Daihatsu Sigra facelift tidak akan jauh dari ini desainnya

Kobayogas.com – Hola lads, Salam geberrrrr.. Mesin ATM Toyota di kelas LCGC MPV 7 tempat duduk yaitu Calya dikabarkan akan segera mendapatkan sentuhan terbaru setelah 3 tahun lebih mengaspal di Indonesia. Toyota Calya Facelift BMC 2019 akan memiliki fitur senada dengan saudaranya sesama MPV 7 tempat duduk, Avanza. Misal lampu depan dikabarkan sudah LED dengan model di bagian depan mengadopsi ala MPV mewah Toyota, Voxy. Jadi apa saja sih yang berubah?

Toyota Calya sudah hadir sejak 3 tahun lalu, dan sejak kehadirannya, MPV 7 seater kelas LCGC ini langsung menjadi lumbung uang Toyota. Seperti yang pernah KBY sebutkan, Toyota itu paling bisa membuat produk kelas bawah – menengah yang dibutuhkan konsumen, tepatnya konsumen Indonesia. Tidak perlu perfect apalagi menggunakan material kelas wahid, yang penting punya desain cakep enak dilihat dan fitur memadai.

Nah setelah wara wiri di Indonesia selama 3 tahun lebih, sudah saatnya Toyota Calya berbenah alias mendapatkan sentuhan anyar. Selain untuk mengantisipasi jika ada produk senada hadir dari kompetitor, juga untuk menjaga agar konsumen tidak jenuh dengan model yang itu itu saja. Hal ini dilakukan untuk membuat konsumen tidak kemana mana sekaligus menggaet calon konsumen baru yang menginginkan mobil murah 7 tempat duduk.

DESAIN TOYOTA CALYA FACELIFT BMC 2019

Tampak jelas kalau Toyota menginginkan semua produknya memiliki bahasa desain yang sama atau setidaknya mirip. Coba lihat dan bedakan sektor fascia antara Calya current dengan Calya Facelift di bawah ini.

Grille-nya yang tadinya melebar ke bawah berbentuk trapesium, kini seperti dibalik, lebarnya di bagian atas. Garis tengah di depan kap mesin tidak lagi tebal dan tidak membentuk satu garis lurus dengan lampu di kanan kirinya. Sementara itu bentu Lampu depan menyipit dan melebar dan sudah diisi dengan LED.

Lampu fog lamp masih di sudut bumper hanya posisinya lebih ke bawah, dipasang pada sudut bumper yang meruncing ke atas ala air flow palsu. Coba bandingkan bentuk bumper Toyota Calya Facelift 2019 dengan versi lawas, Avanza serta Voxy di bawah ini:

Meski gak mirip 100% tapi nafas desainnya ada kemiripan dan kesamaan, sama sama menganut mulut lebar hehe..

Sekarang ke bagian belakang dari Toyota Calya Facelift. Nah kalau dari sisi ini gak banyak ubahan, lagi lagi menurut KBY pribadi hal yang kurang disentuh. Ingat yes, ngeliat kendaraan itu justru sangat jarang dari depan, kalau depan itu cuma papasan doang, yang bakal sering terlihat itu justru bokong. Jadi seharusnya bokong itu dibuat tak kalah menarik dengan depannya.

Bentuk bumper masih sama, perbedaannya cuma 1, list atau garnish di bawah lampu rem kini makin mepet dengan lampu, juga lebih panjang hingga ke pinggir pintu. Itu aja sih, lampunya juga masih bohlam. Ya kali Innova aja masih bohlam terus ngarep Calya udah LED? Kekeke, jangan kaya Yamaha yang terbalik, dari bawah fiturnya naek ke atas 😀

FITUR BARU TOYOTA CALYA FACELIFT

Menurut bocoran dari Indra Fathan, akan ada dua varian dari Toyota Calya Facelift 2019 nantinya, yaitu E dan G. Perbedaan keduanya ada dari fitur dan kelengkapan seperti di bawah ini:

Toyota Calya E

  • New Front Grille
  • LED Headlamp
  • Backdoor Garnish
  • Interior black seat

Toyota Calya G

Semua yang ada di tipe E ditambah alloy wheel dan retractable mirror, steering switch, audio/ head unit touch screen, phone storage, back pocket seat.

Juga akan ketambahan warna baru yaitu Bronze Mica Metallic dan Silver Metallic dengan kode warna yang berbeda dari versi current. Nah itu dia sekilas ubahan dari Toyota Calya Facelift Big Minor Change 2019. Next article akan KBY cari tau kapan mobil ini akan meluncur yes..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

24 KOMENTAR

  1. didandanin seperti artis boliwood pun tapi mesin tetep TRD ( toyota rakitan daihatsu), masalah durabilitas filosofi daihatsu secara umum silakan nilai sendiri bandingkan engine develop produk jepang ( toyota, juki, mitsu)
    Tapi cocok kebanyakan type orang indo ( show off), tampilan yang penting OK, urusan mesin ( jeroan) itu belakangan

    • Daihatsu sih mesinnya relatif bandel n tangguh, dari zebra, Taft, Feroza, ceria..dll.. cuma kalah pamor aja karena kenceng gak, irit juga gak..menang tahan banting

  2. Meski gak mirip 100% tapi nafas desainnya ada kemiripan dan kesamaan, sama sama calon bahan bullyan.
    Btw itu bukan niru voxy tp film bocah yg judulnya tobot

  3. @hary
    Durabilitas daihatsu? Bagus lah. Liat aja xenia papanja disiksa diberbagai daerah fine fine aja

  4. @subaru
    itu daily used bos, disiksa itu digunakan overload tanjakan, atau.medan berat.
    contoh carry atau colt beban overload di tanjakan dieng, atau wonosobo…itu baru disiksa.
    liat aj daerah pegunungan dimanapun jika merk mobil banyak dipake di sana, berarti itu mobil tahan banting

  5. Area bumper grille dan lampu depan oke sih kang … kalo liat kebelakang kok … ah sudah lah … 😀 berasa kurang greget belakangnya .. 😀

  6. cakep kok.. di segmen 130 – 170 juta, cuma Calya sama New Brio yg enak dipandang

    Eh gosipnya Wuling mau rilis City Car loh.. Ajib desainnya

  7. @Hary

    Di Bekasi ada Colt yg overheat karena macet pas didepan pasar Tambun wkt hujan beberapa bulan lalu. Ada jg yg angkut kulkas overheat tengah hari, itu jg Colt.

    Tahan banting bukan berarti kudu ada tanjakan, sekuat apa mobil tahan di kemacetan Jakarta yg panas nya gila2 an dan masih fine2 aja menurut gw itu jg sebuah bukti keawetan mesin.

  8. Vellfire –> Voxy –> Avanza –> Calya
    tinggal Innova & Sienta yg belum ketularan desain moncong Vellfire

  9. ngomongin durabilitas, dulu di tahun 80 an, Daihatsu suka di BC “mobil 4 tahun” karena setelah pemakaian 4 tahun lebih biasanya suka banyak masalah. tapi kayanya sejak join sama Toyota, Daihatsu jadi ketularan durabilitas khas Toyota.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.