Kobayogas.com – Hola lads salam geberr.. Dengan masifnya pembangunan jalan di beberapa kota besar yang berdampak pada kemacetan di jalan setiap hari, ternyata berimbas juga kepada pemilihan jenis kendaraan roda dua dimana yang tadinya kelas top of the line kategori harga terjangkau ada di sport fairing dua silinder kini bergeser ke maxi skutik dengan kapasitas mesin yang sama, 250cc. Kelas ini baru diisi oleh Yamaha XMax 250 sendirian lads, tak ada lawan. Nah berikut adalah info total jumlah penjualan setahun XMax 250 yang ternyata jika dijumlahkan mampu kalahkan jumlah penjualan trio sport fairing 250 2 silinder yang disatukan! 

Meskipun jika dihitung sejak perkenalannya di tahun 2016 silam, usia Yamaha XMax 250 memang sudah 2 tahun, namun secara penjualan, maxi skutik Yamaha ini baru dihitung per bulan Mei 2017, makanya penjumlahannya pun dihitung sejak Mei 2017 hingga Mei 2018, tepat satu tahun bukan?

Yamaha XMax 250 yang punya warna baru ini (baca: Warna Baru Yamaha XMax 250 2018) memang dapat dikatakan lahir di saat yang tepat! Ketika konsumen yang mengincar kelas sport fairing 250cc 2 silinder mulai berpikir dan memilah milih sosok yang tepat untuk menemani kegiatan harian maupun weekend di era serba macet ini. Konsumen yang baru akan naik kelas bisa jadi langsung ketok palu memilih XMax dan membatalkan pilihan ke sport fairing 250 dengan dalih lebih nyaman dipake macet macetan, konsumen lain adalah yang sudah bosan jenis sport fairing 250 dan berniat gantung setang dan terakhir mereka yang ingin punya skutik bongsor untuk menemani sport fairingnya di garasi.

baca juga: Review Yamaha XMax 250 Dipakai Harian

Prediksi KBY konsumen terbanyak XMax 250 adalah yang nomor 1 tadi, awalnya ingin memilih antara CBR, Ninja dan R25 kemudian tahu ada XMax dan akhirnya memutuskan untuk meminangnya. Ada juga sih konsumen lain seperti mereka yang gak suka jenis sport dan skutik mania. Nah intinya, pergeseran permintaan alias shifting demand memang benar terjadi di kelas ini – skutik bongsor vs sport fairing 250 2 silinder.

Fakta sahihnya adalah jumlah penjualan sport fairing 250cc 2 silinder yang cenderung menurun dalam 1 tahun terakhir dan akhirnya bertahan di ratusan unit setiap bulannya, kemudian tengok jumlah penjualan maxi skutik XMax 250 yang terus bertumbuh dan konsisten di seribuan unit setiap bulannya.

Bahkan jika dihitung sejak Mei 2017 dimana Yamaha XMax 250 baru didistibusikan hingga Mei 2018, total jumlah penjualan skutik mevvah ini mempu mengalahkan jumlah total gabungan penjualan Ninja, CBR dan R25 selama satu tahun! 1 tipe vs 3 merek loh.. Warbyasah memang efek dari kemacetan hehe..

Tapi tentu tak hanya gara gara jalan macet saja lads, sosok XMax 250 sendiri memang hard to resist – sudah ditolak! Desain sporty dan gagah, mewah, fitur bejibun, performa yang powerful, ergonomi nyaman dan tentu yang terakhir karena harganya masih masuk akal.. saat ini harga XMax 250 adalah Rp. 57.250.000 OTR Jakarta.

Sejak Mei 2017 hingga Mei 2018 Total Penjualan Yamaha XMax 250 adalah 15.854 unit, bandingkan dengan trio sport fairing 250 2 silinder dalam kurun waktu yang sama, jumlahnya adalah 15.673, tipis memang, tapi XMax sendirian loh..

baca: Penjualan Kawasaki Ninja 250 dan Penjualan Trio Sport Fairing 250 2 Silinder Selama Setahun

Berikut total penjualan XMax selama satu tahun di Indonesia.. Sekedar menuntaskan rasa penasaran lads.. Semoga bermanfaat.

Penjualan Yamaha Xmax 250cc Tahun 2017 – 2018

Penjualan Xmax 2017 2018
JANUARI  – 1.092 unit
FEBRUARI  – 1.222 unit
MARET  – 731 unit
APRIL  –  1.462 unit
MEI 713 unit
1.111 unit
JUNI 939 unit
 –
JULI 1,056 unit
 –
AGUSTUS 967 unit
 –
SEPTEMBER 1.349 nit
 –
OKTOBER 1.747 unit
 –
NOVEMBER 1.436 unit
 –
DESEMBER 2.029 unit
 –
TOTAL 10.236 unit
5.618 unit

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing 🙂

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogasblog
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

48 KOMENTAR

  1. Ogah cuma dapat 1 silinder hehe.. mending R25 atau MT25 masih dapat kembalian lalu pasang ban gambot moge wannabe. Tapi menurut ane Honda nggak akan tinggal diam karena XMax akan mengangkat citra premium Yamaha.

  2. yang jelas modelnya emang ciamik… ane juga terpikat, cuman karena sudah ada motor dan dana terbatas ya sudah terima saja.. btw konsumsi bensinnya lom pernah ada yang bahas ya?

  3. Hmm. 15 ribu pertahun. Di gabung sama semua 250cc juga kayanya gak bisa nyentuh penjualan motor 250cc jaman ninja awal awal masuk?

    Ada apakah gerangan?

    Apakah ekonomi meroket?
    Apakah rakyat makin sejahtera?

    Mungkin hanya cebong, nastak, dan buzzer socmed yg akan menjawab iya .boro boro motor 250cc.

    Tumbangkan wiwi dan wowo di 2019 adalah solusi terbaik untuk negeri ini .sejujurnya koalisi pdip-gerindra lah sumber mala petaka negeri ini. Buka .Karena satu kubu parte saja.

    Parte lain mah cuma ikut ikutan. Kalo 2 sumber masalah tersebut tumbang parte lain juga akan sadar.

    • Njirr…
      Tim sukses parTAI ampe segitunya BC 😓
      Hubungannye juga ap coba. Pengen sukses ya usaha.
      Orang indo banyak malesnya. Duh cilaka 😥

      • Ngah ngah ngah, antara nastak atau nasbung ini, atau agen ganda ini bocah

        Indonesia dari dulu ribut karena ada koalisi lapar jabatan keok terus pisah satu dapet makan satu engak. Akhirnya ya gini. Di pilkada spot tertentu mereka berkawan walau kesanya musuhan. Tujuanya ya memuluskan para mavia agar dollar meroket .Ekonomi menyekop

        Proyek mangkrak dimana mana padahal utang china, tkc banyak dimana mana. Padalah pekerja indonesia lebih banyak. Apa lagi tkc ini jadi buruh kasar

        Terus mau di bilang bc partai? Partai emang harus di hancurkan sama rakyat .pilih partai yg memeperjuangkan rakyat. Karena sekarang banyak simpatisan partai busuk akhirnya keputusan partai cuma di aminin sama simpatisan busuk

        Ngah ngah ngah

    • Klo sudah gni si, susah gap. 😥
      Mau gak mau harga akan 57+ utk 250 n 30+ untuk 150.
      Kedepan sudah jadi standart, gak mungkin turun.
      Hanya 1 pabrikan sj yg diharapkan buat turunin harga.
      Dan sayangnya mlempem di design.
      Koplak mmg spek mesin ok, cuma design gak karuan 😥

      • Ya itu memang semua uda naik harganya dan gak mungkin turun. Kalo pabrikan onoh ane angkat dah. Design kacau

      • Dollar 14ribu sih. Pasti naik terus .Nanti dolar turun jadi 12 rebu juga tetem harganya. Intinya 50 jt dulu sama 50 juta sekarang beda. Nilainya besaran dulu, tapi orang yg mau pake 50 jt sekarang lebih dikit.

      • Ya bener tuh mang. Sebenernya udah pas rentang harga 40 an tapi dibawah 50. Tapi ya itu tadi namanya dijajah Jepang dibeli juga dah kalo memang kepincut.

      • Harus ada satu varian lg Skutik (ntah 150 atau 250) yg ngisi antara NMax ABS dan XMax yg dibandrol 40-45an. Biar kalau mau naik kelas dari NMax ke varian di atasnya gak terlalu lebar (space harganya)

    • Semua mongtor disini operpret. Karena gada lawan lokal. Lawan mereka kan temen sendiri. Liat di negara2 yang punya merek lokal, contohnya India, harga mongtor sangat kompetitif disana….cmiiw

  4. Gg head to head lah, masa matik vs kopling ? Ha ha ha. Tp wajar sih ya krn eksmek ini emng motor “genre baru” org kita udh mengenal motor2 fairing sejak jaman motogp sedangkan org2 pada ngeh ada big scoot “baru” diboomingkan sejak nmeks keluar ya mungkin org2 penasaran dgn ini motor makannya mrk beli ini yg notabene motor jenis baru

    • Dan cilakanya.
      Biasanya skutik user males bgt klo mo pindah ke kopling lagi 😂
      Ya mngkin bner yg dikate om kobay, jalanan dah pada sempit, capek main kopling, pegel juga nunduk.
      Usia mapan sudah pada tua.
      Imho 😓

      • Sependapat nih, ada pergeseran generasi yang dulunya hobi motorsport sekarang beralih mencari kenyamanan. Kalau saya sih sekali2 masih suka ngerasakan “jambakan setan” wkwkwk…. Sensasinya itu lho yang nggak bisa didapatkan di motorsport jaman now 😁

      • bukan pergeseran generasi,

        tapi generasi yg dulu macam mang kobay yg pecicilian sekarang dah berumur,

        yach seiring bertambahnya umur, carinya yg praktis praktis lah.

        namun generasi micin sekarang tidak ikuti trend generasi sebelumnya yg doyan motor kebut yg bisa banggakan kelakianya.

        mereka lebih milih R4/mobkas sebagai show jatidirinya. ini loh gue dah mapan

    • Matic udah dianggap langsung di gas. Ya kali ada motor yg mau aplikasiin dct, padahal kalo di aplikasiin mah sport bisa lebih enak dari matic

  5. dulu kata mang kobay nggak ada shifting demand..soalnya untuk mengkonter blogger yg satunya.. eh sekarang ngakuin ya bang kobay..

    • shifting demand ada, saya gak pernah menyangkal kok, cuma kalau Aerox bakal jadi vario killer gegara shifting demand dan xmax dibanding bandingin sama sport 250 2 silinder, nah itu yang enak buat digeber wkkwkw…

      • Tapi asik disini komen yg kritis ke bloggernya gak disaring.. kalau di sebelah kritis dikit gak bisa komen..😂

    • Gak ada sifting demmand seperri yg di khayalib juragan. Aslinya sifting demmand dari produk lain ke produk tsbt tapi sama juragan di alihkan dari produk yg pingin dia bc .ngah ngah ngah

      Ngaerox itu makan passar pigsonya. Tapi dia bilang kalo ngaerong ngeinstant kill waria karena sinting delman

  6. Makanya yimm ga egois dengan r25rr.
    Ngikutin strategi kawasaki aja. Ninja baru kan designnya ga indonesia banget.yg penting pasar export + wss300 (ini yg lebih penting), itu aman. Apalagi ada galang di full time wss300.
    Lagian dilihat dari pasar vixion (sport 150cc) yg dulu sampe 40ribu/bulan, sekarang tinggal sedikit. Yimm mungkin berkeyakinan demikian, matic 250 itu yg lebih penting untuk gedor pasar 60jutaan. Sport 250 itu masa lalu, niche market di 250cc

  7. jadi anak muda jaman now kebanyakan ,

    utk tunjukan jati dirinya bukan dgn naek motor sport 250cc/ matic 250cc.

    tapi minimal dgn mobkas/R4.

    jadi emang demand motor 250cc turun karena pergeseran tren ,

    bukan shipping delman

  8. Shifting demand.
    Mungkin semprot seperempat liter gk se wooww kyk dulu lg mang.
    Maka’y pada lari ke maxi scooter.

    • selain shifting antar motor juga ada shifting ke roda empat mang, saya setuju sama yang dibilang BDT, skarang pada maen ke mobil, apalagi LCGC. modal duit seharga X-Max s.d Ninja udah bisa bawa balik tuh mobil…

  9. Rider XMax sepertinya sudah pd punya R4. Mereka cari motor buat skadar life style, yg dipake paling seminggu sekali… Yaaa kayak kita kita ya, Bay!

  10. Yg ikut andil juga maslah sekarang tuh knalpot racing PASTI ditilang… Hahaha..
    Mau 2 silinder juga nggak terlalu bedanya.

    Di daerah ane juga pada bilang males beli sport karena pasti kena tilang… Padahal mereka tki – tki yg banyak duit. Dulu pulang bbrp bulan aja uang “dibuang” utk beli motorsport. Ntar brangkat dijual lagi, skrng pada males.

  11. mang kemaren ane liat cbr250rr ada di taiwan,, yg saya tanyakan apakah ahm eksport nyampek sini mang.. rada kaget ane waktu ngeliat.warna item abs tp didepan ada lampu seinnya.mirip versi jepang

Yuk Tinggalin Jejak Lads..

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.