Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Orang atau biker lawas biasanya tau helm legendaris yang satu ini, bentuknya nyaris bulat, berwarna putih tepung sehingga dijuluki helm sukro. Helm ini biasanya didapatkan dari hadiah pembelian motor Honda model dulu, melihat bentuknya yang full face, kemungkinan model sport seperti GL series (cmiiw). Dia adalah helm TRX Honda lads, yang uniknya ada yang pede banget menjual kondisi new old stok seharga jutaan! Wkwkkw.. Yuk mengenal jenis helm Honda dari masa ke masa..

Sebelum menuju ke pembahasan helm TRX-1 alias jenis TRX dedengkot dan pertama kali ada tipe TRX, tidak ada salahnya kita ketahui dulu jenis helm Honda dari masa ke masa kuy, baru deh kita bahas helm yang banyak memiliki julukan dari helm sukro, helm sombong, helm astronot, TiRex hingga auto rotasi tersebut.. Geber!

Tahun 1985, itulah konon pertama kalinya Honda memberikan helm gratis kepada konsumennya lads dan pemberiannya masih terbatas dan untuk konsumen pembeli motor bebek saja yaitu Astrea Star. Bentuk helmnya juga unik, kita menyebutnya sebagai helm catok. Bagi orang lama pecinta motor, jika melihat helm ini pasti langsung teringat dengan motor bebek Astrea series, kalau gak salah inget bokap gak sempat pakai helm gini deh, gak merhatiin helmnya, cuma sama motornya, super cub 800, sebelum era Astrea, motor ini yang KBY pake buat latihan kelas 6 SD wkwkw..

helmnya masih ada tulisan Federal Motor sebelum beralih menjadi Astra Honda

Helm berbentuk catok ini kemudian berubah menjadi model open face (biasa disebut half face), modelnya kaya helm retro tanpa kaca, karena memang waktu itu pemerintah belum gencar mengkampanyekan keselamatan memakai helm. Nahh kayaknya helm ini deh yang dipake bokap..

Barulah sampai tahun 90an pemerintah memberikan penyuluhan tentang pemakaian helm saat naik motor hingga akhirnya Honda merubah desain helmnya dengan tipe NS-X. Meski belum memakai kaca helm, desain helm ini sudah lebih modern dan enak diliat. Kalau gak lupa nih, waktu KBY beli Tiger 2000 dapat helm ini deh, cmiiw yes..

 

Karena sudah mulai gencar kampanye pemakaian helm inilah mulai pertengahan tahun 90an hingga 2000an pihak Honda sudah memberikan helm gratis pada setiap pembelian motor mereka, tanpa pandang tipe dan jenis motor, pasti dapet helm.

Setelah tipe NSX, barulah helm gratis tersebut beralih ke model dan tipe legendaris yang hingga kini masih dipakai namanya, yakni TRX-Series. Padahal nama NS-X juga keren ya hehe. Helm generasi TRX inilah yang merupakan helm bonus pembelian motor Honda paling terkenal sejak tahun 2000.

Helm tipe TRX 1 sebagai generasi pertama, hadir dengan sudah memakai desain full face lengkap dengan visor, namun bentuknya yang unik seperti helm astronot dan warna cat putih inilah helm legend yang hingga kini masih sering jadi bahan pembicaraan. Helm ini mendapat julukan helm sombong, karena busanya yang tipis dan kegedean membuat helm mudah bergoyang sehingga jika menengok pun, posisi helm tidak berubah mengikuti kepala, tetap lurus, makanya disebut helm belagu wkwkkw..

 

Helm tipe TRX pertama kemudian diganti dengan tipe TRX-2 yang desainnya semakin kekinian. Helm TRX-2 dipakai dari tahun 2005-2007 dengan model full face yang lebih dikenal dengan nama helm robot. Helm ini tetap full face berwarna hitam dan tetap dilengkapi dengan kaca.

Dan mulai tahun 2007, helm TRX mulai didesain menyesuaikan kebutuhan tipe motor. Dimulai dari tipe TRX-3 mulai tahun 2007 yang merupakan desain helm half face untuk motor matic dan bebek dan sedangkan tipe TRX-R berdesain helm full face khusus untuk bonus pembelian motor jenis sport.

Saat ini ada 3 tipe helm TRX-Series yang diberikan ke konsumen saat membeli motor baru Honda, yaitu TRX-3 untuk pembelian motor bebek dan beberapa jenis skutik, TRX-R untuk pembelian motor jenis sport dan TRX-S khusus untuk skutik Scoopy (kayaknya Genio juga sih).

HELM TRX-1 DIJUAL JUTAAN

Khusus tipe TRX-1 karena memang tipe paling legend dan menjadi kunci serta pelopor helm full face pembelian motor Honda tidak aneh jika ada yang mencoba menjual helm tersebut dengan banderol fantastis untuk ukuran helm yang biasa aja.. Tepatnya dijual 1,7 juta! Nih postingannya di bawah

Apa memang selangka itu helm TRX-1? Ternyata tidak juga lads, kita masih bisa menemukannya di toko online dengan harga sekitar 100 ribuan saja tuh wkwkwk. Inget loh ya, KBY bilang dijual, bukan laku jutaan, artinya, jual sih terserah aja, ga tau deh ada yang beli apa gak wkwkwkw..

sumber: Lek Ari Pispot

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

Email me: kobayogasblog@gmail.com
Facebook : @kobayogas
Twitter : @kobayogasblog
Instagram: Kobayogasblog

19 KOMENTAR

  1. one step ahead dr helm2 gratisan yg lain …. bisa 3 mode helm ….
    btw helm catoknya masih ada yg jual ga ya mang …. pengen kaya di negeri lain yg cetok aja boleh bwt riding

  2. helm open face yang pertama dulu dapet pas bokap beli gl-pro.
    sempet punya nsx (tapi dari tetangga), uda di modif (sendiri) biar ada visornya juga, sayang ilang di parkiran kampus (padahal belakang ane indexnya digantung di spion)

  3. Adavyg saya suka dari TRX-1 yaitu bisa full face sekaligus half face. Hanya saja “fitur” auto rotate nya bikin heboh. Perlu dilem lagi gabus/styrofoam nya. Kalau yg sekarang tipe half face lumayanlah, sedikit lebih baik daripada helm2 murah sejenis yg dijual di hypermarket

  4. Ini helem yang sudah memecahkan Rekor Spesial ,helem puluhan jutaan unit 😂

    Misal Si A ntar neh beli motor H jam 12 siang , bonus Trx…nah Trx nya tsb nanti Trx yang sudah memiliki kode Produksi HL000050 -TAB .
    Setelah si A datang si T yang meminang motor H dapet juga bonus Trx kode produksi HL000051 – TAB.
    Bayangkan….semakin hati semakin tahun tiap konsumen yang mendapatkan bonus TRX….dia tidak sekedar mendapat bonus helem Murahan…tapi dibalik itu ( diPakai atau Tidak ) dia mendapat bonus Helm yang ada Rekornya 😂
    Bayangkan lagi , suatu Saat Hnd memberi kejutan ‘ bagi Pemilik Trx dengan kode Produksi ############ bla bla hingga kode produksi sekian…. masing2 mendapatkan 1 unit X Adv 😂

  5. Sempat pake TRX1 jaman sekolah. Dalem nya pake topi biar helm ga goyang.
    Dulu pake helm non gratisan sempat takut karena banyak maling helm.

  6. Pernah punya semua… Bahkan pada tahun 2007 beli Vario karbu (KVB) dapat helm warnanya sesuai dengan warna motor.

  7. Liat helm bawaan cbr ngakak,liat helm bawaan pcx aslinya helm bawaan beat/revo di kasih sticker pcx

  8. Kalo konteknya dijual, ya wajarlah meski helm seperti itu harganya mirip dengan KYT fullface…
    Kan terserah yang punya helm, mau dijual harga berapapun kita ga bisa menyalahkan…
    Selanjutnya ada ga yg beli helm tersebut dengan harga segitu…
    Kalo nanti ada yg beli, kitapun ga bisa menyalahkan/nyinyir, lhaa duit2 dia sendiri kok..
    Ini hukum jual beli, ada barang yg yang dijual dan ada pembeli yg membeli barang tersebut…

  9. Kayanya yg half face standarudh ganti model lagi ya? trs ada juga yg buat adv.
    Walopun cuma gonta ganti pet doang, tapi gatau dinamain trx 4 apa gimana

  10. Dulu pernah punya helm NSX, motornya astrea grand 95, sempet beli lagi helmnya krn ilang.. bertahan cukup lama helm itu, sampe dicat ulang dan dikasih kaca.. ya akhirnya hrus berpisah juga sekitar tahun 2010 karena astrea grand nya dijual.. kemaren dapet trx pcx sama trx adv masih di kotaknya sampai sekarang, gw simpen aja ah, Kali aja bisa jadi investasi hahaha

Yuk Tinggalin Jejak Lads..