GSX

Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. skutik listrik kembali ramai, setelah sempat heboh dengan Gesit, tanpa banyak bacot ala ucapan netizen di dunia maya, salah satu produsen sepeda di Indonesia, yaitu United memberikan kejutan dengan meluncurkan skutik listrik mereka bernama United T1800! Dari desain bisa dikatakan skutik elektrik ini akan disukai mayoritas konsumen Indonesia yang demen dengan desain lancip sporty. Coba kita intip kuy harga, spesifikasi serta fiturnya yang konon punya mode Turbo!

Banyak yang tidak tahu menahu soal skutik listrik buatan United T1800 ini, karena memang seakan akan gerakannya ala Ninja, ga pake heboh di sosmed tiba tiba saja United Motor Indonesia resmi merilis skutik listrik mereka pada tanggal cantik kemarin, 12.12.2020..

Sebenarnya sebelum tanggal tersebut, KBY sudah mendapatkan info dan foto foto nya skutik listrik United T1800 tersebut di salah satu grup wasap, sayang saking aktifnya itu grup – bayangin sehari bisa 1000 chat lebih – ketiban dan akhirnya lupa dah wkwkkw..

Baiklah lads, sebelum mendapatkan kesempatan melihat langsung serta mengetesnya suatu hari nanti, kita bahas dulu melalui desk analysis ya, yaitu berdasarkan foto dan spesifikasi resmi yang ada. Info ini bisa didapatkan di website Unitedmotor.co.id.

DESAIN UNITED T1800

Dari depan, skutik elektrik ini sekilas mirip Yamaha TMax DX, berkepala besar dengan jidat jenong tanpa menimbulkan efek hydrocephalus kekeke. Cukup seimbang lah. Adanya lampu DRL LED berbentuk A juga membuat tampangnya lebih sporty sekaligus mewah.

Hanya saja bagian windshield terlihat jelas terbuat dari dua bagian, tidak menyatu dengan tebeng depan, sebelah sini agak menciderai desain bagian depan sih apalagi jika dilihat dari samping, seperti kelupaan pada desain awal dan akhirnya ditempel belakangan kekeke..

Tapi jika dilihat dari sudut lain, justru model knock down gini sisi adventurenya dapat, laiknya motor motor adventure/ tourer, ya kembali lagi mau lihat dan beropini dari sudut pandang mana sih.

Melihat dari bodinya yang pendek, skutik ini memang terlihat lebih cocok untuk digunakan di perkotaan, joknya unik berpunuk sebagai lumbar support, bahkan sisa jok belakang pun hanya cocok untuk bocil saja. Secara teori, handlingnya akan sangat lincah dan gesit, apalagi ternyata rodanya pakai ukuran 12″.

Melihat adanya tulang di bagian tengah, membuat skutik elektrik United T1800 ini menjadi setipe dengan Aerox, Nmax juga PCX yang ber-back bone. Efek baiknya, kaki bisa selonjoran seperti yang bisa terlihat di foto di bawah ini.

Bagian belakang mungkin menjadi bagian yang paling cihuy dan menarik untuk dilihat oleh mata. Dan sudah cocok dengan teori KBY, dimana bagian bokong itu seharusnya dibuat seciamik mungkin karena di jalanan akan lebih sering terlihat oleh pengendara lain.

Lampu remnya Full LED seperti lampu utama, dengan DRL neon yang cantik mencerminkan kemewahan ala ala Moge Italia. Andai shocknya dibuat single alias monoshock sepertinya akan lebih cihuy lagi, toh ini skutik listrik bukan untuk angkat angkat beban juga.

FITUR SKUTIK UNITED T1800

Nah sekarang kita masuk ke modal fitur yang dimiliki oleh skutik elektrik T1800 ini, apa saja yang sekiranya bisa menunjang keasyikan berkendara sang pemilik? Ini dia fitur fiturnya..

  • Speedometer full digital dengan AVG/MID
  • Lampu All LED
  • Dua kantung depan yang dalam
  • Hook/ gantungan belanjaan
  • Alarm
  • Mode mundur; padahal skutik ini termasuk enteng, cuma 99kg
  • Start stop engine
  • 2 USB port charger
  • Start Stop Engine
  • Keyless
  • Bluetooth dengan speaker

Nah fitur unik adalah blutooth dengan speaker, karena dengan adanya speaker tersebut, skutik listrik yang aslinya ada punya suara jadi ada suaranya, gak sembarangan suara, yaitu moge/ racer sound. wkwkwk keren sih..

Koneksi blutut nya juga selain bisa koneksi dan mengeluarkan suara racer, bisa menyetel radio FM. Oke buat fun ya lads?

SPESIFIKASI SKUTIK LISTRIK UNITED T1800

Kita menuju ke spesifikasi, di paling atas KBY menyebut skutik listrik United T1800 ini memiliki pilihan Turbo, dan itu benar adanya. Seperti pada foto spesifikasi di bawah, pada tabel performance disebutkan kecepatan maksimul skutik ini ada di angka 70 km/jam itu dengan mode Turbo!

Nah nyambungnya dengan foto di atas, United menyebutnya dengan One Click Overtaking, jadi tekan tombol maka seperti ada boost untuk menyalip atau mencapai kecepatan maksimal alias top speed.

Untuk mekanisme kerja penggeraknya, KBY sendiri kurang paham, mungkin lads di sini justru bisa menginfokan, karena tidak ada semacam belt dan swing arm nya mulus gada CVT gada mesin mekanis apapun. Jadi bayangan KBY adalah roda berputar langsung melalui poros arm yang ditenagai Bosch? Atau ban diputar kaya mesin dyno?

HARGA SKUTIK LISTRIK UNITED T1800

Sebagai penutup, kita bahas harga, harga skutik United T1800 ini dijual Rp. 27 juta saja lads, KBY kurang paham apakah harga tersebut sudah oke atau masih terlalu tinggi untuk sebuah teknologi listrik atau baterai. Bahkan katanya saat launching tanggal 12 Desember 2020 lalu, ada harga spesial yaitu Rp. 25 juta saja..

Menurut info yang beredar STNK ready dalam 3-4 bulan ke depan.. Well, sepertinya era skutik listrik sudah dimulai nih. Bahkan KBY berharap pabrikan Jepang jangan ikutan dulu, biarin aja nama nama lokal yang bermain sekaligus mempertajam dan memperkuat build quality mereka.. Gimana menurut lads si skutik listrik United T1800 ini?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

30 KOMENTAR

  1. Setau sya tu jenis motorhub bldc. Velg ma motor jadi satu kesatuan bang kobay. Cuman kelemahannya di top speed yg kurang (katanya)… Kalo liat baterai nya ya wajar harga agak tinggi…

  2. bawa ke pabrik Y …. trus mang kobay bilang
    woi …. begini seharusnya klo bikin motor minimal lampu all led … 2020 masih aja pake bohlam … tah eta tah

  3. Itu masih satu induk sama united tractor ya mang?? Leh uga mesin komatsu ato scania jadi mesin listrik? Astra emang ngeriiihhh

  4. Gesit katanya riset dr nol,kalo united ga tau dah..apa ngambil basic dr motor listrik buatan tiongkok trus di tempelin merk united..kelar dah…

  5. belum ada info ttg, berapa km range nya untuk full battery? berapa lama waktu untuk recharge 50%? recharge 100%? berapa lama lifespan battery nya?

    designnya ganteng!

  6. yaitu mang, motornya nemplok langsung di velg belakang. sama kek se*is. bagian paling berat selain batre ya itu motornya. suaranya gmn mang? kl sepeda listrik kan cuma berdengung aja ky nyamuk. tapi speednya paling 20-25kph. nah ini bisa 70kph apa nggak bahaya ya kalau ngga ada suaranya

  7. eh aya ketang. can beres scroll ka handap wkwkw. kl formatnya mp3 bisa gonta ganti suara tuh haha

  8. artifisial sound nya smoga fix dan ga bisa diganti … klo diganti suara knalpot moge masih ok lahh

    males aja klo ntar sama bocah alay diganti pake suara oh yes oh no …

  9. Ngarang si om, united mah emang dari awal produsen sepeda om. Ga ada sangkut pautnya sama united tractor.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..