Kobayogas.com – Hola lads, salam geberrr.. Mobil Esemka yang menggemparkan jagat otomotif nasional, pada dasarnya KBY memang gak terlalu ngikutin mobil ini, pertama hadir duluuu banget sempat baca baca sekedar tahu, mantap juga kalau jadi mobnas (mobil nasional) – dulu sempat ada wacana begitu. Tapi kemudian timbul tenggelam, sampai ada ucap ucap mobil ghoib, atau mobil yang kehadirannya setiap 5 tahun sekali dlsb.. Nah sekarang, resmi sudah Esemka meluncur di Indonesia dengan produk terbarunya, Esemka Bima berbentuk pick up tapi jadi heboh. Gimana ke depannya?

Karena gak terlalu ngikutin, tahunya Esemka sudah resmi mengaspal di Indonesia juga karena sosmed, beranda facebook dan instagram sih yang remen (sering) ngelewat ada gambar mobil tersebut dengan jagoannya, Esemka Bima Pick Up. Grup wasap juga kadang suka ngasih info beginian.

ESEMKA BIMA PICK UP KENAPA HEBOH?

Nah termasuk sliweran fotonya Esemka Bima berbentuk pick up salah satunya ada Presiden Jokowi di dalamnya. Itupun KBY sebatas bergumam, ooo ini toh produknya. Ternyata Esemka Bima (bukan Bima Desa Penari yes) ini lah yang bikin heboh, karena gak lama muncul foto “kloningannya” Esemka Bima dengan nama Changan Star Truck – mobil buatan Cina – yang bisa dibilang bak pinang dibelah dua!

Mulai deh tertarik dan cari tau banyak, dan ternyata memang antara Esemka Bima dengan Changan Start Truck itu produk yang sama.. Sama di sini berarti berbagi desain (dan atau membeli desain), bukan berarti 100% utuh diboyong dari Cina ke Indonesia, setidaknya info di bawah bisa menguatkan kalau komponen Esemka ada yang buatan lokal.

Maaf 🙏
Cuma sedikit memberi penjelasan ttg mobil Esemka..semoga saling berguna

Perlu di ketahui bahwa komponen mobil Esemka yang masih buatan luar itu “piston” di dikarenakan kita tidak punya bahan yang lebih bagus dan belum memiliki alat untuk membuatnya.

Kemudian blok mesin dan blok transmisi dibuat oleh perusahaan dalam negeri PT Cikarang Persada Manufacturing.

Kreasi, produsen mobil Esemka, memamerkan sejumlah bagian dari mobil Esemka di Pameran Industri Komponen di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 13-14 Agustus 2019. Bagian-bagian dari mobil Esemka yang dipamerkan itu merupakan produksi dari industri komponen lokal.

Satu di antaranya adalah chassis dan bak mobil Esemka Bima yang diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (INKA).

Dashboard dan setir (PT Usra Tampi), Radiator (PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna), Kaca Depan (PT Armada Indah Agung Glass), Ban (PT Gajah Tunggal), Bak/Kargo (ACC Bawen Karoseri dan PT INKA), Pelumas (Pertamina).

Oil filter dan Fuel Filter dibuat oleh PT Selamat Sempurna, Accu (PT Nippress Energi Otomotif), Air Filter (PT Duta Nichindo Pratama), Knalpot (Catur Karya Manunggal), Jok (Bawen Karoseri), Starter Assy (Fuller Autoparts Indonesia), Per Daun (Indospring), Shock Breaker (Samudra Luas Paramacitra), dan masih banyak lagi.

sumber: Bonsaibiker.com

Desain mirip atau bahkan sama seperti ini – umum disebut sebagai re-badge – sebenarnya bukanlah hal yang aneh di dunia otomotif, mau roda empat atau dua ya sama aja. Banyak lah contohnya, Suzuki APV dengan Mitsubishi Maven, Avanza Xenia, Calya Sigra, Wuling Chevoret, Viar, Proton dan lain sebagainya. Jadi ya biasa aja sih sebenarnya.

Lantas kenapa heboh? Menurut KBY sih gegara awalnya dan beberapa statement yang multi tafsir, inkonsistensi serta tidak adanya transparansi alias kejujuran. Pertama duluuuu, Esemka bakal jadi mobnas, terus ga jelas, trus hilang, nongol lagi, hilang lagi. Akhirnya nongol dengan status perusahaan otomotif swasta Indonesia, bukan mobnas.

Dan kalau membaca kuot di atas ya gak salah, Esemka memang buatan Indonesia kok, hanya sajaaaa, karena ada kemiripan dengan produk Cina, jadi buanyaaak banget yang bertanya tanya, ini produk rebadge apa gimana? Berarti Esemka itu pabrikan mesin jahit, alias impor trus tempel, jadi mobil. Salah gak pertanyaan tersebut? Menurut KBY gak juga, karena gak pernah ada info atau kabar kalau Esemka itu kerjasama dengan Changan.. Tidak seperti pabrikan lain yang infonya mudah dicari dan didapat, Proton dengan Mitsubishi dan Lotus, Nissan dengan Renault, Suzuki motor dengan HaoJue dan lain lain.

Ditambah, Esemka sudah kadung identik dengan Jokowi.. makin heboh lagi dah wkwkkw.. Endorsernya bukan level artis lagi, tapi orang nomor 1 di Indonesia! Wajar aja kalau heboh lads.. Yah setidaknya sekarang ada pabrikan otomotif roda empat dari Indonesia yang membuat mobil. Bagaimana menurut lads dan apa harapannya terhadap Esemka nih? Apalagi saat peluncuran terlihat adanya sosok Volvo XC90 Moose dengan emblem armored by Esemka, indikasi kuat bakal ada kerjasama dengan Volvo, atau?

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

54 KOMENTAR

  1. Mungkin mau saingan sama avanza – xenia,alya –
    agya,calya – sigra,nah yg ini versi pickup

  2. 3S nya gmn mang? Suzuki aja mpot”an masalah after sales terutama divisi motor,,

    Kita sekedar mau cari informasi web atau brosurnya aja ga ada,, dan pada saat peresmian hampir ga ada jurnalis otomotif yg diundang dan ga pernah ikut pameran otomotf.. vvoling aja sebelom bikin pabrik udah wara-wiri pamerin prototype nya dulu,,

    Dan yg lebih aneh ini perusahaan mendeklarasiin bahwa dia adalah swasta tapi kenapa pemerintah dan politisi seolah” jadi “sales” nya si esemka ini yak,,

  3. @Ncex … kehadiran pejabat dalam peresmian pabrik atau industri adalah hal biasa, apalagi pakai nama Esemka yg sudah kadung lekat dgn Pak Jokowi … so pasti jajaran mentri dll juga ngikut “jualan” (support)

    layak ditunggu nih antrian inden pick up ini … apakah laris dibeli atau nggak ? strategi jualannya juga bagus dan gak muluk2 demi 3S

    last but not least … semoga Esemka tdk bernasib seperti Proton

  4. Ngastra yg puluhan tahun di dunia otongmotif kenapa ga pernah bikin produk sendiri? Tidak adakah yg bisa benar2 bikin produk hasil karya rnd sendiri? Rnd apaan ya? 😄

  5. Ayolah… Lover ama hater kemarin kan koar2 mau beli. Sekarang udah nongol diem doang hahaha

  6. bikin jig itu susah, mending beli jig sama mesin stamping yg udah jadi dari sono, lebih murah 😀 😀

  7. Sigra calya ayla agya itu hasil rnd astra loh,,, cuma mesin memang masih comot daihatsu

    Bisa dibilang sigra dkk itu masih lebih indonesia dari esemka ini

    • Politis mang … Pemerintah kita takut Ama Jepang (dan juga cina saat ini).. Indonesia cuma kebagian nama emblem Astra aja di Agya Ayla Calya Sigra

  8. Indonesia sih indonesia, knp namanya harus Esemka ! Jelek bgt g ada bangga2 nya, malesia aja punya myvi vietkong ada vinfast masa ini Esemka ? Apakah alphard klo merknya Esemka bakal gengsi ? Tp y udh lah udh dirilis kita liat gmn jualannya

  9. Truk/bus PERKASA buatan PT.TEXMACO jangan lupa….. Itu lisensinya komponen sangar2 jg loh… Dari Styer-austria, cummins-usa, leyland-uk, ZF-german, eaton-usa

  10. Dg type pick-up sbg launching icon, bukan berarti jualannya langsung gampang laku keras (katakanlah 2000 unit/bulan)

    Pickup 1500 cc bisa dibilang kelas yg sudah berdarah2 juga (kira2 mirip motor sport 150 cc).
    Dikelas ini daihatsu dan suzuki yg “megang” dg jaringan 3S yg sudah skala nasional.

    Mosok mau pakai strategi “wajib beli” bagi instansi bumn? (pinjem tangan politik)
    Strategi kayak gini rasanya nggak akan bertahan lama

  11. @mangkobay

    proton : perusahaan otomotif nasional
    perodua : perusahaan otomotif kedua

    kalo ga salah gitu sih

    perodua pun banyakan masih pake daihatsu punya hahaha

    • persis, gada yang salah …

      Yak perodua kerjasama ama Daihatsu dari dulu.. bisa dibilang rebadge nya Daihatsu malah.

      Perodua sekarang no 1 di Malay

  12. @han_doyo

    laris laah
    ga liat kemarin ???

    lovernya ngomong : wUih GiLaaa KereNniH MoBiLL gW aMbiL sAtu Pa5t1 !1!1!1

    haternya ngomong : k4pAn n1h diLuncUr1n??? p4l1ng gA ada Ap4an!! gW udah S1aP dan4 bUat b3li!!!!

  13. Sudah 20 tahun semenjak bubar gara2 IMF dan politik …. ya wajar gak ada support sukucadang….
    TNI jg pilih perkasa karena sesuai spek dengan harga lebih murah, diproduksi dalam negeri memberi keamanan jika ada embargo
    20 tahun bertugas dan selayaknya diupgrade dgn peralatan baru, skrg jg pakai truk2 eropa dari scania, iveco, bedford buat transport tank… Trid MAN dan renault buat mobile radar

  14. Pick-up nya boleh juga tuh,cocok buat di siksa buat muatan batu belah hahahaha..kalo gua tetep masih nunggu kabar “TAWOON”

  15. Oiya perodua 🤭 myvi namanya ya, lupa euy, perodua myvi = daihasu sirion. Yg ok mah proton. Jd keinget kata2nya pak joko anuar, “org2 kita masih bnyk yg mabok nasionalisme” esemka mobilnya, esempe motornya, esde olinya !

  16. problem utamanya, kalaupun tidak mau mengakui ini OEM product atau rebadge atau apalah itu.. designya ini ada yang punya dan sama persis, apa tidak melanggar HAKI ?

    dulu dri oktober 18 ingetnya bakal ada mobnas dgn brand esemka yang di programkan ntah pemerintah ntah siapa, skrg ujung2nya swasta cuma rasa pemerintah atau bagimana kira kira ?

    publik di era skrg gak gaptek gaptek betul rasanya, apa iya masih bisa dikibuli ?

    nanti statement2 di atas yang bilang part part ada yg di produksi lokal tidak ketemu setelah ada yang iseng menyelidiki gmana hayow ?

  17. apakah bengkel pengencangan mur baud dan jasa penggantian emblem merek mobil dapat disebut sebagai sebuah industri otomotif?

  18. Kalo pembeli wuling dibilang orang kaya, maka pembeli Esemka ini cuma sekelas Sultan dan Presiden doank.. Ada trouble, tinggal dikilo

  19. Coba perhatikan baik2.myvi itu aslinya daihatsu sirion.kasusnya sama aja sama sirion.kalau jepang,jerman,austria,korea keluarkan mobil saya percaya kalau itu asli produk mereka.kalau malay dan indo buat mobil atau motor,paling2 beli produk china dan diganti merk aslinya

  20. Tiongkok memang EDAANN..

    BEGITU Indonesia rilis mobil anak bangsa, mereka langsung keluarkan TIRUANNYA…!!🤪

    MBLLEEEEWWWW…..

  21. inkonsistensi serta tidak adanya transparansi alias kejujuran. Pertama duluuuu, Esemka bakal jadi mobnas, terus ga jelas, trus hilang, nongol lagi, hilang lagi. Akhirnya nongol dengan status perusahaan otomotif swasta Indonesia, bukan mobnas.

    Ngakak saya kang, beginilah klo orang pinter keblinger,
    Harusnya dri awal sudah jelass, mobnas ini rebadge dari prusahaan yg ditunjuk, bukan mengakui sebelah pihak
    Negri tiongkok kan negri poto copy yg melegalkan caplok design, tah klo kita caplok jga mereka diem diem bae sambil senyum2 sendiri
    Ada benarnya negri kita sudah terjajah oleh tiongkok
    Dengan pasar bebas ato perdagangan bebas ini

  22. Mobil Politik akar pangkat 2 dari Money Politics = mung citro
    Hahaha

    Lagu lama berjudul rahasia umum endonesa

  23. Pabrik yg bikin piston di Indonesia buanyak. Yg aneh justru cylinder head malah bikinan sini.

  24. Satu lagi bro kobay,proton itu cuma mitsubishi bertopeng.lihat si lancer evo,diproton juga ada dgn nama berbeda.bahkan dari jaman proton wira,disini ada mitsubishi lancer yg dipakek di film si doel

  25. @sunartosili
    Perodua Myvi yg model lama memang rebadge dari Daihatsu Sirion.
    tapi kalau Perodua Myvi yg model baru (M800) itu asli desain Msia.
    BTW, perusahaan mobil Korea dulu juga awalnya license dari Jepang & Negara lain kok.
    misal Hyundai = Mitsubishi, Kia = Mazda, Daewoo = GM, Ssangyong = Benz, dll.

  26. @jbat
    kalau tidak salah Astra dulu pernah bikin mobil merk Taruna pesanan ABRI pas jaman sebelum krisis moneter 98.
    tapi bukan Daihatsu Taruna (Terios/Be Go) yg dijual bebas itu ya, Taruna yg versi militer itu desainnya kotak-kotak kaya SUV Taft atau Jimny.

  27. Truk PERKASA aja dimatiin, ga disupport pemerintah karena banyak menteri waktu itu jadi komisaris di NGASTRA

  28. Ntar klo gw tulis secara BRUTAL siapa biang KEROK nya ada mobil ini di sini,…ngambeeekkk….🤪🤣🤣

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.