GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Seperti janji KBY pada artikel first impression Nex Crossover beberapa waktu lalu, yaitu kalau diberi kesempatan mengetes jalan, akan mengupas selengkap mungkin skutik bergaya adventure tersebut. Alhamdulillah hari ini tanggal 16 Desember 2020, KBY meluncur ke Kota Wisata Cibubur guna menghadiri sesi test ride Suzuki Nex Crossover tersebut! Dengan fokus mencoba trek tanah liat dan gundukan, ini dia kelebihannya yang lads wajib tahu..! Scroll down!

Bertempat kumpul di Kopi Soul Promise wkwkw di kawasan komplek Kota Wisata Cibubur, KBY yang ditemani Sena hadir atas undangan PT Suzuki Indomobil Sales. Ya apalagi kalau bukan sesi test ride Suzuki Nex Crossover yang beberapa waktu lalu resmi rilis di Indonesia.

Untuk first impressionnya lads silakan baca artikel ini “Video First Impression Suzuki Nex Crossover, Apa Yang Beda?“. Semoga berkenan mampir sebelum lebih lanjut membaca artikel ini yes.. Videonya langsung KBY kasih di bawah..

So sesuai informasi dari PT SIS, ada 3 unit Nex Crossover yang akan digilir secara bergantian, KBY kebagian lewat dari jam 3 sore bareng Vandra MMBlog dan teman dari media.

Informasi tambahan dari lek Ari Pitstop yang sudah meluncur pagi pagi karena ingin mudik ke kampungnya, jika ingin ngetes “off-road” (tentu bukan off-road sesungguhnya) ada trek yang jaraknya sekitar 800 meter dari titik kumpul. So trek aspal dapat, trek off-road juga kena buat si Nex Crossover ini.. jadi bagaimana hasilnya?

Trek off road untuk Nex Crossover yang dimaksud lek Ari berupa lapangan tanah kosong dengan permukaan tanah liat, ada kering ada basah sisa hujan, dan gundukan bukit bukit kecil yang beneran cocok sih untuk mencoba performa suspensi dan ground clearance skutik bergaya adventure ini..

TARGET KONSUMEN SUZUKI NEX CROSSOVER

Suzuki Nex Crossover yang memang produk diversifikasi dari Nex II tersebut memang sesungguhnya tetap sebuah skutik perkotaan yang disulap sedemikian rupa agar mampu melibas kondisi on off, karena sesungguhnya Indonesia tidaklah selalu memiliki jalanan yang mulus toh?

Nah statement di atas menyiratkan target konsumen yang dibidik oleh PT SIS untuk Nex Crossover, yaitu, yang pertama dan target utama adalah mereka yang tinggal atau bekerja dengan melewati jalanan yang tidak bersahabat, skutik ini diklaim mampu menjawab keinginan mereka.

Target yang kedua adalah mereka yang memang senang skutik atau motor bergaya adventure, meskipun digunakan hanya di dalam kota atau city riding saja. Rentang usianya sendiri tidak dibatasi, bebas saja, mulai dari seusia Sena hingga KBY ini wkwkwk..

HASIL TEST RIDE SUZUKI NEX CROSSOVER

Okeeeyy sekarang kita langsung menuju hasil dari test ridenya, kondisi di lapangan sudah disebutkan ya? Mau aspal dulu atau off-road dulu? Off-road? Baiklah..

Dari sisi penampilan, Nex Crossover sudah dapat dikatakan sangat memadai kalau untuk sekedar terabas ringan, have fun iseng iseng nyari gundukan, jalan berbatu atau tanah liat. Ini karena ground clearance-nya yang diklaim tertinggi di kelasnya, shock breaker yang punya travel lebih panjang dan ban tubeless dual purpose. Cocok kan?

Berangkat dari titik kumpul, KBY dibonceng Sena menuju trek off road, wah ternyata kalau berboncengan empuk beud, tapi memang kalau ketemu jalan legok yang agak dalam sedikit mentok shock-nya, tentu ini tergantung bobot total pengendara dan penumpang ya. Kalau sendirian masih agak keras – tapi tetap lebih empuk dari Nex II lads..

Mencoba performanya mendaki gundukan di trek yang ada, beberapa kali dek bawah mentok sedikit pada kondisi gundukan yang cukup tinggi, karena ada suara srek halus, bukan DUK yang keras. Dengan gundukan berbukit yang tersedia, performa Suzuki Nex Crossover yang karakternya mirip motor overbore yaitu keluar di RPM tengah dan atas bisa dikatakan mudah untuk mendaki.

Cukup menemukan momen gas yang tepat, Nex Crossover gakan berhenti di tengah, nanjak aja dengan aman – cuma si Sena karena mungkin kalah pengalaman, belum tau selahnya wkwkwk, sempat ngeden sekali dua kali.. Sementara ban dual purposenya juga cukup mumpuni dalam memberikan traksi di area berbatu.

Di trek tanah, kalau mencari gaya buat sliding atau nge-drift, ban yang terpasang sih memuaskan, dalam arti cukup licin! Wkwkw.. tapi asik sih, so kalau mencari traksi total memang harus mengganti ban dengan model tahu, dijamin nge-grip abis!

Kinerja suspensinya layak dapat acungan dua jempol, yang terasa seperti KYB Zeto sub tank yang terpasang di Raras Nex II, tapi dengan travel yang lebih luas. Kenyamanannya bisa dikatakan setara!

Joknya juga terasa lebih empuk dari Nex II, KBY dan Vandra cukup yakin ini akibat lapisan jok dengan bahan baru, padahal menurut Suzuki tidak ada perbedaan spesifikasi pada busa. Fix Nex Crossover ini akan lebih nyaman dipakai jauh. Speedometer digitalnya tak pelak menjadi yang terkeren di kelasnya, sayang hanya ada trip A, B dan voltmeter, andai lengkap kaya GSX series, wah bakal jadi nilai lebih banget!

Bagaimana dengan trek aspal? Wah sama enaknya, fix lebih enak daripada Nex II.. Kata Sena, coba kita punya yang ini Pih, lah gimana cerita dulu kan belum ada wkwkwk.. Soal tenaga, yang kami rasakan tidak ada perbedaan dengan Nex II. Saat digeber kembali ke titik kumpul, kebetulan KBY yang bawa, digeber gas pol cukup lama mencapai angka 80. Apakah karena kami berdua berat? Wkwkwk..

KESIMPULAN

SIS dapat dikatakan sukses berat menciptakan skutik dual purpose ini, karena sesuai tujuannya – sudah didapat, nyaman sudah pasti karena shock berbeda dan setang yang juga sangat berpengaruh ke kenyamanan dan handling berkendara.

Hanya saja, tidak sedikit yang menganggap harga Nex Crossover ini ketinggian – untuk sebuah skutik yang minim fitur, hal yang tidak dapat diabaikan, faktanya memang demikian, belum ISS, SSS, lampu bohlam, tanpa power charger dan minim bagasi. Harganya adalah Rp. 17.999.000.

Tapi jika lads mengabaikan soal fitur di atas, percayalah, Suzuki Nex Crossover akan memberikan kesenangan yang mengasyikkan dari sebuah skutik bergaya adventure!!

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

26 KOMENTAR

  1. Kalau treknya macam itu gw sering pake matic. Masalah terbesarnya adalah di ban belakang kalau habis hujan 🤣 karena tanahnya berubah jadi lumpur. Btw kalau benar serius bikin (semi) dual purpose seharusnya pakai ban minimal 16 inch

  2. Pas foto motor ngepot,
    wajah Kang K0bay mirip (sedikit banget) seperti wajah Kang R1dwan K4mil, hehe
    Bedanya Kang K0bay nunggang Nex,
    dan Kang Em1l nunggang motor gede pas datang ke Banyumas
    untuk mengunjungi “calon masjid 1000 bulan”
    Sukses yo Kang, semoga jadi Gubernur Jabar selanjutnya, aamiin.

  3. Habis lihat foto beat street,lalu lihat foto nex cross,lanjut lihat foto new xride..bentuk xride kok gitu banget yaaa ?!

  4. harga yg jadi aral bwt si cross ini menurut saya …
    dgn harga yg mepet2 H dan Y … orang cenderung pilih H dan Y dgn tambah sedikit

  5. Mang punten mohon dijelaskan … ganti ban tahu itu yg model gmana ? apakah model tahu sutra atau model tahu bulat digoreng dadakan lima ratusan gurih-gurih enyoooyy

    sekian terima gajih wkwkwkwkw

Yuk Tinggalin Jejak Lads..