Kobayogas.com – Hola lads, salam geberr.. Setelah sempat menunda untuk melihat saat yang tepat, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi merilis skutik adventure mereka yang terbaru, produk “pecahan” dari Suzuki Nex II, ini dia Suzuki Nex Crossover! Kebetulan unitnya sudah berada di tangan KBY sejak minggu lalu hehe, so dapet deh first impression-nya, sekaligus KBY bisa minta pendapat dari Sena yang bisa mewakili generasi anak muda.. cek juga spesifikasi, fitur dan harganya lads..

Diposisikan sebagai skutik kompak bergaya crossover, Suzuki NEX CROSSOVER
memberikan sensasi kebebasan berkendara serta menimbulkan hasrat berpetualang bagi
pribadi yang aktif (PR Suzuki).

SUZUKI NEX CROSSOVER VERSUS KOMPETITOR

Nah sebenarnya bukanlah hal aneh jika melihat sosok motor seperti ini, bisa disebut Yamaha X-Ride adalah pelopornya, kemudian diikuti oleh Honda Beat Street dan barulah di tahun 2020 ini, Suzuki menyusul dengan Nex Crossover!

Bicara lawan sebanding alias head to head, sebenarnya Nex Crossover ini lebih tepat berhadapan dengan X-Ride dibandingkan Beat Street – setidaknya menurut KBY. Mengapa demikian? Karena pendekatan si Crossover ini lebih mirip atau mendekati X-Ride yaitu petualangan alias motor skutik petualang. Sementara Beat Street sendiri lebih ke fashion atau lifestyle lads.

New Honda Beat Street Silver

Bagaimana dengan sektor lainnya? Apa senjata Nex Crossover dalam menghadapi motor skutik lain dengan genre sama?

DESAIN, ERGONOMI & FITUR

Berbeda dengan Yamaha X-Ride yang dikembangkan sendirian, Nex Crossover dibuat seperti Beat Street, yaitu dikembangkan dari produk yang sudah ada, yakni Suzuki NEX II Cross (berdasarkan Nex II) sebelumnya yang memiliki sejumlah keunggulan seperti dimensi kompak, mesin bertenaga dan suspensi yang nyaman, Suzuki NEX CROSSOVER mendapat sejumlah sentuhan baru yang berorientasi pada peningkatan kepuasan dan kesenangan sang pengendara.

Perubahan baru yang paling tampak jelas adalah penggunaan Naked Handle Bar yang memiliki peran utama dalam meningkatkan ergonomi dan kenyamanan posisi berkendara, dan itu benar adanya – disamping itu juga memberikan efek visual yang lebih maskulin serta kokoh.

Visual yang lebih keren juga terlihat dari kaliper rem depan berwarna merah yang maskulin dan sporty serta terlihat mewah. Di bagian belakang kini terlihat kabel yang disinyalir kuat sebagai sensor speedometer, jika benar maka itulah jawaban mengapa di sektor kemudi Nex Crossover terlihat minim kabel sehingga meningkatkan kerapihan..

Saat diduduki, kenyamanan posisi riding Nex Crossover langsung di dapat berkat setang yang lebih tinggi dan lebih lebar.. memang cocok buat dibawa lebih jauh dibanding Nex II standar. Uniknya meski Suzuki tidak mengatakan ada perubahan spesifikasi dari jok, namun yang dirasakan oleh KBY dan Sena, joknya terasa lebih lebar dan lebih menyangga di bagian pinggang bawah.. juga terasa sedikit lebih empuk.

Kenyamanan pengendara dan penumpang juga didukung oleh lapisan jok model baru dengan kombinasi warna dual-tone yang baru, lebih atraktif dan tidak membosankan dengan sentuhan klasik yaitu tulisan Suzuki di samping kiri kanan jok, serasa motor lawas!

Kenyamanan juga hadir berkat shock yang baru, berwarna merah laiknya model aftermarket dan jika dilihat memiliki travel yang lebih panjang. Saat digenjot, naik turunnya terasa lebih empuk dari Nex II standar..

Hal baru berikutnya yang menjadi lebih menarik adalah Digital Instrument Cluster yang kini lebih modern, informatif dan dibalut bentuk yang tangguh. Di dalam layarnya, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu.

Sayangnya, saat unit Nex Crossover ini berada di tangan KBY barengan dengan GSX-R150 Special Edition, kami tidak diberikan kunci wkwkkw.. Bahkan belum boleh posting di sosmed atau blog, masih confidential lads. Jadi kami tidak dapat melihat secara langsung speedometer dalam kondisi menyala..

Selain itu, kami juga belum dapat memastikan apakah di model ini Suzuki sudah memberikan SSS alias side stand switch yang absen di model Nex II standar. Memang dari sisi fitur harus diakui Suzuki masih kalah, karena Parking Brake Lock pun belum hadir. Pun begitu Sena mengakui, built quality nya adalah yang terbaik, itu mengapa harganya pun gak bisa murah murah amat kali ya.

Fitur unggulan yang tak kalah pentingnya adalah penggunaan ban berjenis dual purpose bertapak lebar dan sudah tubeless, memberi tampilan yang gagah dan menambah keyakinan saat melintas di medan permukaan jalan yang tak menentu.

Ground clearance atau jarak terendah dari tanah Suzuki NEX CROSSOVER adalah yang tertinggi di kelasnya (150 mm), sehingga Suzuki NEX CROSSOVER akan terasa lebih mantap dan meyakinkan untuk dibawa berpetualang kemanapun tanpa rasa khawatir.

Kepraktisan ditunjang ruang penyimpanan dual inner pocket yang besar di bagian kompartemen depan, serta floorboard yang luas agar berkendara tidak cepat lelah. Model ini memang mirip banget kok plek plek dengan Suzuki Skydrive Cross di Filipina sana..

HARGA DAN VARIAN SUZUKI NEX CROSSOVER

Pada video yang dapat lads lihat, KBY dan Sena memprediksikan skutik adventure ini setidaknya akan memiliki 3 varian, dimana salah satunya merupakan full spek dengan aksesoris terpasang, ternyata kami salah. Hehe..

Suzuki NEX CROSSOVER hanya tersedia dalam 2 pilihan warna yang sesuai dengan selera konsumen, yaitu Stronger Red-Titan Black dan Solid Black. Desain stripping baru dan penggunaan aksen merah pada brake caliper dan rear spring memberikan aksen unik dan dinamis.

Suzuki NEX CROSSOVER masih mempercayakan sektor dapur pacu pada mesin SEP (Suzuki Eco Performance) 115cc, 1-cylinder, SOHC (Single Over Head Camshaft) dan teknologi FI (Fuel Injection) yang telah dirancang khusus untuk memadukan performa terbaik dengan efisiensi konsumsi bahan bakar yang hemat. Mesin pun mudah dinyalakan berkat teknologi Suzuki Easy Start System, yang juga telah digunakan pada model sepeda motor Suzuki lainnya.

Dengan segala perubahan dan pengembangan yang menguntungkan konsumen tersebut, SIS menawarkan Suzuki NEX CROSSOVER kepada publik hanya dengan harga Rp 17.990.000,- (on the road DKI Jakarta. Wilayah lain dapat berbeda sesuai ketentuan yang berlaku).

SIS memastikan Suzuki NEX CROSSOVER sudah dapat dipesan oleh konsumen melalui seluruh jaringan penjualan (dealer) Suzuki mulai November 2020.

Jadi mengapa Sena malah tertarik kepada Nex Crossover ini dibandingkan model lain yang serupa? Mengapa dia bilang bakal disukai anak muda? Jawabannya ada di video yes.. jangan lupa subscribe, like dan share hehehe..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog
Youtube: Kobayogas Sena Learn To Vlog [KSL-TV]

37 KOMENTAR

  1. Harganya ngeri mang…gmn mau bersaing lawannya udah jauh fiturnya…15jt baru pas….moga aja fbs belinya bukan mbit lah

  2. Give me “S”
    Give me “A”
    Give me “L”
    Give me “U”
    Give me “T”
    Give me “O”
    Yeaayyyyy…. Ala² cheerleaders

  3. Asyeeem tenan Kang,
    Itu Kang K0bay kasih judul “Bakal Disukai Anak Muda”
    Dan fiks, kayane inyong tidak termasuk anak muda kang,
    Mergo inyong ora suka,hehe

    Menunggu GSXR150RR dengan Body lebih besar,
    Lampu depan cyclops gak papa Kang, yang penting body besar.
    Sampaikan ke Hamamtsu cabang Indo ya Kang,
    Mumpung Mir juara dunia Kang.

    Untuk CBR150RR beneran akan seperti 250RR Kang?

  4. kalau laku sih … ya laku aja, tapi bukan volume maker karena segmented daaann harganya meffeett penguasa MS

    OOT nih … Mang Kobay udeh cobain skutik listrik nya Kymco blom ya ? lagi uji partner sama Grab dan udah ada stasiun penggantian baterai nya juga … asik tuh klo bisa test ride

  5. Starter aja masih bletak dorr, side stand switch gak ada, bagasi & tangki secuprit. Ini matic apa bebek sih?

  6. 17.49″
    – sena : bwt kalian yg mo beli silahkan beli … gw mah pinjem aja …
    – sales S : #@$@#®¢π`

  7. Sedikit masukan aja masbro, semoga utk foto nya bs di improve, terutama di bagian background, di nex cross ini kan yg jd daya jual nya bagian stang yg telanjang, cuma di beberapa foto malah stang telanjang nya seperti hilang, krn background nya berwarna gelap (pohon)

  8. Bikinin lah Mang Kobay artikelnya, komparasi Beat Street vs XRide vs Nex crossover. Soal nya untuk konsumen yang pintar (rajin baca), pasti pilih yang worth to buy.

  9. @Gobleh
    bener banget tuh… side stand switch ga terlalu penting lah, tapi kayaknya bagasi, tangki, dan pbl kayaknya wajib ya.

    btw dari semua matic kecil yang KBY pernah coba paling enak yang mana? kok kayaknya klo dari review² kymco paling enak ya (kcuali konsumsi bensinnya)

  10. klo address vs beat gimana? yang 1 fitur biasa, yang 1 speedonya aja keren. yang 1 tarikan bawah ngeden, yang 1 tarikan atas ngeden. jok? boleh nih dibuat artikel komparasinya. kenapa harus beli beat, kenapa harus beli address (mio juga boleh dimasukin)

  11. berani juga Suzuki main di kelas niche ini.
    mengingat pesaingnya yg lebih dulu hadir saja (Honda Beat Street dan Yamaha X-Ride) jarang kelihatan di jalanan di daerah kami.

  12. keren lah dibanding tetangga yg setipe. banyak ubahan dari nex standarnya. kalo di list (diluar yg ganti warna doang) kurleb:
    – sensor speedo
    – shock belakang
    – upgrade jok?
    – speedometer
    – stang naked
    – ban tahu
    kesannya dah siap maen gronjalan. cm bagasinya masih cuma buat naro kanebo. sama spionnya. teringat jaman shogun kebo. oiya mang gak difoto sebelahan sama nex standarnya mang Kobay?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..