dulu modalnya (offtheroad), pembeli harusnya juga bisa langsung nawar harga belinya (ontheroad) kan bang?? Masa mau mahal2…

        Gak mau dibilang ambil untung banyak..🀣🀣🀣

    • Klo ga salah gw baca dari bro S.o.s di madev, pino fix suntik mati diganti ini. Jadi kemungkinan besar paijo ini ganti posisi pino.dan harga mungkin sama atau mahalan dikit dari pino yg sekarang

  5. Baaaang. Ekaaa….. ( Suara dari belakang )
    Ya wiyah …..???

    1
    2
    3
    4
    5

    5 menit berlalu tanpa lanjutan , tanpa suara lagi tanpa menghampiri . Ada apa ya

    πŸ˜‚

  6. Klu di tempat Ane sini sorong papua barat, fino boleh dibilang jadi motor favorite bhkan komposisi vs scoopy boleh di kata imbang, terlihat dijalan raya maupun di parkiran sekolah nih motor bnyak bertebaran. Agak unik memang selara orang dsni kalian pasti ga percaya, sama ane sebagai orang yg kerja diluar kota suka mengamati perkembngan otomotif ga nyangka.

    Klu si fino di suntik mati sayang sih, secara potensinya masih bagus.

    • nah masalahnya di kota besar khususnya jakarta, yang penjualan kendaraannya jauh lebih banyak dari papua barat, fino bisa dibilang seret penjualannya.

      nah kalo emang yamaha masih punya gigi di sorong, gimana kalo kita bikin petisi supaya AISI bikin data penjualan khusus Sorong? siapa tau angkanya masih bisa nyenengin FBY.

    • Indonesia itu luas memang mang, kaya di Sulawesi, itu bisa dibilang base nya Yamaha…

      Nice sharing mang, ternyata di Sorong 11-12 ya Fino Scoopy

  7. ingat warna bukan asli hanya modifan kang pom bensin πŸ™‚
    bikin yahahan malah ancur biasanya

    headlampnya bagus btw, tinggal dibuktikan di mesin, sanggup ga ngelawan gen mesin matic 110 cc ndahon yg terbukti buandeeeeeeell

  8. Belakangan ini Saia jadi mikir …. Bahwa Y ngedisain motor menyesuaikan part yang udah ada.
    Sedikit contoh untuk motor diatas.
    Sepertinya lampu2 semua sudah ditawarkan vendor terlebih dahulu , baru kemudian Y mendisain motor menyesuaikan lampu2…akhirnya kurang klop jika dilihat secara keseluruhan.

  9. Kok gak terjadi peryerbuan ya?? Gak asikkπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ ada apakah ini?? Wakakak🀣🀣🀣

Yuk Tinggalin Jejak Lads..